cover
Contact Name
Suroto
Contact Email
suroto.1993@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285268838299
Journal Mail Official
suroto.1993@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Building N FKIP University of Lampung Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung City 35141
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journal of Social Science Education
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 28076419     DOI : https://doi.org/10.23960/JIPS
The Journal of Social Education Sciences provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be examined empirically. This journal discusses research in social education, including learning, teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, educational development from various types of research such as surveys, research & development, experimental research, classroom action research etc.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2023): Vol 4, No 2 (2023) Journal of Social Science Education" : 5 Documents clear
Eksistensi Tari Pagar Pengantin Pada Adat Masyarakat Palembang Di Desa Sukajaya Kabupaten Oku Selatan Delviana, Mira; Sinaga, Risma Margaretha
Journal of Social Science Education Vol 4, No 2 (2023): Vol 4, No 2 (2023) Journal of Social Science Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi tari pagar pengantin di desa Sukajaya kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik utama pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi, Kepustakaan dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif untuk memperoleh data yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian. Hasil penelitian mengenai Tari pagar pengantin masih eksis dimasyarakat tetapi cara penyajian dan pelaksanaannya sudah berbeda, hal tersebut dapat dilihat dari sejarah, fungsi dan bentuk penyajiannya. Adanya pergeseran fungsi dan makna dalam tari pagar pengantin masa kini maka munculnya kebudayaan yang modern dan praktis, sehingga masyarakat sekarang memilih hiburan dalam acara pernikahan yang bersifat modern dan praktis masyarakat yang dahulu menggunakan tari pagar pengantin disetiap acara pernikahan kini intesitas pertunjukan sudah menurun dan hanya orang-orang tertentu yang ingin  menggunakan tari pagar pengantin yaitu masyarakat yang mempunyai ekonomi yang tinggi. Eksistensi tari pagar pengantin yaitu dahulu tari pagar pengantin diwajibkan dalam acara pernikahan di kabupaten OKU Selatan dan dianggap sakral karena tari pagar pengantin menyimbolkan kesucian sang pengantin perempuan.Kata Kunci : Eksistensi, Tari Pagar PengantinDoi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.83-89
Penajaan Limbah Tekstil Padat Siasat Penyegaran Green Economy Rahmawati, Diya Rofika; Rahmanto, Andi Adam; Hanifah, Nida
Journal of Social Science Education Vol 4, No 2 (2023): Vol 4, No 2 (2023) Journal of Social Science Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanasan global akibat penumpukan gas karbondioksida (CO2) mengakibatkan suhu udara terasa lebih panas. Penumpukan gas karbondioksida (CO2) terjadi disebabkan aktivitas manusia yang tidak memperhatikan keberlanjutan lingkungan. Konsep green economy dicanangkan mampu mengatasi persoalan yang hangat terjadi. Metode penelitian yang digunakan ialah kajian pustaka yang bersumber dari artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen yang relevan. Pada penelitian ini diperoleh hasil limbah yang tercipta dari aktivitas manusia bidang industri tekstil diklasifikasikan menjadi dua jenis. Adapun pengolahan limbah tekstil padat dapat disikapi dengan pengelolaan wadah pembungkus selama proses produksi dipakai kembali tanpa harus dibuang, limbah benang dan limbah kain diberikan perlakuan dengan mendaur ulang.Kata kunci: pemanasan global, green economy, limbah tekstil padat.Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.54-59
Penerapan Model Project-Based Learning dalam Pembelajaran Koperasi untuk Meningkatkan Jiwa Berwirausaha Peserta Didik Salshabella, Dhea Clara; Ramadhan, Gilang; Febrianti, Dika Melia; Mufassaroh, Mufidatul Laila
Journal of Social Science Education Vol 4, No 2 (2023): Vol 4, No 2 (2023) Journal of Social Science Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran ilmu ekonomi koperasi dengan menggunakan model pembelajaran project-based learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan atau library research. Model ini adalah salah satu model yang dianjurkan Kurikulum 2013 untuk menjawab tuntutan kompetensi dari pendidikan abad ke-21 yaitu peserta didik harus memiliki kemampuan pemahaman yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkolaborasi, dan kemampuan berkomunikasi. Manfaat psikologis yang didapat peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar lebih banyak tentang mata pelajaran yang mereka pelajari saat mereka berpartisipasi dalam pembelajaran yang aktif dan terlibat.Kata Kunci: Project-based learning, ekonomi, koperasi.Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.90-95
Pengaruh Motivasi dan Pemanfaatan Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Rianiza, Sabda Muhammad; Arif, Suparman; Insani, Marzius
Journal of Social Science Education Vol 4, No 2 (2023): Vol 4, No 2 (2023) Journal of Social Science Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses belajar ditandai dengan terjadinya perubahan prilaku pada diri siswa, salah satunya dalam aspek kognitif tercermin dari prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh ketersediaan motivasi dan sarana belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah kelas XI semester Ganjil SMA N 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan metode eXI post facto dan survey, pengumpulan data dilakukan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Berdasarkan penelitian ynag telah dilakukan, maka didapat hasil penelitian sebagai berikut: (1). Ada pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa:  rhitung > rtabel,yaitu 0,807 > 0,396 koefisien korelasi (r) sebesar 0.605 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0.366 artinya prestasi belajar Sejarah siswa dipengaruhi 36,60% oleh pemanfaatan sarana belajar di sekolah, semakin besar pemanfaatan sarana belajar makin tinggi prestasi belajar siswa. (2). Ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar: rhitung = 0,738 > rtabel = 0,396 dengan koefisien determinasi (r2) s0,308 artinya motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa 30,80%. (3). Ada pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa: rhitung = 0,536> rtabel = 0,396 dengan koefisien korelasi (r) 0,716 dan koefisien determinasi r2 0,513 artinya prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI semester Ganjil SMA N 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 dipengaruhi oleh adanya pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Sebesar 51,30%. Sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: motivasi, sarana, prestasi belajar, sejarahDoi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.60-69
Pengaruh Kemampuan Penguasaan Materi, Berpikir Kritis, Kreativitas, Komunikasi dan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Rusman, Rosa Febri Nur
Journal of Social Science Education Vol 4, No 2 (2023): Vol 4, No 2 (2023) Journal of Social Science Education
Publisher : University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penguasaan materi, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi, terhadap Kemampuan dasar mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa deskriptif verifikatif dengan angket. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Lampung berjumlah 124 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 55 orang menggunakan teknik simple random sampling yang berarti tiap sampel memiliki hak sama. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan mengumpulkan informasi langsung dari informan pertama dengan media angket. Perhitungan menggunakan olah data SPSS dengan hasil menunjukan terdapat pengaruh kemampuan penguasaan materi, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi terhadap Kemampuan dasar mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Lampung dengan kadar determinasi sebesar 63,5% dan 36,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci: Kemampuan dasar mengajar, penguasaan materi, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi.Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.96-102

Page 1 of 1 | Total Record : 5