cover
Contact Name
Anton Subarno
Contact Email
antonsubarno@fkip.uns.ac.id
Phone
+6281329027365
Journal Mail Official
jikap@fkip.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Gedung B Lantai 1 FKIP UNS, Jl. Ir, Sutami, No.36A Kentingan Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
ISSN : -     EISSN : 26140349     DOI : https://dx.doi.org/10.20961/jikap
Core Subject : Education, Social,
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan pendidikan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2024): Januari" : 11 Documents clear
Pengaruh self regulated learning dan literasi digital terhadap motivasi berprestasi siswa MPLB SMKN 1 Karanganyar Winta Diah Permata Sari; Anton Subarno; Nur Rahmi Akbarini
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.75772

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh self regulated learning terhadap motivasi berprestasi siswa, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi digital terhadap motivasi berprestasi siswa, dan (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh self regulated learning dan literasi digital secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi siswa. Populasi pada penelitian ini berjumlah 216 siswa keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMKN 1 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 138 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan self regulated learning terhadap motivasi berprestasi siswa berdasarkan besarnya t hitung > t tabel (7,29 > 1,98) dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi digital terhadap motivasi berprestasi siswa berdasarkan besarnya t hitung < t tabel (0,34 < 1,98) dan tingkat signifikansi sebesar 0,73, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan self regulated learning dan literasi digital secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi siswa berdasarkan besarnya F hitung > F tabel (54,10 > 3,06) dan tingkat signifikansi sebesar 0,00.Kata kunci: kuantitatif; kecepatan digital; keinginan berprestasi; pembelajaran mandiriAbstract: This study aims to (1) determine the influence of self-regulated learning on students' achievement motivation, (2) determine the influence of digital literacy on students' achievement motivation, and (3) determine the combined influence of self-regulated learning and digital literacy on students' achievement motivation. The population of this study consisted of 216 students majoring in Office Management and Business Services at SMKN 1 Karanganyar in the academic year 2022/2023. This research used the proportionate stratified random sampling technique with a sample of 138. Data collection was conducted using a questionnaire. This research can be concluded as follows: (1) there is a positive and significant influence of self-regulated learning on students' achievement motivation, based on the calculated  t-value > the tabled t-value (7.29 > 1.98) and a significance level of 0.00, (2) there is no positive and significant influence of digital literacy on students' achievement motivation, based on the calculated t-value < the tabled t-value (0.34 < 1.98) and a significance level of 0.73, and (3) there is a positive and significant combined influence of self-regulated learning and digital literacy on students' achievement motivation, based on the calculated F-value > the tabled F-value (54.10 > 3.06) and a significance level of 0.00.Keywords : digital literacy; desire for achievement, independent learning; quantitative
Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Surakarta Windensi Natazha; Tri Murwaningsih; Jumiyanto Widodo
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.76746

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, (2) Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, dan (3) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung (2,841) > ttabel (1,989) (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta hal ini ditunjukkan dari nilai thitung (3,921) > ttabel (1.989), dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, hal ini ditunjukkan dari analisis uji F yang menunjukan nilai Fhitung 46,500 > Ftabel 3,09.Keywords : kesenangan pelanggan; mutu pelayanan; sarana prasarana Abstract: This study aims to determine (1) The effect of service quality on library visitor satisfaction at the Surakarta City Library and Archives Service, (2) The effect of facilities on library visitor satisfaction at the Surakarta City Library and Archives Service, and (3) The influence of service quality and library facilities together on library visitor satisfaction at the Surakarta City Library and Archives Service. This research was conducted using a quantitative method with a correlational approach. The results showed that (1) there was a positive and significant effect on quality on visitor satisfaction at the Surakarta City Library and Archives Service. This was shown from the value of tcount (2.841) > ttable (1.989) (2) There was a positive and significant influence between facilities on library visitor satisfaction. The satisfaction of library visitors at the Surakarta City Library and Archives Service is shown from the analysis of the F test, which shows the value of Fcount 46.500 > Ftable 3.09.Keywords: customer delight; service quality; infrastructure
Pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di SMK Negeri 1 Sukoharjo Meylani Dwi Utami; Tri Murwaningsih; Winarno Winarno
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.76375

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap disiplin belajar siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa; (3) pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X dan XI jurusan MPLB di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 214 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah 140 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap disiplin belajar (thitung 2.016>ttabel 1.977) dengan signifikansi (0.046<0.05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap disiplin belajar (thitung 4.288>ttabel 1.977) dengan signifikansi (0.000<0.05) ; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar secara bersama-sama (Fhitung 72.589>Ftabel 3.06) dengan signifikansi (0.000<0.05).Kata kunci: komunitas teman sebaya; minat belajar; tertib belajarAbstract: This research aims to determine: (1) the influence of the peer environment on student learning discipline; (2) the influence of learning motivation on student learning discipline; (3) the influence of the peer environment and motivation to study together on student learning disciplineThe research method used is a quantitative approach with correlational methods. The population used is all students in class X and XI majoring in MPLB at SMK Negeri 1 Sukoharjo for the 2022/2023 academic year with a total of 214 students. Sampling used a proportionate stratified random sampling technique with a total of 140 students. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires and documentation. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques. The results showed that: (1) there was a positive and significant peer environment influence on learning discipline (tcount 2.016> ttable 1.977) with significance (0.046<0.05); (2) there is a positive and significant effect of learning motivation on learning discipline (tcount 4.288> ttable 1.977) with significance (0.000<0.05); (3) there is a positive and significant influence on the peer environment and motivation to learn together (tcount 72.589> ttable 3.06) with a significance (0.000<0.05).Keywords: peer community; interest to learn; study orderly
Studi literatur: dampak media sosial terhadap prestasi peserta didik Muhammad Irfan Aminudin; Hery Sawiji; Subroto Rapih
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.75823

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan literatur review yang bertujuan untuk mensintesis dan menggali dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi peserta didik (siswa maupun mahasiswa). Tinjauan literatur ini melibatkan analisis berbagai studi dan artikel penelitian yang mengkaji hubungan antara penggunaan media sosial dan prestasi akademik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik literatur review. Pencarian jurnal dilakukan di google scholar, ScienceDirect, dan Scopus dengan rentan tahun 2015-2022. Hasil skrining dan seleksi studi menghasilkan 122 artikel, dengan hasil akhir sebanyak 13 artikel. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik literatur review sesuai kategori yang ditentukan dalam diagram PRISMA. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa terdapat dampak positif dan negatif penggunaan media sosial terhadap prestasi peserta didik. Dampak positif meliputi akses yang lebih mudah terhadap sumber belajar, peluang kolaboratif, dan peningkatan komunikasi antar Peserta didik. Namun, terdapat juga dampak negatif seperti gangguan konsentrasi, penurunan fokus, dan berkurangnya waktu belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwasanya penggunaan media sosial memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi Peserta didik, tetapi apabila Peserta didik menggunakan media sosial secara berlebihan akan menyebabkan gangguan konsentrasi belajar yang mengakibatkan penurunan prestasi belajar Peserta didik.Kata kunci : hasil belajar, jaringan sosial, siswaAbstract: This study is a literature review that aims to synthesize and explore the impact of social media usage on learners’ achievement (students and university students). This literature review analyzes various studies and research articles that examine the relationship between social media usage and students’ academic performance. The research method used is qualitative with a literature review technique. Journal searches were conducted on Google Scholar, ScienceDirect, and Scopus, covering 2015-2022. Screening and selection of studies resulted in 122 articles, with a final set of 13. The collected data was analyzed using literature review techniques according to predefined categories in the PRISMA diagram. The findings of the study indicate that there are both positive and negative impacts of social media usage on student achievement. Positive impacts include easier access to learning resources, collaborative opportunities, and improved student communication. However, there are also negative impacts, such as distraction, decreased focus, and reduced study time. This study concludes that social media usage has a significant impact on student achievement, but excessive usage can disrupt study concentration and lead to a decline in student performance.Keywords: learning outcomes, social networks, students
Pengaruh digital literacy dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo Siva Indah Purnama; Cicilia Indrawati; Nur Akbarini
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.75699

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1)  digital literacy terhadap kesiapan kerja; (2) self efficacy  terhadap kesiapan kerja; (3) digital literacy dan self efficacy secara bersama-sama  terhadap kesiapan kerja siswa jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XII jurusan OTKP sebanyak 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling dengan total 84 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan digital literacy terhadap kesiapan kerja  (thitung 2,52>ttabel 1,98) dengan signifikansi (0,01<0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kesiapan kerja  (thitung 11,89>ttabel 1,98) dengan signifikansi (0,00<0,05); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan  digital literacy dan self efficacy secara simultan terhadap kesiapan kerja (Fhitung 148,80>Ftabel 3,10) dengan signifikansi (0,00<0,05). Kata kunci : keterampilan digital; kemampuan kerja; kuantitatif; keyakinan diriAbstract: This study aims to determine the effect of (1) digital literacy on work readiness, (2) self-efficacy on work readiness, and (3) digital literacy and self-efficacy together on the work readiness of students majoring in Office Automation and Governance. This research is quantitative research with the correlational method. The population in this study was 107 students in class XII majoring in OTKP. The sampling technique used was proportional random sampling with 84 samples. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data analysis techniques are the prerequisite test and multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) there was a positive and significant effect of digital literacy on work readiness (tcount 2.52> ttable 1.98) with a significance (0.01<0.05); (2) there is a positive and significant effect of self-efficacy on work readiness (tcount 11.89> ttable 1.98) with significance (0.00<0.05); (3) there is a positive and significant effect of digital literacy and self-efficacy simultaneously on work readiness (Fcount 148.80>Ftable 3.10) with a significance (0.00<0.05). Keywords : digital skills; work ability; quantitative; self confidence
Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa Mia Nur Indah Pramesti; Tri Murwaningsih; Subroto Rapih
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.75998

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa, (3) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan penelitian ini berjumlah 140 responden yang diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert modifikasi dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa (thitung 5.740>ttabel 1,978) dengan signifikansi (0,000<0,05), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa (thitung 3.415>ttabel 1,978) dengan signifikansi (0,001<0,05), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa (Fhitung  65.243>Ftabel 3,06) dengan signifikansi (0,000<0,05). Hasil analisis keseluruhan dalam penelitian mendukung hipotesis yang diasumsikan.Kata kunci: kecakapan mengajar; keinginan belajar;  lingkungan pendidikan Abstract: This study aims to find out (1) the influence of students’ perception of teaching skills on students' learning motivation, (2) the influence of school environment on students' learning motivation, (3) the influence of students’ perception of teaching skills and school environment simultaneously on students’ motivation learning. The study was conducted at SMK Negeri 1 Sukoharjo This type of research is a quantitative descriptive study. The sample in this study amounted to 140 respondents taken using proportionate stratified random sampling techniques. The data was collected using Likert scale modification questionnaires and analyzed with multiple linear regression. The results showed that (1) there was a positive and significant influence of student’s perception of teaching skills on students learning motivation (tcount 5,740 > ttable 1,978) with significance (0,000<0,05), (2) there was a positive and significant the influence of school environment on students motivation (tcount 3,415 > ttable 1,978) with significance (0,000<0,05), (3) there was a positive and significant the influence of student perception of teaching skills and school environment simultaneously on students motivation learning (Fcount  65,243 > Ftable 3,06) with significance (0,000<0,05). The overall result of the analysis in this study supports the assumed hypothesis.Keywords: teaching skills; desire to learn; educational environment 
Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan produksi di PT Djarum Kudus Lutfi Ristiyani; Anton Subarno; Tri Murwaningsih
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.76254

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, (2)  pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, dan (3) pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 395 karyawan. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 80 karyawan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (t = 2,81, sign 0,01), (2) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan (t = 3,17, sign 0,00), dan (3) ada pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan (t = 73,48, sign 0,00).Kata Kunci: capaian karyawan; ketertiban kerja; minat kerjaAbstract: The purpose of this study is to determine (1) the effect of work discipline on employee performance, (2) the effect of work motivation on employee performance, and (3) the effect of work discipline and work motivation on employee performance. This study uses quantitative research with a population of 395 employees. The sample of this research used a simple random sampling technique with 80 samples. Data collection techniques were done by questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression analysis with the IBM SPSS 25 program. The results of this study stated that (1) there was a positive and significant effect of work discipline on employee performance (t=2.81, sign 0,01), (2) there was a positive and significant effect of work motivation on employee performance (t=3.17, sign 0.00) and (3) there was a positive and significant influence of work discipline and work motivation simultaneously on employee performance (t=73.48, sign 0.00).Keywords: employee achievements; work order; work interest
Pengaruh literasi keuangan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PAP FKIP UNS tahun 2020-2022 Zahra Nuru Rahman; Tri Murwaningsih; Patni Ninghardjanti
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.75592

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan lingkungan keluarga secara parsial dan simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS 26.0. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi keuangan terhadap minat berwirausaha (thitung 6.442 > ttabel 1.654) dengan nilai signifikansi 0,000; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha (thitung 9.561 > ttabel 1.654) dengan nilai signifikansi 0,000. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi keuangan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha dengan hasil uji F 114.581 > 3.05 dan nilai signifikansi 0,000. Hasil penelitian ini menunjukkan multi signifikansi literasi keuangan dan lingkungan keluarga terhadap Y dipengaruhi nilai sebesar 59,7% dan sisanya sebesar 40,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini. Keseluruhan hasil analisis dalam penelitian ini mendukung hipotesis yang diasumsikan.Keywords : ekosistem keluarga; minat usahawan; pengetahuan finansial; penelitian kuantitatifAbstract: This research investigated the partial and simultaneous effects of financial literacy and family environment on students of office administration education UNS entrepreneurial interest. This quantitative study used the correlational method. The sampling used a proportionate stratified random sampling technique and resulted in 158 students as the sample. The data collection employed interviews and questionnaires. The data analysis used multiple linear regression and utilized IBM SPSS ver. 26.0. The results showed that: 1) there is a positive and significant effect of financial literacy on entrepreneurial interest (tcount 6.442 > ttable 1.654) with a significance value of 0,000; 2) there is a positive and significant effect of family environment on entrepreneurial interest (tcount 9.561 > ttable 1.654) with a significance value of 0,000; 3) there is a positive and significant effect on financial literacy and family environment on entrepreneurial interest (Fcount 114.581 > Ftable 3,05) with a significance value of 0,000. The result of this study showed the multiple significance of financial literacy and family environment towards Y was affected by 59,7% value, and the rest of 40,3% was affected by the other variables that were not explored in this study. The overall result of the analysis in this study supports the assumed hypothesis. Keywords: family ecosystem; entrepreneur interest; financial knowledge; quantitative research
Pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian antaran di PT Pos Indonesia (Persero) Kota Surakarta Vincensia Yustika Setyaningsih; Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati; Susantiningrum Susantiningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.66633

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai bagian pengiriman di PT Pos Indonesia (Persero) Surakarta secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini dilakukan pada pegawai bagian pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) Surakarta yang berjumlah 46 orang, sehingga pengumpulan data menggunakan teknik sampel jenuh dengan menggunakan kuesioner penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan yaitu thitung > ttabel (3,367 > 2,017) dan nilai sig berada pada nilai 0,002, 2) terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan part delivery di PT Pos Indonesia ( Persero ) Kota Surakarta yaitu skor t obs > t tabel (4,742 > 2,017) dan nilai sig berada pada nilai 0,000) terdapat pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai part delivery pada PT Pos Indonesia ( Persero ) Kota Surakarta berdasarkan hasil uji F dengan skor Fhitung > Ftabel (19,080 > 3,21) dan nilai sig lebih kecil dari 0,05 menjadi 0,000 .Kata Kunci : meminta kerja; kemampuan pegawai; pekerjaan lingkunganAbstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai bagian pengiriman di PT Pos Indonesia (Persero) Surakarta secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini dilakukan pada pegawai bagian pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) Surakarta yang berjumlah 46 orang, sehingga pengumpulan data menggunakan teknik sampel jenuh dengan menggunakan kuesioner penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan yaitu thitung > ttabel (3,367 > 2,017) dan nilai sig berada pada nilai 0,002, 2) terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan part delivery di PT Pos Indonesia ( Persero ) Kota Surakarta yaitu skor tobs > ttabel (4,742 > 2,017) dan nilai sig berada pada nilai 0,000) terdapat pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai part delivery pada PT Pos Indonesia ( Persero ) Kota Surakarta berdasarkan hasil uji F dengan skor Fhitung > Ftabel ( 19,080 > 3,21) dan nilai sig lebih kecil dari 0,05 menjadi 0,000.Kata Kunci: perintah kerja; kemampuan karyawan; pekerjaan lingkungan 
Implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Karanganyar (studi kasus pada guru produktif) Azizah Puji Kusumaningrum; Tri Murwaningsih; Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 1 (2024): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i1.76264

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Karanganyar, (2) Hambatan dan solusi yang dialami guru produktif di SMK Negeri 1 Karanganyar.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari informan, dokumen, dan hasil observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka dilakukan dengan dua tahap yaitu, (a) Perencanaan meliputi perancangan KOSP, perancangan ATP, perencanaan pembelajaran dan asesmen, penggunaan dan pengembangan perangkat ajar, perencanaan P5, (b) Pelaksanaan pembelajaran meliputi implementasi P5, penerapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, keterpaduan penilaian dalam pembelajaran, pembelajaran sesuai tahap belajar peserta didik, kolaborasi antar guru untuk keperluan kurikulum dan pembelajaran, kolaborasi dengan orang tua/keluarga dalam pembelajaran, kolaborasi dengan masyarakat/komunitas/industri, refleksi, evaluasi, dan peningkatan kualitas implementasi kurikulum. (2) Hambatannya antara lain: (a) Guru kesulitan menerjemahkan proses pembelajaran Kurikulum Merdeka, (b) Keterbatasan perangkat ajar yang digunakan oleh guru. Adapun solusi yang dilakukan adalah: (a) Mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) terkait Kurikulum Merdeka, (b) Pihak sekolah menyediakan perangkat ajar yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.Kata kunci: bermanfaat; kajian kasus; penerapanAbstract: This study aims to determine (1) the Implementation of Kurikulum Merdeka in SMK Negeri 1 Karanganyar, and (2) the Obstacles and solutions experienced by productive teachers in SMK Negeri 1 Karanganyar. This research uses a qualitative method with a case study approach. Research data sources are obtained from informants, documents, and observations. The sampling technique uses purposive sampling and snowball sampling. Data collection techniques with interviews, observation, and document analysis. Data validity using triangulation of sources and techniques. The data analysis technique uses an interactive model. The results showed that: (1) Implementation of Kurikulum Merdeka is carried out in two stages, that is, (a) Planning includes the design of KOSP, design of ATP, planning of learning and assessment, use and development of teaching materials, planning of P5, (b) Implementation of learning includes implementation of P5, application of student-centered learning, integration of assessment in learning, learning according to the learning stages of students, collaboration between teachers for curriculum and learning purposes, collaboration with parents/families in learning, collaboration with the society/community/industry, reflection, evaluation, and improvement the quality of curriculum implementation. (2) The obstacles are: (a) Teachers have difficulty translating the Kurikulum Merdeka learning process, (b) Limitations of teaching tools used by teachers. The solutions are: (a) Attend education and training related to Kurikulum Merdeka, (b) Schools provide teaching tools supporting implementation.Keywords: beneficial; case studies; application

Page 1 of 2 | Total Record : 11