cover
Contact Name
AFDHAL ILAHI
Contact Email
afdhalilahi08@gmail.com
Phone
+6281277708480
Journal Mail Official
afdhalilahi08@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae, Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 2829744x     DOI : https://doi.org/10.37081/adam
Jurnal ADAM adalah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika IPTS tentang berbagai macam inovasi dan ssolusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat yang ada. Artikel yang dimuat dalam Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan di Masyarakat, Pengembangan Kreatifitas Masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2025): Vol. 4 No. 2 Edisi Agustus 2025" : 4 Documents clear
INTEGRASI TEKNOLOGI DAN MEDIA EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN DI SEKOLAH DASAR Hasibuan, Asriani; Hasibuan, Derliana; Dharyana, Dharyana; Sambayu, Harry; Monthesari, Angelina
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Vol. 4 No. 2 Edisi Agustus 2025
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/adam.v4i2.3110

Abstract

Penggunaan teknologi dan media edukatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar menjadi salah satu pendekatan inovatif untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk integrasi teknologi dan media edukatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta menganalisis pengaruhnya terhadap minat dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi seperti aplikasi pembelajaran interaktif, video animasi, dan permainan edukatif berbasis digital mampu meningkatkan antusiasme siswa, memperkuat pemahaman kosakata, serta mendorong keterlibatan aktif dalam proses belajar. Selain itu, pendekatan ini membantu guru menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan komunikatif. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan sarana prasarana dan kompetensi digital guru perlu diatasi untuk mendukung keberhasilan integrasi ini secara optimal. Kesimpulannya, integrasi teknologi dan media edukatif dapat menjadi solusi strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan di sekolah dasar.
LITERASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN Nasution, Sari Wahyuni Rozi; Nur Nasution, Hanifah; Zuliani Nasution, Unita Sukma; Hidayat, Thofik; Zainy, Ahmad; Aditya , Riswan
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Vol. 4 No. 2 Edisi Agustus 2025
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/adam.v4i2.3629

Abstract

PkM ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di SMP Negeri 1 Angkola Selatan melalui pembelajaran pengenalan perangkat komputer. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat literasi siswa, khususnya dalam pemahaman teknologi informasi dan komunikasi, yang krusial di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini meliputi penyampaian materi interaktif, demonstrasi langsung perangkat komputer, dan sesi praktik mandiri bagi siswa. Evaluasi program akan dilakukan melalui observasi partisipasi siswa, kuesioner pemahaman awal dan akhir, serta analisis hasil kegiatan praktik. Diharapkan program ini dapat secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa terkait perangkat komputer, sehingga berdampak positif pada kemampuan literasi digital mereka secara keseluruhan. Hasil akhir dari program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di sekolah lain dalam upaya meningkatkan kompetensi teknologi siswa.
PEMBUATAN LILIN AROMATERAPI DARI SERAI WANGI (CYMPBOPOGON NARDUS L.) SEBAGAI USAHA KREATIF MASYARAKAT DESA SIAMPORIK DOLOK Meliza, Meliza; Faridah Lubis, Nenni; Mutiara, Mutiara; Dongoran, Julpahmi
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Vol. 4 No. 2 Edisi Agustus 2025
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/adam.v4i2.2202

Abstract

Aromaterapi merupakan terapi menggunakan senyawa aroma atau volatile untuk mengobati, mengurangi, atau mencegah suatu penyakit, infeksi, dan kegelisahan. Lilin aromaterapi dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dalam upaya peningkatan imun tubuh. Pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang terapi komplementer menggunakan lilin aromaterapi masih sedikit, sehingga perlu dilakukan pelatihan pembuatan lilin aromaterapi dengan penambahan minyak atsiri, salah satunya dengan minyak serai. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan pemanfaatan serai wangi (Cympogon Nardus) menjadi lilin aromaterapi sebagai usaha kreatif masyarakat desa Siamporik Dolok. Adapun metode yang digunakan dalam bentuk pelatihan dan edukasi kepada segenap masyarakat desa Siamporik Dolok. Adapun peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 32 orang. Untuk data dilakukan evaluasi kegiatan pembuatan produk lilin aromaterapi dari pemanfaatan serai wangi (Cympogon Nardus) yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil kegiatan pembuatan lilin aromaterapi dari serai wangi (Cympogon Nardus) dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mendapat respon yang baik sebagai peningkatan usaha kreatif masyarakat desa Siamporik Dolok. Melalui kegiatan ini, pengetahuan masyarakat semakin meningkat mengenai pemanfaatan serai wangi lilin (Cympogon Nardus) sebagai aromaterapi.
MELEPAS LARA, MENAMBAH KHAZANAH BERBAHASA MELALUI LITERASI Lubis, Mina Syanti; Sidabuke, Bintang Immanuella; Lumbantobing, Erlisa Kambera Nauli
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Vol. 4 No. 2 Edisi Agustus 2025
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37081/adam.v4i2.3358

Abstract

Kegiatan PKM-PM ini bertujuan untuk memberi dukungan psikososial kepada siswa-siswi di SD Negeri 101106 Sipange Siunjam yang terkena dampak banjir bandang. Bencana banjir di Desa Sipange Siunjam, Sayur Matinggi terjadi pada Jumat malam, 22 November 2024. Banjir tersebut mengakibatkan kerusakan fisik rumah dan sekolah hingga trauma psikologis. Mereka harus tinggal di rumah pengungsian dan belajar di rumah-rumah yang tidak terlalu terdampak banjir. Bentuk pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah dukungan psikososial dengan metode playtherapy literasi melalui dongeng berbantuan Powerpoint. Ada pun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3). Program “Melepas Lara, Menambah Khazanah Berbahasa melalui Literasi” telah memberikan kontribusi nyata dalam proses pemulihan pascabencana sekaligus peningkatan kompetensi literasi peserta didik. Kegiatan ini menunjukkan bahwa literasi bukan hanya alat untuk mencerdaskan, tetapi juga sarana untuk menyembuhkan, menguatkan, dan memanusiakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 4