cover
Contact Name
Alan Alfiansyah Putra Karo Karo
Contact Email
alanalfiansyahputra03@gmail.com
Phone
+6285206640908
Journal Mail Official
alanalfiansyahputra03@gmail.com
Editorial Address
Jl. Alumunium Raya No. 77 Tanjung Mulia 20241, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
ISSN : -     EISSN : 27461610     DOI : https://doi.org/10.22145/jumper.v2i1.225
Core Subject : Health, Education,
JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) merupakan kumpulan yang berasal dari tugas akhir mahasiswa ataupun hasil penelitian mahasiswa di bidang Pendidikan Olahraga. JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Mei dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga" : 22 Documents clear
Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Cone Plastik Berbentuk Piring Qolbi, Annas Pra Ghoniyyu; Abdul Rachman Syam Tuasikal; Moedjanah
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.1045

Abstract

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Rumusan Penelitian yang diajukan adalah: Apakah media modifikasi cone plastik berbentuk piring bisa meningkatkan efektivitas belajar Lempar Cakram di kelas III B SDN Sawunggaling VIII/389 Surabaya a) Media modifikasi cone plastik berbentuk piring b) Formasi pembelajaran yang variatif c) Penyediaan cakram yang memadai dari sekolah Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam kegiatan yang berbentuk siklus penelitian, terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu, perencanaan, tindakan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Ketiga rata-rata Ketuntasan Belajar untuk aspek Awalan mencapai 97,5% putra dan putri mencapai 75%, persentase pembelajaran awalan berkategori Sangat Efektif untuk putra dan efektif untuk putri. Rata-rata ketuntasan belajar untuk aspek cara Melempar mencapai 85% putra dan putri mencapai 70%, persentase pembelajaran cara melempar berkategori Sangat Efektif untuk putra dan Efektif untuk putri. Rata-rata Ketuntasan Belajar untuk aspek Sikap Akhir mencapai 85% putra dan putri mencapai 72,5%, persentase sikap akhir berkategori Sangat Efektif untuk putra dan Efektif untuk putri. Keempat, respon peserta didik mengacu pada Indikator Respon peserta didik, maka rata-rata tingkat respon peserta didik 85%, mempunyai kriteria Sangat Puas.
Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Materi Pembelajaran PJOK Kelas IV SDN Babatan 1/456 Kota Surabaya Septyani Arumsari; Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1005

Abstract

Kondisi belajar yang dialami ketika mengajar adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Faktor penyebab permasalahan tersebut karena pembelajaran masih berpusat pada guru, guru dominan menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui metode diskusi pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) siswa kelas IV SDN Babatan 1/456 Kota Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes formatif individu yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang ditunjukkan pada siklus 1, 12 dari 37 siswa dengan penguasaan materi berada pada kategori belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II meningkat signifikan menjadi 32 dari 37 siswa. Kesimpulan penelitiannya adalah penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PJOK efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Meningkatkan Hasil Belajar PJOK melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) pada Siswa Kelas III UPT SDN 223 Gresik Dwi Pangga; Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1006

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 223 Gresik pada PJOK semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas III UPT SDN 223 Gresik, 19 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan meliputi: merencanakan, mengambil tindakan, mengamati, mengevaluasi dan merefleksi. Data yang berkaitan dengan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen mata pelajaran PJOK. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Base Learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: 1). Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar yang dicapai siswa = 57%, 2). Hasil belajar siklus ke-2 ditinjau dari ketuntasan akademik siswa = 77%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 223 Gresik. Umpan balik siswa sangat positif untuk mengadopsi model pembelajaran Problem Base Learning, karena siswa dapat terlibat aktif dan suasana belajar menyenangkan.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli Menggunakan Pendekatan Drill dan Permainan Kelas VA SDN Putat Gede 1/94 Atmaja, Regia Erkaresda Briliyan; Faridha Nurhayati; Yohanes Geovani
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1021

Abstract

Berawal dari hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Putat Gede 1/94 yang memiliki nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang masih sangat banyak. Peserta didik mampu mencapai nilai KKM hanya sebesar 53% dari jumlah peserta didik, pada akhirnya peneliti Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pendekatan Drill dan Permainan agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V A SDN Putat Gede 1/94. Setelah dilakukan pendekatan dengan metode seperti yang telah disusun yaitu pendekatan drill dan permainan yang dilakukan dalam 2 siklus menghasilkan peningkatan, pada siklus I hasil belajar servis bawah meningkat menjadi 60%, sedangan pada siklus II peningkatan mencapai 82%. Maka berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan berupa Penggunaan pendekatan drill dan permainan dapat meningkatkan hasil belajar materi gerak dasar servis bawah bola voli Peserta didik Kelas V A SDN Putat Gede 1/94 Surabaya sebesar 29% selama 2 kali siklus pendekatan yang telah di berikan kepada peserta didik. Selanjutnya peneliti dapat merekomendasikan metode pendekatan drill dan metode pendekatan permainan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi gerak dasar servis bawah.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mengumpan Bola Menggunakan Pendekatan Permainan Rondo Siswa Kelas V-A SDN Kebonsari 1/414 Surabaya Jupri, Septyaningtyas Anggraini; Advendi Kristiyandaru; Bagus Setiady
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1022

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mengumpan bola menggunakan pendekatan permainan rondo Siswa Kelas V-A SDN Kebonsari 1/414 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan evaluasi kondisi awal diperoleh nilai rata – rata kondisi awal sebesar 59,79 dengan nilai tertinggi adalah 75 terdapat 8 orang dan nilai terendah adalah 50 terdapat 26 orang dengan ketentasan belajar 88,4% dan yang tidak tuntas 11,6%. Hasil penelitian menunjukan pada siklus 1 untuk materi mengumpan bola dengan pendekatan permainan rondo diperoleh nilai rata – rata siklus 1 sebesar 65,44 dengan ketentasan belajar 35,4% dan yang tidak tuntas 64,6%. Pada siklus II untuk materi menngumpan bola diperoleh nilai rata – rata siklus II sebesar 71,50 dengan ketuntasan belajar 91,8% dan yang tidak tuntas 8,2%. Penggunaan Pendekatan Permainan rondo dapat meningkatkan hasil belajar materi mengumpan bola siswa kelas V-A SDN Kebonsari 1/414 Surabaya.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gerak Lokomotor dengan menggunakan Permainan sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa SDN Gayungan II423 Surabaya Irianto, Issomudin Rovi; Nanik Indahwati; Mohammad Hoiri
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1027

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran gerak lokomotor yaitu berlari menggunakan permainan sebagai alat bantu dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali tatap muka dengan alokasi waktu 105 menit. Subyek dalam penilitian ini yaitu seluruh siswa kelas 2B SDN Gayungan II/423 Surabaya yang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pembelajaran gerak lokomotor berlari menggunakan permainan sebagai alat bantu dengan persentase sebesar 83% pada akhir siklus 2.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Overhead Pass Pada Permainan Bola Basket Dengan Metode Bermain Rahmawati, Silviana; Nanik Indahwati; Novilia Puspa Widiyanti
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan kemampuan gerak dasar overhead pass pada permainan bola basket dengan metode bermain. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan karya tulis ilmiah yang merepresentasikan hasil tindakan yang dilakukan berdasarkan aturan metodologi untuk memperoleh data dan informasi di lapangan. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti menemukan permasalahan di dalam kelas yaitu rendahnya hasil kemampuan gerak dasar overhead pass yang dilakukan siswa. Masalah tersebut dipecahkan oleh peneliti dengan merencanakan Tindakan, melakukan pengamatan selama proses penelitian dan penilaian. Didalam metode ini penelitian menggunakan 2 siklus. Kondisi awal siswa masih kurang dalam melakukan Gerakan Overhead Pass. Dan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar Overhead Pass pada permainan Bola Basket dengan metode bermain berhasil hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa dan persentase dari hasil penelitian, yang mana pada pra siklus terdapat terdapat 12 siswa tuntas dengan persentase 39%, di tahap selanjutnya yaitu Siklus I terdapat peningkatkan sejumlah 19% tuntas dengan persentase 61%, dan terakhir ada Siklus II terdapat peningkatan sebanyak 25 siswa yang tuntas dalam melakukan gerak dasar Overhead Pass dengan persentase 81%.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Tendangan Depan Materi Pencak Silat Menggunakan Variasi Gerak Siswa Kelas IV SDN Sawungggaling VIII/389 Surabaya Kusufa, Purwaningtyas; Abdul Rachman Syam Tuasikal; Moedajanah
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1047

Abstract

PJOK sebagai bagian integral Pendidikan memiliki peran dalam pembelajaran yang dilakukan peserta didik agar sesuai dengan teaching at right level dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Tujuan penelitian ini yakni meningkatkan hasil belajar keterampilan tendangan depan materi pencak silat. Pada penerapannya diberi perlakuan dengan variasi gerak sebagai langkah awal untuk memberikan stimulus untuk mendukung perkembangan keterampilan tendangan depan. Usia sekolah dasar mempunyai aspek penting yang harus diberikan pemahaman psikomotorik yang benar sebagai tahapan belajar gerak kejenjang berikutnya. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil dari penelitian ini yang dilakukan siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu siklus I (61,78%), dan siklus II (80,88 %)
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bolavoli dengan menggunakan Metode Drill dalam Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas IV A SDN Gayungan II/423 Kota Surabaya Kusuma, Bondan; Nanik Indahwati; Novilia Puspa Widiyanti
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1048

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV A SDN Gayungan II/423 Kota Surabaya yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal atau KKM masih sangat banyak. Siswa yang mampu mencapai nilai KKM hanya sebesar 43% atau 12 siswa dari jumlah 28 siswa. Maka dari itu penulis menyusun penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan metode pendekatan drill supaya terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Gayungan II/423 Kota Surabaya. Setelah diberikan pendekatan dengan metode seperti yang sudah disusun yaitu pendekatan atau metode drill yang dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian telah menghasilkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus I hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli meningkat menjadi 68%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 86%. Oleh karena itu, berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang sudah dilakukan dapat tarik kesimpulan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar gerakan passing bawah pada permainan bolavoli siswa kelas IV A SDN Gayungan II/423 Kota Surabaya sebesar 43% dalam 2 kali siklus yang telah diberikan pada siswa. Maka dari itu, penulis dapat memberikan rekomendasi mengenai metode pendekatan drill guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi passing bawah pada permainan bolavoli.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Permainan Berburu Binatang Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 2 SMAN 3 Jombang Utomo, Dwi Prasetyo; Sudarso; Jully Supriyadi
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 1 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v4i1.1050

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar chest pass peserta didik dalam bola basket menggunakan pendeketan permainan. Metode penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Jombang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran dan alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan melakukan tes. Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa menggunakan metode pendekatan permainan dapat meningkatkan hasil belajar chest pass permainan bola basket, yaitu nilai ketuntasan sebelum mendapatkan pendekatan permainan yaitu 33,3% atau hanya 11 peserta didik yang tuntas dan 22 peserta didik tidak tuntas atau sebesar 66,7%, setelah menggunakan metode pendekatan permainan pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 20 peserta didik atau 60,6% dan 13 peserta didik belum tuntas atau sebanyak 39,4%. Siklus II dengan menerapkan metode yang sama peningkatan kembali terjadi menjadi 81,8% atau 27 peserta didik yang tuntas dan 18,2% atau 6 peserta didik tidak tuntas. Kesimpulannya, metode pendekatan permaianan pada bola basket dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Page 1 of 3 | Total Record : 22