cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
adminjmm@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6281374513738
Journal Mail Official
tarbiyahkhatulistiwa@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No. 111 Pontianak - Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 2442756X     EISSN : 25284487     DOI : 10.29406/tbw
Core Subject : Religion, Education,
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Kami mengundang para peneliti, dosen, pakar dan praktisi untuk mengirimkan artikel terbaiknya di jurnal yang kami kelola serta berkontribusi dalam diseminasi publikasi karya ilmiah pendidikan Agama Islam.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa" : 6 Documents clear
PENGARUH METODE BRAINSTORMING GROUP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU TERPUJI DI KELAS XI SMA NEGERI 8 PONTIANAK Elin B Somantri
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i2.244

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran masih sangat rendah. Tujuan penelitian secara umum adalah mengetahui tentang: Pengaruh Metode brainstorming group Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Perilaku Terpuji di Kelas XI  SMA Negeri 8 Pontianak.          Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian di SMA Negeri 8 Pontianak dengan jumlah sampel untuk masing-masing kelas 32 untuk kelas XI BI dan 27 untuk kelas XI BIII dengan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik non partisipan, dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa angket, pedoman tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah normalitas data, rumus presentase dan uji regresi.          Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Aktivitas belajar siswa kelas eksprimen (XI BIII) sebelum diterapkan metode Brainstorming Group mencapai nilai 48,14 dengan kategori kurang tinggi, 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming Group pada siswa kelas XI Negeri 8 Pontianak sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan, 2) Aktivitas belajar siswa untuk kelas control (XI BI) setelah diterapkan metode ceramah mencapai nilai 74,05 dengan kategori tinggi dan aktivitas belajar siswa kelas eksprimen (XI BIII) setelah diterapkan metode Brainstorming Group mencapai nilai 85,15 dengan kategori sangat tinggi dan 3) Pegaruh penggunaan metode Brainstorming Group terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak, ditunjukkan dengan Nilai t hitung > t tabel (2.222 > 2,000) maka Ho ditolak. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (2.222 > 2,000) maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara metode pembelajaran  Brainstorming Group dengan aktivitas belajar siswa.
KIPRAH MUHAMMADIYAH DALAM KANCAH POLITIK NASIONAL Nilwan .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i2.247

Abstract

Muhammadiyah adalah organisasi Islam yang modernis, Terobosan-terobosan yang dilakukan Muhammadiyah yang cukup revolusioner pada jamannya. Dalam konteks sejarah reformasi yang pertama dilakukan Muhammadiyah adalah menggeser tradisi-tradisi yang kontra produktif terhadap kemajuan umat dan bangsa. Karena alam pikiran tradisionalis telah membelenggu kreatifitas dengan dogma-dogma yang irrasional dan anti kemajuan. Muhammadiyah merupakan gerakan amar ma’ruf nahi mungkar, gerakan sosial dan pendidikan.  Muhammadiyah dalam perkembengannya tampil menjadi organisasi masyarakat yang besar di Indonesia. Besarnya organisai ini ditandai dengan berbagai kiprahnya yang sukses dalam berbagai bidang kehidupan masyarakatIndonesia. Terbukti dengan tumbuhnya amal usaha Muhammadiyah seperti ribuan sekolah, ratusan perguruan tinggi, rumah sakit, panti asuhan dan amal usaha lainya. Dengan perkembangan Muhammadiyah, perlu adanya pemikiran pada bidang politik Muhammadiyah untuk mendukung gerakan dakwah Muhammadiyah amar ma’ruf nahi mungkar. Cacatan sejarah mengungkapkan bahwa kelompok ini menginginkan tegaknya satu bentuk masyarakat sosial-ekonomi dan politik Indonesia modern yang berdasarkan kepada ajaran islam. Contoh keterlibatan muhammadiyah atau sejumlah tokoh-tokohnya mendirikan PII,MIAI, partai masyumi dan parmusi. Dengan gerakan  bidang sosial politik, Muhammadiyah telah mampu menempatkan diri dalam kedudukan sejajar dalam soal tawar-menawar dengan pemerintah, sehingga Muhammadiyah hingga saat ini cukup aman dari konflik kepentingan pemerintah.
EVALUASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI MAHASISIWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK Heriansyah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i2.249

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi efektifitas pembelajaran Shalat di Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak dalam mengembangkan sikap toleransi. Fiqih Shalat adalah salah satu materi wajib pada mata kuliah Shalat dan Ibadah Mahdhah yang diselenggarakan di seluruh program studi UM Pontianak yang memuat tentang prinsip-prinsip dan tatacara pelaksanaan Shalat sebagai ibadah dengan benar dan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process dan Product) dari Stufflebeam. Hasil penelitian ditemukan: Pertama, konteks pembelajaran shalat dalam mengembangkan sikap toleransi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak masih relevan dengan visi dan tujuan pendidikan Al Islam Kemuhammadiyahan. Kedua, kualitas input pembelajaran shalat dalam mengembangkan sikap toleransi mahasiswa di UM Pontianak kategori cukup. Ketiga, kualitas proses pembelajaran shalat dalam mengembangkan sikap toleransi mahasiswa di UM Pontianak masih rendah. Keempat, dampak kualitas proses pembelajaran shalat dalam mengembangkan sikap toleransi yang rendah adalah rendahnya tingkat sikap toleransi mahasiswa
KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK Eli .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i2.241

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui tentang korelasi kemampuan membaca al Quran dengan hasil belajar bahasa arab pada mahasiswa semester II prodi pendidikan agama islam di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: 1) Kemampuan membaca al-Qur’an pada mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Pontianak. 2) Hasil belajar bahasa arab pada mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Pontianak. 3) Korelasi antara kemampuan membaca al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa arab pada mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitativ dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa korelasi antara kemampuan membaca al-Qur’an dengan hasil belajar mahasiswa semester II prodi PAI nmuh. Pontianak pada mata kuliah bahasa arab  tahun akademik 2015/2016 tampak bahwa r hitung lebih kecil dari r tabel. r hitung adalah 0,266 sedangkan r tabel untuk n 23 adalah 0,484, yang berarti Ha dittolak dan Ho diterima, dengan korelasi sebesar 0,266. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca al-Qur’an dengan hasil belajar mahasiswa semester II prodi PAI nmuh. Pontianak pada mata kuliah bahasa arab  tahun akademik 2015/2016 Kata Kunci : Epektivitas Pembelajaran Bahasa Arab, Metode tariqah al Intiqa’iyah
PENTINGNYA PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI Risa Fitri Ratnasari; M Alias
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i2.251

Abstract

Pendidikan seks adalah upaya pengajaran, penyadaran, dan pemberian informasi tentang masalah seksual. Informasi yang diberikan di antaranya pengetahuan tentang fungsi organ reproduksi dengan menanamkan moral, etika, komitmen, agama agar tidak terjadi "penyalahgunaan" organ reproduksi ter­sebut. Pendidikan seks itu sangat penting diberikan sejak dini. Pengetahuan tentang seks pada anak-anak dapat mencegah terjadinya penyimpangan seksual pada anak. Pendidikan seks pada anak juga dapat mencegah agar anak tidak menjadi korban pelecehan seksual, dengan dibekali pengetahuan tentang seks, mereka menjadi mengerti perilaku mana yang tergolong pelecehan seksual. Selanjutnya, pengetahuan tentang seks juga dapat mencegah anak-anak mencoba-coba hal-hal yang seharusnya belum boleh mereka lakukan karena ketidaktauannya.Kata kunci : Pendidikan seks, Anak
AKTIVITAS BELAJAR MENTAL DAN EMOSIONAL MAHASISWA MELALUI STRATEGI QUIZ TEAM PADA MATA KULIAH PEMBUATAN BAHAN AJAR PAI DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UM PONTIANAK Wahdah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v2i2.240

Abstract

Artikel ilmiah ini seacara khusus bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peningkatan aktivitas belajar mental dan emosional mahasiswa dengan menerapkan Strategi Quiz Team pada mata kuliah Pembuatan Bahan Ajar PAI di Fakultas Agama Islam UM Pontianak Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan classroom action research. Model PTK yang digunakan yaitu model penelitian tindakan Kurt Lewin yang terdiri dari: Perencanaan (planning), Tindakan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di fakultas Agama Islam UM Pontianak. Waktu penelitian mulai bulan Pebruari  -  Mei 2016. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu Observasi dan Dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat Peningkatan Aktivitas Belajar Mental dan Emosional Mahasiswa melalui Penerapan Strategi Quiz Team pada Mata Kuliah Pembuatan Bahan Ajar PAI di Fakultas Agama Islam UMPontianak, yakni siklus 1 mencapai 77,78% atau pada kategori Tinggi/Baik dan pada siklus 2 mencapai 88,89% tergolong pada kategori Sangat Tinggi/Sangat Baik. Oleh karena itu disarankan keapda dosen menggunakan strategi dan metode yang bervariasi dalam menyampaikan materi perkuliahan salah satunya adalah strategi Quiz Team. Kata Kunci: Strategi Quiz Team dan Aktivitas Belajar Mental dan Emosional

Page 1 of 1 | Total Record : 6