cover
Contact Name
Widia
Contact Email
widia.fiska09@gmail.com
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
muhammadsalahuddin@habi.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan STKIP Harapan Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27751856     EISSN : 27751864     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 01 (2023): April 2023" : 5 Documents clear
PENDIDIKAN MATEMATIKA: URGENSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER MANDIRI Lusita, Syndi Fadillah; Hasanah, Nur
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 4, No 01 (2023): April 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v4i01.127

Abstract

Dalam Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting karna diajarkan dari tingkat jenjang sekolah  rendah sampai jenjang tinggi.  Dalam menyelesaikan permasalahan tentang soal matematika diperlukan karakter mandiri dan berpikir kritis dalam menemukan solusinya. Untuk melaksanakan pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter dan untuk mengembangkan nilai-nilai dalam pendidikan karakter dengan cara merancang pembelajaran, penyusunan dan pemilihan latihan yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan urgensi berpikir kritis dan karakter mandiri siswa. Penelitian menggunakan kajian pustaka yang berisi kajian-kajian ilmiah yang relevan terhadap masalah yang dikaji penulis. Di dalam kajian ini diambil karya ilmiah yang melakukan penelitian survey di SMA N 7 Bekasi Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian didapatkan dari survey tersebut adalah diperoleh kemandirian dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap cara berpikir kritis para siswa. Dan kemampuan kemandirian belajar tidak langsung datang begitu saja melainkan melatih kebiasaan secara mandiri dengan baik, maka dari itu sangat perlu ditanamkan sikap mandiri oleh siswa agar memperoleh hasil yang baik.
Analisis Problematika Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Rahayu, Eka; Saadah, Fina Diafatus; Hidayatin, Annisa Nur
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 4, No 01 (2023): April 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v4i01.160

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis problematika matematika dalam implementasi kurikulum merdeka saat ini. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan tiga siswa di SMP Islam Ar-Roffi’Iyah Probolinggo. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dikumpulkan dengan mendeskripsikan tentang kurikulum merdeka dan problematika yang terjadi pada implementasi kurikulum merdeka. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka karena harus menyusun konsep pembelajaran dari awal dan berkurangnya jam pelajaran matematika dimana menjadi empat jam tatap muka. Siswa juga merasakan kesulitan untuk mengikuti kurikulum merdeka terlebih pada soal yang berbasis AKM dimana siswa dituntu untuk berfikir kritis. Dengan waktu yang berkurang siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal yang bernarasi panjang dan kesulitan dalam mengoperasikannya.
Analisis Manajemen Tenaga Kependidikan di SMPN 1 Bolo Hardyanti, Hardyanti; Fauzi, Azra; Anisa, Nur; Sarifudin, Sarifudin; Suciyati, Anis; Israihin, Sultan
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 4, No 01 (2023): April 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v4i01.178

Abstract

Manajemen tenaga kependidikan adalah kegiatan mengelola personal pendidikan dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai fungsinya agar berjalan dengan efektif. Terutama dalam mengembangkan tenaga kependidikan agar memenuhi standar kompetensi tenaga kependidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Manajemen tenaga pendidik bertujuan untuk menciptakan pendidik berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan dengan tugas khusus sebagai pendidik. SMPN 1 BOLO merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkembang dengan baik, salah satu yang menjadi faktor pendukung adalah manajemen tenaga pendidik. Hal tersebut dibuktikan dengan gurunya yang sudah rata-rata S1, sekolah yang sudah berakreditasi A, dan banyaknya minat orang tua yang mempercayakan anaknya untuk masuk di SMPN 1 BOLO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen tenaga kependidikan di SMPN 1 BOLO. Perekrutan dan penempatan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Keefektivan Permainan Tradisional Mpaa Gopa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri Ramdhani, Lisda; Anisa, Nur; Sani, Tiara
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 4, No 01 (2023): April 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v4i01.188

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan permainan tradisional mpaa gopa pada pembelajaran matematika dan memanfaatkan permainan tradisional ini sebagai salah satu media pembelajaran matematika pada materi geometri SMP. Penelitian ini dilakukan di Desa Mbawa, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima dan dilakukan pada beberapa anak dengan tingkat pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik terhadap penelitian kualitatif, dimana instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur serta mengumpulkan bahan-bahan kajian mengenai kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi geometri bidang datar. Kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam permainan tradisional mpaa gopa terdapat unsur pembelajarn matematika yaitu Pada petak mpaa gopa terdapat konsep geometri bangun datar, seperti persegi,setengah lingkaran,membilang,kesebangunan dan kekongruenan. Sedangkan konsep matematika probabilitas terdapat pada pola pemain mpaa gopa. Dimana konsep-konsep matematika tersebut memang tidak secara jelas diketahui oleh anak-anak. Sehingga dengan permainan tradisional mpaa gopa ini diharapkan anak-anak dapat lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika di kehidupan sehari-hari yang mungkin memang dianggap sulit oleh siswa.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PASCA PANDEMI: PELUANG DAN TANTANGAN Salahuddin, Muhammad; Juliawan, Rizcky
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 4, No 01 (2023): April 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v4i01.514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran matematika pasca pandemi COVID-19, serta mengeksplorasi peluang dan tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan siswa. Pandemi telah mempercepat adopsi teknologi dalam pendidikan, yang mengarah pada pembelajaran matematika yang lebih fleksibel dan interaktif. Penggunaan aplikasi digital seperti GeoGebra dan Desmos memberikan siswa kesempatan untuk memvisualisasikan konsep-konsep matematika secara lebih mudah dan menarik. Namun, tantangan utama yang muncul adalah ketimpangan akses terhadap perangkat digital dan internet, serta kurangnya pelatihan bagi guru dalam menggunakan teknologi secara efektif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang efektif di era digital, diperlukan pemerataan akses teknologi, pelatihan yang memadai bagi guru, dan penerapan pendekatan pedagogis yang sesuai.

Page 1 of 1 | Total Record : 5