cover
Contact Name
Anton Subarno
Contact Email
antonsubarno@fkip.uns.ac.id
Phone
+6281329027365
Journal Mail Official
jikap@fkip.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Gedung B Lantai 1 FKIP UNS, Jl. Ir, Sutami, No.36A Kentingan Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
ISSN : -     EISSN : 26140349     DOI : https://dx.doi.org/10.20961/jikap
Core Subject : Education, Social,
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan pendidikan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 5 (2018): November" : 9 Documents clear
PENGELOLAAN ARSIP DI KEJAKSAAN NEGERI SURAKARTA MARISKA LULUK MUDHIAH
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.27838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta (2) Hambatan-hambatan yang muncul dan penyebabnya dalam pengelolaan arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul dalam pengelolaan arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta.
PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTILE SURAKARTA Bayu aji pamungkas; Djoko Santosa; Patni Ninghardjanti
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.23110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan bagian produksi di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta; (2) jenis kecelakaan kerja yang perlu diwaspadai bagian produksi sehingga PT Iskandar Indah Printing Textile perlu menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja; (3) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan bagian produksi di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini yaitu studi kasus dengan menggunakan strategi tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) dalam penerapan  Keselamatan dan Kesehatan Kerja karyawan bagian produksi ada karyawan yang bekerja sudah sesuai prosedur, namun ada juga karyawan yang belum bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (2) Kecelakaan kerja yang perlu di waspadai karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Indah Printing Textile adalah: (a) terpeleset; (b) shutle terbang; (c) kejatuhan benda kerja; (d) tersangkut mesin; (e) terjepit mesin; dan (f) kebakaran. Kecelakaan kerja di PT. Iskandar Indah Printing Textile disebabkan oleh ketelodoran karyawan dan kejadian yangtidak terduga. (3) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja  karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta adalah: (a) menyediakan Alat Pelindung Diri; (b) menyediakan alat pemadam kebakaran; (c) menyediakan Kotak P3K; (d) menyediakan plakat tanda bahaya di tempat tertentu; dan (e) sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KERJA KONDUSIF BAGI GURU DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN 2017/2018 Putri Fara Sholihah; Djoko Santosa TH; Jumiyanto Widodo
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.22640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peranan kepala sekolah dalam menciptakan iklim kerja kondusif bagi guru di SMA Negeri 5 Surakarta; (2) mengetahui faktor-faktor apakah yang menghambat dan solusi yang dilakukan  kepala sekolah dalam menciptakan iklim kerja kondusif bagi guru di SMA Negeri 5 Surakarta tahun 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru di SMA Negeri 5 Surakarta. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel bertujuan (purposive sampling) dan teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan data-data yang diperoleh baik berupa data primer maupun sekunder adalah sebagai berikut: (1) Peranan kepala sekolah dalam menciptakan iklim kerja kondusif di SMA Negeri 5 Surakarta adalah: (a) menumbuhkan keakraban guru dengan warga sekolah yang lain, (b) memberikan reward dan punishment terhadap guru, (c) menumbuhkan rasa tanggung jawab guru terhadap tugasnya, (d) memberikan job description yang jelas, menyusun SOP (Standar Operasional Prosedur), dan membuat regulasi, (e) mengendalikan konflik yang terjadi di lingkungan sekolah, (f) memberikan motivasi, (g) melibatkan guru dalam pengambilan keputusan partisipatif, (h) mengelola lingkungan fisik sekolah,  (i) memberikan informasi, (j) melakukan monitoring dan evaluasi. (2) Hambatan yang muncul yaitu: (a) adanya guru yang berkarakter dan berkepribadian kurang baik, (b) kebijakan dari pemerintah yang sering berubah dan tidak sesuai dengan kondisi sekolah, (c) gangguan dari pihak luar sekolah, (d) terdapat beberapa guru yang tidak suka dengan tugas tambahan yang diberikan oleh kepala sekolah. Solusi untuk mengatasi hambatan yang muncul ialah: (a) memberikan briefing dan pendekatan secara personal, (b) melakukan sosialisasi dan diklat, (c) rapat dan diskusi dewan sekolah dengan pihak luar, (d) pendekatan secara personal, memotivasi, dan meningkatkan rasa sadar atas tanggung jawab bersama.
PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR PADA SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017 Antonius Surya Adi Nugraha
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.21492

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017; 2) pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017; 3) pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel sensus. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X  Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik kuesioner (angket), dan dokumentasi serta observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas X SMK Wikarya Karanganyar tahun ajaran 2016/2017; 2) terdapat pengaruh yang signifikan variabel fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola peralatan kantor kelas X SMK Wikarya Karanganyar Tahun ajaran 2016/2017; 3) terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 ditunjukkan dengan hasil  (F_hitung = 24,084 > Ftabel = 3,14) pada taraf signifikans
Analisis Pengelolaan Arsip pada Bidang Sekretariat Di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Sarwiningsih Hery Sawiji Tutik Susilowati
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.22706

Abstract

Analisis Pengelolaan Arsip pada Bidang Sekretariat Di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten
ANALISIS PENERAPAN JOB DESCRIPTION PEGAWAI (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA KELAS IA KHUSUS) INTAN MUKTI SURYANI
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.32114

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan job description pegawai di Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus, (2) Hambatan-hambatan dalam penerapan job description pegawai, (3) SolusI yang tepat tehadap permasalahan yang terjadi dalam penerapan job description pegawai. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat atau peristiwa, serta arsip atau dokumen. Teknik pengambilan sampel purposive snowball sampling. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan job description pegawai di Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus berdasarkan pedoman job description pegawai, prosedur penerapan job description pegawai, dan penilaian job description pegawai; (2) Hambatan-hambatannya kurangnya pegawai, rendahnya kualitas pegawai, adanya rangkap job description pegawai, adanya rotasi pegawai yang tidak berdasarkan job analysis, ketidaksesuaian penilaian job description pegawai; (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu perekrutan mahasiswa magang, belajar mandiri, peraturan larangan job description pegawai, rotasi pegawai yang berdasarkan job analysis, revisi data job description pegawai.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU DAN TERSEDIANYA SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR Nur Sakinah Rojiyyah
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.27500

Abstract

SMK memiliki tujuan untuk melahirkan lulusan yang siap bekerja dan dapat bersaing di dunia kerja. Kesiapan siswa untuk bekerja dan bersaing di dunia kerja dapat dilihat dari prestasi belajar masing-masing siswa. Prestasi belajar merupakan tolak ukur dari keberhasilan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam proses belajarnya. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor fisiologis dan faktor psikologis. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan rumah, lingkungan sekolah, dan faktor mass media dan lingkungan sosial.
PENGARUH KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN DAN MINAT BERORGANISASI TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DI SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 Retno Liangkusmawati
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.23038

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antar variabel yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan cara menjelaskan atau mendeskripsikan data penelitian yang diperoleh dengan cara menguji teori-teori dengan menggunakan analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 53 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) yang sebelumnya telah diuji coba (try out). Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi liniear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan dalam pembelajaran terhadap kemampuan berkomunikasi di sekolah, terdapat pengaruh positif dan signifikan minat berorganisasi terhadap kemampuan berkomunikasi di sekolah, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan dalam pembelajaran dan minat berorganisasi secara bersama-sama terhadap kemampuan berkomunikasi  di sekolah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta.
JURNAL VOL. 2, NO.5 NOVEMBER 2018 admin pap
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 2, No 5 (2018): November
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v2i5.38171

Abstract

JURNAL VOL. 2, NO.5 NOVEMBER 2018

Page 1 of 1 | Total Record : 9