cover
Contact Name
Muhamad Zen
Contact Email
journal.md@uinjkt.ac.id
Phone
+628129563750
Journal Mail Official
journal.md@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Tangerang Selatan Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dakwah
ISSN : 23383992     EISSN : 27979849     DOI : 10.15408/jmd
Core Subject : Religion, Economy,
Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in cooperation with Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of dakwah management. The scope of the journal includes dakwah management, dakwah strategies, dakwah administration, Hajj and Umrah management, zakat management, donations and alms, and Islamic Financial Management.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2024): -" : 10 Documents clear
MANAJEMEN PENGELOLAAN BADAN KESEJAHTERAAN MESJID DALAM PENGEMBANGAN STRUKTUR FISIK MESJID AL-HASANAH DI KOTA PADANGSIDIMPUAN. Batubara, Siti Rahmah; Fikri, Sholeh; Handayani, Ricka; Rahmat, Ihsan
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.38917

Abstract

Pengelolaan mesjid dilaksanakan berdasarkan perencanaan yang baik, tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, mesjid juga membina dan mendidik manusia menjadi insan yang beriman dan bertakwa. Masjid Al-Hasanah merupakan salah satu mesjid yang berada di lingkungan III kelurahan Sihitang, mesjid ini berupaya melalukan pembangunan mesjid dengan menggunakan manajemen BKM dalam pembangunan fisik mesjid Al-Hasanah. Metode penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah masyarakat yang terkait dengan pembangunan mesjid Al-Hasanah yang berjumlah 11 orang. Data primer dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yaitu ketua BKM, sekretaris BKM, bendahara BKM, penasehat BKM, sedangkan data sekunder adalah kepala lingkungan III di Kelurahan Sihitang, 4 orang masyarakat, dan 2 orang jama’ah Masjid Al-Hasanah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi non-partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yaitu teknik triangulasi yang bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data. Hasil yang  diperoleh dari penelitian ini adalah bagaimana manajemen Badan Kesejahteraan Masjid Al-Hasanah yaitu Pertama, adanya perubahan rencana dalam pembangunan mesjid, Kedua pembentukan organisasi yang disahkan langsung oleh Kementerian Agama Republik Indonesia Kota Padangsidimpuan. Ketiga, pelaksanaan panitia pembangunan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Keempat, melakukan evaluasi BKM 2 minggu sekali untuk mengetahui perkembangan proses Pembangunan. Serta faktor pendukung besar dari masyarakat sehingga BKM fisik mesjid ni berjalan dengan baik.Kata Kunci: Manajemen, Badan Kesejahteraan Masjid, Masjid.
IMPLEMENTASI BANTUAN PRODUKTIF USAHA TERHADAP MASYARAKAT KURANG MAMPU BERPENDAPATAN RENDAH Sa’diyah, Kiptiatus
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi bantuan produktif usaha terhadap masyakarat kurang mampu berpendapatan rendah, dengan studi kasus pada NU Care LAZISNU Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, obsevrasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menujukkan bahwa bantuan produktif usaha yang diberikan LAZISNU Jawa Timur telah mampu meningkatkan taraf hidup penerima bantuan melalui peningkatan pendapatan dan kemandirian ekonomi. Bantuan ini berupa modal usaha alat produksi, rombong, kesehatan, atau bahan baku sesuai dengan jenis usaha. Kriteria dalam menentukan kelayakan penerima bantuan, dampak dan tantangan yang dihadapi, serta evaluasi yang dilakukan oleh lembaga. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman bagaimana bantuan produktif dapat diberdayakan secara efektif untuk mengentaskan kekurang mampuan.
MANAJEMEN MASJID BERBASIS NILAI-NILAI INKLUSI SOSIAL DI KALIMANTAN TIMUR Agustin, Riska Dwi; Liandra, Aru Arafi; Afiyah, Nur; Al Mughni, Muhammad
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39134

Abstract

This research is a qualitative study that prioritizes social values of inclusion in society through the management of mosques. The religious activities carried out in the mosque should be based on the principles of social inclusion that hold firmly to enhance the role of the individual in society. A society consist of diverse levels, gender differences and social classes can be an opportunity and a challenge in managing a mosque that is notable as a place of Islamic worship. The method used in this research is Descriptive Analysis by collecting data through observations, interviews and documentation. The results of this study show that the mosques located in Eastern Kalimantan, especially the Great Ulil Ijtihad Mosque and Jami’ Al Aqabah Mosque, are mosques that implement social inclusion management. This is demonstrated by the numerous social empowerment activities and the involvement of women in their religious activities.Keywords: Inclusion; Social; Mosque Management
SUSTAINABILITY IN HAJJ AND UMRAH MANAGEMENT: EXPLORING ECO-FRIENDLY PRACTICES AND STRATEGIES Rodiyah, Rodiyah
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39153

Abstract

This research explores the current sustainability practices in Hajj and Umrah management and identifies potential strategies and eco-friendly initiatives to reduce the environmental footprint of these large-scale religious events. hrough a comprehensive literature review, this study assesses the environmental impact of Hajj and Umrah, focusing on waste management, water conservation, and energy consumption. It also examines existing sustainability initiatives implemented by the Saudi government and other stakeholders and evaluates their effectiveness. The systematic literature review methodology includes determining research questions, identifying relevant sources, analyzing and synthesizing the literature, identifying gaps and opportunities, drawing conclusions, and making recommendations. The findings of this research contribute to the development of knowledge about sustainable Hajj and Umrah management and provide valuable insights for stakeholders involved in the planning and implementation of Hajj and Umrah, with the aim of reducing environmental impact
WEALTH MANAGEMENT SEBAGAI SOLUSI MANAJEMEN ASET WAKAF PESANTREN: ANALISIS IMPLEMENTASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN FINANSIAL Arief, Zakiyanto; s, Etty; Yuwono, Minto
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39814

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang manajemen aset berbasis wealth management dalam upaya meningkatkan pembiayaan pendidikan Pondok Pesantren Darunnajah, Ulujami Jakarta Selatan. Rumusan masalah yang dikaji secara mendalam meliputi 1) perencanaan aset berbasis wealth management dalam meningkatkan kemampuan pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah. 2) pelaksanaan pengelolaan aset berbasis wealth management dalam meningkatkan kemampuan membiayai pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah. 3) pengawasan aset berbasis wealth management dalam meningkatkan kemampuan membiayai pendidikan di Pondok Pesantren Darunnajah. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) analisis data kasus tunggal, 2) analisis lintas situs. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan manajemen aset di pondok pesantren adalah perumusan rencana pengadaan lahan, pengembangan lini pendidikan dan unit usaha, partisipasi warga pesantren dan perlakuan terhadap tabungan dan pembayaran santri; 2) Pelaksanaan manajemen aset dilakukan dengan penambahan lahan, pendirian lini pendidikan baru, unit usaha, memperlakukan tabungan santri sebagai modal, atau melakukan kerja sama dengan bank konvensional; 3) Pengawasan dilakukan di tingkat unit usaha dengan materi dengan materi yang berfokus pada pengembangan dan kontribusi pesantren.
STRATEGI DAN PENGEMBANGAN PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) PADA INDUSTRI HALAL DI INDONESIA castrawijaya, cecep; Wirianisa, Syifani
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39828

Abstract

ABSTRAK Artikel ini menjelaskan mengenai industri halal dan peran baitul maal wat tamwil serta perkembangannya; strategi dan pengembangan lembaga dakwah yaitu baitul maal wat tamwil pada industri halal. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data secara kepustakaan (library research) dari berbagai literatur, buku maupun informasi lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini adalah adanya digitalisasi BMT dengan menyediakan aplikasi sederhana berbasis teknologi dan kolaborasi dengan perusahaan Fintech Syariah guna berperan untuk Indonesia menjadi pusat halal dunia di tahun 2024. Kata Kunci : Industri Halal, Baitul Maal Wat Tamwil, DigitalisasiABSTRACT This article explains the halal industry and the role of baitul maal wat tamwil and its development; strategy and development of da'wah institutions namely baitul maal wat tamwil in the halal industry. The method used is qualitative with a descriptive analysis case study approach and library research data collection techniques from various literature, books and other information related to the research topic. The results of this study are digitalization of BMT by providing simple technology-based applications and collaboration with Sharia Fintech companiesKeywords : Halal Industry, Baitul Maal Wat Tamwil, Digitalization
EVALUASI PELAKSANAAN SOP PEMBATALAN HAJI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI PADA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS kartono, ahmad; Nadia Zakiyyatunnisa, Nida
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39829

Abstract

ABSTRAK Evaluasi pelaksanaan SOP pembatalan haji dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji adalah suatu kegiatan penilaian pelaksanaan SOP pembatalan haji agar dapat dilihat pelayanan yang diberikan sesuai dengan SOP atau tidak, sehingga dapat diketahui kendala selama proses pembatalan haji untuk diperbaiki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teknik analisis data deskrptif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa regulasi SOP pembatalan haji dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Ciamis yang menyesuaikan dengan Keputusan Nomor 241 Tahun 2021, jemaah haji yang melakukan pembatalan haji menanggapi pelaksanaan SOP pembatalan haji sesuai dengan yang diharapkan walau terdapat kekurangan dalam aspek efektif, efisien dan sederhana, serta evaluasinya dapat menjadi bahan masukan untuk peningkatan kualitas pelayanan pembatalan haji kedepan yang lebih baik. Kata Kunci : Evaluasi; SOP; Kualitas Pelayanan; Jemaah Haji; ABSTRACT Evaluation of the implementation of the Hajj cancellation SOP in improving the service quality of pilgrims is an evaluation of the implementation of the Hajj cancellation SOP implementation so that the services provided are in accordance with the SOP or not, so that problems during the Hajj cancellation process can be identified for repair. The research method used in this research is to use qualitative methods with a descriptive data analysis technique approach and data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study can be stated that the SOP regulation for hajj cancellation is carried out by the Ministry of Religion of Ciamis Regency which adjusts it to Decree Number 241 of 2021, pilgrims who cancel the Hajj respond to the implementation of the SOP for canceling the Hajj as expected even though there are deficiencies in the aspects of effectiveness, efficiency and simplicity, and the evaluation can be used as input for improving the quality of Hajj cancellation services for a better future. Keywords : Evaluation; SOP; Service Quality; Pilgrimage;
STRATEGI BAURAN PROMOSI PEMBIAYAAN CICILAN EMAS DALAM MENINGKATKAN INVESTASI PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP TEBET BARAT JAKARTA SELATAN rizal, study; Robby, Fadhli
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39830

Abstract

ABSTRAKSalah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI) mempunyai produk pembiayaan investasi yaitu cicil emas sesuai fatwa MUI mengenai pembelian emas secara tidak tunai. Produk ini dikategorikan sebagai pembiayaan produktif, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan produksi dalam artian luas yaitu untuk peningkatan usaha, baik usaha produksi, perdagangan maupun investasi. Produk cicil emas BSI pada saat ini dinyatakan sudah berjalan dengan baik. Salah satu Direktur Retail Banking BSI menjelaskan sejauh ini kinerja Cicil Emas Per Mei 2022 Tumbuh 57,1% atau Rp 435,7 Miliar secara year on year. Di mana secara penyaluran pembiayaan pada triwulan I produk Cicil Emas telah tumbuh sebanyak 8.96%. Pertumbuhan pembiayaan cicil emas tersebut menggambarkan situasi penjualan produk cicil emas berjalan dengan baik. Pada saat yang sama, hal ini juga menunjukkan suatu strategi pemasaran yang baik dan berhasil.Menarik diteliti untuk lebih jauh melihat bagaimana investasi cicilan emas di BSI dalam kasus KCP Tebet Barat, apakah mengalami kemajuan dan bagaimana strategi pemasarannya?Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan teori strategi bauran promosi yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan Garry Amstrong dengan 5 unsurnya, yaitu: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan penjualan langsung dalam meningkatkan investasi cicilan emas pada BSI KCP Tebet Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dan metode pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumen.Dari penelitian ini disimpulkan bahwa di BSI KCP Tebet Barat Jakarta Selatana tercatat bahwa penjualan atau pencairan cicil emas secara perlahan turun dari tahun 2020 hingga per 19 Oktober 2022. Hal ini karena adanya pandemi Covid-19. Dengan keadaan penjualan yang turun dari 3 tahun belakang, BSI KCP Tebet Barat ini tetap bertahan untuk mempromosikan produknya. Hal ini terlihat dari strategi bauran promosi pembiayaan cicil emas yang diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Tebet Barat sudah berjalan cukup baik dan masih bisa dimaksimalkan lagi. Kata Kunci: Strategi Bauran Promosi, Pembiayaan Cicil Emas, Investasi, Bank Syariah Indonesia
STRATEGI PELAYANAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN JAMAAH UMRAH DISABILITAS PADA PT. DHIYAA EL HARAMAIN EL MUBARAKAH BEKASI JAWA BARAT Sirin, Khaeron; Soleha, Maratus
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39887

Abstract

Permasalahan jamaah haji dan umrah yang memiliki keterbatasan fisik dan keterbatasan kemampuan (disabilitas) merupakan permasalahan nasional yang membutuhkan perhatian khusus dari para stakeholder, utamanya perusahaan travel haji dan umrah. Penelitian ini membahas mengenai strategi pelayanan ibadah umrah bagi jamaah yang memiliki keterbatasan fisik (disabilitas) dalam rangka meningkatkan kepuasan bagi mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada PT Dhiyaa El Harmaian El Mubarakah Bekasi Jawa Barat tahun 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan jamaah disabilitas pada PT. Dhiyaa El Haramain El Mubarakah sudah tepat. Hal ini dilihat dari strategi pelayanan yang diterapkan mereka baik dari mulai penyambutan jamaah ketika bertanya-tanya, mendaftar, sampai pelaksanaan ibadah umroh diberikan pelayanan secara maksimal dan mereka memprioritaskan jamaah disabilitas baik ketika di tanah air maupun di tanah suci dan tidak membeda-bedakan jamaah disabilitas dengan jamaah normal lainnya. Adapun strategi pelayanan yang dimaksud meliputi pengenalan dan kebiasaan jamaah disablitias, pendampingan khusus bagi jamaah disabilitas, dan pemenuhan kebutuhan khusus bagia jamaah disabilitas.Kata Kunci : Strategi, Pelayanan, Kepuasan, Jamaah, Disabilitas ABSTRACT The problem of Hajj and Umrah pilgrims who have physical limitations or limited abilities (disabilities) is a national problem that requires special attention from stakeholders, especially Hajj and Umrah travel companies. This research discusses Umrah service strategies for pilgrims who have physical limitations or linited abilities (disabilities) in order to increase their satisfaction. This research uses a case study method at PT Dhiyaa El Harmaian El Mubarakah, Bekasi, West Java in 2022. The research results show that the service strategy in increasing the satisfaction of disabled pilgrims at PT. Dhiyaa El Haramain El Mubarakah is correct. This can be seen from the service strategy they implement, from welcoming pilgrims when asking questions, registering, to carrying out the Umrah pilgrimage, providing maximum service and they prioritize disabled pilgrims both in their homeland and in the holy land and do not discriminate against disabled pilgrims. with other normal pilgrims. The service strategy in question includes the introduction and habits of disabled pilgrims, special assistance for disabled pilgrims, and meeting the special needs of disabled pilgrims. Keywords: Strategy, Service, Satisfaction, Pilgrims, Disability
PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN JAMAAH UMROH PADA PT. KHAZZANAH AL – ANSHARY TAHUN 2023 Rojali Jawab, Ahmadih; Salsabila, Salsabila
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 12 No. 1 (2024): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v12i1.39888

Abstract

Kepuasaan pelanggan adalah perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang di dapatkan sesuai dengan keinginannya. Perusahaan travel haji dan umroh pastinya bekerja sama dengan pemerintahan Arab Saudi dalam memberangkatkan jamaah nya, itu akan memudahkan travel untuk membantu proses keberangkatan seluruh jamaahnya maka dari itu travel tidak bisa sembarangan dalam memberangkatkan jamaahnya ke Tanah Suci harus mengikuti semua prosedur-prosedur yang di berikan oleh pemerintahan Arab Saudi. Oleh karena itu perusahaan travel umroh harus meningkatkan pelayanan yang akan diberikan kepada jamaah agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan travel lainnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pelayanan prima yang diberikan terhadap jamaah umroh dan mengetahui faktor pendukung maupun penghambat dalam memberikan pelayanan prima terhadap jamaah umroh. Dalam mengukur kualitas pelayanan terdapat lima dimensi diantaranya: (bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati). Pada penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dengan objek Direktur utama dan 1 atau 2 staff PT. Khazzanah Al – Anshary.Metode penulisan yang penulis gunakan adalah metode kualitatif desktiptif. Metode kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik pengumpulan data dari wawancara langsung dan obeservasi. Hasil analisis dari penulis, penulis menjelaskan bahwa PT. Khazzanah Al – Anshary telah menerapkan pelayanan prima yang efektif. Dikarenakan setiap adanya keinginan dan keluhan dari jamaah umroh langsung di tangani dengan cekatan dan tangkas, dengan adanya pelayanan prima ini maka kepuasaan jamaah akan semakin meningkat di travel Khazzanah.Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kepuasaan Jamaah.ABSTRACTCustomer satisfaction is a person's feeling after comparing the results obtained according to his wishes. Hajj and Umrah travel companies certainly work with the government of Saudi Arabia in dispatching their pilgrims, this will make it easier for travel to assist the departure process of all pilgrims, therefore travel cannot be arbitrary in sending their pilgrims to the Holy Land, they must follow all the procedures given by government of Saudi Arabia. Therefore Umrah travel companies must improve the services that will be provided to pilgrims so that the company can compete with other travel companies.The purpose of this study was to see the excellent service provided to Umrah pilgrims and to find out the supporting and inhibiting factors in providing excellent service to Umrah pilgrims. In measuring the quality of service there are five dimensions including: (real evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy). In this study used primary data obtained from field research with the object of the main director and 1 or 2 staff of PT. Khazzanah Al-Anshary.The writing method that the writer uses is descriptive qualitative method. This descriptive qualitative method uses data collection techniques from direct interviews and observation. The results of the analysis of the authors, the authors explain that PT. Khazzanah Al – Anshary has implemented an effective excellent service. Because every wish and complaint from the Umrah pilgrims is immediately handled deftly and agilely, with this excellent service, the satisfaction of the pilgrims will increase on Khazzanah travel.Abstract consist of the purposes/research questions, method of research, and results/findings. Don’t copy all abstract of skripsi in this article, just copy some important parts as needed. Abstract using English in a paragraph, 100-150 words. (Style Jurnal_1.ba Abstract Body)Keywords : Excellent service, congregation satisfaction.

Page 1 of 1 | Total Record : 10