cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOL 4, NO 1 (2017): MARET" : 5 Documents clear
PENDIDIKAN NILAI MELALUI DIALEKTIKA ETIK DALAM KONSEP PSIKOANALISIS FREUD (PADA PEMBELAJARAN BAHASA ASING) Ratna Juami
Edusentris VOL 4, NO 1 (2017): MARET
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.178 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i1.368

Abstract

Penelitian ini mengkaji pendidikan nilai melalui pembelajaran bahasa asing (Bahasa Jerman) pada kelas X di SMA PGII I Bandung sebagai proyek Sekolah Mitra di pulau Jawa. Rekonstruksi nilai dilihat dalam konsep psikoanalisis Freud. Dialektika ethics memperlihatkan signifikansi koheren terhadap konstruksi asumsi peserta didik mengenai nilai dalam proses pembelajaran. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang diperoleh dari wawancara, kuisioner, dan pengamatan partisipan pada kelas X.1, X.3 dan kelas Intensif serta 3 orang alumni SMA PGII I Bandung, penelitian ini melihat dialektika ethics dalam merekonstruksi nilai, dan mengkajinya dalam konsep psikoanalisis Freud. Penelitian ini menemukan bahwa kedisiplinan dan konsistensi guru dalam proses pembelajaran menumbuhkan tanggung jawab peserta didik sebagai manifestasi ethics. Guru berhasil menciptakan nilai etik (norma) kelas, yang secara perlahan dan tanpa disadari peserta didik membentuk sensor moral (superego). Implementasi Pendidikan Nilai melalui pembelajaran bahasa asing terepresentasikan melalui konsep psikoanalisis Freud dalam ranah sensor moral (superego) peserta didik. Kedisiplinan seorang guru mampu merefleksikan tanggung jawab peserta didik yang mengimplementasikan pendidikan nilai dalam proses kegiatan pembelajaran bahasa asing (bahasa Jerman).
EFEKTIVITAS PENDIDIKAN GIZI MELALUI MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI ANAK USIA DINI Adawiyah, Elya Robiatul; Kurniati, Euis; Romadona, Nur Faizah
Edusentris VOL 4, NO 1 (2017): MARET
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.309 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i1.369

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dalam meningkatkan pengetahuan gizi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 anak berusia 5-6 tahun yang berasal dari dua sekolah berbeda dalam satu kelurahan, yaitu kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara Kota Bekasi. 30 anak sebagai kelompok eksperimen berasal dari PAUD YAIZNA dan 30 anak sebagai kelompok kontrol berasal dari RA. Srikandi II. Data diuji secara statistik menggunakan uji statistik Mann-Whitney U. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen diperoleh peserta didik yang berada pada kriteria sangat menguasai 87%, cukup menguasai 10%, dan belum menguasai 3%. Sementara data posttest pada kelompok kontrol diperoleh peserta didik yang berada pada kriteria sangat menguasai 53%, cukup menguasai 27%, dan belum menguasai 20%. Selanjutnya hasil uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media video terhadap peningkatan pengetahuan gizi pada anak kelompok eksperimen.
EFEKTIFITAS TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA Tri Lestari
Edusentris VOL 4, NO 1 (2017): MARET
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.159 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i1.365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMAN 1 Pangandaran. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan pretest-posttes control group design dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-confidence. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Pangandaran yang secara administratif terdaftar dan aktif dalam pembelajaran di kelas. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas X-10 yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Gambaran kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Pangandaran mengalami peningkatan skor setelah diberikan perlakuan berupa teknik role playing. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan skor pretest sebelum perlakuan ke skor posttest setelah perlakuan; (2) Efektivitas teknik role playing terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Peningkatan yang signifikan terlihat dari hasil uji t paired sample dan hasil uji N-gain. Dapat disimpulkan bahwa teknik Role playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Pangandaran.
WATER POLO GAME: A COMPARATIVE STUDY OF MEN'S NATIONAL TEAM BETWEEN INDONESIA AND SINGAPORE IN THE 28TH SEA GAMES 2015 Jajang Dede Mulyania; Boyke Mulyana; Herman Subarjah
Edusentris VOL 4, NO 1 (2017): MARET
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.511 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i1.366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui statistik pertandingan dan aktivitas para pemain dari tim nasional polo air Indonesia dibandingkan terhadap tim nasional polo air Singapura pada Sea Games ke-28 tahun 2015. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang diadopsi dari studi Escalante dan Platanou yang meneliti mengenai statistik pertandingan dan aktivitas gerak pemain polo air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim nasional polo air Singapura memiliki jumlah gol lebih banyak dan memiliki jumlah aspek pelanggaran yang lebih rendah dibandingkan dengan tim Indonesia. Selain itu, timnas Indonesia lebih banyak bertahan dan tidak melakukan penyerangan ketika bertemu lawan. Sebaliknya, pada tim Singapura tim pertahanan tidak banyak melakukan kontak fisik ketika bertemu dengan lawan.
PENGARUH FAST INTERVAL TRAINING DAN SLOW INTERVAL TRAINING PADA LACTATE THRESHOLD DAN PERFORMA LARI 1500 METER Iki Afrianda; Eka Nugraha; Hamidie Ronald D.R.
Edusentris VOL 4, NO 1 (2017): MARET
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v4i1.367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari dua bentuk latihan interval terhadap lactate threshold (LT) dan waktu tempuh lari 1500 m. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. yang dilakukan melalui teknik sampling jenuh. 12 pelari remaja (6 putra dan 6 putri) dikelompokkan secara matching. Kelompok latihan interval melakukan fast interval training (FIT) dengan durasi 30 detik, dengan 4-5 pengulangan dan 4 menit istirahat. Intensitas Average 1500m running velocity sebesar 120% AV. Sedangkan kelompok latihan interval melakukan slow interval training (SIT) dengan durasi ≥ 2 menit. Pengulangan dilakukan sebanyak 6-10, dan 3 menit istirahat pada intensitas 110% dari LT. Data penelitian diperoleh melalui the modified conconi test dan tes lari 1500 m. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara SIT dan FIT terhadap LT (p=0.029) dan waktu tempuh lari 1500 m (p=0.004). LT berkorelasi dengan waktu tempuh lari 1500 m pada kedua kelompok latihan, yaitu SIT (r =-0.942) dan FIT (r = -0.942). Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa SIT memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap LT dan waktu tempuh lari 1500m dibandingkan dengan FIT. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa SIT merupakan strategi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan LT dan memperbaiki waktu tempuh lari 1500 m untuk periode latihan selama 4 minggu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5