cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
adminjmm@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6281374513738
Journal Mail Official
tarbiyahkhatulistiwa@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No. 111 Pontianak - Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 2442756X     EISSN : 25284487     DOI : 10.29406/tbw
Core Subject : Religion, Education,
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Kami mengundang para peneliti, dosen, pakar dan praktisi untuk mengirimkan artikel terbaiknya di jurnal yang kami kelola serta berkontribusi dalam diseminasi publikasi karya ilmiah pendidikan Agama Islam.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI QUIZ TEAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA (MENDENGARKAN DAN MENULIS) PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DAN METODE PAI DI FAI UM PONTIANAK Wahdah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.252

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas tentang: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Quiz Team dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Metode PAI di Fakultas Agama Isalam UM Pontianak; 2) Peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi Quiz Team dalam pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Metode PAI di Fakultas Agama Isalam UM  Pontianak. Sehingga Setelah memperoleh informasi yang jelas tentang hal tersebut di atas diharapkan nanti dapat menambah wawasan peneliti dan dosen lain tentang strategi pembelajaran dan menjadi bahan rujukan dalam rangka mencari solusi pemecahan masalah guna meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam perkuliahan yang selama ini semakin menurun. Selain itu juga melalui penelitian ini diharapkan dosen dapat memilih strategi yang dapat melatih mahasiswa sebagai calon pendidik agar memiliki memiliki keterampilan dasar mengajar.Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara umum dapat disimpulkan bahwa Terdapat Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Strategi Quiz Team pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Metode PAI di Fakultas Agama Islam UM Pontianak khususnya pada Aktivitas Mendengarkan dan Aktivitas Menulis jadi strategi ini dianggap efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa. Kata Kunci: Strategi Quiz Team dan Aktivitas Belajar Mahasiswa
Peran Muhammadiyah Dalam Menyikapi Fenomena LGBT dan Aliran Keagamaan Menyimpang* Nilwani Hamid
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.275

Abstract

Fenomena munculnya bermacam ragam paham dan aliran menyimpang (sesat) di tanah air kerapkali disikapi dengan berbagai cara oleh ummat Islam, sebagian umat Islam menyikapinya dengan ekstrem, sikap ekstrem dimaksud secara umum terbagi menjadi dua, yakni main hakim sendiri dengan menghalalkan tindakan anarkis terhadap para penganut aliran menyimpang (sesat), atau memasang badan membela para penganut paham dan aliran menyimpang (sesat) tersebut dengan berdalih bahwa "hanya Tuhan-lah yang berhak memvonis sesat tidaknya suatu golongan". Bila kita mencermati secara jeli, maka sikap kelompok pertama yang menghalalkan tindakan anarkis terhadap para penganut aliran sesat sesungguhnya dilatarbelakangi oleh satu model beragama yang lebih mengedepankan sikap-sikap emosional. Sementara kelompok kedua yang begitu toleran terhadap para pengikut dan penjaja kesesatan, boleh jadi dilatarbelakangi oleh faktor kejahilan (kebodohan) terhadap ajaran Islam, mengikuti hawa nafsu sehingga terjebak taklid buta pada apa yang diajarkan guru-gurunya, atau adanya kepentingan-kepentingan duniawi yang menyebabkan seseorang yang sejatinya alim memilih untuk diam seribu bahasa atau bahkan cenderung melakukan pembelaan terhadap eksistensi aliran/paham menyimpang (sesat) tersebut. Diantara aliran/paham menyimpang(sesat) yang saat ini sedang menghebohkan jagat Indonesia raya adalah lgbt dan gafatar.
PROBLEMATIKA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH-IBADAH DI SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH PONTIANAK Heriansyah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.253

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran Aqidah-Ibadah melalui pemanfaatan TIK di SMA dan SMK Muhammadiyah kota Pontianak. Aqidah-Ibadah adalah salah satu mata pelajaran yang wajib dalam kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa pada SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammmadiyah 2 di Pontianak yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara mendalam dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dismpulkan bahwa Pembelajaran Aqidah-Ibadah melalui TIK di SMA dan SMK Muhammadiyah Pontianak memiliki kelebihan: terdapat rumusan pembelajaran melalui ICT dalam silabus dan RPP, menarik perhatian, memotivasi dan memudahkan siswa memahami materi, didukung kemampuan beberapa guru dalam mengoperasikan media TIK, telah dilengkapi dengan jaringan internet, mendorong guru menggunakan media online, fasilitas TIK yang tersedia, dan terbukti meningkatkan hasil belajar. Adapun kekurangan-kekurangan yang dimiliki: Tidak semua materi dapat dijelaskan melalui TIK, kemampuan SDM TIK masih terbatas dan kecepatan jaringan internet yang masih lambat.Kata Kunci: Problematika, TIK, Aqidah-Ibadah, 
MENGENAL BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH Barriyati .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.277

Abstract

Perlunya Bimbingan dan Konseling di Sekolah jika ditinjau secara mendalam, setidaknya ada tiga hal utama yang melatar belakangi perlunya bimbingan yakni tinjauan secara umum, sosiokultural dan aspek psikologis. Secara umum, latar belakang perlunya bimbingan berhubungan erat dengan pencapaian tujuan pendidikan nasional, yaitu: meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.Berkaitan dengan perlunya bimbingan konseling dan latar belakang diatas, mari kita mengenal apa itu bimbingan dan konseling.
Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Menggunakan Metode Tariqah al Intiqaiyyah Pada Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Universitas Muhammadiyah Pontianak Tahun 2015 Eli .,
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.273

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Dalam upaya Mengatasi Kesulitan belajar Dengan Menggunakan Metode Tariqah al Intiqaiyyah Pada Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan mengunakan metode thariqah al intiqa’iyah adalah sebagaimana metode yang lain yaitu diawali dengan persiapan dari mulai penyusunan RPP, menetapkan materi yang akan disampaikan dan pelaksanaan. Dalam pelaksanaannya, materi disampaikan dengan menggabungkan berbagai metode disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga mahasiswa tidak merasa jenuh dan bosan bahkan mereka merasa hilang rasa malunya ketika diminta maju kedepan mendemonstrasikan materi tersebut. 2) Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode thariqah al intiqa’iyah adalah ; pertama adalah tidak ada buku yang pasti baik untuk dosen maupun untuk mahasiswa. Kedua; adalah masih ada mahasiswa yang belum lancar membaca bahasa arab. Ketiga; mahasiswa masih kesulitan menulis tulisan arab.Kata Kunci : Epektivitas Pembelajaran Bahasa Arab, Metode tariqah al Intiqa’iyah
PENGARUH KETRAMPILAN DOSEN DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK Mawardi .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 1 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i1.274

Abstract

Artikel penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan hasil penelitian bahwa ketrampilan dosen dalam mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak, 2) Hasil penelitian dapat memberikan kontribusi kepada para dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan, karena kualitas proses pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan setiap dosen, dan 3) Hasil penelitian ini akan disampaikan melalui media lokal berupa jurnal kampus dan seminar para dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Pontianak.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex-post facto. Adapun teknik yang digunakan yaitu teknik komukasi langsung berupa angket dengan Skala Guttman untuk mengukur persepsi mahasiswa dan teknik komunikasi tidak langsung berupa documenter.Berdasarkan analisis data maka dapat ditarik kesimpulan  sebagai berikut: 1) Rata-rata kemampuan dosen dalam melaksanakan aktivitas mengajar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak adalah 82,84 yang dapat dikategorikan sangat baik,  2) Rata-rata hasil belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak adalah 77,63 (kategori baik) dan 3) Kemampuan dosen dalam melaksanakan aktivitas mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak. Dan rekomendasikan bahwa 1) Diharapkan beberapa dosen yang kemampuannya masih belum mencapai rata-rata 80 (kategori sangat baik), agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan aktivitas mengajarnya dan 2) Diharapkan semua mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui belajar dengan baik di rumah. Kata Kunci: Ketrampilan Dosen Mengajar dan Hasil Belajar Mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6