cover
Contact Name
Adyanata Lubis
Contact Email
jmnr@rokania.ac.id
Phone
+628127651902
Journal Mail Official
jmnr@rokania.ac.id
Editorial Address
https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/about/editorialTeam
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Published by STKIP Rokania
ISSN : 26155796     EISSN : 26158523     DOI : https://doi.org/10.37728/ijobe.v5i1
Core Subject : Education, Social,
The Indonesian Journal of Basic Education is a scientific journal that presents original articles about classroom action research. The scope of the Riau Journal of Basic Education includes the fields of basic education, This journal is a means of publication and a place to share research and development work in the field of education. The posting of articles in this journal is done via submission. Detailed information for article loading and article writing instructions is provided in each issue. Articles that are submitted will go through a selection process for bestari partners and / or editors. The Indonesian Journal of Basic Education is published 3 times a year, namely in March, July and November Indonesian Journal of Basic Education Registered at PDII LIPI with Print number 2615-5796 and Online ISSN 2615-8523 For practitioners, academics, teachers and students in the field of teacher education who want research articles and ideas published in this journal via submission
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION" : 12 Documents clear
METODE INKUIRI TERBIMBING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 004 KECAMATAN ROKAN IV KOTO Arni Arni
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (751.53 KB)

Abstract

Kondisi rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas II tersebut, penulis atasi dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing. Pemilihan metode inkuiri terbimbing karena dengan inkuiri, siswa tidak disuapkan langsung untuk memahami materi pelajaran, tetapi melalui pemberian contoh, ilustrasi-ilustrasi kemudian siswa tersebut dipandu atau dibimbing untuk mengambil simpulan dari contoh dan keterangan yang diberikan. Dengan cara seperti ini siswa lebih aktif dan beusaha untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan bernalar. Jika cara ini dilakukan maka dengan sendirinya kemampuan siswa dalam bidang IPA semakin baik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 004 Rokan iv Koto Jumlah subjek penelitian 29 orang dengan perincian 16 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Desaian prosedur perbaikan pembelajaran ini terdiri atas empat tahapan yakni tahap: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Keempat tahapan itu selalu dilaksanakan setiap kali pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Pada bagian berikut ini diuraikan satu persatu perincian keempata tahapan tersebut. Hasil analisis data yang dideskripsikan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas II meningkat dari siklus I dan siklus II. Terjadinya peningkatan nilai yang diperoleh siswa didukung meningkatnya aktivitas guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, metode yang tepat yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan belajar siswa.
PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 RAMBAH Baiti Baiti
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.306 KB)

Abstract

This class action research generally aims to improve learning outcomes of Physical Education in long jump materials of students class IV through the application of Active Learning models in semester 1 of Primary School 006. The data in this study were collected using tests, student observation sheets, teacher observation sheets, and assessment (performance) rubric of the long jump ability. This type of research is classroom action research. The research procedure consists of planning, implementation, observation and reflection. The results revealed that the results of the preliminary tests showed that the absorptive capacity of the results of the analysis showed that students' learning achievement had increased from cycle I to cycle II, namely pre-cycle (65.41%), cycle I (73.91%), cycle II 79.13%). Based on the research conducted, it can be concluded that the Active Learning model can have a positive effect on the learning outcomes of the long jump in Primary School 006 Rambah of school year 2017/2018, and this learning model can be used as an alternative learning method for Physical Education
PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI KELAS V SD NEGERI 004 ROKAN IV KOTO Masriani Masriani
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.976 KB)

Abstract

Pada Pembelajaran PKn sebagai salah satu mata pelajaran yang menitik beratkan pada pembentukan etika dan moral peserta didik melalui pengenalan sejarah, budaya dan peraturan perundang-undangan yang ada dan berlaku di wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia. Membuat PKn menjadi mata pelajaran yang sulit dan kurang diminati peserta didik, sehingga hasil belajar PKn yang masih banyak memperoleh nilai rata-rata 65 bahkan ada nilai dibawah rata-rata 60-50. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode Diskusi kelompok pada siswa kelas V SD Negeri 004 Rokan IV Koto. Subjek penelitian adalah Siswa kelas V SD Negeri 004 Rokan IV Koto Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 orang. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur Penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan alat pengumpul data ( lembar kerja siswa dan post test ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap siswa pada siklus I adalah 65,5 ( baik ), sedangkan pada siklus II adalah 74,43 ( baik sekali ). Untuk ketuntasan belajar secara klasikal ( 80 % ) pada siklus I dan siklus II tuntas ( 100 % ). Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I adalah 75,25% ( kurang ) dan silus II yaitu 78,65 % ( cukup ). Dengan demikian Penerapan Metode Diskusi Kelompok dapat meningatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 004 Rokan IV Koto
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAM ISLAM “BERIMAN KEPADA QODO DAN QODAR” DENGAN METODE PENDEKATAN BERBASIS AKTIVITAS PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 018 KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU Erniza Gazali
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.233 KB)

Abstract

This research is a classroom action research aimed at increasing the motivation and learning activities of the Islamic religion. The results of the study show that the learning strategy with an Activity-Based Teaching Approach in the Learning of Islamic Education in Class VI Students at SD N 018 Rambah Kec. Explore the Rokan Hulu Regency for the 2017/2018 Academic Year can increase motivation, achievement, creativity, and problem solving in learning. The learning strategy by using learning strategies based on activity can increase learning motivation of Class VI students at SD N 018 Explore the Rokan Hulu District 2014/2015 Academic Year on the subject of Islamic Education, the subject of Bertatakrama in Daily Life.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RAMBAH SAMO Lia Wardani
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.029 KB)

Abstract

Pengembangan keterampilan pada pembelajaran seni budaya dan keterampilan berdasarkan kurikulum seni budaya sangat penting, karena dapat membantu anak menjadikan proses belajar lebih efektif. Salah satu bagian dari mata pelajaran seni budaya dan keterampilan adalah seni tari, seni tari merupakan gerakan yang indah yang dilakukan secara teratur sehingga menimbulkan keindahan. Media audio visual adalah media yang dapat dilihat sekaligus didengar untuk membantu pembelajaran lebih menarik, dan memahami lebih dalam tentang materi yang diajarkan. Media audio visual yang dikhususkan pada penelitian ini adalah video tutorial tari persembahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya dan keterampilan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo, terutama pada pembelajaran seni tari daerah setempat (tari persembahan). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdari dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa yang terdiri dari mengumpulkan data, soal tes, dan praktek gerakan seni tari. Teknik analisis data menggunakan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yangdengan hasil belajar tuntas pada pembelajaran seni tari adalah 9 siswa atau sebesar 32,14% dan Sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas sejumlah 19 siswa atau sebesar 67,86% dengan nilai aktivitas belajar siswa adalah 66,66%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas adalah 24 siswa dengan persentase 85,71% dan jumlah siswa yang tidak tuntas adalah 4 orang 14,29% dengan aktivitas belajar siswa 80,55%. Kesimpulan, bahwa penggunaaan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya dan keterampilan siswa di kelas IV sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DI SD NEGERI 014 RAMBAH Siti Mariah
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.295 KB)

Abstract

Penelitian ini dinyatakan dalam bentuk pertanyaan yaitu apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI semester II pada SDN 014 Rambah Kabupaten Rokan Hulu? Penelitian ini berujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan Metode Demonstrasi bagi siswa kelas VI semester II pada SDN 014 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan tujuan tersebut hipotesis dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI semester II pada SDN 014 Rambah Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari observasi, dan soal tes. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 25 anak. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil evaluasi siswa terhadaap pemahaman dengan materi energi dan perubahanya. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 09 dan 14 Maret 2015, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 30 dan 31 Maret 2015. Peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana kondisi awal motivasi siswa masih sangat rendah, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas, siklus I siswa dengan motivasi tinggi sebanyak 17 siswa (60 %),. Siklus II siswa dengan motivasi tinggi 24 siswa (94%), dan motivasi rendah 1 siswa (5%). Tingkat ketuntasan pada studi awal 33%, siklus I 60% dan siklus II 95%. . Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa metode demonstrasi dapat meeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI semester II pada SDN 014 Rambah Kabupaten Rokan Hulu tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil penelitian tersebut hendaknya sebagai seorang guru mampu mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan metode yang pas dengan materi, salah satunya dengan metode demonstrasi. Dan dalam proses pembelajaran hendaknya dikaitkan dengan dunia nyata anak supaya materi pelajaran akan mudah dipahami oleh siswa
PENERAPAN MODEL CTL BERBASIS KEJURUAN DENGAN MEDIA ENGINE COMPONENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X1 TEKNIK PENGELASAN SMK NEGERI 1 RAMBAH Musnar Musnar
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.728 KB)

Abstract

The background of the problem in this study is the students' reasoning ability in mathematics subjects in class X1 of Welding Engineering at SMK Negeri 1 Rambah which is still considered low. This is caused by several factors, including the learning model applied by the teacher is still conventional so students are less active in learning. In this study, the problem that was attempted to overcome was the students' reasoning abilities. Based on the theoretical study reviewed by researchers, students' reasoning abilities can be improved through vocational-based CTL models with media engine components. This study aims to improve students' reasoning abilities by applying the vocational-based CTL model with the engine component media on mathematical logic material in class X1 of Welding Engineering at SMK Negeri 1 Rambah in the academic year 2016/2017. The methodology of this research is Classroom Action Research (CAR) which consists of 2 cycles, with each cycle consisting of 2 meetings with an allocation of each 4x45 minute cycle. The results achieved in this study turned out to have increased from cycle 1 to cycle 2 with the average test scores of 75.16 to 83.23 and classical completeness 74% to 87%. Then from the results of observations of student activities, it was produced that there was an increase from cycle 1 to cycle 2 from the average value of activities of students 2.2 with a fairly good category being an average value of 3.1 with a good category. For this reason, the results of the study can be said to be successful because they have answered the performance indicators with a minimum of 70% completeness and minimal student activity categories.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HANDOUT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SDN CIWAKTU Muhammad Taufik; Novia Novia; Zerri Rahmah Hakim; Damanhuri Damanhuri
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.372 KB)

Abstract

This study aims to develop teaching materials based on appropriate Handout for IPS learning on the materials of Work Types and the Importance of Morale in Class III State Elementary School Ciwaktu. This research is a type of research development (research and development) which refers to the development of Brog and Gall that has been modified by Sugiyono. This research was conducted in Ciwaktu State Elementary School from July to August 2018. The research was conducted by steps: Problem analysis, Data collection, Product design, Expert Test Validity, Product Revision and Limited Trial. The developed product is tested its feasibility by validation by design experts, IPS (social sciences) study experts and test of educational experts before being tested is limited. Subjects were 10 students while the trial was limited. Instruments used to collect data are questionnaires, interviews and documentation. The results showed that the validation of the design experts obtained the average score included in the category is feasible. The validation results of IPS study experts obtained an average score that falls into the very feasible category. Limited trial results obtained scores that fall into the very feasible category. Based on the results of these experiments, the Handout-based teaching materials are feasible for use in the IPS lesson on the types of work and the importance of work morale
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENULIS INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN TEKNIK TIRU MODEL MELALUI SUPERVISI ASSESSMENT Nisdawati Nisdawati
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (831.812 KB)

Abstract

This research aims to find information about teacher's skill level in writing assessment instrument with modeling technique through assessment supervision on teacher of SD Negeri 006 Rambah. The research method used is a descriptive method which is done in two cycles. Each cycle consists of four stages of research, namely planning, implementation, observation, and reflection. This research data is the result of assessment supervision on teachers in writing assessment instruments, field notes and results of teacher writing skill. The result of activity data and field note writing assessments were analyzed qualitatively. The result data of the scoring writing skill is analyzed quantitatively. The results showed that the modeling technique that is used as a research technique can improve the teacher's skill in writing the assessment instrument. Through modeling techniques, clever teachers can guide other teachers that need it. Teachers are motivated to learn and try to achieve further success. Based on the category of capability that has been established in this research, it turns out for each cycle of the results of the ability of teachers always increase, so that the research is achieved, i.e. teachers who achieve the ability≥76% of the number of teachers. From these results, it can be concluded that the modeling techniques can improve the writing skills of teacher assessment
MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MENGAJAR DENGAN MENYELENGGARAKAN SCHOOL BASED INSET DI SD NEGERI 023 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU Erlina Daulay
Indonesian Journal of Basic Education Vol 2 No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Publisher : STKIP Rokania Pasir Pangaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.467 KB)

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran di sekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah penerapan peningkatan profesionalisme guru. Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan di sekolah terutama profesionalisme gurunya yang harus ditingkatkan dengan menyelenggarakan school based inset oleh pengawas Pembina sehingga menunjang kepada masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para guru dalam kehadiran di kelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara, salah satunya dengan cara meningkatkan disiplin guru melalui penerapan school based inset dalam mengajar di kelas di SD Negeri 023 Rambah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisis data, ternyata pada siklus kedua, keprofesionalan guru telah meningkat maka penelitian ini dicukupkan dua siklus dalam kehadiran di kelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan dan ditencanakan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan school based inset kepada guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 12