cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019" : 5 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPPH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KAMPAR Afifah Lestari
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPPH di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Penyasawan Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, melakukan penelitian langsung terhadap guru sebagai sampel guna mendapatkan gambaran tentang kemampuan guru dalam penyusunan RPPH. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penyusuna RPPH guru sudah menjalankan perannya dengan cukup baik dengan menyusun dan melakukan program pembelajaran yang telah dirancang sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Guru menyusun program pembelajaran dalam RPPH. Kegiatan yang dilaksanakan oleh guru telah dirancang sedemikian rupa dalam sebuah RPPH yang merupakan pengembangan dari RPPM perencanaan pembelajaran mingguan dan secara garis besarnya dari program semester sekolah yang terdapat kompetensi dasar yang akan dicapai dalam penyelengaraan pendidikan sekolah. Saran kepada kepala sekolah hendaknya dapat lagi meningkatkan peran aktifnya dalam mengembangkan skill guru terutama dalam pemahaman penyusunan RPPH disekolah, dan guru diharapakan dapat meningkatkan keilmuannya sebagai pendidik dengan mengembangkan wawasan sebagai guru dengan memperluas pemahaman baik pada kegiatan pembelajaran, penggunaan media dan bahan ajar, penyusunan admnistrasi seperti RPPH serta kemampuan dalam mengembankan program pembelajaran.
PENINGKATAN PROGRAM KKG DALAM MEMOTIVASI GURU DI GUGUS SAKURA KEC. TENAYAN RAYA Amini
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Program KKG dalam memotivasi guru di Gugus Sakura Kecamatan Tenayan Raya. Penelitian dilakukan melalui wawancara terhadap 8 lembaga pendidikan yang terdiri dari 5 TK dan 3 PAUD. Penelitian dilakukan dengan mengunakan metodologi kualitatif deskriftif. Hasil penelitian adalah Kegiatan KKG di Gugus Sakura setiap programnya disususn berdasarkan kesepakata anggota pada Gugus tersebut, keaktifan anggota di Gugus Sakura pada umumnya baik, namun pengaktifan tersebut tidak lepas dari peran kepala sekolah yang mengajak guru untuk hadir di kegiatan KKG, program di KKG menambah wawasan guru tentang pendidikan anak usia dini, namun dari segi narasumber perlu ditingkatkan kwalitasnya agar dapat memotivasi guru menjadi guru yang berwawasan, profesional dengan materi-materi yang lebih baik dan menyenangkan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru harus aktif hadir dalam kegiatan KKG untuk menambah wawasan tentang anak usia dini dan penyususnan program KKG diutamakan membahas tentang aplikasi dalam mengajar anak usia dini. Program di KKG menambah wawasan guru tentang pendidikan anak usia dini, namun dari segi narasumber perlu ditingkatkan kualitasnya agar dapat memotivasi guru menjadi guru yang berwawasan, profesional dengan materi-materi yang lebih baik dan menyenangkan.
PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK AL-ULUM KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU Bernawati Marpaung
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Al-Ulum Kecamatan Tampan Pekanbaru. Metode penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru pendamping telah melaksanakan perannya dengan baik dalam merencanakan kegiatan program pendidikan, menetapkan kegiatan bermain, merencanakan kegiatan yang disusun berdasarkan kelompok usia, melaksanakan proses pendidikan, memilih dan menggunakan media, memberikan motivasi, memberikan bimbingan sesuai dengan kebutuhan anak dan juga melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pendidikan sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru pendamping dan juga guru pendamping berperan dalam membantu anak agar memiliki keterampilan-keterampilan dalam meningkatkan tingkat perkembangan anak yang membutuhkan bantuan dan bimbingan khusus dari peran guru pendamping dan juga guru pendamping membantu menyiapkan bahan perencanaan pembelajaran dari mulai perencanaan kegiatan dan juga hasil kegiatan yang telah dilaksanakan sebagaimana tugas seorang guru taman kanak-kanak.
DAMPAK KEKERASAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL KARIMAH Cindy Aulia Noviaraj
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kekerasan orang tua terhadap perilaku anak usia dini usia 5 - 6 tahun di TK Islam Al Karimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berlokasi di TK Islam Al Karimah, pemilihan lokasi ini atas pertimbangan bahwa persoalan-persoalan yang akan di teliti oleh peneliti ada di lokasi ini. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ( pengamatan ) peneliti di lapangan tentang dampak kekerasan orang tua terhadap perilaku anak usia dini usia 5 - 6 tahun di TK Islam Al Karimah bahwa orang tua masih banyak yang melakukan tindakan kekerasan di dalam pola asuh anak itu ada penyebab nya, seperti anak yang susah untuk diarahkan, tidak mau belajar dalam kata lain tidak mau mendengarkan orang tua nya, dan karena adanya faktor ekonomi dalam keluarga juga terkadang menimbulkan emosi tersendiri di dalam diri orang tua yang terkadang hanya untuk mendidik anak agar dia dapat mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.
PENGEMBANGAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA MEDIA WAYANG KERTAS TK ISLAM AL-MUJAHIDIN PEKANBARU Deatri Arfanda Putri
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan disiplin anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang kertas di TK Islam Al-mujahidin Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al-mujahidin Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 4 orang anak dan guru sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil observasi mengenai penegmbangan disiplin anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang kertas di TK Islam Al-Mujahidin Pekanbaru dimana nilai yang dihasilkan sebesar 0,87 berada dalam kriteria penilaian sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengembangan terhadap penerapan metode bercerita dengan media wayang kertas dalam disiplin pada anak usia dini 5 sampai 6 tahun di TK Islam Al-Mujahidin Pekanbaru. Pengembangan disiplin kepada anak bertujuan untuk membentuk tingkah lakunya agar sesuai dengan keinginan masyarakat, dan menghindari tingkah laku yang tidak diinginkan. Saran Kepada guru diharapkan agar terus kreatif dan mengoptimalkan media yang lebih menarik, menyenangkan, dan bervariasi agar dapat membuat anak berminat dan antusias terhadap proses pembelajaran dan Kepada pihak sekolah, dapat menjadi motor penggerak dalam perbaikan terhadap proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5