cover
Contact Name
Flavia Aurelia Hidajat
Contact Email
jurnaljrpmjjakarta@gmail.com
Phone
+6287712981371
Journal Mail Official
jurnaljrpmjjakarta@gmail.com
Editorial Address
Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
ISSN : 26214768     EISSN : 26214768     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, teaching mathematics, development in mathematics instruction, innovations in mathematics learning, and current trends issue in mathematics education research. This journal will be published four-issue per year in March, June, September, and December published by the Universitas Negeri Jakarta Press. Given that the journal prioritizes research reports in mathematics education, viewpoint articles in the same field will be considered for publication. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various countries in the world that have high-quality on all topics related to current trends issue in mathematics education research to publish in this journal. Submitted papers must be written in English dan Bahasa Indonesia for the initial review stage by editors and further review process by international reviewer
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021" : 8 Documents clear
Tahap Preliminary Research Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Transformasi SMA/MA Arifa Rahmi; Armiati Armiati; Hendra Syarifuddin
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.11 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.5695

Abstract

The human life aspect’s is concerned with measure activities that geometry context, such as study of plane, space, size and position. Students’ faced the difficulty in understanding concept and interpreting of direction of a transformed geometry object. To solved this difficulty students’ need mathematics learning media which able to clarify transformation context. The aim of this research to know the characteristics and description of mathematics learning media of based computer on geometry transformation context which is should be preliminary research phase. This research was using Plomp model. This model consist to preliminary research phase. This research found that mathematics learning media of based computer on the geometry transformation context was preliminary research phase.
Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar pada Materi Balok Kelas VIII Hepi Gustia; Hariani Juwita; Jemiyo Siswanto
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.15 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.7839

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan pembelajaran matematika melalui Model Pembelajaran Make A Match Efektif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 165 siswa, sampel yang diambil dalam penelitian ini secara acak (random). Maka terpilihlah kelas VIII4 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa, kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dengan jumlah keseluruhan penelitian ini 67 siswa. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dalam bentuk essay, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu uji hipotesis dengan rumus t (statistik uji t). Setelah diadakan penelitian maka didapat yaitu 70,01 > 64,53 maka Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar
Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Geogebra Juliana Veva Rahmawati
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.693 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.11437

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai peserta didik. Melalui proses representasi yang baik, peserta didik akan mampu untuk menemukan gagasan-gagasan ataupun ide-ide dari suatu permasalahan yang disajikan. Akan tetapi, masih banyak peserta didik yang belum memiliki kemampuan reprsentasi matematis yang baik. Salah satunya dijumpai pada peserta didik XI-TEDK 2 SMKN 26 Jakarta. Hal ini tentunya membuat peserta didik tidak memiliki kepercayaan diri serta keyakinan positif terhadap matematika. Metode Guided Note Taking (GNT) berbantu software GeoGebra dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan. Jenis penelitian ini, merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Terdapat 34 peserta didik yang menjadi subjek penelitian pada XI-TEDK 2. Metode GNT berbantu GeoGebra diakhiri dengan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan representasi matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase kemampuan representasi matematis peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Siklus I memperoleh sebesar 61,76%, meningkat menjadi 79,41% pada siklus II dan 88,23% pada siklus III. Selain itu, terjadi peningkatan, atau minimal tidak terjadi penurunan kemampuan representasi matematis peserta didik pada setiap siklusnya. Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, GNT, GeoGebra.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial Nurul Abidah; Lukman El Hakim; Dwi Antari
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.245 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.15523

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model Problem Based Learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus dan dilakukan kepada 36 siswa dengan memilih 6 siswa yang digunakan sebagai subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh selama proses tindakan pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan penalaran matematis siswa dapat meningkat melalui penerapan model Problem Based Learning. Peningkatan terlihat dari peningkatan setiap Subjek Penelitian (SP), nilai rata-rata tes akhir kemampuan penalaran matematis siswa yang masuk dalam kategori sangat baik, dan jumlah siswa yang telah dapat meraih kategori baik. Nilai rata-rata tes akhir kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-1 SMPN 176 pada siklus 1 adalah 68,17, meningkat pada siklus 2 menjadi 78,59 dan meningkat kembali pada siklus 3 menjadi 84,95 yang telah masuk kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah siswa yang mendapatkan nilai tes akhir siklus melampaui kategori baik mengalami peningkatan. Pencapaian peningkatan jumlah siswa tersebut diraih dengan rata-rata yang telah meraih kategori baik pada siklus 1 yaitu sebanyak 25% siswa dan siklus 2 sebanyak 58% siswa serta kategori sangat baik pada siklus 3 sebanyak 75% siswa.
Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong Nining Yuningsih; Indah Nursuprianah; Budi Manfaat
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.742 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.19517

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui makna filosofis yang terdapat pada rancang bangun rumah adat Lengkong; 2) Mendeskripsikan rancang bangun rumah adat Lengkong yang ditinjau dari aktivitas etnomatematika; 3) Mengetahui konsep geometri yang terdapat pada rancang bangun rumah adat Lengkong; 4) Mengetahui golden ratio yang terdapat pada rumah adat Lengkong. penlitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data yang digunakan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema. Hasil dari penelitian ini adalah makna filosofis yang tekandung pada kontruksi rumah adat Lengkong yang merupakan rumah panggung, makna filosofis dari bentuk atap rumah adat Lengkong yang berbentuk Julang Ngapak dan makna filosofis yang terdapat pada golodog dan tangga rumah adat Lengkong. Aktivitas etnomatematika pada rancang bangun rumah adat Lengkong meliputi aktivitas mengukur, aktivitas menentukan lokasi, dan aktivitas membuat rancang bangun. Konsep geometri yang terdapat pada rancang bangun rumah adat Lengkong yaitu: konsep bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, dan belah ketupat), konsep bangun ruang sisi datar (balok), konsep garis (horizontal, vertikal, dan tegak lurus), konsep sudut (sudut lancip), dan transformasi geometri (dilatasi dan refleksi), serta perhitungan golden ratio pada rumah adat Lengkong yaitu 1,618. Kata-kata kunci: Rumah Adat, Etnomatematika, Julang Ngapak, Filosofis.
An Instructional Design Process for Developing Students Higher Order Thinking Skills in Number Patterns Muiz Ghifari
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.522 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.19988

Abstract

Higher order thinking skills in learning are the application of thinking processes for complex situations and of course have many variables. Every student can think, but most students need encouragement and guidance for higher order thinking processes. The research used a qualitative approach, namely literature review. This study aims to explain the outline of activities planned for designing learning on number pattern class VIII material, the development of learning objectives, expected results, and practice questions that require the use of high order skills. Several efforts must be made to improve students' higher order thinking skills in mathematics, namely: (1) involving students in non-routine problem solving activities; (2) facilitating students to develop their ability to analyze and evaluate (critical thinking) and creative ability (creative thinking); and (3) encourage students to construct their own knowledge, so that learning becomes meaningful for students.
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Nabilla Maharani; Aris Hadiyan; Tri Murdiyanto
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.686 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.20110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasi-experiment. Populasi Penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 14 Bekasi. Sampel yang diteliti sebanyak 72. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan berpikir kritis matematis. Uji coba instrumen dilakukan di SMAN 14 Bekasi. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors, dan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t menghasilkan t_hitung sebesar 5,385 dan t_tabel sebesar 1,66 yang mengakibatkan H0 ditolak pada taraf signifikan 0,05 dengan Effect Size sebesar 1,269 yang tergolong kategori large. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.
Pemanfaatan Software Cabri, GeoGebra, dan SketchUp sebagai Media Visualisasi Konsep Matematika pada Materi Geometri Ruang Devi Eka Wardani Meganingtyas
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.357 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v3i1.20122

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan software Cabri, GeoGebra, dan SketchUp sebagai media visualisasi dalam pembelajaran pada materi geometri ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan sumber kajian berupa jurnal ilmiah yang dipublikasikan dan referensi pada website yang diakses melalui internet. Pembahasan yang dipaparkan yakni mengenai penggunaan software Cabri, GeoGebra, dan SketchUp dalam proses pembelajaran pada materi geometri ruang atau dimensi tiga. Berdasarkan pembahasan yang dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa ketiga software tersebut dinilai mampu untuk membantu memvisualisasikan bangun dimensi tiga sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geometri ruang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 7, Nomor 2, Tahun 2025 Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 7, Nomor 1, Tahun 2025 Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 6, Nomor 2, Tahun 2024 Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 6, Nomor 1, Tahun 2024 Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 2, Tahun 2023 Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023 Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023 Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022 Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022 Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 1, Tahun 2022 Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 1, Tahun 2022 Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 2, Tahun 2021 Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021 Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 2, Nomor 2, Tahun 2020 Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 2, Nomor 1, Tahun 2020 Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018 More Issue