cover
Contact Name
-
Contact Email
fakultas.kipunisa@gmail.com
Phone
+6285795639166
Journal Mail Official
fakultas.kipunisa@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
ISSN : 27467740     EISSN : 27462196     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2746-7740 | E-ISSN 2746-2196] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan" : 6 Documents clear
Pengaruh Latihan Ballistic Method Terhadap Kecepatan Hasil Mendayung Jarak 200 M Podsi Kabupaten Ciamis Agus, Mulyadi; Sunandar Nurwenda
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan ballistic method terhadap kecepatan hasil mendayung jarak 200 m atlet PODSI Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penlitian ini adalah atlet PODSI Kabupaten Ciamis dengan pengambilan sampel yaitu total sampling yang berjumlah 15 atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan tes AAHPERD pretest dan posttest. Berdasarkan pengujian analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh signifikan dari program latihan ballistic method terhadap peningkatan kecepatan mendayung, yang mana dapat dilihat dari t hitung 9.025 lebih besar dari nilai t tabel tabel 3.787 (9.025 > 3.787) dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap atlet PODSI Kabupaten Ciamis.
Peran Orang Tua Terhadap Adaptasi Belajar Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ernawati; Anggi Pramowardhani
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri Balong, untuk mengetahui adaptasi belajar daring siswa kelas III, untuk mengetahui peran orang tua terhadap adaptasi belajar daring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berprestasi memiliki peran yang tinggi dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang dengan meluangkan waktu yang cukup untuk anak-anaknya, pemenuhan fasilitas belajar, pembimbingan dan pendampingan belajar. Adaptasi belajar daring siswa kelas III di SD Negeri Balong sudah sangat baik, ini berarti siswa mampu menyesuaikan diri dengan cepat dengan keberadaan belajar daring karena didukung peranan orang tua yang cukup maksimal dalam meningkatkan semangat belajar dirumah.
Strategi Permainan Mikro Berbasis Permainan Peran Sebagai Upaya Perkembangan Sosial Emosional Anak Ika Candra Destiyanti
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar sambil bermain sebagai urgensi pendidikan di PAUD menjadi perhatian pendidik dan pemerhati pendidikan jenjang PAUD namun kompatibilitas antara permainan dan pembelajaran terdapat rentan yang berjarak sehingga keduanya menjadi sesuatu yang terdiferensiasi. Instruksi permainan yang dapat di akomodir dalam pembelajaran kurang efektif dalam tujuan dan manfaat pembelajaran. Penelitian ini mengusulkan strategi permainan peran sebagai upaya perkembangan sosial emosional anak. Keterlibatan belajar kelompok dalam permainan peran menjadi dampak perubahan baik terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelas maupun sosialisasi anak dengan lingkungannya. Selain itu, analisis kualitatif dari data wawancara menunjukkan bahwa strategi permainan mikro dalam permainan peran membuat anak lebih memiliki karakteristik peduli dan bertanggungjawab terharap perannya sebagai peserta didik.
Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pemahaman Gizi Seimbang Anak Dedeh Komalasari
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh banyaknya anak di kelompok usia 4-5 tahun di PAUD Cempaka Taraju Kabupaten Kuningan yang tidak mau memakan bekalnya dan lebih memilih jajan sembarangan. Sehingga guru merasa perlu untuk mengupayakan bagaimana cara memberikan pemahaman kepada anak dan orang tua tentang gizi seimbang melalui kegiatan Cooking Class. Tujuan dari penelitian ini adalah agar Orang tua dan siswa memahami pentingnya pemahaman gizi seimbang melalui kegiatan Cooking Class. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskritif kualitatif dengan objek penelitian 25 anak dikelompok usia 4-5 tahun di PAUD Cempaka Taraju Kabupaten Kuningan. Penelitian menggunakan 2 indikator kegiatan yaitu kegiatan Cooking Class serta pemahaman gizi seimbang dimana hasil penelitian menunjukan tingkat keberhasilan dari Upaya gizi seimbang mencapai 96 % dari jumlah anak yang diteliti. Anak merasa senang dengan kegiatan memasak dan makan Bersama. Pengalaman nyata anak saat pemilihan menu dan keterlibatan anak dalam kegiatan membuat anak-anak memakan makanan yang sudah dibuat. Begitupun orang tua yang jadi lebih paham bahwa intuk menyediakan makanan bergizi perlu melibatkan anak dalam kegiatan memilih makanan serta pada saat proses memasaknya.
Penerapan Metode Pembelajaran Somatic Auditori Visual Intellectual (Savi) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Anggi Pramowardhani; Nurwidianti
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa sebelum penggunaan metode SAVI pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Sukadana. Untuk mengetahui pemahaman konsep siswa diakhir setelah penggunaan metode SAVI. Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran SAVI terhadap pemahaman konsep siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil belajar awal siswa sebelum penggunaan metode pembelajaran SAVI dari 20 siswa kelas V yang mengikuti pretest dengan menggunakan instrumen test diperoleh nilai terendah 31.30 dan nilai tertinggi 59.40, diperoleh nilai rata-rata nilai pretest sebesar 42.34. Hasil belajar akhir siswa setelah penggunaan metode pembelajaran SAV), diperoleh nilai pada tahap post-test dengan menggunakan instrumen test data terendah 62.50 dan nilai tertinggi 100.0 dan di peroleh nilai rata-rata sebesar 78.4. Peningkatan dari kondisi awal sebelum penggunaan metode SAVI dan kondisi akhir setelah penggunaan metode SAVI terjadi secara signifikan. Peningkatan terjadi karena adanya perubahan dalam penggunaan metode yang tepat pada pembelajaran. Simpulan dengan demikian, penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Sukadana.
Self-Actualization of Preschoolers Through Role play In The Classroom Ika Candra Destiyanti; Dini Okti Nuraini; Jajat Imanudin
Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Publisher : Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A form of early childhood self-actualization into a happy learner is the urgency of the preschool teacher realizing his professionalism. How concrete steps can be given by preschool teachers in their implementation is a form of teacher learning innovation in the classroom. This research is qualitative research with observation and interview techniques on how preschool teachers' efforts implement classroom teaching strategies in order to realize students' self-actualization in the classroom. The results of the research explain that students' ability to socialize and be able to cope with their environment is the main factor in self-accounting of preschool students in the classroom.

Page 1 of 1 | Total Record : 6