cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
redaksi@caraka.web.id
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@parahita.web.id
Editorial Address
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27456609     DOI : https://doi.org/10.25008/parahita
Core Subject : Education,
PARAHITA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal yang berisikan publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat dan atau hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi secara luas. Jurnal Pengabdian PARAHITA diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Juni dan Desember tahun berjalan, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk, model, konsep dan atau implementasi pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat pada pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Penelitan di bidang Ilmu Komunikasi yang dapat diterbitkan Jurnal PARAHITA meliputi, tetapi tidak terbatas pada: Komunikasi Politik Komunikasi Massa Komunikasi Pemasaran Komunikasi Antarpribadi Komunikasi Antarbudaya Komunikasi Kesehatan Jurnal ini diterbitkan oleh Penerbit Jurnal Ilmiah Indonesia setelah melalui peer-reviewed oleh para sejawat di bidangnya yang meliputi tetapi tidak terbatas pada hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu-lmu sosial-humaniora dan ilmu-ilmu eksakta. Sebagai sebuah Terbitan Berkala Ilmiah, PARAHITA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan standar peer review yang ketat dengan melibatkan peer reviewer dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
Penggunaan Media Digital Sebagai Promosi Dan Pemberdayaan POKDARWIS Menuju Desa Wisata Sukajadi Kab. Bogor Jawa Barat Irwandy, Deddy; Kurnia Hidayati, Ratih; Raif Khadijah, Siti Adelita; Enjelita, Imel; Litzy Sruy, Raisel
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/b9mpvv83

Abstract

The climbing of Mount Salak in Sukajadi Village is one of the targets in supporting Bogor Regency Regional Regulation Number 7 of 2020 concerning the Bogor Regency Tourism Development Master Plan for 2020-2025. The problem in managing digital promotional materials has not been maximized and uses conventional methods. This community service is carried out with the aim of community partnership-based empowerment through efforts to use digital media as a promotion and empowerment of the Tourism Awareness Group (Pokdarwis) towards the Sukajadi Tourism Village, Bogor Regency, West Java. By increasing the ability and empowerment of Pokdarwis through digital content, basic tour guide skills and skills in creating promotional narratives, it can attract tourists and introduce local tourism potential, especially climbing Mount Salak through the Kalimati route. The methods used include training and mentoring Pokdarwis members on social media use, digital content creation, and knowledge of tour guides in tourist villages. The evaluation of the activity was conducted by measuring the participants' involvement in the training process, as well as their capacity to use digital media independently. The results show an increase in the understanding and skills of Pokdarwis members in utilizing digital media for tourism promotion, which is indicated by an increase in the number of followers and interactions on social media. The conclusion is that empowering Pokdarwis through the use of digital media can significantly support the development of Sukajadi Tourism Village as a more recognizable and attractive tourist destination for local and foreign tourists Keywords: Empowerment; Digital Media; Tourism; Pokdarwis; Tourism Village  
Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemasaran Digital Produk UMKM di Desa Bandar Pedada Kabupaten Siak sipahutar, nurkhalizah; Riswadani, Krisna; Habibi; Harfiansyah, Sri; T. Iskandar, Seriel; Rose Sihombing, Okto Fernando; Maulidza, Noor; Andini Putri, Natasha; Wulandari, Sri; Maysarah, Delvi; Azahra, Devani; Yasir; Hafiz, Akbar Maulana
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/by6x5008

Abstract

Abstrak Peningkatan perekonomian masyarakat merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan desa. Desa Bandar Pedada yang terletak di Kabupaten Siak mempunyai potensi besar untuk pengembangan perekonomian melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pemasaran digital menjadi tantangan besar yang harus dipikirkan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk UMKM yang mereka miliki. Sasaran dari kegiatan ini adalah pemilik UMKM di desa setempat, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), dan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi penyuluhan, diskusi dan pelatihan teknis, yang dimulai dari pemetaan potensi yang ada di Desa Bandar Pedada, kunjungan ke salah satu UMKM yang berpotensi menjadi produk unggulan desa yaitu Tenun Humaira, dan pelatihan kelas digital marketing . Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan peningkatan pengetahuan juga keterampilan masyarakat mengenai strategi pemasaran digital, penggunaan media sosial dan e-commerce . Kata Kunci: UMKM, pemasaran digital, pemberdayaan masyarakat, pelatihan.
Pelatihan Jurnalistik untuk Mengasah Kemampuan Menulis Rilis Berita pada Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Sumatera Barat Rinaldi, Rinaldi; Roem, Elva Ronaning; Dewi, Rahmi Surya; Lestari, Yayuk; Diego
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/aa9tcb14

Abstract

Abstrak Pelatihan jurnalistik merupakan salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kemampuan menulis rilis berita bagi mahasiswa, khususnya anggota Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan berita yang sesuai dengan kaidah 5W+1H, serta praktik langsung menyusun rilis berita yang menarik dan informatif. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi oleh praktisi jurnalistik, diskusi interaktif, dan latihan menulis dengan supervisi. Hasil dari pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan informasi secara efektif, meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam bidang jurnalistik, serta mendukung peran aktif mereka dalam mempublikasikan kegiatan organisasi. Hal terlihat dari artikel rilis yang ditulis oleh peserta dan dikrim ke media massa sudah langsung diterbitkan. Pelatihan ini dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama, memulai pelatihan dengan workshop penulisan rilis dan berita. Kedua, melakukan FGD dengan peserta, dan ketiga, praktik menulis rilis berita secara langsung. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menciptakan komunitas mahasiswa yang lebih kompeten dalam menghadapi tantangan di dunia komunikasi dan media.   Kata Kunci:  Jurnalistik, Himpunan Mahasiswa, Rilis Berita     Abstract Journalistic training is one of the strategic efforts to improve the ability to write press releases for students, especially members of the Communication Science Student Association throughout West Sumatra. This activity aims to provide an in-depth understanding of the basics of journalism, news writing techniques following the 5W+1H rules, and direct practice in compiling exciting and informative news releases. The methods used include the delivery of material by journalistic practitioners, interactive discussions, and writing exercises with supervision. The results of this training can improve students' ability to convey information effectively, increase their confidence in journalism, and support their active role in publicizing organizational activities. This can be seen from the release articles written by participants and creamed to the mass media immediately published. This training is carried out through three stages. First, start the training with a release and news writing workshop. Second, conducting FGDs with participants, and third, practicing writing news releases directly. This training also aims to create a more competent student community facing communication and media challenges.   Keywords: Journalism, Press Release, Student Association
Peningkatan Pemahaman Pengelola UMKM Terhadap Kapasitas Manajemen Keuangan dan Pemasaran Berbasis Digital Prihantoro, Edy; Mieta Setyawati, Dyah; Prihandoko; Rajab Ritonga
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/hexem915

Abstract

UMKM merupakan unit usaha masyarakat yang memiliki peranan yang penting bagi perekonomian negara Indonesia. Salah satunya adalah peranan UMKM pada saat krisis moneter tahun 1998, dimana UMKM dapat membantu menjaga kesejahteraan masyarakat dengan memastikan bahwa aktivitas ekonomi terus berjalan, terutama di daerah pinggiran dan pedesaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pengelola UMKM terhadap Kapasitas Manajemen Keuangan dan Pemasaran Berbasis Digital UJ Mart Utami Jaya Depok. Kelompok usaha UJ. Mart Utami Jaya berlokasi di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Hasil temuan dilapangan menunjukkan perlu peningkatan pemahaman pengelola UMKM terhadap Kapasitas manajemen keuangan dan  pemasaran berbasis digital pada UJ Mart Utami Jaya. Perkembangan digitalisasi yang sangat masif memerlukan perubahan pemahaman dan paradigma usaha yang lebih baik, dan terbuka. Walaupun awalnya tidak mudah memberikan pemahaman terhadap perubahan yang sudah seharusnya dilakukan, tetapi dengan pendekatan secara terus menerus, akhirnya Pemilik UJ Mart Utami Jaya dapat menerima perubahan yang diusulkan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi pemanfaatan teknologi dan layanan keuangan, penguatan merek digital dan strategi kemitraan online merupakan investasi dan solusi permasalahan Mitra sasaran yang sejak berdirinya tahun 2007 dan belum melakukan adopsi teknologi. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, sangat membantu kelompok usaha UJ.Mart Utami Jaya untuk meningkatkan kenyamanan belanja dan kemudahan melakukan transaksi sebagai nilai tambah bagi pelanggan
Pendampingan Pemanfaatan Limbah Buah Jeruk Sebagai Pupuk Organik Cair di Desa Sumber Bakti Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Afrillah, Muhammad; Rahmat Pramulya; Banta Diman; Sumeinika Fitria Lizmah
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/2tbd1168

Abstract

Sumber Bakti Hamlet, Makarti Jaya Village is one of the orange-producing villages that supports economic activities in the area. However, the orange farmer group faces several problems, such as (Product Diversification), Farmers do not utilize garden waste (damaged oranges) and sorting waste (undergrade oranges), (Knowledge): Farmers do not understand the process of producing organic fertilizer as a valuable product in providing direct contributions. The purpose of this community service activity is to increase public understanding of the benefits of liquid organic fertilizer; improve the ability of the Tunas Muda Sumber Bakti Farmer Group through the application of product design management for processing orange waste into liquid organic fertilizer; and increase the productivity of the Tunas Muda Sumber Bakti Farmer Group through processing orange waste into liquid organic fertilizer. Based on the results of the evaluation of all participants who took part in the activity, it showed that after the training activity was carried out, there was an increase in understanding and skills in all training participants. Tunas Muda Sumber Bakti Farmer Group Knows the proper and correct management of organic waste before training 23%, and after training 100%, Understands organic fertilizer in general before training 61.5%, and after training 92.8%, Knows the utilization and processing of citrus waste before training 7.6%, and after training 92.3%, Able to make citrus waste liquid organic fertilizer before training 0%, and after training 92.3%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5