cover
Contact Name
Faisal Ashar
Contact Email
sipil@ft.unp.ac.id
Phone
+6282284597658
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Applied Science in Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 27221032     DOI : -
Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. Struktur baja, beton dan kayu 4. Manajemen Konstruksi 5. Transportasi 6. Mitigasi Bencana 7. Manajemen sumber daya air 8. Rekayasa Lingkungan 9. Hal lain yang berhubungan dengan Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering" : 13 Documents clear
ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN DI DALAM KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI PADANG Oktaviani Oktaviani; Vandu Griasmana
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.376566

Abstract

Kota Padang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Barat dimana pada daerah ini menjadi pusat perkantoran berbagai instansi pemerintah provinsi, hal tersebut tentu akan meningkatkan tarikan volume kendaraan ke Kota Padang karena tidak seluruh pegawai yang berasal dari dalam kota. Bertambahnya volume kendaraan akan menimbulkan permasalahan pada ruas jalan. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu pada jalan Jhoni Anwar nilai derajat kejenuhannya sebesar 1,04 dan pada jalan Gajah Mada sebesar 0,99 artinya terjadi kemacetan yang tidak dapat ditolerir dan mengakibatkan kendaraan tidak dapat bergerak dengan kecepatan bebas. Peningkatan jumlah mahasiswa pada Universitas Negeri Padang akan berpengaruh pada kinerja jalan, jika kinerja jalan terganggu, kendaraaan pada ruas jalan akan mengalami tundaan yang akan menimbulkan kemacetan sehingga dapat mengganggu kelancaran dan kenyamanan berkendara hal tersebut akan menimbulkan permasalahan transportasi di kampus. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat kondisi kinerja jalan saat ini dan kondisi kinerja jalan di kampus UNP yang akan datang (5 tahun ke depan). serta untuk menentukan usulan manajemen lalu-lintas yang sesuai dalam mengurai kemacetan di lingkungan kampus. Analisis kinerja jaringan jalan dihitung menggunakan rumus yang berpedoman pada MKJI Tahun 1997 dengan data lapangan dalam kondisi riil. Dalam analisis kinerja jalan 5 tahun mendatang didapatkan nilai tingkat pelayanan pada persimpangan tertinggi sebesar 13,884 det/smp pada titik 2 dengan level C. Sedangkan pada ruas jalan didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,794 pada ruas 2 sehingga kinerja ruas menjadi level D. Melihat kinerja simpang dan ruas jalan dalam 5 tahun kedepan dibutuhkan pengaturan ulang (rekayasa lalu lintas) di kawasan UNP.
PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA I SECARA DARING Nazmi Septiani; Rijal Abdullah
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.380566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP terhadap pelaksanaan pembelajaran Matematika I secara daring, Persepsi mahasiswa dinilai dari 4 aspek, yakni ketuntasan belajar, aktivitas belajar, kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan sarana yang menunjang pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang sudah mengambil mata kuliah Matematika I. Pengumpulan data dilakukan mengunakan kuesioner yang diisi secara daring melalui Google Form. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh presentase sebesar (87,7 %) untuk aspek ketuntasan belajar, (77,2 %) untuk aspek aktivitas belajar, (66,7 %) untuk aspek kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan (57,9 %) untuk aspek sarana yang menunjang pembelajaran. Jadi bisa ditarik kesimpulan persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Matematika I tergolong sedang.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LULUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG MEMASUKI DUNIA KERJA SELAMA PANDEMI COVID-19 Detia Enda Trivilla; Eka Juliafad
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.389566

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu terhambatnya lulusan perguruan tinggi dalam mencari pekerjaan akan berdampak buruk bagi kehidupan individu di masa pandemi maka dari itu lulusan harus memiliki kesiapan yang matang untuk memasuki dunia kerja selama pandemi Covid-19 ini.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kesiapan lulusan pendidikan teknik bangunan universitas negeri padang memasuki dunia kerja selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan kepada lulusan PTB UNP tahun maret 2019 sampai juni 2021 sebanyak 60 lulusan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner dengan menggunakan skala Guttman.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil dengan persentase faktor faktor kesiapan, kesiapan lulusan memasuki dunia kerja 51,42%, faktor internal 84,50 %, faktor eksternal 92,70 %, dan Covid-19 terhadap kesiapan kerja 73,38%.Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan lulusan pendidikan teknik bangunan universitas negeri padang memasuki dunia kerja selama pandemi Covid-19 yang terdiri dari 3 indikator yang terbagi 4 sub bab indikator yaitu: kesiapan lulusan, faktor internal, faktor eksternal, dampak Covid-19 tehadap kesiapan.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA II Suci Busra Anggraini; Juniman Silalahi
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.390566

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu sulitnya mahasiswa dalam memahami materi Mekanika Rekayasa II dalam perkuliahan online dan perlu adanya media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II dalam bentuk Aplikasi. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D, namun pada penelitian ini hanya sampai tahap 3D karena produk pengembangan tidak disebarkan. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media dan materi, serta mahasiswa. Produk media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II telah teruji kelayakannya oleh ahli media dan materi dengan rata-rata nilai sebesar 3,85 yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh mahasiswa adalah 80% yang masuk dalam kategori praktis. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dibuat sangat layak digunakan.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP Muhammad Fauzi; Prima Zola
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.392566

Abstract

Permasalahan yang ada pada mata kuliah Mekanika Rekayasa 1 adalah sulitnya mahasiswa dalam memahami materi Mekanika Rekayasa 1 dalam perkuliahan online, karena terkadang saat dosen menjelaskan sinyal putus – putus yang menyebabkan penyampaian materi tidak maksimal, dan perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa memahami materi dan contoh soal beserta penyelesaian pada mata kuliah Mekanika Rekayasa 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada mata kuliah Mekanika Rekayasa 1.Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa angkatan 2020 yang mengambil mata kuliah Mekanika Rekayasa 1. Berdasarkan penilaian produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash oleh ahli media mendapat skor rata-rata 3,47 dikatakan sangat baik. Penilaian produk oleh ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata 3,14 dikatakan sangat baik. Penilaian produk oleh ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata 3,21 dikatakan sangat baik. Sejalan dengan penilaian dari ahli media dan materi, penilaian dari 20 mahasiswa mendapat rata-rata skor 80,36% masuk dalam kategori praktis digunakan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik dan praktis digunakan.
ANALISIS PENGENDALIAN MUTU FISIK STRUKTUR PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN SBSN KAMPUS III UIN IMAM BONJOL PADANG Jatira Jasmaranti; M Giatman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.400566

Abstract

: The structure of the building is a major part of a building. Quality planning of building structures must be planned and implemented according to standards, both in terms of strength quality standards and in terms of building physical quality standards. So this study was conducted with the aim of (1) Knowing the factors that cause deviations in the physical quality of the column and beam structure in the SBSN Education Building Construction project Campus III UIN Imam Bonjol Padang, (2) Knowing the control of deviations in the physical quality of the column and beam structure work in the Building Construction project. SBSN Education Campus III UIN Imam Bonjol Padang. This type of research is a quantitative research with a descriptive approach. The research instrument is a questionnaire/questionnaire. The instrument validation was tested by expert judgment and then the questionnaire instrument was tested. The results showed that there are 5 factors that cause deviations in the quality of the column and beam structures included in the influential category. The results of data analysis that have been carried out show that (1) human resource factors are included in the influential category with a DP value of 81.95%, (2) material factors are included in the influential category with a DP value of 85.33%, (3 ) the equipment factor is included in the influential category with a DP value of 87.17%, (4) the work procedure factor is included in the influential category with a DP value of 89.08%, (5) the work implementation factor is included in the influential category with a DP value of 89 ,83%.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAMIFIKASI DARING MELALUI APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 1 HILIRAN GUMANTI Feni Junia Muslim; Prima Zola
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.410566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Gamifikasi Daring Melalui Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X DPIB Di SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan mengunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti yaitu berjumlah 20 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang yang diambil dari seluruh data populasi. Data penelitian dilakukan melalui link soal yang diberikan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian untuk mengetahui keefektifan penggunaan gamifikasi daring melalui aplikasi kahoot. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan efektivitas penggunaan gamifikasi daring melalui aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X DPIB DI SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti dapat dikatakan efektif dengan melihat nilai perbandingan hasil pre-test dan post-tes kelompok eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti memiliki keefektifan yang baik.
EVALUASI KUAT TEKAN BETON EKSISTING PADA BANGUNAN GEDUNG B SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PASAMAN Ari Komala; Eka Juliafad
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.411566

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 09 Pasaman didirikan pada tahun 1973 dimana sekolah ini mempunyai 3 gedung yaitu gedung A, B dan C. Gempa Pasaman Barat 2022 telah mengakibat kerusakan pada gedung B SDN 09 Pasaman. Untuk mengetahui kondisi eksisting gedung tersebut, maka perlu dilakukan pengecekan dan pengujian pada mutu beton bangunan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai kuat tekan beton eksisitng, yang kemudian dapat dibandingkan dengan kuat tekan beton rencana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode non-destruktif dengan menggunakan alat schimdt hammer untuk mengecek kuat tekan dan keseragaman beton pada elemen kolom, balok dan pelat eksisting. Setelah dilakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa nilai kuat tekan beton eksisitng yang didapatkan berbeda dengan nilai kuat tekan beton rencana. Hasil pengujian kolom lantai 1 menunjukkan hasil kuat tekan beton eksisting yang lebih kecil dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 16,53 %. Pada kolom lantai 2, kuat tekan beton eksisting lebih kecil dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 22,02 %. Pada balok lantai 1 tipe 1, kuat tekan beton eksisting lebih besar dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 3,22 %. Pada balok lantai 1 tipe 2, kuat tekan beton eksisting lebih besar dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 1,98 %. Pada ring balok, kuat tekan beton eksisting lebih kecil dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 60,04 %. Sedangkan untuk plat lantai, kuat tekan beton eksisting lebih besar dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 12,33 %.
PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DIMASA PANDEMI COVID 19 DI SMK NEGERI 1 PADANG Dinna Luantika; Nurhasan Syah
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.419566

Abstract

This study aims to determine the effect of interest on student learning outcomes in the subject of Construction Cost Estimation during the covid 19 pandemic class XII competence in Construction and Property Business skills at SMK Negeri 1 Padang. This research is descriptive with a quantitative approach. Data collection techniques in this study using the method of distributing questionnaires. While the samples in this study were taken from all populations, namely class XII students of Construction and Property Business Skills Competence at SMK Negeri 1 Padang with a total of 48 students. The results of the research conducted from the correlation test are known if R_(count ) for interest (X) and learning outcomes (Y) is 0.405 R_(table ) 0.284, it can be concluded that there is a correlation between interest (X) and learning outcomes (Y) and the criterion of the strength of the relationship is moderate. Meanwhile, from the results of the t-test analysis, it is known that if t_(count) (3.005) than t_(table) (1.677) with a significant level of 0.05 then Ho is therefore rejected. Then from testing the coefficient of determination, it can be seen that the result is 0.405 or equal to 16.4% which is indicated by R square (the correlation number squared), meaning that the effect of X (interest) on Y (Learning Outcomes) is 16.4% while 83.6% is influenced by other factors so that it can be said that there is a weak influence between interest on student learning outcomes.
PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PLK JURUSAN TEKNIK SIPIL DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH Veggy Aprilia simersis; Rijal Abdullah
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v3i2.430566

Abstract

Proses belajar mengajar adalah perpaduan dari kegiatan antara pendidik dan peserta didik yang membutuhkan persiapan dan perencanaan yang mantap baik dari pendidik maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PLK Jurusan Teknik Sipil FT UNP di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Teknik yang dipakai oleh peneliti ketika pengumpulan data yaitu kuesioner atau angket. Sedangkan untuk mengolah hasil survey penelitian digunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang dikategorikan sebagai penelitian deskriptif dengan instrumen penelitian menggunakan skala likers. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PLK jurusan teknik sipil di SMK Negeri 2 Payakumbuh tergolong dalam kategori cukup baik

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2022 2022