cover
Contact Name
Ahmad Yani
Contact Email
ahmadyani.publichealth@gmail.com
Phone
+6281245936241
Journal Mail Official
ahmadyani.publichealth@gmail.com
Editorial Address
Jl. Hang Tuah No 114 Palu
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
ISSN : -     EISSN : 25976052     DOI : https://doi.org/10.56338/mppki
Core Subject : Health,
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review articles in the field of health promotion and behavior science. The focus and scopes of the journal include: Health Literacy Community health empowerement and culture Health promoting hospital Health promotion in institution including tourism and industry Health media and communication technology Health promotion for infectious and non infectious diseases Lifestyle diseases including reproductive health,sexuality and HIV/AIDS Health promoting Occupational health and safety Health behaviour and education Intervention strategies in health promotion
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)" : 16 Documents clear
Kajian Terhadap Pengalaman dan Keterampilan Perawat dalam Perawatan Pasien Kemoterapi: A Study of the Experience and Skills of Nurses in Chemotherapy Patient Care Adriani Natalia; Maria lupita Nena Meo; Alfred Setiono
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.341 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.1957

Abstract

Latar Belakang: Perawat sebagai salah satu tim pemberi pelayanan kesehatan pada pasien kemoterapi diharapkan dapat memberikan pelayanan secara holistik. Pelayanan yang diberikan bukan hanya kepada pasien namun juga kepada keluarga pasien yang mendampingi pasien yang menjalani kemoterapi. Tujuan: Penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman dan mengetahui keterampilan perawat yang melakukan perawatan terhadap pasien kanker yang mendapatkan kemoterapi. Metode: Desain penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan melibatkan 6 partisipan yaitu perawat yang bekerja di ruang kemoterapi RS. Wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara semiterbuka digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil: Penelitian menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh perawat dalam memberikan pelayanan terhadap pasien kemoterapi antara lain komunikasi terapeutik dan keterampilan dalam melakukan pemasangan infus. Fasilitas yang perlu mendapatkan perhatian dari pihak rumah sakit adalah penambahan tempat tidur dan perbaikan sirkulasi dan pengaturan suhu ruangan di ruang kemoterapi. Kesimpulan: Resiko yang dihadapi dapat berupa respon fisik seperti mudah lelah, kulit kering dan rambut rontok sedangkan respon psikologis yang dialami berupa kecemasan terhadap resiko kanker yang dapat diderita oleh karena terpapar dengan obat-obat yang berbahaya.
Kebiasaan Konsumsi Makanan dan Hambatan dalam Managemen Diet pada Remaja Putri dengan Obesitas : Sistematik Review dan Metasintesis Kualitatif: Food Consumption Habits and Obstacles to Diet Management among Obese Female Adolescents : A Systematic Review and Qualitative Meta-synthesis Hery Setiawan; Hadi Pratomo
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.556 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2044

Abstract

Latar belakang: prevalensi kejadian obesitas pada remaja usia 13-15 tahun 4,8% dan remaja usia 16-18 tahun sebesar 4,0%. Faktor yang menyebabkan remaja mengalami obesitas diantaranya pola makan yang tidak sehat, aktifitas fisik yang rendah, lingkungan yang tidak mendukung, dan faktor stress remaja. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kebiasaan dan hambatan dalam managemen diet pada remaja putri pada obesitas. Metode: Penelitian ini mengguankan pendekatan systematic review dan kualitatif metasintesis. Pencarian jurnal dilakukan pada 3 database yaitu Science direct, Scopus dan Proques. Kriteria inklusi diantaranya artikel jurnal tahun 2016-2021, topik mengenai obesitas pada remaja dan managemen diet, open acces, dan studi pendekatan kualitatif. 6 artikel jurnal hasil sintesa dari Prisma dan studi control dengan EPPI-Center versi 0.9.4. Hasil: Temuan penelitian ini menemukan bahwa remaja putri dengan obesitas memiliki kebiasaan buruk terkait konsumsi makanan seperti kuantitas atau jumlah makan yang kurang, mengonsumsi makanan ringan padat energi, mengandung gula dan rasa asin. Hambatan yang dialami remaja putri obesitas yaitu dari faktor individu (kurangnya pengetahuan, kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat, merokok dan alcohol) dan lingkungan (masa transisi, kurangnya dukung finansial, perubahan iklim dan cuaca, dan kurangnya infrakstruktur). Kesimpulan: Kebiasan buruk pada remaja putri dengan obesitas berkaitan dengan konsumsi makanan diantaranya waktu makan yang tidak tepat, kuantitas atau jumlah makan yang kurang, gemar mengonsumsi makanan yang berlemak dan asin seperti makanan cepat saji, konsumsi makanan yang mengandung gula.
Determinan Perilaku Merokok pada Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Rambutan Jakarta : Determinants of Smoking Behavior in Workers Handling Public Facilities and Infrastructure (PPSU) Rambutan Village Jakarta Nurfadhilah; Fidiya Sukawuni Puteri; Nujannah Achmad; Rika Sa’diyah
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.292 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2045

Abstract

Latar Belakang: PPSU merupakan pekerja yang bertugas menangani masalah dalam perawatan fasilitas umum, melakukan pembersihan dan perbaikan tempat-tempat kawasan tanpa rokok, sehingga PPSU juga harus menjadi contoh yang baik untuk masyarakat agar untuk tidak merokok. Namun masih terlihat banyak petugas PPSU yang merokok saat bertugas. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok pada pekerja penanganan sarana dan prasarana umum (PPSU) di kelurahan Rambutan Jakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan Cross-sectional melalui kuesioner online google from. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 80 responden. Data diambil selama bulan Maret sampai Juni 2021 Hasil: Penelitian menunjukan adanya hubungan signifikan antara pendidikan (p value=0,018), pengetahuan (p value=0,009) sikap (p value=0,034), stres (p value=0,000), akses mendapatkan rokok (p value=0,002) dengan perilaku merokok, sedangkan usia (p value=0,611) tidak memiliki hubungan signifikan dengan perilaku merokok. Kesimpulan: Determinan perilaku merokok petugas PPSU adalah pendidikan, pengetahuan, sikap, stres, dan akses mendapatkan rokok. Perilaku merokok merupakan perilaku kompleks yang perlu diintervensi secara menyeluruh baik dari aspek lingkungan maupun perilaku itu sendiri. Perlu adanya edukasi bahaya rokok, penerapan kebijakan terkait perilaku merokok, dan menyediakan fasilitas konsultasi baik untuk mengelola tingkat stres sekaligus konseling berhenti merokok.
Pengaruh Continuity of Care Terhadap Persalinan: The Effect of Continuity of Care on Childbirth Liberty Barokah; Silvia Ari Agustina; Dewi Zolekhah
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.442 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2102

Abstract

Latar Belakang: Kehamilan, persalinan nifas, dan neonatus pada umumnya merupakan suatu kejadian fisiologis yang normal, tetapi kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kehamilan, persalinan, nifas, dan neonatus yang semula fisiologis berkembang menjadi keadaan patologis dan dapat mengancam jiwa ibu serta bayi. Salah satu upaya dalam mengoptimalkan deteksi risiko tinggi maternal neonatal, ibu hamil sampai dengan nifas membutuhkan pendampingan secara terus menerus. Pelayanan kebidananan secara COC (Continuity of Care) merupakan pelayanan yang tercapai ketika terjalinnya hubungan secara berkelanjutan antara seorang klien dan bidan. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Continuity of Care terhadap kesehatan ibu bersalin di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan metode Posstest-Only Control Design. Dalam rancangan ini sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu, kelompok I dilakukan pendampingan secara berkesinambungan dan kelompok II sebagai kontrol. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa lembar observasi dan data sekunder dari rekam medis, buku KIA, dan register. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 208 responden, yang terbagi menjadi 2 kelompok dengan masing-masing kelompok 104 responden. Uji statistik yang digunakan uji Mann Whitney. Hasil: Dari total responden 240 ibu bersalin, diketahui bahwa sebagian besar umur ibu adalah 20-35 tahun (74,6%), terdapat 46 (19,2%) ibu melahirkan dengan SC, dan 77 (32,1%) ibu mengalami komplikasi dan tanda bahaya persalinan. Komplikasi dan tanda bahaya yang terbanyak adalah KPD (Ketuban Pecah dini yaitu 37 ibu bersalin (15,4%). Hasil uji beda didapatkan nilai p=0,029. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa Ho ditolak, ada perbedaan yang signifikan antara komplikasi persalinan antara kelompok yang diberi asuhan berkesinambungan dengan yang tidak diberikan asuhan berkesinambunganPenelitian ini menyimpulkan bahwa Continuity of care terbukti berpengaruh terhadap kesehatan ibu bersalin, dengan resiko saat bersalin bisa di minimalkan karena jika ada kelainan sudah bisa terdeteksi dari awal sebelum persalinan.
Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review: Digital Marketing Implementation Strategy in Hospitals During the COVID-19 Pandemic: Literature Review Vanda Sativa Julianti; Amal Chalik Sjaaf; Wahyu Sulistiadi
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.234 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2107

Abstract

Pendahuluan: Pandemi COVID-19 yang terjadi berdampak pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakit pesat. Peranan internet dan media online dapat menjadi strategi baru rumah sakit untuk melakukan pemasaran secara digital. Hal ini membuat interaksi dengan konsumen rumah sakit menjadi lebih mudah dan cepat, dengan biaya yang relatif lebih murah. Tujuan: Kajian literatur ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi implementasi digital marketing di rumah sakit. Metode: Penulisan ini dilakukan secara literature review dari database ProQuest, SpringerLink, dan Science Direct. Artikel diskrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Sebanyak 6 artikel disaring dari 6.220 artikel dan kemudian dilakukan kajian literatur. Hasil: Rumah sakit perlu mengetahui dampak perubahan perilaku konsumen akibat COVID-19, melakukan integrasi teknologi digital dalam pelayanan kesehatan berdasarkan Healthcare 4.0, dan prinsip penerapan digital marketing berupa contactless services dan Integrated Marketing Communication. Penerapan digital marketing di rumah sakit dapat diterapkan melalui media massa, sosial media, platform digital/ online, serta aplikasi. Kesimpulan: Diperlukan langkah-langkah strategi implementasi digital marketing di rumah sakit yang tetap mengutamakan konsep 4P dan konsep 4C.
Faktor Determinan Partisipasi Ibu Balita dalam Pemenuhan Imunisasi Dasar Lengkap di Puskesmas Depok Jaya Selama Covid: Determinant Factors of Mother's Participation in Fulfillment of Complete Basic Immunization at Puskesmas Depok Jaya During Covid Rosmala Atina Rusadi; Adang Bachtiar
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.93 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2108

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementrian kesehatan dan UNICEF menunjukkan bahwa 84 % dari semua fasilitas kesehatan melaporkan pelayanan imunisasi terganggu salah satunya adalah puskesmas. Profil kesehatan Kota Depok cakupan UCI tahun 2020 79,37 % masih dibahwah target UCI yaitu 80 %. Penurunan UCI di Kota Depok diikuti dengan penurunan Cakupan Imunisasi dasar lengkap tahun 2019 (99,60 %) dari pada tahun 2020 (76,54 %). Metode: Penelitian ini merupakan analitik kualitatif dengan menggunakan pendekatan Rapid Assessment. Pengumpulan data berupa FGD dengan triangulasi wawancara mendalam. Pemilihan informan dengan prinsip kesesuaian dan kecukupan sehingga sesuai kebutuhan sebanyak 7 Orang informan dan 1 orang Bidan pemegang program Imunisasi. Hasil: Covid – 19 dan penutupan serta pembtasan pada layanan kesehatan mengakibatkan kekhawatiran yang berlebih terhadap Ibu balita untuk melakukan imunisasi Dasar lengkap, walupun Ibu balita mengetahui secara sadar tentang menfaat, keparahan serta kerentanan apabila balita tidak dilakukan imunisasi secara lengkap. Kesimpulan: Penelitian ini memiliki implikasi teoretis bahwa teori Health Belief Model dapat digunakan untuk menjelaskan persepsi kerentanan individu, keseriusan penyakit, persepsi manfaat, dan persepsi hambatan sebagai faktor determinan partisipasi ibu balita untuk melakukan imunsiasi dasar lengkap. Warga masyarakat Depok Jaya terkhusus nya Ibu balita sebagai pengunjung puskesmas dan posyandu sangat merasa ketakutan terkait penyebaran virus Covid – 19.
Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review: Analysis of Digital Marketing Implementation in Hospitals in the COVID-19 Pandemic: Literature Review Dhini Sembiluh; Wahyu Sulistiadi
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.217 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2135

Abstract

Pendahuluan: Industri kesehatan berada di bawah tekanan besar karena munculnya Pandemi COVID-19 dan telah mengakibatkan efek buruk pada ekonomi global yang mempengaruhi strategi pemasaran dan pengeluaran. Untuk rumah sakit terutama saat kondisi pandemi COVID-19, media digital dan platform teknologi baru memberikan kesempatan berekspansi ke pasar baru, menawarkan layanan baru, melamar teknik komunikasi online baru untuk bersaing kembali. Tujuan: Studi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemasaran digital di rumah sakit pada kondisi pandemi COVID-19. Metode: Studi ini dilakukan secara deskriptif dengan literatur review. Penelusuran dilakukan pada artikel yang diterbitkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia melalui pencarian pada Proquest Googlescholar, dan Science Direct, dengan kata kunci pemasaran digital, analisis, rumah sakit, COVID-19. Hasil: Studi ini menunjukkan bahwa pemasaran digital di rumah sakit selama pandemi COVID-19 merupakan strategi pemasaran yang memiliki banyak manfaat. Pemilihan saluran pemasaran digital tergantung dari tujuan yang ingin dicapai rumah sakit. Setelah itu, RS menentukan pilihan saluran media digital apa saja yang akan digunakan, kemudian menentukan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dari media yang dipilih, melakukan analisis situasi dan audiens, menentukan anggaran serta frekuensi pemasarannya. Selanjutnya untuk implementasinya perlu ditentukan siapa yang melakukan strategi pemasaran yang sudah dipilih, dan harus dilakukan monitoring dan evaluasi dari setiap strategi pemasaran digital yang telah diimplementasikan agar rumah sakit dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Kesimpulan: Studi ini menyimpulkan bahwa pemasaran digital di rumah sakit selama pandemi ini merupakan strategi pemasaran yang memiliki banyak manfaat yaitu dapat menarik pasien baru, memperluas bisnis, meningkatkan kepercayaan pelanggan/pasien, memperkuat loyalitas pelanggan/pasien, meningkatkan brand awareness, mendorong pasien untuk menggunakan layanan rumah sakit dan mempromosikannya kepada kerabat dan keluarganya.
Peranan Segmenting, Targeting, Positioning Sebagai Strategi Pemasaran Rumah Sakit di Indonesia: The Role of Segmenting, Targeting, Positioning as Hospital Marketing Strategic in Indonesia Hana Apriyanti Marno; Wahyu Sulistiadi
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.205 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2138

Abstract

Pendahuluan: Perkembangan rumah sakit baik rumah sakit pemerintah maupun swasta, ditambah dengan tuntutan masyarakat yang begitu tinggi dalam pelayanan membuat rumah sakit berlomba-lomba mencari peluang maupun strategi baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjadi pilihan utama di kelompok masyarakat tertentu. Keterbatasan sumber daya manusia, dana, serta sarana dan prasarana menuntut rumah sakit untuk memilih kelompok tertentu yang menjadi sasaran produk atau layanan unggulannya. Keputusan bagaimana cara melayani pasar sasaran terebut berdasarkan segmentation, targeting, dan positioning. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi segmentation, targeting, dan positioning berpengaruh pada strategi pemasaran pelayanan rumah sakit. Studi ini merupakan sebuah literature review. Metode: Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan literatur review. Hasil: Studi ini menunjukan bahwa strategi pemasaran dengan konsep segmentation, targeting dan positioning serta didukung oleh bauran pemasaran yang tepat merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kesimpulan: Studi ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran dengan konsep Segmentation, Targetting dan Positioning serta didukung oleh bauran pemasaran yang tepat merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pelanggan.
Faktor Sosiobudaya yang Menghambat Perilaku Skrining Kanker Payudara pada Wanita: Systematic Review: Socio-Cultural Factor Inhibiting the Breast Cancer Screening Behavior in Women: Systematic Review Ditya Fahlevi Safitri; Evi Martha
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.389 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2145

Abstract

Pendahuluan: Keterlambatan diagnosis kanker payudara dianggap berkontribusi pada prognosis kanker yang buruk dan tingkat kematian yang tinggi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran faktor-faktor sosiobudaya yang menghambat wanita melakukan deteksi dini kanker payudara. Metode: Dalam studi ini, penulis menggunakan pendekatan meta-ethnografi. Pencarian artikel pada tiga database yaitu Sage Publications, Scopus, dan Science Direct menggunakan keywords yang sama, yaitu “Breast cancer, screening OR self-examination, social, cultural, qualitative” dan dipilih artikel yang diterbitkan antara tahun 2016-2021. Artikel diseleksi dengan menggunakan diagram alur PRISMA 2020, berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Setelah itu dilakukan analisis dengan metode sintesis tematik. Terdapat 10 artikel yang disintesis, dimana penelitian pada artikel tersebut dilakukan di Asia. Amerika Serikat, dan Afrika. Hasil: Didapatkan enam tema yang menjadi faktor-faktor sosiobudaya yang menghambat wanita untuk melakukan skrining kanker payudara, yaitu stigmatisasi; dukungan keluarga; norma dan agama; mitos; fatalisme; dan bahasa. Stigmatisasi; dukungan keluarga; norma dan agama; mitos; fatalisme; dan bahasa, menjadi hambatan wanita untuk melakukan skrining kanker payudara. Kesimpulan: Diperlukan edukasi dan penambahan petugas kesehatan wanita untuk mengatasi hambatan sosiobudaya pada wanita dalam melakukan skrining kanker payudara.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Dalam Menyusun Tesis: Factors Affecting Stress in Postgraduate Students of the Faculty of Public Health, the University of Indonesia in Compiling Thesis Abdul Mahfuzh Zulfiqar Putra Hamid; Evi Martha
Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Publisher : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.472 KB) | DOI: 10.56338/mppki.v5i3.2148

Abstract

Latar Belakang: Salah satu gangguan jiwa yang secara umum dirasakan adalah stres. Stres pada mahasiswa bisa disebabkan ketidakmampuan dalam melakukan kewajibannya sebagai mahasiswa seperti tugas perkuliahan, target pencapaian nilai, prestasi akademik, kebutuhan untuk mengatur diri sendiri, mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih baik serta penyusunan tugas akhir. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berpengaruh terhadap kejadian stres mahasiswa yang meliputi usia, jenis kelamin, tempat tinggal, faktor biologi, dan faktor psikologi. Metode: Sampel pada penelitian ini didapatkan sebanyak 97 mahasiswa. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat, bivariat, serta multivariat. Hasil penelitian menggunakan analisis bivariat faktor yang berhubungan dengan kejadian stres yaitu Jenis Kelamin (pvalue = 0.038), Umur (pvalue = 0.038), faktor biologis (pvalue = 0.001), dan faktor psikologis (pvalue = 0.0001), dan faktor yang tidak berhubungan yaitu tempat tinggal (pvalue = 0.713) namun variabel tempat tinggal tetap dianalisis multivariat karena secara substansi tempat tinggal menjadi variabel yang penting dengan kejadian stres. Hasil: Analisis multivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara faktor biologis (pvalue = 0.014) dan faktor psikologis (pvalue = 0,0001). Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor biologis dan faktor psikologis mempunyai hubungan dengan kejadian stres pada mahasiswa pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dalam penyusunan tesis.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 11: NOVEMBER 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 10: OCTOBER 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 9: SEPTEMBER 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 8: AUGUST 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 7: JULY 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 6: JUNE 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 5: MAY 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 4: APRIL 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 3: MARCH 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 8 No. 2: FEBRUARY 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 8 No. 1: JANUARY 2025 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 7 No. 12: DESEMBER 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 11: NOVEMBER 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 10: OCTOBER 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 9: SEPTEMBER 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 8: AUGUST 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 7: JULY 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 6: JUNE 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 5: MAY 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 4: APRIL 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 3: MARCH 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 2: FEBRUARY 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 7 No. 1: JANUARY 2024 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 12: DESEMBER 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 11: NOVEMBER 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 10: OCTOBER 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 9: SEPTEMBER 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 8: AUGUST 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 7: JULY 2023 -Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 6: JUNE 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 5: MAY 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 4: APRIL 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 3: MARCH 2023 -Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 2: FEBRUARY 2023 -Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 6 No. 1: JANUARY 2023 -Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 12: DESEMBER 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 11: NOVEMBER 2022 -Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 10: OCTOBER 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 9: SEPTEMBER 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 8: AUGUST 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 7: JULY 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 6: JUNE 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 5: MAY 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 4: APRIL 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 3: MARCH 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 2: FEBRUARY 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 5 No. 1: JANUARY 2022 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 4 No. 4: NOVEMBER 2021 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 4 No. 3: SEPTEMBER 2021 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 4 No. 2: MEI 2021 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 4 No. 1: JANUARI 2021 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 3 No. 3: SEPTEMBER 2020 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 3 No. 2: MEI 2020 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 3 No. 1: JANUARI 2020 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 2 No. 3: SEPTEMBER 2019 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 2 No. 2: MEI 2019 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 2 No. 1: JANUARI 2019 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 1 No. 3: SEPTEMBER 2018 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 1 No. 2: MEI 2018 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) Vol. 1 No. 1: JANUARI 2018 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) More Issue