cover
Contact Name
Muhammad Subhan
Contact Email
d.hansfisika@gmail.com
Phone
+6282340867086
Journal Mail Official
admin@jurnal.stkipbima.ac.id
Editorial Address
Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima, Kode POS 84119, Tlpn. (0374) 43195/42801
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
ISSN : 26852586     EISSN : 25993143     DOI : https://doi.org/10.33627/ge.v5i1
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel Online pada tahun 2018. Artikel diterbit 2 kali setahun pada bulan April dan November. Jurnal Gravity Edu adalah sebagai media publikasi informasi, hasil pemikiran dan penelitian berupa karya ilmiah dibidang pendidikan Fisika, Ilmu Fisika, Astronomi dan umumnya IPA (sains)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika" : 5 Documents clear
penerapan Iqbal, Muhammad; Subhan, Muhammad
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i2.1392

Abstract

Solar Dryer-based Greenhouse or also known as the drying method using the Greenhouse Effect (ERK) is a drying method that utilizes solar energy as the main energy source. The aim of this research is to produce a Greenhouse Prototype and determine the effectiveness of the Solar Dryer-based Green House Prototype that was developed and the coffee bean comparison aims to get a comparison of the blending of Arabica and Robusta coffee beans. The results of the research show that the effect of drying time on the room temperature distribution of the drying house looks slightly fluctuating. However, the average room temperature from several measurement points is relatively uniform with a higher value than the environment. The moisture content value on a wet basis is 3.17%, on a dry basis 3.07% and the average final moisture content of coffee beans is 20.45%, the drying rate is 0.77% bw/hour, and the efficiency of the drying house is 4.84%. Meanwhile, for blending coffee beans based on consideration of organoleptic test results, yield, water content, VRS, shelf life. The initial quality characteristics of the selected ground coffee meet SNI standards with water content values ​​of 3.54%, fat content 4.77%, fiber content 58.63%, protein content. 12.92%, and ash content 5.76%. During storage of selected ground coffee, there was a decrease in quality, which was characterized by an increase in water content, a decrease in VRS levels, and an increase in pH value.
Peninjauan Motivasi Belajar Pada Siswa Full Day School di SDIT Insan Kamil Kota Bima Fatimah, Fatimah; Suswati, Lis; Ainulyaqin, Ainulyaqin
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i2.1469

Abstract

Motivasi belajar sangat diperlukan bagi seorang siswa, sebab dengan adanya motivasi maka siswa akan lebih giat belajar dan diharapkan dapat memiliki prestasi yang tinggi. Kebijakan full day school yang diterapkan di berbagai sekolah menyebabkan siswa harus belajar sehari penuh dan dikhawatirkan mengalami kelelahan sehingga motivasi belajarnya menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar motivasi belajar pada siswa full day school di SDIT Insan Kamil Kota Bima. Sampel penelitian sebanyak 224 orang siswa, terdiri dari 126 siswa laki-laki dan 98 siswi perempuan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, selanjutnya data yang didapat dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan motivasi belajar siswa full day school tergolong sedang. Ditinjau dari jenis kelamin, motivasi belajar siswa laki laki tergolong sedang, dan motivasi belajar siswi perempuan juga tergolong sedang. Ditinjau dari nilai rata-rata, siswa laki-laki memiliki tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswi perempuan
Peningkatan Hasil Belajar melalui Quantum learning terintgrasi Model Problem Based Learning Kelas VIII IPA di SMPIT Insan Kamil Kota Bima Subhan, Muhammad; Yus'iran, Yus'iran
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i2.1506

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa adalah tujuan dari setiap proses pendidikan. Langkah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran memerlukan strategi dan metode yang diterapkan dalam proses kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah proses perbaikan hasil belajar siswa di SMPIT Insan Kamil Kota Bima dengan menggunakan strategi Quantum Learning untuk melihat cara belajar siswa dan diintegrasikan dengan model Problem based Learning untuk melihat kreativitas berpikir siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Peningkatan Hasil belajar siswa dinilai dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Data diperoleh dari hasil observasi yang melibatkan dua observer dan evaluasi menggunakan tes berupa soal objektif dan data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Rata-rata pengetahuan siswa sebelum dilakukan pengukuran 65,41, pada siklus I rata-rata pengetahuan siswa meningkat menjadi 74,71 dan 79,04 pada siklus II. Keterampilan siswa sebelum tindakan rata-rata adalah 76,62, setelah dilakukan tindakan rata-rata keterampilan pada siklus I mencapai 78,26 dan pada siklus II nilai keterampilan siswa sebesar 80,04. Nilai sikap sebelum bertindak sebesar 79,43, pada siklus I sebesar 79,51 dan pada siklus II sebesar 81,11. Keseluruhan hasil penelitian yang dicapai menunjukkan peningkatannya hasil belajar tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 7%
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Materi Rangkaian Listrik melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VI/A Semester I SDN 10 Penatoi Kota Bima Sastrawati, Ening
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i2.3231

Abstract

This study is motivated by the low learning outcomes in the Natural Science (IPA) subject at SDN 10 Penatoi Kota Bima, particularly regarding the topic of electrical circuits, which is attributed to the implementation of teacher-centered conventional learning methods. Therefore, classroom action research (PTK) was conducted to examine and implement an experimental method aimed at improving student learning outcomes. The research subjects were the class VI/A students, consisting of 29 students (11 males and 18 females). The data collection instruments included learning outcome tests, observation sheets for both student and teacher activities, and supporting documents. The research results indicate that the implementation of the experimental method significantly enhanced learning activities, student involvement in the experimental process, and the average post-test scores that met the mastery criteria (a minimum score of 7 and a passing percentage of ≥85%). The implication of this study is that the experimental method is effective in optimizing Natural Science education, thereby producing a more enjoyable and meaningful teaching and learning process
Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Media Abakus Pada Siswa Kelas I SD 1 Melayu Kota Bima Pravithasari, Ade
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 2 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i2.3243

Abstract

Low learning achievement, activeness, and student participation, especially in Mathematics subjects due to the limitations of teaching materials, media, and teaching methods are the background of this Research. This study aims to determine the improvement of students' numeracy skills through the Abaku method. This research was carried out at SD Negeri 1 Melayu Bima City. The subject of the study was grade I students consisting of 25 students. The object of the research is the learning achievement of students. The results of the study in Cycle I showed that the increase in students' numeracy skills achieved an average score of 64 with a completion percentage of 75%. In the second cycle, it achieved an average score of 86 with a completeness presentation of 96%. The conclusion that can be obtained is that the use of Abakus Media can improve Numeracy Skills in grade I students of SD Negeri 1 Melayu Bima City

Page 1 of 1 | Total Record : 5