Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, Humaniora, Teknik, Pertanian, Komunikasi, Kesehatan, dan Multidisiplin ilmu. Jurnal JPMI Terbit 1 tahun 3 kali (Februari, Juni dan Oktober).
Articles
17 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia"
:
17 Documents
clear
Strategi Pengembangan Core Values 'AKHLAK' Dalam Kasus Penggabungan Dua Perusahaan (PT Pertani (Persero) dan PT Sang Hyang Seri (Persero))
Sinera, Putri Mutiara;
Ariani, Devi Rahma;
Sari, Fiola Lolita;
Anwar, Muhammad Khoirul;
Gultom, Armyn
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (493.092 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.187
Saat melaksanakan magang di PT Pertani (Persero) dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), mengalami penggabungan dengan PT Sang Hyang Seri pada bulan November 2021 dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 98 tahun 2021 tentang Penggabungan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertani ke Dalam Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sang Hyang Seri. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai output magang yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi selama magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT SHS dalam menerapi core value AKHLAK sudah dijalankan dan terlaksana dengan baik walau terkadang anggaran untuk bisa memenuhi kegiatan kantor terhambat. Prosedur yang digunakan sebagai dasar dari bertingkah laku dan bersikap sehari-hari menggunakan melaksanakan beberapa kegiatan dalam menerapi core value AKHLAK adalah Surat Edaran Menteri BUMN Nomor SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilai Utama SDM BUMN.
Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu tentang Hak dan Kewajiban Ibu Hamil dan pemanfaatan aplikasi “sayang bunda”
Dwi Erawati, Ambar;
Chusnul Zulaika;
Mona Tiorina Manurung
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (355.048 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.304
Telemedicine is an alternative health service facility that can help reduce disease transmission. The Semarang City Government issued a “darling mother” application to help pregnant women consult and assist cadres in screening. However, the "dear mother" application has not been used optimally by pregnant women in the city of Semarang. The “Dear Mother” application can prevent accidental violations of the law for pregnant women, so it is necessary to increase knowledge. The method used is to provide classical counseling at the Mangkang Health Center. After the extension of knowledge of cadres increased by an average of 25.35%. The need for counseling to cadres on a regular basis (not just one-time counseling).
Pemberdayaan dan Penguatan UMKM di Dusun Gandekan, Kelurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY
Marsuking Marsuking;
Asri Dwi Ariyani;
Nila Hidayah;
Rosa Nikmatul Fajri;
Meutia Layli;
Kusumaningdiah Retno Setiorini;
Abi Suryono;
Atik Aini Nazilah;
Arik Tri Mulyani
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (570.031 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.309
Masyarakat Dusun Gandekan, Kelurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Selain itu, beberapa warga merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Di sisi lain, kondisi wisata yang ada di sana memerlukan perhatian lebih agar dapat terus menarik minat pengunjung terlebih semenjak pandemi Covid-19 aktivitas wisata terhenti. Salah satu wadah yang tergabung dalam organisasi remaja yaitu karang taruna juga belum berjalan secara maksimal karena kesibukan para pengurus dan pandemi Covid-19 yang menjadikan minimnya kontribusi dan kegiatan yang diberikan bagi lingkungan. Meski UMKM mulai dirasakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat Dusun Gandekan, namun pemberdayaan belum secara optimal dan merata. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pemberdayaan dan penguatan UMKM di Dusun Gandekan melalui program sosialisasi kewirausahaan, edukasi pembukuan kas bagi pelaku UMKM dan pendaftaran google business bagi UMKM yang sudah berdiri di Dusun Gandekan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi dan pelatihan guna peningkatan pemahaman yang dimulai dengan observasi, interview dan dokumentasi.
Pendampingan dan Pembetukan Satgas Wisata Upaya Pemeliharaan Potensi Wisata Muara Gembong
Untari, Dhian Tyas;
Khasanah, Fata Nidaul;
Prasojo, Prasojo
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (273.428 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.334
Indonesia dikenal dengan negara kepulauan dengan memiliki keanekaragaman hayati terbesar. Salah satu wilayah di Bekasi yang memiliki potensi Bahari yang sangat tinggi adalah Muara Gembong. Hasil observasi, wilayah muara gembong saat ini masih dapat dikatakan terbelakang baik secara sosial, budaya maupun ekonominya. Mata pencaharian masyarakat mayoritas sebagai nelayan dan ketersediaan fasilitas sosial, Pendidikan, dan Kesehatan masih sangat minim. Dengan potensi pengembangan desa wisata berbasis magrove diharapkan dapat mengangkat wisata di Muara Gembong yang pastinya akan diikuti dengan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya. Terdapat permasalahan terkait dengan kondisi mitra yang perlu menjadi perhatian diantaranya a) Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pemeliharaan fasilitas wisata (masalah sosial); b) Kurangnya promosi wisata dalam mengundang para wisatawan untuk datang berkunjung (permasalahan pemasaran). Keprihatinan ini yang menjadi dorongan bagi tim pelaksana untuk melakukan kegiatan pendampingan bagi para pemangku kelompok sadar wisata dan karangtaruna sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran pemelirihana fasilitas wisata dan peningkatan sarana promosi sebagai upaya meningkatkan jumlah wisatawan. Metode pelaksaan yang digunakan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Evaluasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat diperoleh prosentase nilai 98% dengan demikian kegiatan ini memberikan dampak kebermanfaatan bagi mitra.
Pemanfaatan Instagram Insight dalam Peningkatan Segmentasi Pelanggan pada UMKM Tenun Batik
Efendi, Efendi;
Arief, Abdul Samad;
Rizki Dewantara;
Cakranegara, Pandu Adi;
Sari, Ade Risna
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (422.999 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.378
The batik business is engaged by Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). In marketing products, there are still MSMEs that use word of mouth (WOMM) in marketing techniques and use WhatsApp communication. Media such as SMEs in the field of batik weaving fashion Muhibbuddiana. This service activity is intended to assist in the use of Instagram in marketing and selling products online, from creating Instagram accounts and product documentation to posting content, as well as analyzing Instagram insights to find out the most popular posts, follower and non-follower interactions, and increase in the number of followers. The activity results show the effect of the ease of using social media on promotion and sales, the impact of using social media to increase sales turnover, and the importance of understanding Instagram insight for customer segmentation.
PENYULUHAN LAND BASED EXERCISE PADA ANGGOTA POSYANDU LANSIA DENGAN KELUHAN NYERI LUTUT DI POSYANDU LANSIA
Pristianto, Arif;
Nay, Agriastari Dwiputri Harun Umbu;
Nisa, Nur Iffani Khoirun;
Abdalla, Haydar Aly;
Ikshanty , Anggita Nurul;
Adha, Faradila Risky
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (332.887 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.386
Nyeri lutut merupakan nyeri yang terjadi di lutut yang dapat menyebabkan berkurangnya kemandirian dan kesehatan pada lansia. Faktor penyebab nyeri lutut seperti berat badan yang berlebih, terdapat riwayat cidera pada lutut, dan memiliki pekerjaan yang membuat lutut berperan penting didalamnya. Hal tersebut dapat ditemui pada posyandu Lansia Abadi X. Oleh karena itu para lansia membutuhkan edukasi terkait latihan yang dapat mengurangi rasa nyeri pada lutut, kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir rasa sakit yang dapat berpengaruh pada kegiatan sehari-hari pada lansia. kegiatan ini bertujuan untuk memberikan latihan-latihan untuk mengurangi rasa nyeri, dan latihan ini diharapkan dapat dilakukan dirumah oleh para lansia dimana dalam penyampaiannya menggunakan Leaflet/Flyer sebagai media yang didalamnnya terdapat gambar dan tata cara melakukan latihan-latihan tersebut. Evaluasi mengenai apakah latihan tersebut dapat dilakukan di rumah atau tidak dilakukan dengan cara pre test dan post test yang terdiri dari 4 pertanyaan. Berdasarkan hasil pre test dan post test dapat dibandingkan terdapat peningkatan pengetahuan mengenai latihan yang dapat mengurangi nyeri dan juga latihan tersebut dapat dilakukan secara mandiri dirumah.
Membangun Komunikasi Kepemimpinan Organisasi Pada Forum Anak se-Kecamatan Cipayung
Pramelani, Pramelani;
Wulan Muhariani;
Taqwa Sejati
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (143.126 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.387
Komunikasi kepemimpinan penting dimiliki dikarenakan dibutuhkan dalam organisasi yakni pada Forum Anak se-Kecamatan Cipayung yang sebagai mitra agar dapat mengelola organisasi dengan baik. Hal ini dikarenakan juga tidak sedikit perusahaan lebih memilih calon pegawai yang memiliki skill komunikasi yang baik dalam berorganisasi agar mudah dalam mengelola atau melakasanakan tugas khususnya dalam kerja tim. Para peserta belum pernah mendapatkan pengetahuan wawasan berkenaan dengan komunikasi kepemimpinan dalam organisasi. Oleh karena itu melihat keadaan yang dialami oleh pihak mitra, maka kegiatan pengabdian masyarakat ini mengangkat tema “Membangun Komunikasi Kepemimpinan dalam Organisasi di Tengah Keberagaman”. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tahapan: Tahap persiapan terdiri dari mengidentifikasi permasalahan, mengajukan perijinan kepada Kecamatan Cipayung, dan melakukan persiapan untuk pelaksanaan seminar; Tahap pelaksanaan seminar pengabdian masyarakat; dan Tahap evaluasi, dengan memberikan kuesioner untuk mengetahui pemahaman pengetahuan tentang kepemimpinan di Forum Anak se-Kecamatan Cipayung. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berjalan lancar dan peserta puas.
INISIASI PEMBENTUKAN KELEMBAGAAN UKM PEMBUATAN SAGU, MENAMBAHKAN NILAI EKONOMI DI KELURAHAN GURAPING KECAMATAN OBA UTARA
Johan Fahri;
Ikrima. M. Mustafa;
Musdar Muhammad
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (171.573 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.420
The problems faced by making food and drink are sago, Guraping village, namely the scarcity of raw materials (cassava / cassava) other than being planted in other regions, the problem of raw materials in a part of the land to grow cassava which is increasingly narrow and does not have land, besides that the management management system still uses traditionally, sales management there are still individuals in the do, there is no institution that regulates the management of marketing and continuation of sago making in this Guraping area, so an institution is created to manage and manage food making, namely sago in Guraping village. The methods of service are: lectures, paraktek and mentoring and monitoring, The results of the service of this service activity were attended by as many as 29 located at the Guraping village office. To increase production and management, an institution was created/ formed.
PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MENGENAI PEMILAHAN SAMPAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN SIFATNYA DI SDN 027 PARITBARU
Sakur, Sakur;
Jerico Amazia Sitompul;
Johanes Pratama Saragi;
Santa Yunita;
Siti Septia Melyani
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (564.373 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.435
Sampah dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia dan merupakan salah satu masalah lingkungan yang berdampak tidak hanya terhadap lingkungan tetapi juga terhadap kesehatan manusia, seperti pencemaran lingkungan, kematian hewan atau tumbuhan, dan penyakit tular vektor. Upaya yang dapat dilakukan untuk menguranginya adalah dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya sehingga lebih mudah untuk menentukan metode pengolahan selanjutnya dan menerapkan program 3R (reuse, reduce, dan recycle) untuk mencegah dan mengurangi timbulan sampah. SDN 027 Paritbaru sudah memiliki tempat sampah berdasarkan jenisnya (organik, non-organik), namun praktik pemilahan sampah menurut kriteria tersebut belum dilaksanakan. Edukasi tentang upaya tersebut harus ditanamkan sejak dini untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Sosialisasi pengelolaan sampah kepada siswa sekolah dasar diharapkan mampu membentuk pola hidup bersih dan sehat. Informasi tentang sampah, pengertiannya, dampak, jenis sampah dan cara pengelolaannya disampaikan melalui video untuk memudahkan pemahaman siswa. Peningkatan pengetahuan tentang sampah dan pengelolaannya dapat dilakukan dengan berbagai metode dan media. Memberikan pemahaman tentang dampak sampah dan praktik pemilahan sampah yang benar akan membantu anak-anak memahami pentingnya pemilahan sampah dan kegiatan 3R.
MELATIH KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KOMPETENSI LOMBA MEWARNAI DI RA ULIL AMRI DESA PARITBARU
Sakur, Sakur;
Afifah Ma’ruf;
Nur Indah;
Sonia Moriska;
Amanda Pratiwi;
Hika Arpi Arpani
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA Vol. 1 No. 3 (2022): Oktober : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1077.602 KB)
|
DOI: 10.55606/jpmi.v1i3.436
Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh minimnya kreativitas anak dalam segala hal. Kegiatan ini dilaksanakan di TK yang terletak di Desa Paritbaru, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Kegiatan dilakukan dengan mendemonstrasikan cara mewarnai dan memfasilitasi anak-anak untuk belajar mewarnai. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan anak TK dapat meningkatkan pola pikir dan rasa percaya diri pada anak usia dini. Dan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi pada anak usia dini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di TK. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan anak untuk mengembangkan kreativitas, melatih motorik halus anak.