cover
Contact Name
Agus Yulianto
Contact Email
pej@unublitar.ac.id
Phone
+6287867104193
Journal Mail Official
pej@unublitar.ac.id
Editorial Address
Jalan Masjid 22, Kota Blitar, Jawa Timur
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Patria Educational Journal
ISSN : 28094298     EISSN : 28093178     DOI : https://doi.org/10.28926/pej
Core Subject : Education,
Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah hasil penelitian empiris, kajian dan ulasan yang berkualitas di bidang pendidikan karya oleh para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Maret 2024" : 5 Documents clear
Pengembangan kotak suku kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa Sekolah Dasar Jannah, Niswatul; Alfi, Cindya; Fatih, Mohamad; Rofi’ah, Siti
Patria Educational Journal (PEJ) Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Maret 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v4i1.1518

Abstract

Media kotak suku kata merupakan kotak yang didalamnya berisi sejumlah kartu kata berisikan gambar dan nama benda yang diawali suku kata ka, ki, ku, ke dan ko, yang dapat membantu proses pembelajaran membaca permulaan. Tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berupa kotak suku kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia serta meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), dan model ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan ialah analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai 92% dengan kriteria “sangat valid”. Validasi ahli materi memproleh nilai 95%, dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD diperoleh hasil uji pre-test dan post-test berdasarkan nilai N-Gain Score adalah 0,7333. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kotak suku kata mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I UPT SD Negeri Jimbe 03 Kabupaten Blitar.
Nilai moral dan makna pada karya “tuah tampah”: Kajian semiotika tari Nuriana, Ervin; Jannah, Latifatul
Patria Educational Journal (PEJ) Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Maret 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v4i1.1520

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui nilai miral dan makna pada karya tari berjudul “Tuah Tampah”, serta membuka pandangan bahwasannya tari bukan hanya berfungsi sebagai tontonan dan pertunjukan tetapi terdapat nilai yang disyarakatkan melalui simbol pada setiap gerakan yang diciptakan oleh korografer. Karya Tari Tuah Tampah, terisnpirasi dari media tempeh dalam istilah jawa, merupakan wadah dapur untuk memilah bahan. Kata Tuah diambil dari kata petuah yang berate nasihat, penggabungan nilai tradisi dan issue modernitas merupakan pijakan utama dalam pembuatan karya tari ini. Menggunakan metode konstruksi penciptaan yang meliputi ; Rangsang awal, ekplorasi gerak, dan represtasi simbol, yang digabungkan menjadi sebuah gagasan idesional. Filosofi pada karya tari ini dikaji melalui pemahaman semiotika tari dan menghasilkan nilai moral dan makna pada setiap bagian karya yang diciptakan.
Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Augmented Reality Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Self Efficacy Lestari, Nabila Putri; Fatih, Mohamad; Alfi, Cindya; Rofi’ah, Siti
Patria Educational Journal (PEJ) Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Maret 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v4i1.1524

Abstract

Media pembelajaran flash card berbasis augmented reality dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA khususnya meteri Tata Surya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menguji tingkat kelayakan media pembelajaran flash card berbasis augmented reality pada kelas VI UPT SD Negeri Modangan 05 Kabupaten Blitar. Proses pengembangan model ADDIE memiliki 5 tahapan, yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengemangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil validasi media pembelajaran flash card berbasis augmented reality dari ahli materi IPA sebesar 90%, dari ahli media pembelajaran sebesar 94%, dan dari respon guru mendapatkan hasil 98%. Hasil uji coba produk dari soal pretest dan posttest mendaptkan nilai N-Gain sebesar 0,76. kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan self-efficacy
Media flash card berbasis traditional game materi menyusun paragraf berdasarkan gambar untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar Ni’mah, Tarwiyatun; Alfi, Cindya; Fatih, Mohamad; Rofi’ah, Siti
Patria Educational Journal (PEJ) Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Maret 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v4i1.1526

Abstract

Media flashcard berbasis traditional game yang dikembangkan sebagai alternatif media pendukung dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menyusun paragraf berdasarkan gambar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media yang valid. Media ini mendapat hasil validasi ahli materi dengan persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi ahli media dengan persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. kelayakan produk oleh pengguna (guru) mendapat hasil dengan persentase 98% dengan kriteria sangat layak, dan uji coba untuk peningkatan kemampuan literasi baca tulis oleh siswa mendapat hasil dengan persentase n gain skore sebesar 0,7473 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil persentase dari ahli materi,ahli media, kelayakan produk dengan pengguna (guru) dan uji coba siswa, maka produk media flashcard berbasis traditional game layak digunakan dalam pembelajaran
Pengembangan media spinning wheel perkalianpada materi perkalian bilangan cacah untuk meningkatkan self-efficacy Zulfa, Indana; Fatih, Mohamad; Alfi, Cindya; Sa'diyah, Lailatul
Patria Educational Journal (PEJ) Vol 4 No 1 (2024): Volume 4 Nomor 1 Maret 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/pej.v4i1.1528

Abstract

Matematika dianggap menjadi pelajaran yang sulit dan berbau dengan angka. Banyak siswa yang tidak memahami materi perkalian dikarenakan kurangnya penggunaam media saat pembelajaran sehingga siswa siswa tidak peraya diri dalam menjawab soal perkalian, untuk itu media SINGHLER adalah media yang sesuai dengan karakteristik siswa yang diselingi dengan permainan dalam belajarnya agar tidak bosan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengukur tingkat kevalidan dan kelayakan media SINGHLER serta mengukur peningkatan Self-efficacy siswa kelas II pada materi perkalian bilangan cacah di SDN 3 Nglebeng Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 92%, dari ahli media memperoleh presentase 94%, dan dari guru mendapat presentase 98%, hasil pengukuran Self-efficacy siswa kelas II meningkat dengan kategori sedang dengan nilai 0,65 yang diukur menggunakan N-Gain. Sehingga bisa disimpulkan media SINGHLER layak untuk digunakan pada proses pembelajaran di sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5