cover
Contact Name
Jhon Hardy Purba
Contact Email
daiwiwidya1@gmail.com
Phone
+6287762695157
Journal Mail Official
daiwiwidya1@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/about/editorialTeam
Location
Kab. buleleng,
Bali
INDONESIA
Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP Unipas
ISSN : 2406730X     EISSN : 26227169     DOI : https://doi.org/10.37637
Core Subject : Education,
"Daiwi Widya" is a journal of education that is managed by the Faculty of Teacher Training and Education, University of Panji Sakti. It aims at accomodating the results of studies or researches or reviews in the field of education. Daiwi Widya publishes research results that review educational processes in terms of educational methods, educational models, case studies particularly educational studies and classroom action research. The incoming articles are reviewed by Expert Editors who are accordance with the field of educational scholarship totaling five people. Daiwi Widya is published twice each volume that is June, December and special edition. The purpose of this educational journal is to publish conceptual thoughts or ideas and research results obtained in the field of education. The major focus of this journal is in the development of science particularly in the field of education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI PRINSIP WHAT, WHY, WHAT FOR, AND HOW UNTUK PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA Ni Luh Ertini
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.679 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 3 Jungutbatu pada semester I tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi PKN siswa setelah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning yang penerapannya berpedoman pada prinsip what, why, what for and how dilakukan dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar dengan metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif karena data yang diperoleh masih berbentuk angka. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hal ini nampak dari perolehan prestasi belajar siswa. Dari data awal prestasi belajar siswa baru mencapai 71,71, dengan persentase ketuntasan belajar baru mencapai 28,57%. Kemudian pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 75,29, dengan persentase ketuntasan sebesar 71,43%. Dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 79, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Setelah dilakukan analisis dari data yang ada maka diperoleh kesimpulan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning jika dilaksanakan dengan penerapan prinsip what, why, what for, and how sebagai acuan dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa.
OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS I Nyoman Mara
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.599 KB)

Abstract

Kelemahan-kelemahan pelaksanaan proses pembelajaran harus diupayakan lewat melakukan sebuah penelitian tindakan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan di kelas VIII/B di SMP Negeri 2 Nusa Penida Pada semester II tahun pelajaran 2016/2017 bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sekaligus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Upaya yang dilakukan ini, tidak main-main karena dilakukan dengan membaca teori-teori yang disampaikan para ahli pendiikan untukd iterapkan secara benar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Cara mengumpulkan datanya dilakukan melalui tes dan cara analisisnya adalah menggunakan analisis deskriptif. Terjadi hal yang menggembirakan bahwa setelah semua data dianalisis terjadi peningkatan kemampuan siswa menerpa ilmu pengetahuan. Data awalnya baru mencapai nilai 54, pada siklus I naik menjadi 73 dan pada siklus II naik menjadi 77. Ketuntasan belajar mereka sudah tercapai 88%. Data pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan telah tercapai bahkan telah melebihi indikator keberhasilan penelitian penelitian yang diusulkan. Dengan demikian penulis berkesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Solving yang diterapkan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar.
PENGUJIAN VALIDITAS BUTIR KUESIONER KREATIVITAS SISWA SECARA UNIDIMENSI DAN MULTIDIMENSI I Gusti Ngurah Puger; Kadek Yati Fitria Dewi
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.865 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan kuesioner kreativitas siswa yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai instrumen penelitian, jika dikaji dari validitas butirnya secara unidimensi dan multidimensi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kalibrasi instrumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt, sedangkan sampelnya berupa respon 100 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt setelah diberikan kuesioner kreativitas siswa yang dipilih secara purposive sampling. Kuesioner kreativitas siswa yang digunakan sudah memiliki kelayakan untuk digunakan lebih lanjut, dikaji dari koefisien content validity ratio (CVR), content validity index (CVI), dan koefisien reliabilitas (r”) respon antar-rater-nya. Untuk menguji validitas butir kuesioner kreativitas siswa secara unidimensi dan multidimensi digunakan formula korelasi product moment terkoreksi oleh efek spurious overlap. Dari hasil analisis data diperoleh temuan sebagai berikut. (1) Pada pengujian validitas butir kuesioner kreativitas siswa secara unidimensi dengan formula korelasi product moment yang terkoreksi oleh efek spurious overlap, terdapat 37 butir yang layak digunakan sebagai penyusun kuesioner (yakni butir nomor: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18, 19, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31, 33, 34, 36, 37, 38, 39, 40, dan 42), dan 3 butir kuesioner yang termasuk kategori drop, yaitu butir kuesioner nomor: 16, 20, dan 35; dan (2) pada pengujian validitas butir kuesioner kreativitas siswa secara multidimesi setelah dikoreksi oleh efek spurious overlap, terdapat 33 butir yang layak digunakan sebagai penyusun kuesioner (yakni butir nomor: 2, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 25, 26, 27, 28, 29, 31, 34, 36, 38, 39, 40, dan 42), dan terdapat 7 butir kuesioner yang berkategori drop, yakni butir nomor: 1, 3, 24, 30, 33, 35, dan 37. Dari hasil analisis data diperoleh temuan sebagai berikut. (1) Pada pengujian validitas butir kuesioner kreativitas siswa secara unidimensi dengan formula korelasi product moment yang terkoreksi oleh efek spurious overlap, terdapat 37 butir yang layak digunakan sebagai penyusun kuesioner (yakni butir nomor: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18, 19, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31, 33, 34, 36, 37, 38, 39, 40, dan 42), dan 3 butir kuesioner yang termasuk kategori drop, yaitu butir kuesioner nomor: 16, 20, dan 35; dan (2) pada pengujian validitas butir kuesioner kreativitas siswa secara multidimesi setelah dikoreksi oleh efek spurious overlap, terdapat 33 butir yang layak digunakan sebagai penyusun kuesioner (yakni butir nomor: 2, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 25, 26, 27, 28, 29, 31, 34, 36, 38, 39, 40, dan 42), dan terdapat 7 butir kuesioner yang berkategori drop, yakni butir nomor: 1, 3, 24, 30, 33, 35, dan 37.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SISWA KELAS VIII.D SMP NEGERI 4 NUSA PENIDA I Made Gede Sudarma
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.722 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan penerapan model pembelajaran CIRC, (2) meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Inggris dengan penerapan model pembelajaran CIRC, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan CIRC. Penelitian ini dilakukan dua siklus pembelajaran. Penerapan langkah-langkah CIRC setiap proses pembelajaran diamati oleh dua orang observer. Kemampuan membaca dan menulis siklus I tentang teks Recount. Siklus II tentang memahami bacaan dan menulis teks Narrative. Tanggapan siswa diperoleh melalui kuisioner. Penelitian ini dinyatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca dan menulis apabila jumlah siswa mencapai ≥ 60% dari jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti proses pembelajaran hasil tes akhir siklus lebih besar dari tes pra-siklus, nilai rata-rata kelas tes akhir siklus ≥ 70, jumlah nilai kemampuan membaca dan menulis tes akhir siklus minimal dibulatkan sama dengan 70 mencapai ≥ 70% dari keseluruhan siswa, dan tes tanggapan siswa minimal berkategori baik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase peningkatan siklus I sebagai berikut. Peningkatan kemampuan membaca dan menulis dicapai sebesar 86,5%, jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70 adalah 52%, dan rata-rata nilai kelas adalah sebesar 6,4. Persentase peningkatan siklus II sebagai berikut: peningkatan kemampuan membaca dan menulis dicapai peningkatan sebesar 83,1%, jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70 adalah 73%, dan rata-rata nilai kelas adalah sebesar 7,2. Hasil penelitian juga menunjukkan respon positip siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC.
PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DAN FASILITATOR PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 TELUK BINTAN Abdul Gafur
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pendampingan dalam meningkatkan peran guru-guru sebagai motivator dan fasilitator proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru-guru SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada semester I tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 15 orang guru. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, sedangkan metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan peran guru-guru sebagai motivator dan fasilitator proses pembelajaran dari rata-rata awal 62,00 (Cukup), meningkat menjadi 76,87 (Baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 91,33 (Amat Baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pelaksanaan pendampingan dapat meningkatkan peran guru-guru SMA Negeri 1 Teluk Bintan sebagai motivator dan fasilitator dalam proses pembelajaran.
EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELLING DAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF TERHADAP NEED OF DEFERENCE DITINJAU DARI STATUS ANAK DALAM KELUARGA Rofi’ud Darojatin Nisaa
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.812 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan tujuan menganalisis perbedaan efektifitas konseling behavioral teknik modelling dan teknik latihan asertif terhadap need of deference ditinjau dari status anak dalam keluarga. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 60 siswa kelas XI SMA Laboratorium Undiksha yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah anava dua jalur dengan desain 2x2 faktorial dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan need of deference antara siswa yang mengikuti teknik modeling dengan teknik latihan asertif (F=4.800; p<0,05), (2) terdapat perbedaan need of deference antara siswa yang berstatus anak sulung dengan anak bungsu (F=9.961;p<0,05), (3) terdapat pengaruh interaksi antara konseling behavioral dan status anak dalam keluarga terhadap need of deference (F=4.576; p<0,05), (4) terdapat perbedaan need of deference antara siswa dengan status anak sulung dan anak bungsu setelah mengikuti teknik modeling (t=6.735; α<2.048), (5) tidak terdapat perbedaan need of deference antara siswa dengan status anak sulung dan anak bungsu setelah mengikuti teknik latihan asertif (t=0.571 ; α<2.048), (6) terdapat perbedaan need of deference antara siswa dengan status anak sulung yang mengikuti teknik modeling dengan yang mengikuti teknik latihan asertif (t=8.828 ; α<2.048), (7) terdapat perbedaan need of deference antara siswa dengan status anak bungsu yang mengikuti teknik modeling dengan yang mengikuti teknik latihan asertif (t=2.664 ; α<2.048).
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LEMPAR CAKRAM SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 1 BANJARANGKAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018 I Wayan Ardana
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.152 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari s/d Juni 2018, di SMP Negeri 1 Banjarangkan, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX.1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 orang (13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan). Objek penelitian adalah hasil belajar teknik dasar Lempar Cakram dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar Lempar Cakram siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Banjarangkan semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus dalam rancangan penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu : (1) planing/perencanaan, (2) acting/tindakan, (3) observing and evaluating/ observasi dan penilaian, dan (4) reflecting/refleksi yang berulang secara siklus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar yang diolah dengan metode analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus-1 sebagai berikut; ketuntasan klasikal 62,96%. Meningkat pada siklus-2 menjadi 88,89%. ada peningkatan hasil belajar teknik-teknik dasar Lempar Cakram siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Banjarangkan semester II tahun pelajaran 2017/2018 setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Demikian juga jika mengacu kepada indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan klasikal 85%, pembelajaran pada siklus-1 belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian tetapi secara bertahap pembelajaran pada siklus-2 sudah mampu memenuhi indikator keberhasilan penelitian karena mencapai 88,89%.
IMPLEMENTASI METODE CERAMAH INTERAKTIF DAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI 3 BATUNUNGGUL I Dewa Ketut Suarya
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.086 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 3 Batununggul Subyek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 15 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan.8 wanita. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS setelah diterapkan metode ceramah interaktif dan demonstrasi Permasalahan yang nampak pada siswa kelas V SD Negeri 3 Batununggul adalah hasil belajar IPSnya masih rendah, belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode ceramah dan demonstrasi yang benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 52,20, pada siklus I menjadi 61,47 dan pada siklus II menjadi 67,80. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode ceramah dan demonstrasi yang benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI HEWAN DAN TUMBUHAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 BANJARANGKAN PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ayu Putu Suarning
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.904 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian ini berjumlah: 20 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan dan objek penelitian adalah hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan bimbingan kelompok. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi tes hasil belajar. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Penerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan bimbingan kelompok dalam mata pelajaran IPA pada siswa Kelas II Semester 1 di SD Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 69,50 yang berada pada kategori cukup tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,75 dengan kategori tinggi, terjadi peningkatan sebesar 3,25.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BERBANTUAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES PADA SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 2 NUSA PENIDA I Gede Yadnya
Daiwi Widya Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.344 KB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Penjaskes siswa kelas VIII.A sebelum diadakan tindakan membuat peneliti berupaya untuk mengadakan penelitian tindakan kelas. Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan kelas. Tujuan tersebut lebih jelas adalah untuk meningkatkan hasil belajar Penjaskes setelah diterapkan Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning Berbantuan Metode Drill dan Bermain. Penelitian ini mengambil subyek pada semua siswa kelas VIII.A di SMP Negeri 2 Nusa Penida yang belajar pada semester II tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 22 orang. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing siklus tediri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/pengumpulan data diakhiri dengan tahap refleksi. Metode pengumpulan data adalah lewat pemberian tes hasil belajar, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 69,09 dengan ketuntasan belajar 31,82% pada siklus I naik menjadi 73,41 dengan ketuntasan belajar 63,64%, pada siklus II menjadi 77,95 dengan ketuntasan belajar 90,91%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching And Learning menggunakan pendekatan Drill dan bermain dalam pelaksanaan proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII, A di SMP Negeri 2 Nusa Penida.

Page 1 of 1 | Total Record : 10