cover
Contact Name
Nurul Aswar
Contact Email
nurulaswar@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282292123465
Journal Mail Official
jurnalkonsepsi@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Balandai, Kota Palopo Sulawesi Selatan, 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konsepsi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014059     EISSN : 27985121     DOI : -
Core Subject : Education,
URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)" : 8 Documents clear
Penggunaan Bahasa Prokem: Kajian Sosiolinguistik Kiki Kiki; Agus M.; Hanana Muliana
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan Istilah Bahasa Prokem pada Masyarakat Desa Pa’Bentengang Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, Jurusan Pendidikan Bahsa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, dibimbing, oleh M. Agus dan Hanana Muliana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kosakata bahasa prokem yang terdapat dikalangan Desa Pa’bentengang Kecamatan Marusu Kabupaten Maros,berdasarkan perubahan struktur fonologis kosa kata bahasa prokem, proses pembentukan secara akronim kosa kata bahasa prokem,jenis makna kosakata bahasa prokem,kosakata bahasa prokem yang tidak melalui perubahan struktur fonologis dan proses akronim. Subjek penelitian ini yautu bahasa prokem yang digunakan pada Masyarakat Desa Pa’bentengang Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Objek penelitian yaitu wujud kosa kata dalam Bahasa Prokem pada Masyarakat Desa pa’bentengang Kecamatan Marusu Kabupaten Maros yang meliputi perubahan struktur fonologis kosa kata bahasa prokem, proses pembentukan secara akronim kosa kata bahasa prokem, jenis makna kosakata bahasa prokem,kosakata bahasa prokem yang tidak melalui perubahan struktur fonologis dan proses akronim. Data dikumpulkan dengan observasi ke lapangan dengan cara merekam dan dokumentasi. Pertama, perubahan struktur fonologis varian Bahasa Indonesia adalah a) penambahan vokal, b) penggantian vokal dan konsonan, c) pemindahan vokal suku kata pertama dan terakhir, proses pembentukan secara akronim kosa kata bahasa prokem, jenis makna kosakata bahasa prokem,kosakata bahasa prokem yang tidak melalui perubahan struktur fonologis dan proses akronim.
Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Risky Nuramelyah; Andi Sukri Syamsuri; Syekh Adiwijaya Latief
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan penggunaan media audio visual film animasi terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode uasy eksperimen dengan desain Nonequivalent control design yang dilaksanakan 7 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, observasi, pelaksanaan tindakan, dan test. Subjek penelitian ini adalah murid kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebuh besar daripada nilai rata-rata posttest kelompok kontrol (84>76,66). Kemudian nilai thitung lebih besar dari ttabel ((2,705>2,048), dengan nilai signifikan sebesar 0,017 lebih kecil daripada signifikasi 0,05 (0,017<0,05) dengan hasil hipotesis H0 = ditolak Ha = diterima. Bersdasarkan hasil penelitia tersebut diatas, dapat disumpulkan bahwa media audio visual film animasi berpengaruh terhadap keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SD Negeri Romanglasa Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa
Pengaruh Tipe Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Rahma Maulida; Jumiati Nur; M. Syukur Hag
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Gugus 2 Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Gugus 2 Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian ex poxt pacto. Prosedur penelitian ini menggunakan metode survey secara langsung yaitu dengan memberikan kuesioner secara langsung kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi = 0.309, artinya variabel tipe kepemimpinan demokratis mempengaruhi variabel kinerja guru sebesar 30.9%, sisanya sebesar 69.1% dipengaruhi variabel lain yang tidak masukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t pengaruh tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru diperoleh thitung 3.797 > ttabel 1.699 dan nilai signifikan = 0.001 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tipe kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Gugus 2 Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.
Keefektifan Model Pembelajaran Think, Pair, and Share dalam Menyimpulkan Isi Puisi Siswa Sekolah Menengah Atas Rosdiana Rosdiana; Fathana Muchtar
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi puisi siswa kelas X SMA Nasional Makassar dengan model Think, Pair and Sharer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu pre-test, treatment dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA II SMA Nasional Makassar yang berjumlah 64 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data di atas meliputi angket, teknik tes, dan pengamatan. Teknik analisis datanya, yakni menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan puisi pada siswa kelas X SMA Nasional Makassar. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada tahap pretest berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 67,4 % dan pada tahap posttest berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 71,7 %. (3) Hasil analisis menunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penggunaan model pembelajaran think, pair and share pada kemampuan menyimpulkan isi puisi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Think, Pair and Share memberikn pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Nasional Makassar khususnya pada kemampuan menyimpulkan isi puisi. Dengan demikian model pembelajaran ini layak digunakan oleh guru untuk meningkatakan hasil belajar siswa.
Korelasi Antara Kemampuan Menyimak dan Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Muhammad Akbar Hamid
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi antara Keterampilan Menyimak dengan Keterampilan Berbicara Terhadap Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII A SMPN 5 Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berbicara dalam bentuk tes lisan, sedangkan untuk keterampilan menyimak digunakan teknik non tes dalam bentuk angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi atas dua yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menyatakan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan kemampuan menyimak terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas VIII SMPN 5 Barru yang telah teruji kebenarannya. Keduanya berjalan seiring, artinya kemampuan menyimak siswa yang tinggi, diikuti dengan kemampuan berbicaranya yang baik
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Sulfiana Sulfiana; Sulfasyah Sulfasyah; Anin Asnidar
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) pada siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Kecamatan Tallo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) pada siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Kecamatan Tallo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 1 A UPT SPF SD Negeri Kalukuang II kecamatan Tallo sebanyak 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I belum tuntas secara individual dari 32 siswa hanya 21 siswa tuntas dengan nilai dengan nilai rata-rata 60,22 belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah namun siklus I ini belum memenuhi kriteria ketuntasan sedangkan secara ketuntasan klasikal yang harus dicapai 80%. Pada siklus II dari 32 siswa ada 30 siswa tuntas telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu rata-rata nilai yang diperoleh 94,97 berada pada kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II kecamatan Tallo mengalami peningkatan
Penerapan Metode Field Trip Terhadap Penguasaan Penyusunan Jumlah Ismiyah di Kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo Mawardi Mawardi; Mubassyirah Bakri; Miftahul Jannah
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang penerapan metode field trip terhadap penguasaan penyusunan jumlah ismiyah di kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penelitian ini dilakansakan dalam dua siklus, yaitu menggunakan instrumen wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pembelajaran sebelum diterapkan metode field trip, siswa masih kurang memahami pembelajaran penyusunan jumlah ismiyah, sebelum menerapkan metode field trip peneliti terlebuh dahulu mengukur kemampuan penyusunan jumlah ismiyah siswa kelas VIII MTs Opu daeng Risaju Palopo dengan mengadakan post test dan hasilnya yaitu 59%. Setelah penerapan metode Field trip, penguasaan penyusunan jumlah ismiyah peserta didik meningkat, hal ini dikarenakan adanya perbaikan disetiap siklus, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik sebesar 79% dan meningkat menjadi 87% pada siklus 2. Hasil penilaian dari metode field trip menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai yang diperoleh siswa yaitu 59%, dan pada siklus I sebesar 79%, dan meningkat menjadi 87% pada siklus II ini termasuk kategori baik, nilai tersebut diperoleh dengan melakukan post tes dan pre tes pada setiap siklusnya, tes yang digunakan berbentuk tes essai. Dan digunakan juga teknik observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya.
Transformasi Budaya Literasi di SMA Muhammadiyah Palopo: Pendekatan dan Strategi Manajemen yang Efektif Firmansyah Firmansyah; Muhammad Bintoro
Jurnal Konsepsi Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen strategi dalam pengembangan budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo dan untuk mengetahui proses manajemen strategi dalam pengembangan budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah Palopo dan waktu pelaksanaan penelitian tahun ajaran 2023. Subjek penelitian yaitu: kepala sekolah, guru, pustakawan, dan siswa. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen atau foto. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo yaitu telah diadakannya gerakan literasi sekolah mengikuti permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti: (a) Literasi Membaca Ayat Suci Al-Quran; (b) Literasi Baca Tulis; dan (c) Literasi Informasi. (2) Proses manajemen strategi ini terdiri dari langkah-langkah yang harus dilalui untuk mencapai tujuan yang diharapkan: (a) Formulasi Strategi, kepala sekolah mengarahkan tenaga pendidik dalam melaksanakan GLS dengan mewajibkan setiap guru harus mengadakan literasi terlebih dahulu selama 5 menit; (b) Implementasi Strategi, sesuai dengan arahan kepala sekolah maka telah diterapkan GLS dan juga terdapat kolaborasi antara tenaga pendidik dan staf perpustakaan, dimana bagian perpustakaan menyediakan media pembelajaran; dan (c) Evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir semester dan perubahan yang terjadi yaitu para peserta didik yang dari awalnya kurang mampu menjadi mampu membaca Al-Quran dan semakin disiplin dalam hal proses pembelajaran, serta meningkatnya minat baca.

Page 1 of 1 | Total Record : 8