cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): JOURNAL TALENTA VOL XII NO.2 DECEMBER 2021" : 5 Documents clear
ANALISIS GURU DALAM MERANGSANG MOTORIK KASAR DENGAN KEGIATAN SHELL DANCE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Dea Rahmadani; Nini Aryani; Nopa Wilyanita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): JOURNAL TALENTA VOL XII NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.528 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan analisis guru dalam meningkatkan motorik kasar dengan kegiatan tari tempurung anak usia 5-6 tahun di Tk Putra Persada Pekanbaru. Adanya kegiatan tari di Tk Putra Persada Pekanbaru dapat membuat perkembangan anak menjadi lebih baik dengan mengunakan motode penelitian yaitu penelitian kualitatif dimana subjek penelitian ini adalah 4 anak usia 5-6 tahun di Tk Putra Persada Pekanbaru. Teknik peneitian adalah reduksi data, penyajian data dan penearikkan kesimpulan. Hasil kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa tari tempurung merupakan hal yang dapat meningkatkan motorik kasar anak di Tk Putra Persada Pekanbaru dimana anak tidak selit menggerakan anggota tubunya kerna sedah terbisa melakukan gerakan dengan adanya kegiatan tari tersebut, juga anak sudah dapat melakukan gerakan koordinasi deangan di ringi lagu dan sudah mulai percaya diri dalam melakukan gerakan dalam tari sehingga tercapainya motorik kasar pada anak dengan baik di Tk Putra Persada Pekanbaru dengan langkah-langkah yaitu menyiapkan gerakan tari yang dilatih serta properti tari, memberikan contoh gerak tari tempurung, demonstrasi meniru gerakan tari tempurung dan melaksanakan evaluasi yang telah dilakukan.
Peran Orang Tua Pada Pembelajaran Anak Di masa Covid 19 Karine Tri Agustia Pohan; Radhiyatul Fithri; Herwina
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): JOURNAL TALENTA VOL XII NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.035 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran dirumah dimasa pandemi pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian kualitatif. Tempat penelitian di TK Mustika Bunda Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 2 wali murid dan 1 guru. Hasil penelitian adalah peran orang tua dalam pembelajaraan anak di rumah dimasa Covid -19 Usia 5-6 Tahun Di TK Mustika Bunda Pekanbaru Riau telah dilaksanakan dengan baik oleh orang tua. Kondisi ini mengindikasikan bahwa orang tua telah bekerjasama dengan guru dalam pembelajaran dimasa pandemic covid – 19, dimana pembelajaran lebih banyak dilaksanakan secara “Belajar Dari Rumah” (BDR) ataupun dengan sistem daring (dalam jaringan). Saran penelitian ini kepada orang tuan diharapkan lebih berinisiatif dalam bentuk kerjasama antara orang tua dan guru guna peningkatan hasil belajar belajar anak dimasa pandemi.
ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 Lina Ryzkia Sihombing; Radhiyatul Fithri; Nopa Wilyanita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): JOURNAL TALENTA VOL XII NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.668 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan bahasa anak usia dini di masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perkembangan bahasa pada anak belum optimal,hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya karena pandemi covid 19 sehingga kegiatan yang dapat mengembangkan perkembangan bahasa pada anak tidak dapat dilakukan secara maksimal. Perkembangan bahasa pada anak yang mengalami keterlambatan dalam penelitian ini lebih banyak karena faktor eksternal karena pandemi covid 19 yang menyebabkan pembatasan sosial pada anak. Peran seorang guru dalam upaya mengembangkan perkembangan bahasa pada anak dapat dilakukan dengan mendorong, membimbing, dan memotivasi agar anak didik mampu lebih mengembangkan perkembangan bahasa,hal tersebut dapat terlaksana karena perlu adanya komunikasi juga kerjasama antara guru dan orang tua.
Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Spindex Box pada Anak Kelompok A Natalia Siburian; Rahmah; Susi Herlinda
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): JOURNAL TALENTA VOL XII NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.27 KB)

Abstract

Masalah penelitian ini yakni kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun TK Mahanaim Minas masih tergolong rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak melalui media spindex box. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Waktu penelitian dilaksanakan bulan Juni hingga Agustus 2021. Tempat penelitian di TK Mahanaim Minas, Kabupaten Siak. Subjek penelitian terdiri 11 anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian ini yakni adanya peningkatan kemampuan berhitung pada anak pada setiap siklusnya yang dilakukan hingga siklus II, sebagaimana peningkatan keseluruhan kemampuan berhitung anak mencapai perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Saran diberikan kepada guru sebagaia masukan media spindex box dapat dijadikan alternatif belajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun.
ANALISIS PERKEMBANGAN EMOSI PADA PENDEKATAN SAINTIFIK ANAK USIA 5-6 TAHUN Ananda Dwi Septianova; Rahmah; Swandra Rahayu
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): JOURNAL TALENTA VOL XII NO.2 DECEMBER 2021
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.752 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan emosi dengan pendekatan saintifik anak usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu memberikan gambaran tentang perkembangan emosi dengan pendekatan saintifik anak usia 5-6 Tahun. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan kepala sekolah yaitu 2 orang guru dan 1 orang Kepala selolah yang semuanya akan dijadikan sebagai sumber data. Waktu penelitian dimulai dari satu bulan sebelum proposal penelitian diseminarkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan langkah langkah mencatat hasil penelitian yang diperoleh baik melalui observasi, wawancara maupun dalam bentuk transkip. Setelah semua data terkumpul lalu mengklasifikasikan data-data tersebut dengan fokus penelitian. Menganalisis data-data dan memberikan interprestasi data yang diperoleh dengan memberikan penjelasan yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perkembangan emosi dapat berkembang dengan baik melalui pendekatan saintifik anak usia 5-6 Tahun. perkembangan emosi pada pendekatan saintifik anak ditinjau dari indikator mengamati, menanya, mencoba, menalar dan komunikasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5