cover
Contact Name
Asriyani Mulia Basri
Contact Email
e-jpa@uho.ac.id
Phone
+6285338577123
Journal Mail Official
e-jpa@uho.ac.id
Editorial Address
Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 28076516     EISSN : 28073304     DOI : https://doi.org/10.36709/jpa
Core Subject : Education, Social,
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, Kewirausahaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2024): Edisi Januari 2024" : 5 Documents clear
Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Irfan; Asriyani Mulia Basri; Rusdiana Tugy
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 4 No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka-angka sebagai pengelolahan sampai penyajian hasilnya. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel (X) sebanyak 40 pertanyaan dan dokumentasi sedangkan hasil belajar (Y) menggunakan nilai hasil rapor mata pelajaran akuntansi. Uji prasyarat analisis yang digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kendari. Hal ini didasarkan pada hasil output SPSS pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan korelasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05 dengan hasil analisis yang menggunakan analisis korelasi produk moment terdapat nilai rhitung=0,996 >0,361 yang hubungannya tergolong kuat.
Analisis Sistem Pengendalian Intern Penggajian Pada UD. Roti Sari Rama Kota Kendari Nur Afifa; Sabrin; Abdul Rachman Rika; Irfan
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 4 No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peniltian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sistem pengendalian intern penggajian UD. Roti Sari Rama kota kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif yakni  untuk menganalisis sistem pengendalian intern penggajian pada UD. Roti Sari Rama Kota Kendari. Data yang di gunakan yaitu data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Metode analisis data yang akan di gunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan. Struktur organisasi yang ada pada UD. Roti Sari Rama Kota Kendari memiliki struktur organisasi yang cukup baik, namun pembagian tugas belum terlaksanakan dengan baik, hal ini dapat di lihat masih adanya perangkapan tugas yang dilakukan oleh bagian keuangan yaitu melakukan pembuatan daftar gaji maupun upah dan melakukan pembayaran gaji yang seharusnya dipisahkan. Dapat dikatakan bahwa UD. Roti Sari Rama dalam sistem pengendalian intern pada sistem otorisasi gaji sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari setiap proses pembayaran gaji telah di otorisasi oleh bagian yang berwenang. Sistem pengendalian intern pada prosedur pencatatan pada UD. Roti Sari Rama juga sudah ada hal ini dapat dilihat telah melakukan pencatatan seperti daftar gaji dan daftar hadir, sehingga tiap karyawan diwajibkan mengisi daftar hadir. Praktek yang sehat pada UD. Roti Sari Rama Belum adanya dukumen berupa alip gaji yang seharusnya diterima oleh karyawan pada saat menerima gaji. pada hakikatnya harus dilakukan pada sistem pengendalian intern penggajian pada perusahaan sehing dengan tidak adanya slip gaji tersebut perusahaan terkesan kurang baik dalam pembayaran gaji dan upah pada karyawan.
Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMA Negeri 12 Bombana Deliana Wulandari; La Taena; Ramly
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 4 No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan mengajar guru sangat diharapkan pada sangat mengajar ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekalian meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keterampilan mengajar guru akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana, (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak dituntut menggunakan angka-angka sebagai pengelolahan sampai penyajian hasilnya. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 57, siswa kelas XII IPS berjumlah 46 dan Jumlah sampel penelitian ini 51 orang siswa yang ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane/Slovin. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk variabel keterampilan mengajar guru (X) sebanyak 40 pertanyaan sedangkan variabel motivasi belajar (Y) sebanyak 30 pertanyaan. Uji prasyarat analisis yang digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana. Hal ini didasarkan pada hasil output SPSS pada uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan korelasi produk moment   menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05 dengan hasil analisis yang menggunakan analisis korelasi produk moment terdapat nilai Sig. (2-tailed) rhitung > rtabel = 0,367 > 0,281. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signnifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 12 Bombana.
Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization feby feby; Ramly; Asriyani Mulia Basri
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 4 No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi Keuangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization di kelas XI AKL 3 SMK Negeri 1 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan mengikuti siklus pembelajaran. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Jenis data yang dianalisis yaitu data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan aktvitas mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 81,25% dan siklus II menjadi 95,83%. Pada aktivitas belajar siswa dari siklus I rata-rata persentase yaitu 67,60% dan meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata persentase 85,03%. Data hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 78,96 dengan persentase ketuntasan 69,70%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai nilai rata-rata 84,69 dan persentase ketuntasan 93,94%. Sehingga dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 3 SMK Negeri 1 Kendari
PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN DAN PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) Nanik Hindaryatiningsih; Wiwin Bulawan; Asriyani Mulia Basri
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 4 No 1 (2024): Edisi Januari 2024
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan e-commerce dalam memperluas pemasaran UKM “12Store” dan (2)  faktor internal dan eksternal e-commerce dalam meningkatkan penjualan UKM “12Store”. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di “12Store” Kota Kendari. Teknik Pengambilan data melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Informan penelitian ini ialah owner, admin dan customer “12Store”. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman dan Analisi SWOT. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Penerapan e-commerce pada UKM “12Store” dalam memperluas penjualannya dilakukan melalui empat aplikasi yaitu Instagram (66,7%), WhatsApp (26,7%), Shopee (40%), dan Facebook (6,7%). (2) Faktor internal dan eksternal e-commerce dalam meningkatkan penjualan yang telah dilakukan oleh “12Store” berdasarkan diagram SWOT berada di Kuadran I pada posisi  “keunggulan bersaing” atau situasi yang menguntungkan. Sehingga strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah agresif mendukung pertumbuhan (Growth Oriented Strategy). Strategi strength-opportunity dengan pertumbuhan agresif dilakukan dengan menggabungkan antara peluang dan kekuatan yang dimiliki UKM., antara lain: peningkatan kerjasama dengan pemerintah melalui pelatihan e-commerce dan dukungan modal kerja untuk meningkatkan kualitas e-commerce.

Page 1 of 1 | Total Record : 5