cover
Contact Name
Dana Aswadi
Contact Email
ernisusilawati@stkipbjm.ac.id
Phone
+6285349985800
Journal Mail Official
dadan899@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Sultan Adam, Komplek H. Iyus No. 18 RT 23, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, 70121 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Telp./Fax: (0511) 4315443
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : eISSN252     DOI : https://doi.org/10.33654/sti.v6i2
STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya" : 12 Documents clear
A Ketrampilan Guru Mengelola Kelas Pada Anak ABK Di SLB Samudra Terra Athena Dewa, DewayaniAmaliaPramesthi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2280

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to analyse the skills needed by a teacher in managing a class in a SLB. Children with special needs have different and varied learning needs, including in terms of social, cognitive, and emotional skills. Therefore, teachers need to have special skills in managing the classroom in order to create an effective learning environment for all students. In this study the methodology used is a qualitative research methodology with data collection techniques. In this study, researchers conducted interviews with teachers and conducted some documentation in order to collect data. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the classroom management applied by the teacher at SLB Samudra Terra Athena is good. Both from the arrangement of the facilities and the arrangement of the students. In terms of facility arrangements, teachers at SLB Samudra Terra Athena have made use of the existing facilities. Meanwhile, in the arrangement of students in SLB Samudra Terra Athena, the teacher places more emphasis on grouping students, mentoring and assignments, as well as extracurricular activities. Keywords: teacher skills, class management, children with special needs
Model dan Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di SLB B-C Optimal Surabaya Dliyaul Laudza'
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2283

Abstract

Artikel ini membahas tentang model dan strategi pelaksanaan pembelajaran anakberkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa B-C Optimal (SLB B-C Optimal) Surabaya.Pendidikan inklusif telah menjadi fokus utama dalam memberikan kesempatan yang samakepada semua individu, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. SLB B-C Optimal Surabayaberperan penting dalam memberikan pendidikan inklusif kepada anak-anak tersebut. Model inidirancang untuk memenuhi kebutuhan dan karakteristik anak-anak berkebutuhan khusus sertamendorong kolaborasi antara guru, orang tua, dan tenaga profesional lainnya. Selain itu, metodepembelajaran dengan pendekatan berbasis proyek dan pendekatan multisensory. Strategipelaksanaan pembelajaran juga menjadi fokus dalam artikel ini. Pendekatan diferensiasi dankolaborasi tim menjadi kunci dalam memastikan kebutuhan individu anak-anak berkebutuhankhusus terpenuhi.Kata Kunci : Pendidikan inklusif, pendekatan multisensory, dan pendekatan difersensiasi
Stilistika Pada Surah Al-Kafirun Ulin Bailana
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2308

Abstract

Tulisan ini mengulas fenomena linguistik al-Qur'an dengan tema sentral penggunaan gaya bahasa atau stilistika pada Surah Al-Kafirun. Masalah yang dikaji meliputi stilistika dari aspek diksi atau pemilihan kata, struktur kalimat dan majas yang tersapat pada setiap ayat di surah al-kafirun. Dalam surat al-kafirun terdapat beberapa ayat yang mengandung sikap toleransi dan ketauhidan ang dicerminkan oleh Nabi Muhammad, sehingga penulis tertarik untuk menganalisis dengan menggunakan stilistika untuk mengungkap fenomena kebahasaan dari ayat-ayat tersebut. Tulisan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kajian linguistik lain yang mengambil obyek yang sama, yaitu Al-Qur’an. Tulisan ini membuktikan dan menunjukkan adanya muatan nilai spektakuler dalam bahasa al-Qur'an yang dikenal dengan kandungan i'jaz al-Qur'an. Teori yang digunakan adalah teori stilistika yang penulis batasi hanya pada tiga hal yaitu keutamaan lafadz, keutamaan kalimat atau keutamaan makna dalam sebuah kalimat, dan penyimpangan atau penyimpangan dari kaidah umum tata bahasa. objek kajiannya adalah konstruksi berbagai bentuk kebahasaan dalam surah al-kafirun.
R RELASI DAN MAKNA CERITA FANTASTIK DALAM NOVEL “KISAH TANAH JAWA ”KARYA MADA ZIDAN. hikmal
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2447

Abstract

Kajian ini memaparkan beberapa cerita di tanah jawa yang mistis dan masih menjadi budaya khas kehidupan masyarakat pada masa penjajahan dalam Kisah Tanah Jawa. Tanah Jawa menyimpan banyak cerita misteri yang tidak akan selesai dalam semalam. Sosok-sosok misterius, ritual mistis, dan tempat-tempat angker, selalu membuat kita penasaran. Penelitian ini menggunakan teori fantastis dari Tzvetan Todorov dan yang penting dari apa yang dikatakan Todorov adalah keraguan pembaca pada kedua kubu keraguan tersebut sebelum kondisi pertama dalam fantastik. Fenomena tersebut dapat dirasakan oleh pembaca dalam dua muara imajinasi dan kenyataan. Menurut Djokosujatmo (2005) fantastik merupakan suatu keraguan yang dirasakan oleh manusia yang hanya mengetahui hukum alam, ketika menghadapi suatu fenomena yang tampak supranatural dalam kehidupan. Dapat disimpulkan bahwa karya tersebut mampu menampilkan eksistensi cerita fantastik yang dominan dari segi motif, alur, tema, tokoh, ruang, waktu dan dekorasi realistik. Semua elemen tersebut bergerak menuju satu elemen yang menyatukan sebuah cerita fantastis yang memanifestasikan fenomenanya secara tidak logis dan di bawah ekspektasi pembacanya.
Pengembangan Fitur Study Material Melalui Aplikasi Teachmint Pada Pembelajaran Puisi Di Tingkat SMA/SMK Ramadhani, Dinda
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2470

Abstract

Keterampilan menulis dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks. Karena itu, dibutuhkan skill yang tinggi untuk menguasainya. Berkait dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran puisi berbasis digital melalui aplikasi teachmint. Fokus pengembangan dilakukan pada fitur study material pada aplikasi teachmint, yaitu fitur penyajian bahan bacaan dan referensi bagi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development atau penelitian pengembangan dengan menyusun desain pembelajaran puisi berbasis digital. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (define, design, develop, disseminate) diawali dengan kegiatan studi literatur. Kemudian uji kelayakan media pembelajaran yang dinyatakan layak oleh validator. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa desain inovasi pembelajaran digital yang dikembangkan mampu mewadahi jenis-jenis gaya belajar, yaitu modul ajar untuk gaya belajar visual, video pembelajaran untuk gaya belajar audiotori dan visual, serta unggahan video deklamasi untuk gaya belajar kinestetik.
KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN MODERN DAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH Paramita, Meta
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dengan menerapkan kombinasi dua media pembelajaran modern berupa QR Code dan media pembelajaran tradisional berupa ular tangga pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX Mts Darul Ulum Petiyin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan studi pustaka.berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa siklus I belum mencapai indikator yang ditetapkan oleh peneliti dengan menggunakan media pembelajaran klasik berupa ceramah. Kemudian peneliti melakukan penelitian Kembali pada siklus II yang menggunakan kombinasi dua media, yakni modern dan tradisional yang menghasilkan peningkatan secara signifikan pada peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar. Rata-rata keaktifan peserta didik melalui empat indikator yang ditentukan oleh peneliti menghasilkan 69,01% pada siklus I dan II, melalui perhitungan N Gain Score.
Karakteristik Bahasa Hoaks pada Kanal YouTube Tren Publika Melalui Pendekatan Stilistika Hutabarat, Elisa Natika; Asmarani Indah Kirana; Aditya Rahayu; Afina Maharani; Rizka Septiana Puteri
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2519

Abstract

Beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan dalam produksi dan penyebaran hoaks melalui media digital, khususnya pada media sosial YouTube. Tersebarnya hoaks tentunya memiliki pemicunya tersendiri dan elemen-elemen khas yang berperan penting di dalamnya. Salah satu elemen yang berperan penting dalam penyebaran hoaks ini adalah bahasa. Hoaks memiliki karakteristik kebahasaannya sendiri, terutama yang berada pada platform YouTube. Kebahasaan yang digunakan oleh suatu kanal untuk menyebarkan berita hoaks ini dapat menjadi aspek kritis terhadap pemahaman mengenai fenomena disinformasi dan berita palsu di era digital, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang karakteristik kebahasaan yang digunakan hoaks YouTube. Penelitian ini dilakukan untuk mengemukakan ciri atau karakteristik kebahasaan yang ada pada kabar-kabar bohong di platform YouTube dilihat dari gaya bahasanya yang diwakilkan oleh kanal YouTube Tren Publika. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan data yang diperoleh dengan menyimak dan mencatat tuturan-tuturan maupun teks yang ada di dalam video-video kanal tersebut. Setelah menyimak video-video yang ada pada kanal tersebut, analisis berdasarkan pandangan stilistika dilakukan untuk menyimpulkan karakteristik bahasa yang digunakan kanal tersebut. Hasil analisis dan penyimpulan tersebutlah yang menjadi hasil penelitian ini.
The Ability to Make Pantun for Indonesian Language Teachers at Banjarmasin City High School Sabhan
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membuat pantun guru bahasa Indonesia Kota Banjarmasin. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode analisis deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 14 guru. Data yang diperoleh berjumlah 52 pantun. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif melalui teknik analisis deskriptif. Dari analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) sebagian besar guru (85 %) sangat mampu dalam membuat pantun, yakni dari segi kriteria; (2) sebagian besar guru (80 %) sangat mampu dalam membuat pantun, yakni dari segi tema. Dengan demikian, Sebagian besar guru (82 %) sangat mampu membuat pantun.
KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI DALAM SINIAR CLOSE THE DOOR CORBUZIER EPISODE DIGEREBEK BHENCONK Siti Hafizah, Siti Hafizah
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga kesalahan berbahasa, baik itu kesalahan penambahan fonem, penghilangan fonem, dan perubahan pada fonem. Kesalahan berbahasa adalah penggunaan bahasa yang menyimpang dari kaidah bahasa yang berlaku dalam bahasa itu. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang berpusat untuk mendeskripsikan kesalahan pembunyian bahasa dalam fonologi. Data didapatkan dari siniar “Close the Door Corbuzier Episode Digerebek Bhenconk,” Data analisis berasal dari kanal Youtube Deddy Corbuzier. Data dihasilkan dari tuturan yang diucapkan oleh Praz Teguh sebagai tuan rumah dengan Emil Mario Rossando dan Gilang Samiadji sebagai bintang tamunya. Teknik penelitian menggunakan teknik pengumpulan data meliputi teknik simak, rekam, dan catat. Tahapan pengerjaan, yaitu mendengarkan secara teliti, mencatat bagian yang dapat menjadi data penelitian, serta mengelompokkan masing-masing fonologi yang ditemukan kesalahan penambahan, penghilangan, dan perubahan fonem. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 65 kesalahan bunyi bahasa pada siniar “Close the Door Corbuzier Episode Digerebek Bhenconk,” yaitu penambahan fonem, penghilangan fonem, dan perubahan fonem. Kata kunci: Fonem, fonologi, kesalahan, siniar
ANALISIS TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TINGKAT LANJUT CAKAP BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA SMA/SMK KELAS XI KURIKULUM MERDEKA Indah Ika Ratnawati; Ratna Sari, Dewi; Haniifa Budiono, Nasywa
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 9 No 1 (2024): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v9i1.2687

Abstract

Pergeseran paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia ke arah pembelajaran berbasis teks memerlukan adaptasi yang tidak singkat. Hal ini mengingat jenjang sebelumnya (SMP) siswa belum terbiasa dengan pembelajaran bahasa berbasis teks. Rasionalitas penelitian ini didukung pula oleh hasil identifikasi permasalahan di lapangan. Guru-guru masih banyak yang kebingungan dengan penggunaan buku teks pegangan guru dan buku teks pegangan siswa. Kondisi seperti itu menyebabkan guru luput untuk melakukan telaah buku teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dasar, dipilih berdasarkan sejumlah pertimbangan. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mendalami fenomena atau konteks secara menyeluruh, dengan memberikan fokus pada makna dan interpretasi. Metode kualitatif dasar ini meliputi pengumpulan data yang meliputi informasi, gambar, atau data lainnya, baik yang bersifat tertulis maupun tidak tertulis. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat tertulis, seperti dokumen atau catatan, seperti buku teks Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK Kelas XI Kurikulum Merdeka yang telah kami.Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas analisis suatu buku dapat diukur melalui sejumlah komponen khusus dan seharusnya sejalan dengan sinkronisasi yang berlaku. Kurikulum berperan penting sebagai pedoman dalam merancang sistem pembelajaran, memastikan bahwa proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan. Melalui analisis menyeluruh, buku berjudul “Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia” dianggap memenuhi kriteria dan layak digunakan oleh siswa kelas XI SMA/SMK berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, buku tersebut dapat dianggap sebagai sumber belajar yang berkualitas, sesuai dengan persyaratan kurikulum, dan memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran siswa pada tingkat tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 12