cover
Contact Name
Rudy Juli Saputra
Contact Email
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Phone
+6285277749886
Journal Mail Official
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP, Universitas Almuslim (Kampus Timur) Jl. Almuslim Matanggumpangdua, Bireuen-Aceh, 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
JUPEGU–AUD : Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 27215830     EISSN : 27218872     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JUPEGU-AUD memuat artikel-artikel hasil penelitian dosen, guru mahasiswa dan para peneliti yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. JUPEGU-AUD terbit setahun 2 (dua) kali yaitu bulan Maret dan September. Setiap artikel yang disubmit harus mengikuti template yang disediakan, dan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik sesuai EYD atau bahasa Inggris serta harus sesuai dengan Focus & Scope jurnal. Editor akan melakukan Screaning Plagiarisme sebelum menugaskan reviewer untuk melakukan proses review. Jika artikel Anda dinyatakan diterima maka akan masuk ke tahap editing, layout, dan finalisasi artikel.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)" : 6 Documents clear
Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Berbasis Audio Visual Rika Aulia Nanda; Rahma Rahma
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya kemampuan motorik halus anak pada kelompok B1 TK Ananda merupakan suatu masalah yang perlu dibenahi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak berbasis media audio visual melalui kegiatan melipat kertas warna serta pada kelompok B1 di TK Ananda Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 di TK Ananda Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan hasil unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak berbasis media audio visual melalui kegiatan melipat kertas wama mengalami peningkatan.  Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja anak dimana pada tindakan II siklus  I  anak  yang  tuntas hanya 60,00% dan pada tindakan II siklus II rneningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak berbasis media audio visual melalui kegiatan melipat kertas wama pada kelompok B1 di TK Ananda Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen.
Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Mozaik dengan Bahan Alam Lindawati Lindawati; Nuraini Nuraini
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun sebelum dilakukan teknik mozaik dengan bahan alam di TK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten, 2) Pelaksanaan teknik mozaik dengan bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten, 3) perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui teknik mozaik dengan bahan alam di TK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten. Teknik penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek pada penelitian ini adalah 19 anak usia 5-6 tahunTK Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten Bireuen yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan kreativitas anak melalui teknik mozaik dengan bahan alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui teknik mozaik dengan bahan alam. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase perkembangan kreativitas sebesar 7,7%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 12,8% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 17%. Langkahlangkah yang ditempuh sehingga perkembangan kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan inti dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Muhammad Khusnaini; Sari Rizki
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan pohon huruf pada anak kelompok B. Penilitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5 – 6 tahun TK Kemala Bayangkari 04 Cabang Bireuen yang berjumlah 38 anak, 17 anak laki – laki dan 21 orang anak perempuan. Objek penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dari a – z. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal huruf a – z meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi pada siklus I yang berkembang sesuai harapan masih 5 orang anak (13,15%). Pada siklus II kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan berjumlah 34 orang anak (89,47%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa melalui media permainan pohon huruf dapat meningkat kemampuan mengenal huruf di kelompok B usia 5 – 6 tahun TK Kemala Bayangkari 04 Cabang Bireuen
Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia Dini Mutia afrina
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan aspek perkembangan anak yang dapat dikatakan sangat penting, karena berkaitan dengan proses perkembangan otak anak. Dalam hal ini pemecahan materi pada aspek kognitif terbagi menjadi beberapa salah satunya adalah tentang kemampuan mengenal warna. Namun hasil temuan observasi di TK Jeumpa Puteh ditemukan bahwa masih banyak yang belum dapat mengenal warna dan membedakan jenis-jenis warna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengenal warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Jeumpa Puteh dan untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan mengenal warna anak setelah menggunakan media gambar berwarna. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persetase kemampuan mengenal warna anak yang dilakukan pada siklus I dan siklus II. dibuktikan dengan hasil pencapaian anak pada kemampuan mengenal warna 80%, kemampuan menunjuk warna 80 %, dan pengelompokkan warna 75%. Hasil rata-rata kelas yang dicapai 78 %. Hasil tersebut belum mencapai batas kriteria yang akan dicapai peneliti sebesar 75%. Selanjutnya melalui pendekatan media gambar berwarna anak dapat lebih aktif dan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa media gambar berwarna dapat digunakan untuk melatih kemampuan mengenal warna pada anak usia 5-6 tahun
Peningkatan Keterampilan Bahasa pada Anak Kelompok A Melalui Media Pop Up Cerita Bergambar Zuhra; Fauziatul Halim; Rudy Juli Saputra
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media pop up cerita bergambar pada Kelompok A TK Negeri Bandar Dua Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa reseptif anak melalui kegiatan mewarnai mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Pada tindakan 1 siklus 1, aspek Anak dapat merespon cerita 100 anak yang tuntas dengan persentase 100%, pada aspek Anak dapat Mengulang katadalam cerita yang tuntas ada 15 anak dengan persentase 83%, pada aspek Anak dapat menyebutkan tokoh dalam cerita yang tuntas ada 15 anak dengan persentase 83%, pada Anak dapat menyanyikan lagu sesuai tema ada 14 anak dengan persentase 77%, pada Anak dapat bercerita pengalaman sederhana ada 16 anak dengan persentase 88%, pada Anak dapat memerankan tokoh dalam cerita ada 16 anak dengan persentase 88%, dan pada Anak dapat merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru ada 17 anak dengan persentase 94 %. Kemampuan bahasa  reseptif anak mengalami peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sampai siklus II.
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar Nurul Maqhfirah; Muhammad Kharizmi; Salpina Salpina
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar dan untuk peningkatan aktivitas guru dan anak pada kegiatan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar pada kelompok A di PAUD Pesisir Anak Nelayan. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Pesisir Anak Nelayan, Peudada, Kabupaten Bireuen dengan sampel penelitian anak kelompok A yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat reflektif. Instrumen penelitian berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan pada anak. Kedua, media kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan pada anak. Oleh karena itu, media ini dapat direkomendasikan untuk diterapkan dalam aktivitas berhitung permulaan di Taman Kanak-kanak (TK).

Page 1 of 1 | Total Record : 6