cover
Contact Name
Ahmad Zaelani
Contact Email
jurnalimpresiindonesia@gmail.com
Phone
+62895613976252
Journal Mail Official
jurnalimpresiindonesia@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Palm Asri Pasalakan Blok C Nomor 5 Kelurahan Pasalakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Impresi Indonesia
Published by Riviera Publishing
ISSN : 28281284     EISSN : 2810062X     DOI : https://doi.org/10.58344/jii.v2i12
The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, Education, law, Social Health and religion that belong to the social context. Published articles are articles from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues, or reviews of scientific books
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia" : 9 Documents clear
Upaya Guru Menerapkan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Kelas V pada Masa Pandemi Dea Aryani; Nurul Febrianti
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2438

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin pada masa pandemi di SDN Cibodas serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin pada masa pandemi di SDN Cibodas 4. Metode: Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru kelas VA dan VB. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru di SDN Cibodas 4 berupaya dalam mengatasi penurunan karakter siswa yang berubah dengan melakukan kegiatan pembiasaan yaitu pembiasaan keteladanaan, pembiasaan rutin, spontan dan pengkondisian. (2) faktor pendukung dalam menerapkan karakter disiplin siswa yaitu kesadaran diri siswa, dukungan orang tua dan komunikasi yang terjalin antara guru dan orang tua. Faktor penghambat dalam menerapkan karakter disiplin siswa yaitu kurangnya kesadaran siswa, kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua, fasilitas dan lingkungan. Kesimpulan: Terdapat beberapa upaya dan faktor pendukung dan penghambat guru dalam penerapan karakter disiplin siswa kelas V pada masa pandemi. Upaya guru dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin pada masa pandemi yaitu melalui kegiatan pembiasaan seperti pembiasaan keteladanan, pembiasaan rutin, spontan dan pengkondisian
Faktor yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern: Kualitas Audit, Opini Audit dan Ukuran Perusahaan Gusbella Manda
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2439

Abstract

Tujuan: Tujuan artikel review ini untuk membentuk sebuah hipotesis pengaruh antar variabel yang dapat dimanfaatkan untuk riset yang akan datang. Hal tersebut mempunyai makna bahwa perusahaan yang memiliki opini audit going concern akan semakin bertambah jika kualitas auditnya semakin baik, akan tetapi pengaruh positif tersebut tidak didukung dengan pengaruh yang signifikan secara statistik. Metode: Ditinjau dari jenis datanya, pendekatan penulisan artikel reveiw ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan kajian pustaka atau library research. Hasil: Hasil artikel literature review ini yaitu: Pengaruh kualitas audit terhadap opini audit going concern yaitu menunjukkan bahwa kualitas audit, debt default, opini audit sebelumnya, rasio leverage berpengaruh positif terhadap opini audit going concer, Pengaruh opini audit terhadap opini audit going concern yaitu menunjukkan bahwa opini audit berpengaruh positif terhadap opini audit going concern, Pengaruh ukuran perusahan terhadap opini audit going concern yaitu menyatakan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap opini audit going concern. Kesimpulan: Pengaruh Kualitas Audit terhadap Opini Audit Going Concern: Penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit, debt default, opini audit sebelumnya, dan rasio leverage memiliki pengaruh positif terhadap opini audit going concern. Namun, pengaruh ini tidak signifikan secara statistik
Pengaruh Pergantian Manajemen, Opini Audit dan Ukuran Kantor Akuntan Publik terhadap Audit Switching Irena Yusnita
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2440

Abstract

Tujuan: Tujuan artikel review ini untuk membentuk sebuah hipotesis pengaruh antar variabel yang dapat dimanfaatkan untuk riset yang akan datang. Metode: Ditinjau dari jenis datanya, pendekatan penulisan artikel review ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan kajian pustaka atau library research, bersumber dari aplikasi online google scholar dan media online akademik lainnya, yang dimana tujuan dari penelitian kualitatif ini dapat diketahui apakah pergantian manajemen, opini audit, dan ukuran kantor akuntan publik berpengaruh terhadap audit switching. Hasil: Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa jika opini yang diberikan oleh auditor membuat perusahaan merasa tidak puas, maka manajer perusahaan akan meminta auditor untuk memberikan opini yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Kesimpulan: Pengaruh Pergantian Manajemen terhadap Audit Switching: Pergantian manajemen, terutama pergantian direktur utama (CEO), memiliki pengaruh terhadap audit switching. Perubahan manajemen dapat membawa perubahan kebijakan perusahaan dalam bidang akuntansi, keuangan, dan pemilihan kantor akuntan publik. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan perusahaan untuk mengganti auditor
Pendekatan Pencegahan Korupsi Skala Kecil (Petty Corruption) pada Sektor Pelayanan Publik di Indonesia Ario Damar
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2441

Abstract

Tujuan: Tujuan penulisan ini mengkaji upaya pendekatan yang dilakukan oleh oleh pemerintah Indonesia sebagai langkah-langkah pencegahan praktik korupsi kecil pada pelayanan birokrasi di Instansi pemerintah. Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode kulitatif yg di kutip dari (sugiyono 2016) dilakukan dengan menggunakan teknik analisis sistematik untuk mengidentifikasi pola-pola atau tema-tema yang muncul dari data yang telah dikumpulkan. Metodologi kajian dan analisa kritis yang dilakukan dalam penulisan menggunakan tinjauan pustaka dari berbagai referensi hasil penelitian dan jurnal nasional dan internasional yang berkaitan dengan upaya pencegahan korupsi skala kecil berikut dengan upaya pencegahannya. Hasil: Korupsi skala kecil pada sektor pelayanan publik sering disebut di Indonesia sebagai pungli atau pungutan liar yang dilakukan oleh pegawai negeri. Secara khusus pungli dapat diartikan perbuatan yang dilakukan oleh beberapa oknum atau Pegawai Negeri atau Pejabat Pemerintahan dengan cara menuntut atau meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan peraturan yang berlaku. Keterbatasan Penelitian pada penulisan ini hanya melakukan kritikal riview penelitian dan jurnal terdahulu yang memiliki kesamaan permasalahan pada pencegahan korupsi pada level pelayanan publik, sehingga dibutuhkan penelitian untuk memperoleh data dan informasi akurat sebagai suatu kesimpulan yang dapat dipertanggunjawabkan secara ilmiah. Kesimpulan: kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya pencegahan korupsi skala kecil dalam sektor pelayanan publik di Indonesia melalui pendekatan yang efektif, melibatkan partisipasi masyarakat dan lembaga, dan menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.
Analisis Dampak Overload dan Penambahan Trafo Sisipan pada Penyulang Unit Layanan Pelanggan (ULP) Takalar Saiful Saiful; Muh. Nasrun; Suryani Suryani; Zahir Zainuddin
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2442

Abstract

Tujuan: Tujuan penelitian ini yaitu mengatasi beban lebih yang dialami trafo dengan menghitung persen pembebanan dan juga menentukan letak ideal trafo sisipan. Metode: Metode yang digunakan dengan dengan menggunakan perhitungan manual dan menggubakan simulasi Etap 12.6.0. Menganalisis perhitungan nilai persen pembebanan trafo distribusi penyulang BLPP baik sebelum pemasangan trafo sisipan maupun setelah pemasangan trafo sisipan. Hasil: hasil yang diperoleh kegiatan ini adalah diperoleh presentase pembebanan sebelum pemasangan trafo sisipan mencapi 100% dengan perhitungan secara manual dan menggunakan aplikasi Etap 97, 4% nilai tentunya melewati standar PLN, dan setelah pemasangan trafo sisipan, presentase pembebanan mengalami penurunan menjadi dengan perhitungan manual 68,5 % dan perhitungan menggunakan aplikasi Etap 68,9 % sehingga mengalami penurunan sebanyak 31,5 %. Adapun perhitungan jarak ideal trafo sisipan menggunakan rumus yakni 122 meter dari trafo overload. Kesimpulan: Salah satu cara agar dapat mengatasi overload pada Trafo distribusi yaitu dengan cara adanya pemasangan Trafo sisipan. Trafo sisipan adalah trafo tambahan yang berfungsi untuk memacah beban atau membagi beban pada Trafo yang mengalami overload atau beban diatas 80%.
Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PT Wijaya Karya TBK dengan PT Adhi Karya TBK Atikah Raid Khorunisa; Sri Hermuningsih
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2451

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan antara PT. WIJAYA KARYA Tbk dan PT. ADHI KARYA Tbk, dilihat dari rasio keuangan berupa rasio likuiditas, aktivitas dan profitabilitas. Metode: Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis rasio keuangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Studi Dokumen sekunder, studi dokumen sekunder adalah jenis pengumpulan data dengan cara meneliti berbagai dokumen yang ditulis berdasarkan laporan yang digunakan untuk bahan analisis. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan PT. Wijaya Karya dan PT. Adhi karya mampu membayar hutang jangka pendek, namun PT. Wijaya Karya tidak mampu membayar hutang jangka pendek setelah dikurang persediaan. PT. Wijaya Karya lebih efektif menagih hutang dibanding PT. Adhi Karya. Perputaran persediaan PT. Adhi Karya lebih cepat daripada PT. Wijaya Karya. Perputaran aset PT. Wijaya Karya lebih tinggi dari PT. Adhi Karya. Net profit margin PT. Wijaya Karya lebih tinggi dari PT. Adhi Karya. RoA PT. Wijaya Karya lebih besar dari PT. Adhi Karya. RoE PT. Adhi Karya lebih besar dari PT. Wijaya Karya. Kesimpulan: Pada analisis rasio lancar PT. Wijaya Karya dan PT Adhi Karya dikatakan likuid karena mampu membayar hutang jangka pendeknya, dengan PT. Adhi Karya memiliki rata-rata CR yang lebih besar daripada PT. Wijaya Karya
Collaborative Policing dalam Era Kontemporer untuk Memperkuat Harkamtibmas Indra Feradinata
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2459

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan tantangan collaborative policing dalam era kontemporer untuk memperkuat harkamtibmas. Metode: Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, ditemukan bahwa collaborative policing menawarkan pendekatan proaktif yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam identifikasi, pencegahan, dan penanggulangan kejahatan. Pendekatan ini didasarkan pada prinsip-prinsip seperti keterbukaan, transparansi, dan saling percaya antara kepolisian dan masyarakat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa collaborative policing dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam memperkuat harkamtibmas. Dengan melibatkan masyarakat sebagai mitra dalam penegakan hukum, kepolisian dapat memperoleh informasi yang lebih luas dan mendalam tentang kejahatan yang terjadi di wilayah tertentu. Selain itu, partisipasi masyarakat juga dapat meningkatkan rasa aman dan kepercayaan dalam masyarakat, serta mempromosikan keadilan sosial. Namun, terdapat tantangan yang perlu diatasi dalam implementasi collaborative policing. Beberapa tantangan utama termasuk kurangnya kesadaran dan keterlibatan masyarakat, konflik kepentingan, dan kerentanan terhadap penyalahgunaan kekuasaan. Oleh karena itu, perlu ada upaya yang berkelanjutan untuk memperkuat kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat, serta membangun mekanisme pengawasan yang efektif. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa collaborative policing memiliki potensi besar dalam memperkuat harkamtibmas dalam era kontemporer. Dalam rangka menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks, kerjasama yang erat antara kepolisian dan masyarakat menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib. Dalam hal ini, pembangunan kapasitas dan peningkatan partisipasi aktif masyarakat menjadi hal yang penting untuk mencapai tujuan bersama dalam memperkuat harkamtibmas
Analisis Terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Pasca Kudeta Myanmar Tahun 2021 Giorgio Hans Susanto; Roberto Octavianus Cornelis Seba; Christian Herman Johan de Fretes
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2482

Abstract

Tujuan: pelanggaran HAM yang terjadi pasca kudeta di Myanmar dan bagaimana respon yang diberikan ASEAN dalam menyelesaikan konflik kudeta Myanmar. Metode: pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terkait, kemudian akan dianalisis menggunakan konsep yang telah dipilih. Penulis menggunakan data sekunder dengan teknik pencarian dan pengumpulan data melalui sumber-sumber yang tertulis seperti salah satunya media-media berita. Hasil: Setelah terbentuknya konstitusi baru pada tahun 1974, Dewan Revolusi kemudian menyerahkan kursi kekuasaan kepada pemerintah yang secara sah terpilih melalui pemilu, yang terdiri dari hanya satu pihak saja yaitu Partai Program Sosialis Burma. Partai yang memenangkan pemilu tersebut telah berdiri sejak tahun 1962 dan didirikan oleh dewan revolusi. Kesimpulan: Myanmar telah melanggar hak-hak terkhusus hak politik mereka untuk menyampaikan pendapat mereka melalui demonstrasi yang menentang peristiwa kudeta militer Myanmar kepada pemerintahan Myanmar yang sah yang seharusnya juga tidak bisa dibenarkan, yang terlihat dari pemblokiran akses media di Myanmar dalam bentuk apapun dan melakukan aksi kekerasan yang brutal kepada ada seluruh masyarakat Myanmar yang melakukan demonstrasi yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa
Inovasi Bisnis Talent Agency untuk Production House Exordium Entertainment Patricia Yuanita; Deddi Duto; Merry Sylvia
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i5.2483

Abstract

Tujuan: Untuk Merancang inovasi bisnis berupa talent agency yang mampu mendukung mimpi para remaja Indonesia terutama di Surabaya yang memiliki potensi atau passion dalam dunia entertainment untuk menjadi influencer atau content creator sebagai potensi yang bisa memajukan dunia entertainment di Indonesia. Metode: Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam perancangan ini adalah fishbone diagram, why test, SWOT, 4P, dan perceptual map/brand matrix. Ada berbagai instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan, antara lain adalah laptop dan smartphone. Hasil: Perancangan inovasi bisnis ini, XU Entertainment mengembangkan sebuah talent agency yang merupakan salah satu rencana pengembangan dari XU sendiri, namun sebelum ini XU belum sempat untuk merintis talent agency-nya. Keunggulan dari talent agency ini yaitu memampukan XU untuk menghasilkan pendapatan lebih, tidak hanya menggantungkan revenue dari web series dan musik. Kesimpulan: dapat disimpulkan bahwa industri entertainment itu luas dan terus berkembang seiring zaman. Semula film hanya tayang di TV atau di bioskop sekarang bisa ditonton melalui aplikasi streaming online di smartphone

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 11 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 10 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 9 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 8 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 7 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 6 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 5 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 4 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 3 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 2 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 1 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 3 No. 12 (2024): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 3 No. 11 (2024): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 3 No. 10 (2024) Vol. 3 No. 9 (2024) Vol. 3 No. 8 (2024) Vol. 3 No. 7 (2024) Vol. 3 No. 6 (2024) Vol. 3 No. 5 (2024) Vol. 3 No. 4 (2024) Vol. 3 No. 3 (2024) Vol. 3 No. 2 (2024) Vol. 3 No. 1 (2024) Vol. 2 No. 12 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 11 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 10 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 6 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 12 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 9 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 8 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 4 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Impresi Indonesia More Issue