cover
Contact Name
Ibnu Siswanto
Contact Email
ibnusiswanto@uny.ac.id
Phone
+6281392799699
Journal Mail Official
jpvo@uny.ac.id
Editorial Address
Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
ISSN : 26554879     EISSN : 26552132     DOI : https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif dipublikasikan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif bertujuan untuk mempromosikan secara komprehensif kajian teoritik dan empirik dalam bidang keilmuan Pendidikan, Teknologi, dan Teknik Otomotif.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): (November)" : 9 Documents clear
KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING Yusuf Ardhani
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.34917

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKRO di SMK Muhammadiyah Gamping Periode 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO SMK Muhammadiyah Gamping. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program ITEMAN versi 4.3 dan program Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan validitas, soal valid berjumlah 15 soal atau 37,5% sedangkan soal tidak valid berjumlah 25 soal atau 62,5%; (2) Kualitas soal berdasarkan reliabilitas, dapat disimpulkan butir soal Penilian Akhir Tahun mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X TKRO SMK Muhammadiyah periode 2018/2019 memiliki koefisien reliabilitas rendah sebesar 0,657; (3) Kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, butir tergolong sukar berjumlah 12 butir atau 30%, butir soal tergolong sedang/cukup berjumlah 24 butir atau 60%, dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 4 butir atau 10%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir soal memiliki daya pembeda jelek berjumlah 18 butir atau sebesar 45%, butir soal yang memiliki daya pembeda cukup berjumlah 8 butir atau sebanyak 20%, butir soal yang memiliki daya pembeda baik berjumlah 7 butir atau sebesar 17,5% dan butir soal yang memiliki daya pembeda negatif berjumlah 7 butir soal atau sebesar 17,5%; (5) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 19 (47,5%) butir soal berkualitas baik, sebanyak 10 (25%) butir soal berkualitas kurang baik dan 11(27,5%) berkualitas jelek.Kata kunci: Kualitas Butir Soal, Teknologi Dasar Otomotif, SMK Muhammadiyah Gamping.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI WIRAUSAHA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MAHASISWA IST AKPRIND YOGYAKARTA Aji Pranoto; Eka Sulistyaningsih; Nurul Dzakiya
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.35456

Abstract

Abstract - This study is to analyze the influence of entrepreneurial motivation factors in the era of 4.0 including family background, entrepreneurial education training, courage to take risks, and the desire to work independently of the students of the AKPRIND Yogyakarta Institute of Science Technology. This type of research is ex-post facto. The population of all students taking entrepreneurship courses in the odd semester of 2020/2021 is 61 students. Data collection using a questionnaire. The validity test used the item score correlation with the total score, the reliability used Cronbach alpha, the data analysis technique used descriptive analysis and SEM. Data processing using the help of a computer program Lisrel. The results of this study indicate that there is a direct influence of 1) family background (X1) on the entrepreneurial motivation variable (Y) of 0.33 and the value of t = 6.33. 2) entrepreneurship education and training (X2) on the entrepreneurial motivation variable (Y) of 5.28 and the value of t = 5.38. 3) courage to take risks (X3) on the entrepreneurial motivation variable (Y) of 0.24 and the value of t = 4.87. 4) the desire to work independently (X4) on the entrepreneurial motivation variable (Y) of 5.22. While the indirect effect of variable 1) family background (X1) on the courage to take risks (X3) is 0.26 and the value of t = 4.28. 2) entrepreneurship education and training (X2) on the risk-taking courage variable (X3) of 0.14 and the value of t = 2.27. 3) family background (X1) on the variable desire to work independently (X4) of 0.27 and the value of t = 4.07. 4) entrepreneurship education and training (X2) on the variable desire to work independently (X4) of 0.13 and the value of t = 1.72.
PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN PRODUKKREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK SISWA KOMPETENSIKEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK N 2PENGASIH Nanang Setiawan
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.36211

Abstract

AbstractThis research aims to compile learning module for Creative Products and Entrepreneurship which is in accordance with XI class of Automotive Light Vehicle Engineering Skills Competencies, and to find out the feasibility of the Creative Products and Entrepreneurship module in SMK N 2 Pengasih. This method used 4D development research model from Thiagarajan. The subjects were material experts, media experts, and 36 TKRO XI students in SMK N 2 Pengasih. Collecting data using a questionnaire with Likert scale and analyzed to obtain feasibility results. The validity used content with expert opinion (expert judgment). Data analysis used quantitative descriptive analysis. The result: compilation of learning modules for Creative Products and Entrepreneurship for learning activities in SMK N 2 Pengasih in XI Class of Automotive Light Vehicle Engineering Skills Competency. Feasibility according to material experts obtains a percentage score of 88.6% which is included in "very feasible" category. Based on media experts, the feasibility according to the media expert gets a percentage score of 94.8% which is included in "very feasible" category, and the feasibility according to the user gets a percentage score of 85.9% and it is included in "very feasible" category to be used as a media of learning.Key Words: Development of Learning Module, Creative Products and Entrepreneurship, Automotive.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF PESERTA DIDIK KELAS X TKRO 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Dimas Ari Prasetyo
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.34972

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul melalui implementasi model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada 14 Januari 2020 sampai dengan 4 Februari 2020 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 peserta didik. Pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk mengamati pelaksanaan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan tes evaluasi hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 75% (kategori baik) yaitu nilai hasil belajar minimal 78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Reciprocal Teaching pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini terbukti pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 55,17% (kategori kurang) pada siklus II meningkat menjadi 82,76% (kategori sangat baik).
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PIRI SLEMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW Candra Kharisma
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.34974

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK PIRI Sleman pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI KR B SMK PIRI Sleman pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI KR B SMK PIRI Sleman. Hal ini terbukti dari siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 60 % dan hasil belajar siswa sebesar 30% meningkat pada siklus II persentase keaktifan dan ketuntasan hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan dengan persentase keaktifan mencapai 79% (kategori baik) dan siswa tuntas KKM sebesar 80% (kategori sangat baik).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMK NEGERI 1 MAGELANG Carolus Ryan Putra Praditya; Kir Haryana
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.33555

Abstract

This research aims to determine the increase in learning outcomes in the subject of Automotive Basic Technology class X Department of Automotive Engineering SMK Negeri 1 Magelang 2018/2019 Academic Year using the application of cooperative learning models Think Pair Share  (TPS) type. This research is a class action research. Data collection techniques used in this study used observation and tests. The steps undertaken in this study were begun with observations to find out the students' initial abilities in the material used, then implemented a Think Pair Share  (TPS) type of cooperative learning model with a continuous learning cycle, and ended with a posttest at each end of learning. The results showed that the application of learning using the Cooperative learning model Think Pair Share  (TPS) type can improve student learning outcomes in automotive basic technology subjects in class X OC SMK Negeri 1 Magelang. On observation, the average value of 55, in the first cycle the average student learning outcomes of 83, then in the second cycle the average student learning outcomes of 90, thus the average test in the first cycle increased by 28 points or by 56 , 6% compared to observations, the average test in cycle II increased by 7 points or 8.4% compared to the test in cycle I.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK N 2 WONOSARI Amin Nurmansyah; Sukaswanto Sukaswanto
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.33586

Abstract

The purpose this research to determine the effect of the use of the Snowball Throwing learning model and the Problem Based Learning (PBL) learning model on student achievement, and determine the effect of using the Snowball Throwing learning model and Problem Based Learning (PBL) learning model on student motivation. Data collection techniques used in this study were using tests and questionnaires. The instrument validation test uses construct validation and content validation is conducted by the thesis supervisor. The results showed that the first research hypothesis stated Ha was accepted and Ho was rejected. The average value of PBL class learning achievement is 78.34 and Snowball Throwing class is 83.61. Thus the Snowball Throwing learning model has a positive effect on student achievement. For the second research hypothesis states Ha is rejected and Ho is accepted. Thus the Snowball Throwing learning model does not have a positive effect on the level of student motivation. The average value of PBL class learning motivation level is 75.40 and Snowball Throwing class is 72.68.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR A TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NASIONAL BERBAH TAHUN AJARAN 2019/2020 Muhammad Solikhin
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.34990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR A di SMK Nasional Berbah pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif melalui implementasi model pembelajaran ARCS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR A di SMK Nasional Berbah tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa dengan jenis numerical rating scale dengan aspek indikator berupa keberanian peserta didik bertanya, keberanian peserta didik untuk menjawab pertanyaan/mengungkapkan pendapat, interaksipeserta didik dengan guru dan kelompok, perhatian peserta didik selama prosespembelajaran, serta tes evaluasi untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Model pembelajaran ARCS dikatakan berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar apabila persentase keaktifan mencapai 65 % dan sebanyak 75 % siswa telah tuntas KKM yaitu hasil belajar minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi model pembelajaran ARCS pada proses pembelajaran meningkatkan keaktifan siswa kelas X TKR A di SMK Nasional Berbah. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan belajar siswa pada siklus I 55,60 % meningkat pada siklus II sebesar 73,71 %. 2) Implementasi model pembelajaranARCS mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 57,5 meingkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar 75. dengan persentase ketuntasan akhir sebesar 82 % dan persentase keaktifan mencapai 73,71 % di siklus II. Dengan demikian telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.  
PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN Muhammad Dinata
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 3, No 1 (2020): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v3i1.34967

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tugas dan fungsi Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Muhammadiyah 1 Playen dalam menyalurkan lulusan ke dunia industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisa data. Subyek penelitian ini adalah pengurus Bursa Kerja Khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara; (2) angket; (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif dimana berupa kata-kata kalimat yang dipisah menurut kategorinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tugas dan fungsi BKK dalam membantu menyalurkan lulusan SMK Muhammadiyah 1 Playen ke dunia kerja (69,25%), yaitu : (a) Memberikan informasi ketenagakerjaan kepada siswa (80,00%),  (b) Mengadakan bimbingan karir (58,75%), (c) Menjalin hubungan dengan alumni (67,50%), (d) Mengadakan kegiatan ketenagakerjaan (80,63%), dan (e) Menjalin kerjasama dengan Lembaga pemerintah dan swasta (59,38%); (2) Manajemen BKK SMK Muhammadiyah 1 Playen dalam membantu menyalurkan lulusannya (78,88%), yaitu: (a) Perencanaan BKK (87,50%), (b) Pengorganisasian BKK (80,00%), (c) Pelaksanaan BKK (73,00%), (d) Pengawasan BKK (75,00%); (3) Faktor pendukung BKK SMK Muhammadiyah 1 Playen dalam membantu menyalurkan lulusannya (73,70%), yaitu: (a) Faktor Internal (75,83%), (b) Faktor Eksternal (71,56%). (4) Faktor Penghambat BKK SMK Muhammadiyah 1 Playen dalam membantu menyalurkan lulusannya (79,02%), yaitu: (a) Faktor Internal (83,75%), (b) Faktor Eksternal (74,29%).

Page 1 of 1 | Total Record : 9