cover
Contact Name
Syaiful Zuhri Harahap
Contact Email
syaifulzuhriharahap@gmail.com
Phone
+6285261290813
Journal Mail Official
editor.ikabinaenpabolo@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantauprapat, Kec. Rantau Sel., Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
ISSN : -     EISSN : 28084047     DOI : 10.36987
IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT adalah Jurnal hasil Pengabdian kepada Masyarakat yang di hasilkan oleh civitas Akademika Universitas Labuhanbatu yang terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Bulan Juli yang merupakan hasil pengabdian yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain dan berhak menyingkat dan mengubah tanpa mengurangi maksud dan isi. Pendapat yang dinyatakan dalam jurnal ini merupakan pendapat pribadi tidak mencerminkan pendapat penerbit dan dewan redaksi. e-ISSN : 2808-4047
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022" : 13 Documents clear
IBM Pendampingan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata di Desa Sukamandi Hilir Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara Halimatul Maryani; Adawiyah Nasution; Dani Sintara; Mahzaniar Mahzaniar; Abdul Halim
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.2911

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang di lakukan secara interdisipliner, lintas sektoral dan komprehensif.  Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMN Al Washliyah bertepatan dengan masih adanya pandemi Covid-19 maka mengharuskan adanya Social Distance yang berdampak pada upaya yang harus dilakukan dengan melakukan refocusing model KKN yang akan dijalankan. Salah satu perubahannya adalah KKN yang biasanya dilakukan dengan jumlah 20 orang dalam satu kelompok, maka pada KKN saat ini dilakukan dengan secara mandiri (individu), dan kelompok terbatas dengan jumlah maksimal 5 orang dalam satu kelompok. KKN yang biasanya dilakukan di lokasi yang ditentukan oleh LP2KLK maka saat ini ditentukan sendiri mahasiswa berdasarkan lokasi domisili (kampung halaman) atau dapat memilih lokasi diluar domisili dengan alasan tertentu misal tidak ada mobilisasi atau pergerakan lokasi yang keluar dari kaidah protokoler di masa Pandemi Covid-19.
Pengaruh Pemberian Informasi Dan Transaksi Elektronik Terhadap Pengetahuan Masyarakat Langkat Syahrul Bakti Harahap; Bonanda Japatani Siregar; Syarifah Syarifah
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.2912

Abstract

Pendidikan tentang kesadaran hukum hendaknya diberikan secara formal di sekolah maupun non formal di luar sekolah bagi masyarakat luas. Harus ditanamkan kepada masyarakat bagaimana menjadi warganegara yang sadar akan hukum, sehingga masyarakat mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia yang baik.Seiring dengan perkembangan tehnologi komunikasi sering masarakat terjerat dengan hukum akibat ketidak tauan tentang undang-undang no. 16 tahun 2019 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Ara Condong  Kecamatan Stabat, Kaupaten langkat. Mitra pada kegiatan ini adalah masyarakat sekitar yang berpartipasi mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen / staf pengajar serta melibatkan mahasiswa/i Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Pelaksanaan kegiatan ini berupa sosialisasi, penyuluhan dengan memberikan pengetahuan tentang hukum, perundang-undangan, sanksi hukum dan penerapannya serta melakukan diskusi interaktif dan juga konsultasi hukum, yang nantinya dapat membuka pemahaman masyarakat akan sadar hukum.
Sosialisasi Bahaya Narkoba Di Desa Tebing Tinggi Agus Anjar; Panggih Nur Adi; Toni Toni; Rohana Rohana; Junita Junita; Suci Wulandari; Ahmad Arif; Nur Fitriani
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3530

Abstract

Keterpanggilan kami sebagai pengabdi karena melihat kondisi wilayah yang kami jadikan sasaran untuk mengadakan sosialisasi bahaya narkoba berada dalam keadaan terancam dari pengaruh penyalahgunaan narkoba. Dari gejala yang kami tangkap dari informasi yang terdekat dan terpercaya bagi kami untuk lebih cepat mengadakan sosialisasi bagaimana dahsyatnya tingkat kerusakan bagi masa depan generasi muda yang ada di Desa Tebing Tinggi tersebut. Sehingga penyuluhan atau sosialisasi bahaya narkoba harus digalakkan mengingat kasus narkoba yang meningkat terutama generasi muda yang rentan untuk mencoba obat – obatan terlarang. Keterpanggilan kami sebagai pengabdi karena melihat kondisi Di Desa Tebing Tinggi yang kami jadikan sasaran untuk mengadakan sosialisasi bahaya narkoba berada dalam keadaan terancam dari pengaruh penyalahgunaan narkoba.
Pemanfaatan Sumber Alam Lidi Kelapa Sawit Guna Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Bagan Sinembah Toni Toni; Agus Anjar; Panggih Nur Adi; Ade Rahmad; Marlina Nasution; Citra Setiani
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3531

Abstract

Bagan Sinembah berada di Kabupaten Rokan Hilir, Di Desa Bagan Sinemah memiliki jumlah penduduk relative banyak sekitar 141.794 jiwa. Sebagian besar masyarakat Desa Bagan Sinembah memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dengan bertumpu pada sector perkebunan kelapa sawit. Luasnya perkebunan kelapa sawit masyarakat berbanding lurus dengan banyaknya limbah yang dihasilkan salah satunya pelepah kelapa sawit. Limbah ini sama sekali belum termanfaatkan oleh masyarakat sehingga membakar limbah menjadi satu-satunya cara dalam menanggulanginya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) melalui pelatihan pemanfaatan limbah kelapa sawit (pelepah dan lidi) menjadi produk yang bernilai ekonomis guna meningkatkan ekonomi yang lebih maju di Desa Bagan Sinembah. Mekanisme pelaksanaan kegiatan tersebut dengan cara melakukan pendampingan kepada masyarakat secara berkala dan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan-pelatihan untuk memaksimalkan potensi yang ada di Desa Bagan Sinembah. Pelatihan tersebut juga diharapkan berdampak terhadap perubahan pendapatan peserta dan peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Bagan Sinembah. Pencapaian hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bagan Sinembah adalah keterampilan masyarakat Desa Bagan Sinembah yang pada awalnya tidak mengetahui cara membuat kerajinan tangan dari anyaman lidi kelapa sawit. Namun setelah program ini dilaksanakan oleh masyarakat Desa Bagan Sinembah mampu membuat anyaman lidi sawit dengan berbagai macam bentuk seperti piring, mangkok, tempat buah, membuat sapu lidi dan lain sebagainya. Pembentukan program kerajinan anyaman lidi sawit yang akan berfungsi sebagai wadah pengembangan produksi dan pemasaran anyaman lidi sawit di Desa Bagan Sinembah.
Sosialisasi Pentingnya Adiministrasi Penduduk di Desa Bandar Kumbul Muhammad Khoirul Ritonga; Toni Toni; Agus Anjar; Panggih Nur Adi; Cindy Dwi Ritonga; Muhammad Al-Qori; Dwi Yuliana
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3532

Abstract

Kegiatan Sosialisasi tentang Pentingnya Administrasi Penduduk ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Labuhanbatu dibantu oleh perangkat Desa. Target pengabdian kepada masyarakat ini yaitu kelompok masyarakat di Desa Bandar Kumbul.Permasalahan yang dihadapi Pemerintah Desa Bandar Kumbul yaitu kurangnya pengetahuan warga akan pentingnya memiliki dokumen-dokumen kependudukan, kurangnya informasi tentang bagaimana cara pengurusan kepemilikan dokumen-dokumen kependudukan, dan adanya informasi yang salah bahwa mengurus dokumen-dokumen kependudukan itu mahal dan sulit. Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini adalah agar masyarakat memahami dan menyadari akan pentingnya kepemilikan dokumen-dokumen kependudukan bagi warga negara.
Sosialisasi Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Desa Marbau Selatan Rohana Rohana; Junita Junita; Siti Zahara Saragih; Panggih Nur Adi; Puji Rahayu; Anwar Fransisco; Putri Permadini Rasti
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3529

Abstract

Mengenal  Pancasila  sejak  dini sangat  penting  untuk  dilakukan  agar  rasa  cinta akan   tanah   air   dapat   ditanamkan   sedari   dini. Sosialisasi Menanamkan Nilai-nilai Pancasila Di Desa Marbau Selatan ini di laksanakan karena  di  latar  belakangi  oleh  banyaknya  anak-anak, remaja, orang tua serta masyarakat  yang  belum  mengerti  tentang nilai-nilai pancasila.  Kegiatan  ini  bertempat di desa Marbau Selatan Kegiatan sosialisasi ini tujuannya agar masyarakat desa Marbau Selatan dapat menerapkan dan menanamkan  nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mengingat   Pancasila   adalah   Dasar   Negara   Indonesia.   Negara   Indonesia   sendiri merupakan  Negara  yang  bersifat  multikultural,  hal  ini  terbukti  dengan  banyaknya  ragam suku, ras, agama, serta aneka budaya yang ada di dalamnya. Banyaknya ragam budaya ini tercermin  dalam  semboyan  Pancasila  yakni  Bhineka  Tunggal  Ika  yang  artinya  berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Pancasila sebagai dasar Negara harus mampu menjadi jiwa bagi setiap  perilaku  pribadi-pribadi bangsa.  Dengan  menanamkan  nilai -nilai  Pancasila  sejak dini, Bangsa Indonesia akan lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi permasalahan. Oleh karena itu perlu diwujudkannya Pancasila dalam hidup bermasyarakat untuk menunjukkan identitas bangsa yang lebih bermartabat dan berbudaya tinggi. Hal inilah yang diharapkan dapat diterapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menanamkan nilai-nilai Pancasila sangat tepat apabila diberikan kepada anak-anak, remaja, orang tua serta masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan bimbingan kepada masyarakat dan pembelajaran tentang Pancasila dengan metode dialog,Subjek penelitian merupakan pihak-pihak yang menajadi sasaran penelitian atau sumber yang dapat memberikan informasi yang dipilih secara purposif bertalian dengan tujuan tertentu. Agar memperoleh infomasi yang valid dan kompeten maka sampel penelitian adalah sebagai berikut : Pemerintah (desa), Masyarakat setempat, Akademisi. Dari hasil penelitian diketahui dalam menanamkan nilai-nilai pancasila masih belum banyak dukungan dari masyarakat serta kesadaran akan perilaku yang mencerminkan nilai pancasila sebagai penguatan karakter bangsa. Hal ini perlu adanya dukungan dan dorongan dari berbagai pihak yang berwenang.
Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan III Program MBKM Sekolah Dasar Negeri 25 Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu Sekolah Dasar Negeri 08 Guntung Tanjung Tiram Kabupaten Batubara Ibnu Rasyid Munthe; Marnis Nasution; Bhakti Helvi Rambe; Syaiful Zuhri Harahap; Fitri Aini Nasution; Deci Irmayani
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3162

Abstract

Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja, yang berupaya memperkuat kemampuan lulusan soft skill dan hard skill. Mahasiswa bertanggung jawab untuk membantu adaptasi teknologi, mendukung kegiatan kelas, dan membantu administrasi di sekolah tempat mereka ditugaskan. Kampus pengajaran yang terletak di zona 3T ini hanya untuk sekolah dasar (SD) dengan minimal akreditasi C (terdepan, terluar, dan tertinggal). Kemendikbud memilih akademisi dan mahasiswa untuk proyek pengabdian kepada masyarakat ini. Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metodologi observasi dan berlangsung dari 1 Februari hingga 31 Juli 2022. Tujuan dari deskriptif kualitatif adalah untuk menangkap sedetail mungkin tentang suatu keadaan untuk menghasilkan gambaran lengkap tentanSSg situasi tersebut. Saat mengumpulkan data, pendekatan ini digunakan untuk menjelaskan dan memahami pentingnya data. Pendekatan observasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan mengevaluasi tempat secara cermat dan langsung dalam rangka menentukan keadaan di lokasi atau untuk menunjukkan keabsahan rencana studi yang sedang dilakukan. Sebelum menganalisis suatu fenomena, kegiatan pengamatan dilakukan pada item untuk memproses apa yang diamati. Dalam layanan ini, kami adalah Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan membawa mahasiswa ke kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Batubara untuk melaksanakan program bantuan pengajaran bagi mahasiswa dan memberikan pendampingan terhadap proses kegiatan MBKM dalam program pendampingan pengajaran generasi ke-III. Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara dan kecamatan pangkatan Kabuaten Labuhanbatu dan mahasiswa melaksanakan program tersebut. Pada bagian ini, Dosen Pendamping lapangan memberikan bantuan untuk membantu mahasiswa dengan laporan awal dan program di kampus, mengajarkan mereka cara melakukan observasi. mahasiswa mendapatkan buku catatan setiap hari. Selama proses bantuan pengajaran, siswa dan guru menuliskan semua kegiatan setiap hari. Guru juga menulis tanggapan terhadap jawaban mahasiswa setiap minggu. Selama setiap akhir pekan penugasan, mentor berbagi sesi sekali selama dua minggu. Mahasiswa yang memiliki masalah ditindaklanjuti oleh administrasi. Sekolah tempat dia bertugas melaksanakan program pengajaran Program ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kegiatan kemahasiswaan pada program pengajaran kampus angkatan ke-3 di sekolah adalah melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih berpusat pada peningkatan numerasi dan literasi siswa, adaptasi teknologi pembelajaran, serta pendampingan guru dan administrasi sekolah Hasil dari rangkaian kegiatan program kampus mengajar angkatan III adalah kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mudah dan penuh semangat oleh sekolah. Program kegiatan terdiri dari pelaksanaan proses belajar mengajar, mengadaptasi teknologi pembelajaran, dan memantau persiapan sumber belajar instruktur. Program ini diproyeksikan akan memberikan dampak yang baik bagi siswa dan guru dalam rangka meningkatkan pembelajaran sekolah dasar.
Pendampingan Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Di SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Lily Rohanita Hasibuan; Eva Julyanti; Sakinah Ubudiyah Siregar; Indah Fitria Rahma; Christine Widya Putri Silitonga; Rukiah Rukiah
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3883

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan mulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi (PT).Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang signifikan  pendekatan pembelajaran matematika realistic (PMR) pada kemampuan berfikir kreatif siswa kela VIII SMP Negeri 1 Bagan Sinembah  pada sub materi kubus, mengetahui peningkatan yang signifikan pembelajaran ekspositori pada kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP negeri 1 bagan sinembah pada sub materi kubus, untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa yang dibelajarkan antara pendekatan matematika realistic dengan pendekatan ekspositori. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa: dengan  melihat rata-rata nilai yang dicapai siswa adalah 72,41. Dimana nilai tertinggi adalah 95.Siswa yang masih berada dibawah KKM hanya ada 8 siswa dari 22 siswa. Hal ini jelas lebih baik dibandingkan sebelum diberi perlakuan, dengan  melihat rata-rata nilai yang dicapai siswa hanya sekitar 60,41. Dimana nilai tertinggi adalah 85. Siswa yang berada dibawah KKM  ada sebanyak 19 siswa dari 11 siswa. Hal ini jelas bahwa pembelajaran ekspositori kurang meningkat pada proses pembelajaran berpikir kreatif, pendekatan pembelajaran matematika realistik meningkat lebih baik pada kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.
Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Handbook Materi Lingkaran Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Indah Fitria Rahma; Eva Julyanti; Sakinah Ubudiyah Siregar; Lily Rohanita Hasibuan; Dede Apriani; Uswatun Hasanah; Sisca Afsari
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3884

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMA Negeri 1 Rantau Utara. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan bentuk kegiata pelatihan. Sasaran PkM ini adalah guru matematika dan dilanjutkan dengan penerapan pada sampel berjumlah 45 orang siswa. Sampel penerapan Pengabdian kepada Masyarakat ini terdiri dari dua kelas yakni kelas yaitu VIII A sebagai ekperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas eksperimen VIII B yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data pada Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMA Negeri 1 Rantau Utara Adapun pengaruh penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual terhadap minat belajar sebesar 27,1 %, sedangkan terhadap hasil belajar sebesar 19%.
Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA Negeri 2 Rantau Utara Sakinah Ubudiyah Siregar; Indah Fitria Rahma; Lily Rohanita Hasibuan; Eva Julyanti; Bela Apriani; Budi Irawan
JURNAL PKM IKA BINA EN PABOLO Vol 2, No 2: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT | JULI 2022
Publisher : IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3886

Abstract

Problem Based Learning adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dilakukan secara ilmiah. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan model Problem Based Learning didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan menggunakan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi prisma di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utara tahun 2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada data post test diperoleh t hitung> t tabel  yaitu 2,986 >2,0054. Dengan rincian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi prisma di Kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utarayaitu cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test diperoleh 74,178 dengan variansi 98,82 dan standar deviasi9,839. siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Setelah melakukan uji coba dengan menggunakan Problem Based Learning maka dihasilkan Ada pengaruh signifikan Model pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 13