cover
Contact Name
Djamaluddin
Contact Email
djamaluddin@mpai.uad.ac.id
Phone
+6285669045290
Journal Mail Official
jiei.mpaiuad@gmail.com
Editorial Address
Kampus 2 A MPAI-UAD Jl. Pramuka No. 42 Sidikan Umbulharjo Yogyakarta
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
ISSN : 27469999     EISSN : 27755665     DOI : -
The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case study, and literature review in Bahasa, English or Arabic language. The article must be never published or under consideration for publication.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No. 2: July - December 2021" : 5 Documents clear
Implikasi wabah COVID-19 dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam daring Rahmad Tri Hadi; Ruri Afria Nursa
Journal of Islamic Education and Innovation Vol 2, No. 2: July - December 2021
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.057 KB) | DOI: 10.26555/jiei.v2i2.4630

Abstract

Penelitian ini berawal dari problematika yang terjadi di ranah pendidikan ketika menghadapi pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Tujuan dari artikel ini untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring yang dipilih sebagai alternatif untuk melanjut proses pembelajaran tatap muka khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan secara efektif. Sumber penelitian ini melalui guru dengan melakukan wawancara dan peserta didik menggunakan angket Google Form. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan analitik deskriptif. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa faktor yang menyebabkan tidak berlangsungnya pembelajaran secara daring baik dari peserta didik maupun pengajar, yaitu kesulitan mengakses internet yang belum terakses secara menyeluh ke ujung wilayah khususnya Sumatera Barat sehingga berdampak pada kurangnya keterhubungan antara peserta didik dan guru. Strategi yang efektif dilakukan oleh pengajar dalam pembelajaran PAI adalah dengan menemui satu per satu peserta didik ke rumah masing-masing.
Internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 berbasis Edutainment Muh Fatkul Mubin
Journal of Islamic Education and Innovation Vol 2, No. 2: July - December 2021
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.572 KB) | DOI: 10.26555/jiei.v2i2.4633

Abstract

Pembelajaran online merupakan pilihan yang paling tepat dan terpopuler, dengan adanya penetapan pandemi COVID-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, berbagai tantangan dan masalah baru bermunculan seperti akses internet yang terbatas, interaksi guru-siswa menjadi sempit, dan kesulitan bagi guru dalam mengontrol engagement siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Islam pada pembelajaran daring berbasis edutainmen. Jenis penilitian ini kualitatif diskiptif interpretif dengan tujuan mendeskripsikan dan menginterpretasikan upaya dan tantangan guru dalam menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran online. Data diperoleh melalui observasi kelas online, dokumentasi, dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis menggunakan model Miles and Huberman yaitu mereduksi data, memaparkan data, menarik kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa ada tiga aspek nilai-nilai Islam yang diinternalisasikan yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak melalui tiga tahapan yaitu transformasi, transaksi, dan transinternalisasi. Proses internalisasi online dengan aplikasi zoom atau google meet dan untuk program khusus di tambah check list di Google Forms. Beberapa tantangan bagi guru antara lain ketidakmauan siswa untuk tampil di depan kamera, berpartisipasi aktif, dan menyerahkan tugas mereka, yang semuanya menyebabkan kesulitan guru dalam mengontrol engagement siswa. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai permasalahan internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran online dan alternatif pemecahannya berdasarkan prinsip edutainment.
Analisis proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam daring pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri 5 Tidar Munaya Ulil Ilmi
Journal of Islamic Education and Innovation Vol 2, No. 2: July - December 2021
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.868 KB) | DOI: 10.26555/jiei.v2i2.4634

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan daring dalam situasi pandemi COVID-19 di SD Negeri 5 Tidar. Penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi pembelajaran daring yang telah dilakukan sebagai bahan pengembangan pembelajaran di era New Normal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel pada penelitian ini adalah 80 siswa yang terdiri dari siswa kelas I sampai dengan kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu, dengan menggunakan angket serta skala Likert. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik presentase, yaitu dengan menghitung presentase pada setiap indikator yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran PAI daring di SD Negeri 5 Tidar mencapai 78 % dengan kriteria "Baik". Demikian itu dapat menjadi sumber evaluasi bagi sekolah dan sebagai bahan terkait efektifitas pembelajaran daring di masa yang akan datang.
Formulation of quality of Islamic basic education: A study in the integrated Islamic elementary school Al-Uswah Magetan Bagas Mukti Nasrowi; Yusnia Binti Kholifah
Journal of Islamic Education and Innovation Vol 2, No. 2: July - December 2021
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.097 KB) | DOI: 10.26555/jiei.v2i2.4687

Abstract

The development of science and technology that occurs in the current global era has a considerable impact on the changes in human life. These impacts and challenges can be overcome by qualified human resources. Such condition requires educational institutions to continue to improve the quality of their education in order to create qualified human resources. Likewise in Islamic basic education institutions, as the foundation of secondary and higher education, basic education is also in need to continue to improve its quality in order to be able to play a role in facing global changes. Therefore, careful strategy formulation is needed as an effort to make strategic planning in a directed, effective, and efficient manner in the process of improving the quality of Islamic basic education institutions in the current global era. This study aim to describe the formulation of quality of Islamic basic education in SD IT Al Uswah Magetan. The type of research used is a case study. Data collection techniques are used, namely in-depth interviews, participant observation, and study of documents. Data analysis in this study used an interactive analysis model. Then the results of the research are the strategy formulated is focused on curriculum development, human resource development, infrastructure development, environmental development, and student development.
Analisis pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam Christian Kuswibowo
Journal of Islamic Education and Innovation Vol 2, No. 2: July - December 2021
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1237.885 KB) | DOI: 10.26555/jiei.v2i2.4849

Abstract

Produktivitas kerja guru masih menjadi problematika pengurus yang menuntut untuk diberikan tindakan yang terukur dan terencana. Penelitian dilaksanakan dengan maksud menganalisis pengaruh kompetensi kerja, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam SMP dan SMK Al Hamidiyah. Objek penelitian ini adalah kompetensi kerja, motivasi kerja, pengembangan karir, dan produktivitas. Adapun subjek penelitian ini adalah guru di dua sekolah tersebut. Responden pada penelitian ini dilakukan terhadap 42 responden, pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data dikumpulkan dengan angket penelitian terhadap responden dengan sampel dilakukan terhadap seluruh populasi yang dijadikan sebagai responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti kompetensi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5