cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2021): April" : 8 Documents clear
PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI PAUD Rohiyatun, Baiq; Najwa, Lu`luin
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4082

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu Pendidikan Anak Usia Dini adalah dengan cara terpenuhinya sarana dan prasarana yang ada di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang memadai, berkualitas, sesuai dengan perkembangan Anak Usia Dini, dan sarana dan prasarana yang siap pakai. Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini diperlukan suatu manajemen sarana dan prasarana yang baik. Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta di lapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dioptimalkan dan dikelola dengan baik. Ada beberapa kagiatan yang dilakukan dalam pengelolaan sarana dan prasarana yaitu: Perencanaan sarana dan prasarana, Pengadaan sarana dan prasarana, Inventarisasi sarana dan prasarana, Pemanfaatan sarana dan prasarana, Pemeliharaan sarana dan Prasarana dan Penghapusan sarana dan prasarana.  Kata Kunci: Pengelolaan, sarana prasarana, PAUD
INOVASI FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA Afian, Tilal; Donny Agung Saputra, Rizka
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan cara melakukan inovasi perpustakaan sekolah ramah anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat mendalami, menggambarkan dan menjelaskanaspek-aspek peranan perpustakaan sekolah ramah  anak dalam meningkatkan minta baca. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama, sedangkan sumber data sekunder merupakan data tambahan yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti  dari sumber utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil inovasi fasilitas perpustakaan yang dihasilkan yaitu Peserta didik yang sebelumnya tidak tertarik untuk mengunjungi menjadi lebih semangat dan dan betah berada didalam perpustakaan salah satunya saat jam pelajaran kosong. Bagi petugas perpustakaan, mendapatkan pengetahuan baru di bidang perpustakaan.Kata kunci : Perpustakaan Ramah Anak, Inovasi Perpustakaan ,Meningkatkan Minat BacaPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan cara melakukan inovasi perpustakaan sekolah ramah anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat mendalami, menggambarkan dan menjelaskanaspek-aspek peranan perpustakaan sekolah ramah  anak dalam meningkatkan minta baca. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama, sedangkan sumber data sekunder merupakan data tambahan yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti  dari sumber utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil inovasi fasilitas perpustakaan yang dihasilkan yaitu Peserta didik yang sebelumnya tidak tertarik untuk mengunjungi menjadi lebih semangat dan dan betah berada didalam perpustakaan salah satunya saat jam pelajaran kosong. Bagi petugas perpustakaan, mendapatkan pengetahuan baru di bidang perpustakaan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMA ISLAM AL-ASHAR NW KAYANGAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT Hardiansyah, Hardiansyah
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4084

Abstract

Kebutuhan kajian tentang kepemimpinan dan kinerja guru di tengah-tengah rendahnya kualitas pendidikan di negeri ini masih sangat diperlukan. Kepala sekolah di masa mendatang dituntut mampu menyelaraskan sumberdaya dan potensi sekolah untuk mencapai kinerja yang tinggi menuju kualitas pendidikan yang lebih baik. Untuk itu tujuan penelitianya untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kharismatik kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 30 orang guru, jadi dalam penelitian diambil semua populasi, sehingga merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap, metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi Square. Hasil penelitian bahwa nilai x 2hitung analisis lebih besar dari pada nilai x 2tabel (46,799 > 42,56), Karena x 2hitung lebih besar dari harga x 2tabel, maka penelitian ini dikatakan signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Ada Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat, sehingga dapat disimpulkan “signifikan”. Kata Kunci: Kepemimpinan Kharismatik, Motivasi Kerja Guru 
ANALISIS DIGITAL MARKETING PADA HOTEL KILA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN Aryani, Menik
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4085

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen”. Penelitian ini dilakukan di Hotel Kila Sengiggi Beach, dengan jumlah responden 100 orang. Konsumen yang dijadikan responden pada penelitian ini diambil secara acak dan telah menginap lebih dari tiga kali. Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis digital marketing yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini ada 2 (dua ) variable yang diteliti yaitu aksesbilitas dan interaktivitas. Analisis data yang digunakan adalah AnalisisFishbein Attitudeanalisis ini digunakan untuk mengetahui digital marketing yang mana yang paling responden tertarik sehingga memiliki keinginan untuk menginap kembali di Hotel Kila Sengiggi Beach. Berdasarkan analisis kepuasan konsumen  menunjukkan konsumen sudah merasa puas dengan layanan digital marketing  yang diberikan Hotel Kila Sengiggi Beach. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata sikap responden terhadap variabel digital marketing  Hotel Kila Sengiggi Beach di atas angka 3,00. Dan dari ke-dua variabel digital marketing  layanan variable aksesbilitasmemiliki angka tertinggi yaitu 3,46, sehingga hal itu yang membuat konsumen merasa puas dan berperilaku untuk menginap lagi di Hotel Kila Sengiggi Beach. Keywords :Digital Marketing, kepuasan konsumen.
IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4086

Abstract

There were 241 cases of violence against children recorded until November 10th 2020. The Office of Women's Empowerment and Child Protection of NTB Province carries out its obligations to protect and fulfill children's rights by trying to protect, save, and provide protection to children from discrimination, violence, and ensuring their right to grow and develop. The government then initiates and runs the Child Friendly School Program. Facts in the field based on initial observations, at State Elementary School 8 Sokong has implemented a child-friendly school program which is becoming an example for other schools. The objectives of this study are (1) to describe the planning for the implementation of the child-friendly school program, (2) to describe the implementation of the Child Friendly School Program, (3) To describe the results of the monitoring and evaluation of the implementation of the Child Friendly School Program at State Elementary School 8 Sokong.This study is a descriptive qualitative research. The data collection used are observation, interview, and documentation. The data obtained validated using source triangulation. The data then analyzed since the data collected, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions and verification. The results of the research show that (1) The Child Friendly School Program planning has fulfilled the program SOP, namely by forming a development team who construct program activity plan. (2) The program implementation has met the program indicators by being implemented without violence and discrimination against child. (3) Monitoring is carried out by providing previously prepared questionnaires to be filled out by school principals and representatives of educators and education staff, then monitored by relevant agencies and institutions. Meanwhile, the evaluation of the program implemented at State Elementary School 8 Sokong was evaluated in its entirety along with other programs.Keywords: Child-friendly School, Learning.
PENGARUH KREATIVITAS DAN INTERAKSI GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMKN 2 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Muslim, Ahmad; Amanda, Nadya Restu; Iqbal, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4125

Abstract

This study aimsat determine how the teacher creativity and interaction in learning effects on student interest in learning during the Covid-19 pandemic at State Vocational High School 2 KuripanAcademic Year 2020/2021. The research method used by the researcher was 1) the sample used in this study was 100 students, 2) the data collection method used was the questionnaire and documentation method, then 3) the data analysis technique used was descriptive statistics and multiple regression analysis, conducted using SPSS 16 software. The results of data analysis shows that: 1) There was a positive influence on teacher creativity in learning on student interest in learning during the Covid-19 pandemic, based on the significance level of teacher creativity (X1) 0.000 <0.05, and the value of t-count 3.805 that is greater than t-table 1.984; 2) There is a significant effect of teacher learning interaction on student interest in learning during the Covid-19 pandemic, based on significance level of teacher interaction (X2)0.008 <0.05, and the t-count value of 2.719 greater than t-table 1.984;and 3) There is a significant effect of teacher creativity and interaction in learning on student learning interest during the Covid-19 pandemic with an F-count value of 15.213 that is higher than the value of F-table 3.09. Based on the results of the analysis, all Ha-s are accepted. Finally, it can be concluded that teacher creativity and interaction in learning have a significant effect both partially and simultaneously onstudent interest in the Covid-19 pandemic at State Vocational High School 2 Kuripan Academic Year 2020/2021. Keywords: Teacher Creativity, Student Learning Interest
HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA Endriani, Ani; Yulianti, Yulianti
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4133

Abstract

Konsep diri adalah pandangan dan perasaan kita tentang diri kita, yang berhubungan dengan aspek fisik, sosial dan psikologis, pandangan dan perasaan kita tentang diri kita, mencakup persepsi individu mengenai karakteristik fisik, melainkan juga penilaian mengenai apa pernah dicapai, dan apa yang dijalani.  Sedangkan rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah: apakah ada ”Hubungan Konsep Diri terhadap  Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara”.? Adapun tujuan dalam penelitian adalah:”Ingin mengetahui Hubungan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Tekhnik yang di gunakan dalam penelitian adalah: menggunakan proposional random samplingd. Dengan jumlah populasi 200, sampel25/100x200= 50 orang. jadi jumlah sampel penelitian ini adalah 50 orang. Sedangkan metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitan ini adalah: metode angket sebagai metode pokok sedangkan metode observasi, wawancara, dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan  analisis data  menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis no (Ho) ditolak sebab nilai r hitung lebih besar dari pada r tabel dengan signifikan 5% (3,070>0,279) dengan demikian Hubungan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. signifikan. Kata kunci: Konsep Diri, Prestasi Belajar
PENGGUNAAN MEDIA KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS VII Mustakim, Mustakim
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v6i1.4384

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihatsecara umum Penggunaan Media Kaligrafi dapat meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits pada Siswa Kelas VII di MTs. Pada tahap pengumpulan data ada beberapa rancangan atau tahapan penelitan yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain Tahap perencanaan (planning) yakni kegiatan perancangan untuk pemecahan masalah. Tahap ini berupa menyusun rancangan tindakan yang menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, di mana, oleh siapa, dan bagaimana tindakan tersebut akan dilakukan. Tahap Pelaksanaan Tindakan (Acting). Dalam hal ini guru bertindak sebagai peneliti, sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran sekaligus pengamat. Pengamatan (Observing). Pada tahap ini, peneliti melakukan pengamatan dan mencatat semua hal yang diperlukan dan terjadi selama pelaksanaan tindakan belangsung. Selanjutnya Refleksi (Reflecting) Refleksi (Reflecting). Selain daripada itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni kaligrafi (khat)yang dilakukandiMTs Darul Abidin NW Gerisak Semanggeleng dimulai dari pemberian motivasi kepada siswa, selanjutnya guru melakukan monitoring. Monitoring dilakukan  dengan cara guru menghampiri satu persatu siswa untuk melihat perkembangan dan kesulitan siswa sebelum guru memberikan contoh tulisanyang benar di buku setiap siswa.   Kata Kunci: Media Kaligrafi, Prestasi Belajar, Qur’an, Hadis.

Page 1 of 1 | Total Record : 8