cover
Contact Name
Indra Jaya
Contact Email
jeal.fip@gmail.com
Phone
+6282318945440
Journal Mail Official
jeal.fip@gmail.com
Editorial Address
http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
ISSN : 27459691     EISSN : 27459683     DOI : https://doi.org/10.24036/jeal.v1i1
Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, kepemimpinan, pendidikan, pengajaran dan pembelajaran; Pendidikan (pengajaran, pengembangan, pengajaran, proyek dan inovasi pendidikan, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan dan pembelajaran, penilaian)
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)" : 7 Documents clear
Pelaksanaan Peran Guru sebagai Motivator di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Yunistisa, Fadila; Gistituati, Nurhizrah; Nellitawati, Nellitawati; Irsyad, Irsyad
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i2.278

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan pelaksanaan peran guru sebagai motivator di SMKN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Padang dengan jumlah 563 siswa dan sampel berjumlah 96 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner model Skala Likert yang terdiri dari 40 item dengan alternatif jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Kurang Setuju (KS), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS). Sebelum digunakan, kuesioner tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Uji coba dilakukan kepada 20 siswa kelas XI diluar sampel penelitian. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan program IBM SPSS 24.0 for windows. Uji validitas penelitian ini menggunakan product moment dengan taraf signifikan 5% (0,444) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Data yang terkumpul diolah dengan mencari skor rata-rata (mean) dan tingkat capaian rata-rata (TCR). Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan peran guru sebagai motivator pada komponen: 1) Metode pembelajaran yang bervariasi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,37, 2) Memberikan penghargaan sebagai dorongan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,35, 3) Memberikan hukuman/sanksi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,18, dan 4) Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,23. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan peran guru sebagai motivator berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,30.
Pembinaan Kesiswaan di Sekolah Menengah Kejuruan Hanifah, Ana; Rifma, Rifma; Sabandi, Ahmad; Susanti, Lusi
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i2.299

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah mendeskripsikan informasi mengenai pelaksanaan pembinaan sastra dan budaya, pembinaan kesiswaan teknologi informasi dan komunikasi, pembinaan dan pemanfaatan kesiswaan komunikasi dalam Bahasa Inggris.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan rata-rata (mean). Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, populasi sebanyak 882 siswa dan sampel 10% yaitu 92 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan model skala likert yang terdiri dari 30 pertanyaan dan 5 alternatif jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembinaan sastra dan budaya berada pada kategori baik 3,77 2) Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi berada pada kategori baik 4.03 3) Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris berada pada kategori baik 3.97. Maka dari itu kesimpulannya pembinaan kesiswaan di SMK Negeri 1 Pasaman berada pada kategori baik dengan nilai 3.93.
Pengelolaan fasilitas belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Caniago, Winda Safitri; Adi, Nelfia; Syahril, Syahril; Sabandi, Ahmad
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pengelolaan fasilitas belajar di SMK N 9 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengelolaan fasilitas belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI, XII di SMK N 9 Padang yang berjumlah 831 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yang mana pengambilan sampel 10% yang berjumlah 85 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan model Skala Likert. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pengelolaan fasilitas belajar di SMK N 9 Padang dilihat dari (1) penggunaan fasilitas belajar memperoleh skor rata-rata 4,54 dengan kategori baik, (2) pemeliharaan fasilitas belajar memperoleh skor rata-rata 4,41 dengan kategori baik, (3) penyimpanan fasilitas belajar memperoleh skor rata-rata 4,49 dengan kategori baik. Secara keseluruhan persepsi siswa terhadap pengelolaan fasilitas belajar di SMK N 9 Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,48.
Pemeliharaan Sarana Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Harina, Mutiara Rahma; Nellitawati, Nellitawati
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i2.357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan pemeliharaan sarana pembelajaran yang dilihat pada indikator pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, pemeliharaan insidental, dan pemeliharaan preventif di SMK Swasta Kecamatan Guguak Panjang. Jenis penelitian ini yaitu deskkriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 162 guru. Menghitung besar penentu sampel dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% melalui teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang memperoleh total sampel sebanyak 67 guru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dengan menggunakan skala Likert yang mempunyai lima alternatif jawaban. Uji coba validitas dan reliabilitas dibantu oleh program SPSS 29.0 for winndows. Angket dinyatakan valid pada tingkat kesalahan 10% dengan rho hitung 0,776 dan reliabel dengan r hitung 0,957 besar dari rho tabel 0,60 . Teknik analisis dengan menggunakan mean. Hasil penelitian menunjukan pemeliharaan sarana pembelajaran yang dilihat dari aspek; 1) pemeliharaan rutin terdapat pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,49; 2) pemeliharaan berkala terdapat pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,96; 3) pemeliharaan insidental terdapat pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,41; dan 4) pemeliharaan preventif terdapat pada kategori baik dengan skor baik dengan skor rata-rata 4,42. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang pemeliharaan sarana pembelajaran berada pada kategori baik dengan capaian hasil 4,43
Implementasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Ambo, Nurhayati; Mahmudah, Fitri Nur
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i2.465

Abstract

Asesmen Nasional adalah program penilian mutu setiap sekolah, madrasah dan program pemerataan pada jenjang Pendidikan dasar dan menengah. Pemetaan dilakukan dengan menggunakan system Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan tiga asesmen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey karakater dan survey lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Impelementasi Pelaksanaan ANBK di Kampung Tias Kabupaten Bulungan khususnya di SDN 006 Tanjung Palas Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa SDN 006 Tanjung Palas Tengah. Hasil dari peneletian ini menunjukkan bahwa walaupun SDN 006 Tanjung Palas Tengah berada di kawasan yang secara geografis berada di daerah 3T dengan keterbatasan berupa tidak ada nya jaringan internet, tidak ada listrik serta sarana prasarana seperti computer atau laptop yang belum memadai tapi pelaksanaan ANBK di sekolah tersebut tetap berjalan dengan lancar. Kepala sekolah dan guru mensiasati kekurangan tersebut dengan cara : 1) menumpang melaksanakan ANBK di sekolah tetangga yang sudah mempunyai jaringan internet bantuan dari Bakti Aksi Kominfo, 2) menggunakan PTLS dan menyediakan genset, 3) berkolaborasi dengan guru di sekolah tetangga dalam penyediaan laptop yang bisa digunakan siswa dalam melaksanakan ANBK.
Kajian manajemen mutu terpadu pendidikan di perguruan tinggi Supangat, Supangat; Jaelani, M Syahran; Harja, Harlina; Delastri, Ilta
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i2.466

Abstract

This research aims to analyze the concept and implementation of Integrated Quality Management (IQM) within the realm of higher education institutions. The research method employed here is a systematic literature review to construct a comprehensive overview of IQM within the context of higher education. The analysis technique involves article retrieval, text review, data categorization, and synthesis of relevant information. The research findings indicate that IQM in higher education involves the integration of various management components to enhance the quality of education, teaching, research, and institutional governance. In conclusion, the implementation of IQM can strengthen the overall quality of higher education institutions, but it requires a well-integrated approach among various elements to achieve these objectives.
Mutu pendidikan dalam perspektif Islam Ansori, Ansori; Supangat, Supangat; Us, Kasful Anwar
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 2 (2023): Vol 4 Issue 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i2.467

Abstract

Mutu pendidikan dalam perspektif Islam menjadi subjek penelitian yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara konsep mutu dalam Islam dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu dalam lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dengan melakukan tinjauan pustaka terhadap sumber-sumber teks keislaman serta literatur terkait manajemen mutu pendidikan. Teknik analisis melibatkan sintesis dan evaluasi terhadap informasi dari berbagai sumber untuk menyoroti keterkaitan antara prinsip-prinsip Islam dan konsep mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep mutu dalam Islam, terutama yang tercermin dalam konsep ihsan, menekankan pentingnya melakukan tindakan dengan baik, penuh dedikasi, dan kesungguhan. Hal ini memengaruhi proses perencanaan, pengendalian, dan pelaksanaan dalam lembaga pendidikan Islam. Temuan penting lainnya adalah tantangan dalam menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam mutu pendidikan, terutama terkait kurangnya pemahaman dan implementasi yang menyeluruh. Simpulan umum dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai Islam, khususnya konsep ihsan, memiliki keterkaitan yang kuat dengan manajemen mutu pendidikan. Pentingnya adaptasi prinsip-prinsip agama dengan praktik mutu modern menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya integrasi nilai-nilai Islam dengan prinsip-prinsip mutu dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam, yang dapat menjadi landasan bagi peningkatan kualitas pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman dan nilai-nilai agama yang tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7