cover
Contact Name
idham khaliq
Contact Email
idhamkhaliq.id@gmail.com
Phone
+628117423418
Journal Mail Official
idham@man.feb.uncen.ac.id
Editorial Address
Gedung D FEB Kampus Waena Perumnas III Jayapura - Papua ยป Tel / fax : +6281289133955
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dan Bisnis
ISSN : 26150425     EISSN : 26227142     DOI : 10.55264
The journal includes various fields of pharmaceuticals sciences such as: Strategic Management Corporate Financial Management Regional Financial Management Human Resource Management Marketing Management Administrative Management Banking Risk Management and Insurance Management information System Entrepreneurship Business Ethics Management Accounting Cooperation management.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2025)" : 5 Documents clear
Peran Kepemimpinan Autentik dalam Mediasi Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Citra Raja Ampat Canning Edwar, Rizka Cintya; Amin, Muhammad; Ridwan, Akmal
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 9 No. 1 (2025)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v9i1.153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di PT. Citra Raja Ampat Canning dengan kepemimpinan otentik sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari 30 karyawan yang bekerja di bagian produksi PT. Citra Raja Ampat Canning. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan program SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya organisasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Citra Raja Ampat Canning, (2) budaya organisasi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kepemimpinan otentik, (3) kepemimpinan otentik memberikan pengaruh positif terhadap kinerja, meskipun pengaruhnya tidak signifikan, (4) kepemimpinan otentik juga mempengaruhi pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan secara positif, tetapi tidak signifikan.
Pengaruh Human Capital Terhadap Loyalitas Nasabah dalam Sektor Perbankan di Indonesia Novri, Ferdy; Kusumawati, Ratna Dewi; Rahmatika, Tia; Sari, Surya Puspita
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 9 No. 1 (2025)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v9i1.168

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh human capital terhadap loyalitas nasabah dalam sektor perbankan di Indonesia. Human capital, yang mencakup keterampilan, pengetahuan, pengalaman, inovasi, dan kreativitas karyawan, dianggap sebagai faktor penting yang dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan human capital dapat berdampak pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan bank BRI. Karyawan yang terampil dan berpengetahuan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini juga menemukan bahwa inovasi dan kreativitas dalam layanan perbankan berkontribusi pada peningkatan loyalitas nasabah. Dengan demikian, pengelolaan human capital yang efektif sangat penting bagi bank untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah di tengah persaingan yang ketat. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar bank lebih fokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan karyawan melalui pelatihan berkelanjutan serta mendorong inovasi dalam produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan nasabah.
Peran Social Media Marketing dan Citra Destinasi Terhadap Minat Revisit Wisatawan Generasi Z : Studi Pasca Even di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan Astria, Nikita; Triyana, Candra Sari
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 9 No. 1 (2025)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v9i1.169

Abstract

Pantai Tugulufa merupakan salah satu pantai favorit di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara yang dikelola oleh pemerintah daerah. Pantai ini menjadi destinasi utama penyelenggaraan even Sail Tidore. Even internasional yang diselenggarakan ini telah memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata lokal, sehingga penting untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang. Saat ini, generasi Z merupakan kelompok demografi yang mendominasi pasar sektor pariwisata. Generasi ini menggunakan media sosial untuk mencari informasi, termasuk informasi destinasi wisata. Oleh karena itu, penelitian ini mengeksplorasi peran Social Media Marketing dan citra destinasi terhadap minat revisit wisatawan Generasi Z menggunakan metode kuantitatif. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa Social Media Marketing dan citra destinasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat revisit Generasi Z di Tidore. Berdasarkan hal tersebut, maka pemerintah daerah dan pelaku industri pariwisata perlu untuk terus mengoptimalkan promosi melalui media sosial serta menjaga dan meningkatkan citra positif destinasi guna menarik dan mempertahankan minat kunjungan wisatawan, khususnya kalangan Generasi Z.
Kualitas Website, Persepsi Kepercayaan, Kualitas Produk, Harga dan Variasi Produk Terhadap Minat Pembelian pada Situs Belanja Online Setiarini, Neni
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 9 No. 1 (2025)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v9i1.170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas website, persepsi kepercayaan, kualitas produk, harga, dan variasi produk terhadap minat pembelian pada situs online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 384 responden pengguna website Blibli. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya, serta data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen Blibli untuk meningkatkan kualitas layanan, kepercayaan konsumen, serta inovasi produk untuk mendukung konversi pembelian online.
Cost Volume Profit (CVP) Analisis Sebagai Alat Perencanaan Laba pada Depot Air Bening di Hamadi Kota Jayapura Tokoro, Mike Stevenson; Ferre, Tin Dessy
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 9 No. 1 (2025)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v9i1.172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Cost Volume Profit (CVP) sebagai alat perencanaan laba pada Depot Air Galon Bening di Hamadi, Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan laporan keuangan depot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2023, Depot Air Galon Bening Hamadi memperoleh laba bersih sebesar Rp310.096.500 dengan total penjualan 109.676 unit atau Rp803.325.000. Biaya tetap yang dikeluarkan sebesar Rp139.470.000 dan biaya variabel sebesar Rp250.393.000. Analisis BEP menunjukkan bahwa depot tidak akan menderita kerugian jika penjualan mencapai 27.662 unit atau Rp202.628.420. Margin of Safety sebesar 74,77% menunjukkan batas penurunan penjualan yang dapat ditolerir. Operating Leverage sebesar 1,8 mengindikasikan bahwa setiap kenaikan penjualan 1% akan meningkatkan laba sebelum bunga dan pajak sebesar 1,8%. Untuk mencapai target laba tahun 2024 sebesar 10% dari laba bersih tahun sebelumnya, depot harus mencapai target penjualan sebesar Rp698.207.395. Berdasarkan hasil penelitian, analisis CVP efektif digunakan sebagai alat bagi manajemen depot dalam merencanakan laba dan pengambilan keputusan terkait biaya, volume penjualan, dan target laba yang diharapkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5