cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 10 Documents clear
Tindak Tutur Direktif dan Fungsinya dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 “Kelas Bercerita” Indah Pusparita; Bambang Sumadyo
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.094 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Jenis-jenis tindak tutur direktif. 2). Fungsi tindak tutur direktif. 3) Tindak tutur direktif dan fungsinya yang dominan dalam cerpen Pilihan Kompas 2017 “Kelas Bercerita”. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis cerpen ini adalah metode kualitatif. Selain itu, penulis menggunakan pendekatan kepustakaan serta teknik baca dan catat dalam menyusun langkah kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat enam jenis-jenis tindak tutur direktif yang ditemukan berdasarkan teori Ibrahim, yaitu permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, menyetujui, dan nasihat. 2)  Terdapat empat fungsi tindak tutur direktif, yaitu, kompetitif, menyenangkan, bekerja sama, dan bertentangan. 3) Tindak tutur direktif yang dominan ditemukan adalah pertanyaan (11 data), permintaan (10 data), perintah (5 data), menyetujui (5 data), nasihat (3 data), dan larangan (2 data). 4) Fungsi tindak tutur direktif yang dominan ditemukan adalah menyenangkan (18 data), bekerja sama (8 data), kompetitif (5 data), dan bertentangan (5 data). Kata Kunci: tindak tutur, fungsi tindak tutur, jenis-jenis tindak tutur, cerpen.
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Struktur Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Wiwin Sri Ningsih; Sumaryati Tjitro Sumarto
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.5 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6687

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis eksposisi. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi (1) pengaruh kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis eksposisi; (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis eksposisi; (2) pengaruh penguasaan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis eksposisi. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan menggunakan teknik Multi Stage Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan hasil tes menulis eksposisi. Data diolah dengan bantuan SPSS 20, dan microsoft excel dan dianalisis dengan menggunakan metode regresi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis eksposisi; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis eksposisi; (3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis eksposisi.Kata Kunci: kecerdasan emosional, struktur kalimat, menulis eksposisi
Nilai Kehidupan dan Moral dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi Ade Nuraini; E. Zaenal Arifin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.204 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6678

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kehidupan dan moral dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data menggunakan buku-buku yang relevan sebagai landasan teori dan juga novel Ranah 3 Warna. Uji validitas menggunakan triangulasi data. Teknik analisis menggunakan model analisis mengalir, yaitu 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) simpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) ada keterjalinan antarunsur nilai kehidupan dan moral dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. 2) terdapat dua belas unsur nilai kehidupan dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. 3) terdapat tiga unsur nilai moral dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi.Kata Kunci: Novel Ranah 3 Warna, nilai kehidupan dan moral.
Analisis Diksi dan Alur pada Cerpen Siswa SMP di Kabupaten Karawang Nur Laela Sari; Dendy Sugono
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.893 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6683

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ppenggunaan diksi dan alur pada cerpen siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa SMP di Kabupaten Karawang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) penggunaan diksi pada hasil cerpen siswa sudah cukup baik dan bervariasi. Meskipun, terdapat kekurangan karena adanya jenis diksi yang tidak ditemukan, yakni kata slang, dan terdapat pula jenis diksi yang dominan, yakni pemakaian kata sinonim. 2) Penggunaan alur yang terdapat pada hasil cerpen siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kutawaluya Karawang belum cukup baik, dikarenakan siswa-siswi belum memahami secara mendalam mengenai cerpen dan tahapan-tahapan alur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk memberi tambahan pengetahuan, sumber belajar mengenai materi cerpen, dan mengembangkan keterampilan menulis cerpen di tingkat SMP.Kata Kunci: Analisis Diksi, Analisis Alur, Cerpen, Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek.
Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon) Agnes Jatu Resani Seno; Sumaryoto Sumaryoto
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.09 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6679

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis mengenai: 1) Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis pidato Siswa SMA di Kota Cilegon. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks pidato Siswa SMA Negeri  Kota di Cilegon. 3) Pengaruh kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis teks pidato  Siswa SMA Negeri  Kota di Cilegon. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 91 siswa, yang dilakukan dengan teknik sampling cluster random sampling. Analisis data menggunakan analis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung =11, 078. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.001 < 0,05 dan thitung = 3,515. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis teks pidato pada siswa SMA negeri di Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan nilai Sig = 0.004 < 0,05 dan thitung = 2,985. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis teks pidato  di tingkat SMA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Menyimak, Keterampilan Menulis Teks Pidato
Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi (Survei pada MTs Swasta di Jakarta Selatan) Taufiqurrohman Taufiqurrohman; Hasbullah Hasbullah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.086 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6684

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan minat belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi. Penelitian mempergunakan survei dengan analisis regresi sebagai populasi siswa MTs Swasta di Jakarta Selatan, melalui  teknik sampling acak proporsional diperoleh sampel sebesar 88 siswa. Teknik regresi digunakan untuk analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi.Kata Kunci: minat belajar, penguasaan kosakata, kemampuan menulis teks deskriptif
Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Anwar Sanusi; Sumaryoto Sumaryoto
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.687 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6680

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 519 dari siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibungbulang dan SMP Negeri 1 Cibungbulang pada tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan Fhitung = 74, 067. 2). Tedapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000< 0,05 dan thitung 5, 705. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,008< 0,05 dan thitung = 2,747.Kata Kunci: lingkungan keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar bahasa Indonesia
Kaitan Konflik dan Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo Widiasih Widiasih; Apsanti Djokosujanto
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.081 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6685

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Konflik yang disampaikan dalam alur cerita pada novel Pasar karya Kuntowijoyo 2) Hubungan nilai-nilai sosial dan kelompok sosial dalam novel Pasar karya Kuntowijoyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan simak serta catat. Teknik simak dan teknik catat berarti peneliti sebagai instrument kunci melakukan penyimakan secara cermat, terarah, dan teliti terhadap sumber  data utama sebagai sasaran peneliti yaitu berupa teks novel Pasar dalam memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode semiotik. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan: 1) Mengungkapkan deskripsi pertentangan pengguna pasar dan pengelola pasar yang menimbulkan konflik. Konflik disebabkan oleh burung-burung dara Pak Mantri dan kepentingan-kepentingan pribadi para tokoh. 2) Membuktikan bahwa konflik membawa perubahan sosial dan berkaitan dengan nilai-nilai sosial masyarakat. nilai-nilai sosial ada hubungannya dengan kelompok sosial masyarakat, yaitu dapat membawa perubahan sosial bagi kelompok sosial masyarakat. tak adanya tanggung jawab para pengelola terhadap masyarakat yang dipertengtangkan dengan kelompok masyarakat pengguna pasar yang menyadari kepentingan kelompoknya dan haknya.Kata Kunci: konflik, nilai-nilai sosial, novel
Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Elisabeth Samini; Mamik Suendarti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.547 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6681

Abstract

Tujuan Penenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca dan  penguasaan kosakata secara bersama-sama  terhadap  kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan pada sampel yang berjumlah  90 orang. Teknik Pengambilan sampel adalah dengan Proporsional Rundem Sampling. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa SMP Negeri di wilayah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 23,528, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa SMP Negeri di wilayah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,031 < 0,05 dan th = 2,187, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa SMP Negeri di wilayah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 5,848.Kata Kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata, dan Kemampuan Menulis Teks Narasi
Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Novel Pulang Karya Tere Liye Windi Rahmayanti; E. Zaenal Arifin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.304 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v3i01.6686

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan gaya Bahasa dalam novel Pulang karya Tere Liye dan menganalisis nilai Pendidikan yang terdapat dalam novel Pulang karya Tere Liye. Dengan memahami gaya Bahasa dan nilai-nilai Pendidikan, pembaca memperoleh dua manfaat yaitu pemahaman tentang gaya Bahasa dan pengetahuan tentang nilai Pendidikan religi, moral dan sosial. Gaya Bahasa yang akan dianalisis peneliti hanya meliputi gaya Bahasa personifikasi, metafora dan hiperbola. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam menganalisis novel ini adalah metode kualitatif dengan Teknik deskriptif analitik, yaitu menguraikan sekaligus menganalisis kata-kata yang mengandung gaya Bahasa personifikasi, metafora dah hiperbola, serta nilai pedidikan yang terkandung dalam novel tersebut. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis data adalah 1) membaca keseluruhan novel agar memperoleh gambaran tentang isinya; 2) menganalisis kalimat yang mengandung gaya bahasa personifikasi, metafora dan hiperbola yang terkandung dalam novel Pulang karya Tere Liye; 3) menganalisis kalimat yang mengandung nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam novel Pulang karya Tere Liye.  Setelah penulis menganalisis novel maka dapat disimpulkan bahwa dari gaya bahasa personifikasi, metafora dan hiperbola, penulis lebih dominan menggunakan gaya Bahasa personifikasi berjumlah 39,62%, kemudian gaya bahasa metafora berjumlah 33.96% dan gaya bahasa hiperbola berjumlah 26,42%. lebih sedikit digunakan pengarang. Novel Pulang juga mengandung nilai Pendidikan religi berjumlah 18,75%, nilai moral berjumlah 50% dan nilai sosial berjumlah 31,25%. Kata Kunci: Analisis gaya bahasa, Nilai Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2020