cover
Contact Name
Nurul Aswar
Contact Email
nurulaswar@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282292123465
Journal Mail Official
jurnalkonsepsi@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Balandai, Kota Palopo Sulawesi Selatan, 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konsepsi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014059     EISSN : 27985121     DOI : -
Core Subject : Education,
URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)" : 6 Documents clear
Peningkatan Nilai Ulangan Terhadap Pemberian Reward dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Aco Karumpa; Hanana Muliana
Jurnal Konsepsi Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen (Experimental Research) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian atau penerapan reward terhadap nilai ulangan semester siswa kelas VII D MTs Negeri 2 Maros. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 kali tes atau ulangan. Tes awal dilakukan di kelas VII C dan kelas VII D tanpa dijanji reward, sedangkan tes akhir dilakukan dengan cara salah satu kelas yang mendapat nilai ketuntasan terendah akan diterapkan atau diberi perlakuan reward. Tes awal disebut dengan eksperimen I (pre-test) dan tes akhir disebut eksperimen II (post-test). Subjek penelitian ini adalah kelas VII C (32 siswa) dan VII D (29 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan program Excel Worksheet. Hasil analisis data pre-tes dan post-tes menunjukkan bahwa pemberian reward berpengaruh positif terhadap nilai ulangan semester siswa MTs Negeri 2 Maros. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian nilai ketuntasan kelas kontrol (VII C), pada eksperimen I dan II tidak terlalu jauh berbeda, yakni dari 9 siswa (28.1%) menjadi 10 siswa (31.25%), sedangkan pencapaian nilai ketuntasan kelas eksperimen (VII D), pada eksperimen I dan II terjadi perubahan yang sangat signifikan dan positif yakni dari 7 siswa (24.1%) yang tuntas meningkat menjadi 15 siswa (51.7%). Berdasarkan hasil eksperimen tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian reward pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai ulangan semester siswa kelas VII D MTs Negeri 2 Maros
Sarkasme Dikalangan Komika Dark Jokes pada Program Channel Youtube Deddy Corbuzier Diah Ayu Mediasha
Jurnal Konsepsi Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini masalah utamanya yaitu bentuk dan makna gaya bahasa sarkasme pada program channel youtube Deddy Corbuzier. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa sarkasme dikalangan Dark Jokes pada program Channel Youtube Deddy Corbuzier. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Subjek utama pada penelitian ini yaitu gaya bahasa sarkasme dalam program channel youtube Deddy Corbuzier. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik simak dan catat. Peneliti terlebih dahulu mengamati dan menyimak beberapa video yang dibawakan oleh komika pada program channel youtube milik Deddy Corbuzier. Dalam hasil analisis data dan bahasa, ada 15 kutipan yang telah ditemukan oleh peneliti. Yang termasuk ke dalam bentuk-bentuk gaya bahasa sarkasme tersebut antara lain: suruh sumpah pocong dulu, anda mau korupsi ya?, menteri yang masuk sini pasti baik terus, nggak!, Berarti dia jelek, Kuping udah tertutup otot, bukan tulang punggung, DPR cacat, anjing, Bangsat, goblok, gak punya akhlak, berak binatang, tai, pencitraan dan penangkapan, menuduh masuk mualaf karena adsense, sirik dan anjing. Penggunaan 15 kutipan yang termasuk dalam bentuk gaya bahasa sarkasme dalam program channel youtube Deddy Corbuzier bermakna hinaan, makian, cacian hingga kasar
Pengaruh Bahasa Daerah terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Kalangan Mahasiswa Anita Candra Dewi
Jurnal Konsepsi Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine Description of the vernacular and its influence on student communication patterns. This type of research is quantitative research with regression techniques using tool questionnaires. The research data is sourced from PTP students and the Agricultural Technology Education Study Program. The total sample of 13 people using descriptive Inferential statistical and statistical data analysis techniques. The results showed that local language had a significant effect on student communication patterns.
Analysis of Character Education in The Sansho Dayu Movie Muhammad Hauzan A.; Ulfah Sutiyarti
Jurnal Konsepsi Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Sansho Dayu movie was a movie from the 1940’s bringing the jidai-geki theme which involves old feudal Japan. The story behind the movie itself came from a self-titled children’s fairytale that has been around since the 14th or 15th century, that was later adapted into a movie director’s work of Kenzo Mizoguchi. Despite its realist approach to the movie in which Mizoguchi even consulted a historian amongst his script writers and incorporating the land lordship and culture of the Japanese Heian era, Mizoguchi’s take on the film did not forget the story’s moral based of the source material. Qualitative is used in this research. In data analysis, researchs used constructivism theory. Research results shows that the Sansho Dayu movie contains character education, which is but not limited to altruism, mutual cooperation, empathizing, cooperative, and determinative.
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Pembelajaran Quantum Teaching Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Nursyamsi Amin
Jurnal Konsepsi Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahuai peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa kelas VIII.4 MTsS Manongkoki, Kecamatan palombangkeng, Kabupaten takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model penelitian dalam penelitian tindakan kelas meliputi penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan, refleksi dan merancang tindakan selanjutnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara. Teknik yang digunakan peneliti mendapat data melalui pengamatan (observasi), soal dalam bentuk tes dan dokumentasi. instrumen data yang digunakan berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Jenis tes yang dikembangkan menggunakan soal tes buatan guru. Analisis data dalam penelitian tindakan direpresentasikan dengan momen refleksi dalam satu putaran tindakan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan perlakuan sebesar 6,2. Nilai ini mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 7,5 dan 8 pada siklus III. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 7 > ttabel 1,78. Dapat mengartikan metode pembelajaran Quantum Teaching berhasil meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIII.4 MTsS Manongkoki Kecamatan Palombangkeng Kabupaten Takalar.
Analisis Multi-Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Firmansyah Firmansyah; Kiki Aulia Rahma
Jurnal Konsepsi Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses the multi-role analysis of the principal in improving the pedagogical competence of teachers in the Palopo Three State Vocational High School, with the aim of this study to determine the multi-role of the Principall in improving the Pedagogic Competence of teachers in the Three Palopo State Vocational High Schools and untuk know the pedagogical competence of teachers at the State Vocational High School of the three Palopo. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. The data collection techniques used are observation techniques, interviews, and documentation studies. The subjects of this study consisted of the Principal, and the Teachers' Council. The results of this study show that 1). The role of the school principal in increasing the pedagogical competence of teachers at SMK Negeri 3 Palopo is very good as a leader, manager, educator, supervisor and administrator. The most dominant role of the principal in improving pedagogical teachers at SMK Negeri 3 Palopo is the role of the principal as a motivator. 2). The competence of pedagogic teachers at SMK Negeri 3 Palopo can be described through several aspects, namely the introduction of student characteristics, the application of learning principles, providing support to students, as well as ways, attitudes and strategies of school principals in increasing teacher competence in developing pedagogical teachers.

Page 1 of 1 | Total Record : 6