cover
Contact Name
Widia
Contact Email
widia.fiska09@gmail.com
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
muhammadsalahuddin@habi.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan STKIP Harapan Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27751856     EISSN : 27751864     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 02 (2025): Oktober 2025" : 4 Documents clear
Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Kinestetik Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN 3 Lape Putri, Aryani; Ramdhani, Lisda; Widia, Widia
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 6, No 02 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v6i02.748

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran matematika kinestetik berbasis permainan tradisional terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment), menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas II SDN 3 Lape tahun ajaran 2024/2025 semester genap, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran kinestetik berbasis permainan tradisional (15 siswa), dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional (15 siswa). Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman konsep, lembar observasi aktivitas kinestetik, serta wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelompok eksperimen meningkat dari 60,4 menjadi 80,5 (gain score 20,1), sedangkan pada kelompok kontrol meningkat dari 61,1 menjadi 71,2 (gain score 10,1). Hasil uji-t menunjukkan t hitung = 5,72 t tabel = 2,05 dengan p = 0,000 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Observasi aktivitas siswa menunjukkan kategori “sangat tinggi” dengan skor rata-rata 3,65. Wawancara dengan guru dan siswa mengonfirmasi bahwa pembelajaran kinestetik berbasis permainan tradisional meningkatkan motivasi, partisipasi, serta pemahaman konsep matematis secara bermakna
EXPONENTIAL LEARNING TRAJECTORIES WITH THE CONTEXT OF WORM GROWTH TO SUPPORT STUDENTS’ PROBLEM-SOLVING ABILITIES Arianti, Yesi
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 6, No 02 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v6i02.764

Abstract

This study aims to create a problem-solving-based learning path for exponential material using the context of worm growth and to determine the effectiveness of this problem-solving-based learning path for exponential material utilizing the context of worm growth. Exponential material is often considered difficult by students, so we must be able to create an interesting learning path to assist students in problem-solving, one of which is the PMRI approach. The worms' growth and reproduction process illustrates the exponential concept with an exponential regeneration and growth cycle. This study consists of four activities: (1) Understanding the problem, (2) Developing a plan, (3) Implementing the plan, and (4) Re-examining. The method used in this study is the design research method of the validation study type, which consists of three stages: preparation and design, design experiment, and retrospective analysis. Data collection techniques in this study used observation techniques, interviews, student work results, and pretests/posttests. The results of this study are learning paths designed to provide in-depth conceptual understanding for students and become solutions in problem-solving, especially in exponential material. Keyword:  exponential, learning trajectory, worm growth context, problem solving
Analisis Penggunaan Strategi Inovatif untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Empati Siswa SD Muslimin, Muslimin; Fauzi, Azra; Nurwalidanismawati, Nurwalidanismawati
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 6, No 02 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v6i02.744

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran inovatif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan empati siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-methods dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus yang melibatkan 20 siswa kelas IV SDN Inpres Rato sebagai subjek. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah matematika dan angket empati, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, serta wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari skor rata-rata 63,10 pada pretest menjadi 85,40 pada posttest siklus II (p 0,05; N-Gain = 0,60). Indikator tertinggi peningkatannya terdapat pada kemampuan memilih solusi berdasarkan nilai matematika (+38%). Peningkatan empati siswa juga signifikan, dengan skor total meningkat sebesar 22,7% (p 0,05; Cohen’s d = 0,87). Secara kualitatif, data menunjukkan transformasi perilaku matematika siswa melalui tiga proses utama: kolaborasi, pengalaman matematika langsung, dan refleksi moral. Guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran empatik yang mendorong keterlibatan aktif dan kesadaran emosional siswa. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan strategi inovatif berbasis proyek matematika efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematika, kesadaran moral, dan empati siswa di sekolah dasar untuk mengadopsi pendekatan pembelajaran yang menumbuhkan karakter matematika-emosional anak sejak dini. 
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Implementasi Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Studi Tentang Strategi dan Hasil Anugraini, Putri Salsabilah; Prayogo, Muhammad Suwignyo; Febrian, Valentino Rahma; Fatah, Raihan Alimul; Nurohim, Ahmad
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 6, No 02 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v6i02.776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika pada sekolah dasar dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka, terutama melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), berhasil meningkatkan keaktifan, pemahaman konsep, dan motivasi belajar siswa. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kontekstual, dan bermakna. Namun, ditemukan tantangan berupa kebutuhan pelatihan guru secara berkelanjutan dan penyediaan sumber belajar yang lengkap serta memadai. Kesimpulannya, dukungan institusi dan sumber daya yang optimal sangat diperlukan agar pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka dapat berjalan efektif dan hasil belajarnya meningkat.

Page 1 of 1 | Total Record : 4