cover
Contact Name
Rudy Juli Saputra
Contact Email
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Phone
+6285277749886
Journal Mail Official
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP, Universitas Almuslim (Kampus Timur) Jl. Almuslim Matanggumpangdua, Bireuen-Aceh, 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
JUPEGU–AUD : Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 27215830     EISSN : 27218872     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JUPEGU-AUD memuat artikel-artikel hasil penelitian dosen, guru mahasiswa dan para peneliti yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. JUPEGU-AUD terbit setahun 2 (dua) kali yaitu bulan Maret dan September. Setiap artikel yang disubmit harus mengikuti template yang disediakan, dan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik sesuai EYD atau bahasa Inggris serta harus sesuai dengan Focus & Scope jurnal. Editor akan melakukan Screaning Plagiarisme sebelum menugaskan reviewer untuk melakukan proses review. Jika artikel Anda dinyatakan diterima maka akan masuk ke tahap editing, layout, dan finalisasi artikel.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)" : 6 Documents clear
Peningkatan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Melalui Celemek Flanel Di TK Al Amin Lhokseumawe Anggi Melisa; Fauziatul Halim
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observai yang terjadi selama ini interaksi antara guru dan anak saat proses pembelajaran guru masih menggunakan media yang belum tepat, sehingga anak cepat merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan linguistic anak usia dini pada kegiatan bercerita melalui celemek flanel untuk anak kelompok B (5-6). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian tentang peningkatan kecerdasan linguistic anak pada kegiatan bercerita melalui celemek flannel berupa hasil akhir unjuk kerja anak dan hasil observasi aktivitas guru dan anak serta wawancara. Pada siklus I anak yang tuntas dengan persentase 50,88% dan siklus II meningkat menjadi 86,66%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 61,66% meningkat menjadi 89,99% dan aktivitas anak persentase siklus 1 62,01% meningkat 88,33% pada siklus II berdasarkan wawancara hasil respon anak menyatakan senang belajar melalui celemek flannel Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan celemek flanel pada kegiatan bercerita dapat meningkatkan kecerdasan linguistic pada anak usia dini.
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Pada Anak Usia Dini Melalui Media Tutup Botol Di Paud KB IT Al-Hadi Nurdiniati Nurdiniati; Hambali Hambali
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan media tutup botol dalam upaya meningkatkan kecerdasan logis matematis pada anak dilaksanakan dalam dua siklus, dari siklus 1 sampai siklus II, perkembangan anak yang belum tuntas terus menurun. Siklus 1 terdapat 4 anak (40 %) yang belum tuntas. sedangkan pada siklus II semua anak tuntas (100 %). Aktivitas guru pada siklus I belum sepenuhnya diterapkan pembelajaran dengan baik, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup (68,42 %), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (96,15 %) dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak pada siklus I berada pada kategori cukup (63,1 %), sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (84,4 %). Respon anak terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tutup botol, pada siklus I menunjukkan bahwa tidak semua anak senang belajar dengan permainan media pembelajaran tutup botol, sedangkan pada siklus II semua anak terlihat aktif dan senang belajar dengan permainan media pembelajaran tutup botol.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Menggunting Piring Plastik Di Paud It Ramli Gadeng Cot Setui Tarbiyah Tarbiyah; Muhammad Kharizmi
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan keterampilan motorik halus belum berkembang terutama kegiatan menggunting. Kenyataan yang terjadi selama ini interaksi aktivitas anak dan aktvitas guru belum menggunakan media yang menarik sehingga mengakibatkan kurang optimalnya perkembangan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motorik halus pada anak kelompok B (5-6 tahun) melalui kegiatan menggunting piring plastik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian tentang peningkatan kemampuan motorik halus dikumpulkan berupa hasil akhir unjuk kerja anak, hasil observasi aktivitas guru dan anak. Adapun hasil tes akhir unjuk kerja diperoleh nilai pada siklus I anak yang tuntas dengan persentase 55,44% dan tes akhir siklus II dengan persentase meningkat menjadi 86,66%. Hasil aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 61,73 % dan aktivitas anak dengan persentase 63,32%. Pada Siklus II aktivitas guru diperoleh persentase 87,77%., dan aktivitas anak diperoleh persentase 89,44%. Hasil respon anak diperoleh melalui wawancara bahwa anak yang menyatakan senang belajar menggunakan media piring plastik sebanyak 13 orang dengan persentase 86,66%, dan anak yang menyatakan tidak senang sebanyak 2 orang dengan persentase 13‚33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media piring plastik pada kegiatan menggunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus.
Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Kegiatan Bermain Kotak Misteri Armiana Armiana; Rudy Juli Saputra
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata melalui permainan kotak misteri pada anak kelompok B di TK Belaian Kasih Ibu Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 22 anak kelompok B di TK Belaian Kasih Ibu. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Adapun keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus I diperoleh data bahwa anak yang tunas sebanyak 10 anak dengan persentase hanya mencapai 45% dan anak yang tidak tuntas sebanyak 12 anak dengan persentase 55%. Kemudian untuk hasil tes akhir di siklus II unjuk kerja anak yaitu terjadi peningkatan anak yang tuntas menjadi 19 orang anak dengan persentase 86%, dan anak yang tidak tuntas sebanyak 3 anak dengan persentase 14%, maka keberhasilan tes akhir siklus II telah dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor yaitu 64% pada taraf keberhasilan kriteria”Baik”. Dan terjadi peningkat di siklus II menjadi 90% pada taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 58% pada taraf keberhasilan kriteria”Baik”, dan terjadi peningkatan di siklus II menjadi 88% pada taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata melalui permainan kotak misteri pada anak kelompok B di TK Belaian Kasih Ibu Kabupaten Bireuen telah terjadi peningkatan sesuai dengan yang diharapkan.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun) Nurhadijah Nurhadijah; Rahma Rahma; Salpina Salpina
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata anak masih rendah pada kelompok B di TK Malahayati. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata anak yaitu melalui cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata melalui cerita bergambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan yang menjadi subjek penelitian yaitu anak kelompok B di TK Malahayati sebanyak 15 anak. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Adapun keberhasilan hasil akhir unjuk kerja anak siklus I mencapai 7 anak yang berkembang sesuai harapan dengan persentase 47%, mengalami peningkatan di siklus II mencapai 13 orang anak berkembang sesuai harapan dengan persentase 87%, berdasarkan hasil tes akhir siklus II menunjukan hasil belajar anak sudah tuntas dikarenakan penelitian dikatakan berhasil apabila ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan. Hasil akhir observasi terhadap aktivitas guru siklus I dengan skor 73% pada taraf keberhasilan “Baik” dan meningkat di siklus II dengan skor 91% pada taraf keberhasilan “Sangat Baik”. Sedangkan hasil akhir observasi terhadap aktivitas anak siklus I dengan skor 64% pada taraf keberhasilan “Cukup” dan meningkat di siklus II dengan skor 86% pada taraf keberhasilan “Sangat Baik”. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa melalui cerita bergambar dapat menigkatkan kemampuan berbahasa dalam mengenal kosa kata dan proses pembelajaran pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Malahayati Kabupaten Bireuen.
Upaya Peningkatan Kemampuan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Bahan Alam Pada Kelompok B2 (5-6 Tahun) Anita; Nanda Safarati; Dwi Adhinda Junaidi Putri
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas anak adalah dengan kegiatan mencap dengan menggunakan bahan alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B2 (5-6 Tahun) di TK Negeri Ruhul Fata. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 7 anak dengan persentase 50% dan meningkat di siklus ke II anak yang tuntas mencapai 12 anak dengan persentase 86%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria ketuntasan dikatakan berhasil apabila mencapai ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 70% taraf keberhasilan kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 93% taraf keberhasilan kriteria ”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55%, hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 87% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mencap dengan menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas anak pada kelompok B2 (5-6 Tahun) di TK Negeri Ruhul Fata Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.

Page 1 of 1 | Total Record : 6