cover
Contact Name
Almira Devita Putri
Contact Email
almiradevita@teknokrat.ac.id
Phone
+6282295185082
Journal Mail Official
jeb@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journals of Economics and Business
ISSN : 29626498     EISSN : 29626420     DOI : https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1
Core Subject : Engineering,
Journals of Economics and Business (JEB) is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia (P-ISSN: 2962-6498, E-ISSN : 2962-6420). The scopes of this journal include the following topic areas : 1. Financial Management ( Financial Technology, Financial Performance, Coorporate Finance) 2. Human Resources Management ( Leadership, Organizational Behavior, Creativity, Human Capital) 3. Marketing Management ( Brand Management, Consumers Behaviour, Green Marketing, Internet Marketing) 4. Accounting ( Sharia Accounting, Tax, Public Sector Accounting, Accounting Management, Audit)
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023" : 6 Documents clear
PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN, PERENCANAAN PAJAK, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA Jata, Kadek; Rizki, Marsi Fella; Angelica, Shiwi
Journals of Economics and Business Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jeb.v3i2.361

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh perencanaan pajak, beban pajak tangguhan dan ukuran perusahaan terhadap terhadap manajemen laba. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perencanaan pajak, beban pajak tangguhan dan ukuran perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Objek penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur subsektor pertanian yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada periode 2019-2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang didapat adalah 10 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan beban pajak tangguhan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.Kata Kunci: perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, ukuran perusahaan, manajemen laba
Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Produk Fashion Erigo di Kota Bandar Lampung Deswan Azis, Rhamadhan Trias; Putri, Almira Devita; ., Jaelani
Journals of Economics and Business Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jeb.v3i2.349

Abstract

Pada era modern di Indonesia saat ini fashion menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan khususnya bagi kaum milenial. Ketertarikan konsumen terhadap barang-barang merek lokal dipengaruhi oleh berbagai faktor. Peneliti menggunakan brand Erigo sebagai objek penelitian. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Celebrity Endorser, Citra Merek, Kualitas Produk berpengaruh terhadap Niat Beli produk fashion Erigo di Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Bandar Lampung dan memiliki niat membeli produk fashion Erigo. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 103 orang dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling.Analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji t dan f, uji koefesien determinasi. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli.Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. citra mereka menunjukkan 0,012 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Celebrity Endorser, Citra Merek, Kualitas Produk dan Niat Beli
Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Profesionalisme Terhadap Loyalitas Driver PT Gojek Cabang Bandar Lampung Wahyudin, Wahyudin; Candra, Ade
Journals of Economics and Business Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jeb.v3i2.407

Abstract

AbstractThis research aims to determine and test the influence of compensation, motivation and professionalism on the loyalty of PT Gojek drivers in the Bandar Lampung branch. The number of samples in this research was 100 drivers with data collection using quantitative data analysis research instruments with the aim of testing the established hypothesis. The data analysis technique used is multiple linear regression, T test, F test and coefficient of determination (R2). The results of this research show that partially the compensation and motivation variables have a significant effect, while professionalism has no effect but is not significant on the loyalty of PT Gojek drivers in the Bandar Lampung branch. Then, the variables compensation, motivation and professionalism simultaneously influence the loyalty of PT Gojek drivers at the Bandar Lampung branch. Based on the results of the analysis of the coefficient of determination (R2), an R square value of 0.410 was obtained. This shows that the variables compensation, motivation and professionalism can influence the loyalty variable with a value of 0.410 and the rest is influenced by other variables  Keywords: Compensation, Motivation, Professionalism, Loyalty.  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh kompensasi, motivasi dan profesionalisme terhadap loyalitas driver PT Gojek cabang Bandar Lampung. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 driver dengan pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kompensasi dan motivasi berpengaruh signifikan sedangkan profesionalisme tidak berpengaruh namun tidak signifikan terhadap loyalitas driver PT Gojek cabang Bandar Lampung. Kemudian, variabel kompensasi, motivasi dan profesionalisme secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas driver PT Gojek cabang Bandar Lampung. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2), diperoleh nilai R square sebesar 0,410. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kompensasi, motivasi dan profesionalisme dapat mempengaruhi variabel loyalitas dengan nilai sebesar 0,410 dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.Kata Kunci : Kompensasi, Motivasi, Profesionalisme, Loyalitas
SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW THE IMPACT OF LIVE STREAMING ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS Marvinita, Risda -; Febrian, Angga
Journals of Economics and Business Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jeb.v3i2.351

Abstract

Live streaming telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam konteks e-commerce dan belanja online. Sehingga diperlukan review terhadap paper jurnal yang membahas tentang pengaruh live streaming dalam keputusan pembelian konsumen khususnya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper jurnal yang publish pada tahun 2020 hingga tahun 2022. Adapun Research Question yang ditetapkan pada penelitian ini sebanyak tiga dengan hasil akhir bahwa pada penelitian objek yang paling banyak diteliti selain Shopee adalah Tiktok dan Instagram, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dengan jumlah responden mayoritas berkisar 100 orang, serta faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen adalah kualitas produk dan kepercayaan. Secara keseluruhan, ulasan literatur yang sistematis menunjukkan bahwa live streaming memiliki dampak positif yang signifikan pada keputusan pembelian konsumen dalam konteks e-commerce dan belanja online. Kehadiran visual dalam belanja streaming membantu konsumen merasa nyata dan membuat keputusan pembelian lebih mudah serta memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan penjualan untuk bisnis. Kata Kunci: Live streaming, Keputusan Pembelian, Systematic Literature Review, Pemasaran Digital, E-commerce
Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Elpiji Bright Gas Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung Shevatra, Sherlyana; Permatasari, Berlintina; Jaelani, Jaelani
Journals of Economics and Business Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jeb.v3i2.362

Abstract

Abstract This research aims to simultaneously and partially test the variables Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty which have a dominant influence on purchasing decisions for Bright Gas Elpiji in the people of Bandar Lampung city. The type of research used in this research is quantitative research. Used to research certain populations or samples, data collection using research instruments, quantitative/statistical data analysis, with the aim of testing predetermined hypotheses. This research method uses a non-probability sampling method, purposive sampling type, with the number of respondents in this research being 250 respondents. The results of the analysis from this research are described simultaneously as the variables Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association and Brand Loyalty which together have a significant influence on purchasing decisions for Bright Gas Elpiji in the people of the city of Bandar Lampung. Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association and Brand Loyalty collectively partial and simultaneous have a positive and significant effect on purchasing decisions for Bright Gas LPG among people in the city of Bandar Lampung. This means that the fifth hypothesis is accepted. Keywords: Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, Perceived Quality, Purchasing Decisions  Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara simultan dan parsial variabel Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyalty yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Elpiji Bright Gas pada masyarakat kota Bandar Lampung.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode penelitian ini menggunakan metode non probability sampling tipe purposive sampling dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 250 responden. Hasil analisis dari penelitian ini diuraikan secara simultan variabel Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association dan Brand Loyalty secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Elpiji Bright Gas pada masyarakat kota Bandar Lampung.Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association dan Brand Loyalty secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Elpiji Bright Gas pada masyarakat di kota Bandar Lampung Artinya hipotesis kelima diterima. Kata Kunci: Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, Perceived Quality, Keputusan Pembelian
The Impact of Product Quality, Price, and Brand Image on the Purchase Decision of Acer Laptop Students in Bandar Lampung Elvida, Nani; Ameraldo, Fedi; Ahluwalia, Larasati
Journals of Economics and Business Vol 3, No 2 (2023): Volume 3, No 2, 2023
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jeb.v3i2.365

Abstract

This research aims to determine the influence of product quality, price and brand image on the decision to purchase Acer laptops among students in Bandar Lampung, both sequentially and simultaneously. The sampling method uses Purposive Sampling, the number of samples uses the Slovin Formula calculation with the formula ? = ? 1+?? 2 which produces 389 or rounded up to 390 respondents. Instrument testing uses Validity and Reliability Tests, data analysis methods use multiple linear regression analysis and coefficient of determination. The results of research on product quality, price and brand image partially have a positive and significant effect on purchasing decisions for Acer laptops in Bandar Lampung. The research results show that product quality, price and brand image simultaneously have a significant influence on the decision to purchase an Acer laptop in Bandar Lampung, while the coefficient of determination (R2) is 0.678. These results show that the Purchasing Decision variable can be influenced by Purchasing Decision (X1), Price (X2) and Brand Image (X3). Meanwhile, the remaining 32.2 contains other variables that are not in this study.

Page 1 of 1 | Total Record : 6