cover
Contact Name
Nurul Zahriani Jf
Contact Email
abdicendekiazia@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
abdicendekiazia@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Pasar XII Gang Sayang, Dusun II, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara 20371
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Yayasan Zia Salsabila
ISSN : 29638968     EISSN : 29627923     DOI : -
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a regular scientific journal published by by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, published four times a year in March, July, and November. Use Mendeley as a citation manager and use Plagiarism Checker & Turnitin as a filter for plagiarism. The focus and scope of Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat are on various problems in the field of education and Islamic studies, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers in various scientific fields (multidisciplinary) to publish the results of their service written in the format of their research (according to the template) in our journal, which focuses on articles including: 1. Real Job Lecture 2. Community Service 3. Practice Field Experience
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Maret" : 5 Documents clear
Supervisi dalam Pendidikan: Kajian Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Nurul Zahriani Jf; Nur Ainun Mukhrimah; Putri Ayu Lestari; Kiki Utami
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Maret
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.934 KB) | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i1.29

Abstract

Supervisi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting dilaksanakan karena berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk guru yang berimbas pada hasil pembelajaran, oleh karena itu agar pelaksanaan supervisi tersebut berjalan dengan baik, maka perlu diketahui terlebih dahulu tentang apa dan bagaimana yang dimaksud dengan supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan hal yang harus diketahui terlebih dahulu oleh seorang kepala sekolah yang akan menjalankan supervisi atau disebut sebagai seorang supervisor dalam pelaksanaan supervisi. Tujuan dari penulisan ini, yaitu untuk mengetahui segala aspek mengenai supervisi pendidikan. Pada artikel ini, metode yang digunakan adalah metode studi literatur, di mana materi diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan sumber lainnya. Hasil dari pada artikel ini, yaitu supervisi adalah suatu usaha menstimulir, mengkoordinir, dan membimbing secara kontiniu pertumbuhan pendidik di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran dan dengan demikian mereka dapat menstimulir dan membimbing pertumbuhan tiap peserta didik secara kontiniu, serta mampu dan lebih cakap berpartisipasi dalam masyarakat demokrasi modern. Supervisi merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas guru yang merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan secara komprehensif dan kontiniu. Pembentukan profesi guru dilaksanakan melalui program pendidikan pra-jabatan, maupun program dalam jabatan. Potensi sumber daya guru perlu terus menerus dikembangkan agar guru dapat melakukan fungsinya secara profesional. Pengaruh perubahan yang serba cepat mendorong guru untuk terus-menerus belajar menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mobilitas masyarakat.
Pelatihan Kepemimpinan Bagi Kepala Sekolah (Melalui Kajian Teori-teori Kepemimpinan yang Sesuai Diterapkan untuk Sekolah) Melisa Anggraini; Frida Sari Samosir; Wajihan Nihaya
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Maret
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.94 KB) | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i1.30

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa teori-teori kepemimpinan sebagai landasan dalam pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat post-positivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen), di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kepala Sekolah adalah pimpinan tertinggi di sekolah. Pola kepemimpinananya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan sekolah. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan.
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Moh Rizal Padly; Dara Davani; M. Adimas Djuanda Panjaitan
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Maret
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.935 KB) | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i1.31

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa teori-teori kompetensi atau keterampilan guru sebagai landasan dalam pelatihan peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, sehingga sumber data dan bahan analisa kajian menggunakan literatur ilmiah. Kemudian, untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan bahan berupa sumber data ilmiah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru merupakan profesi profesional, di mana ia dituntut untuk berupaya semaksimal mungkin menjalankan profesinya sebaik mungkin. Sebagai seorang profesional, maka tugas guru sebagai pendidik, pengajar dan pelatih hendaknya dapat berimbas kepada siswanya. Dalam hal ini, guru hendaknya dapat meningkatkan terus kinerjanya sebagai modal bagi keberhasilan dalam pendidikan.
Ruang Lingkup dan Pelatihan Keprofesian Guru Pendidikan Agama Islam Sari Kiswah Rambe; Nurul Zahriani Jf; Nanda Arifa Albi; Yudho Pratama
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Maret
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.938 KB) | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i1.32

Abstract

Guru sebagai profesi dipandang sebagai suatu hal yang mulia. Sebab, guru mendidik berbagai profesi lainnya pada awal permulaan, guna menginternalisasikan nilai-nilai luhur atau karakter bagi peserta didik. Artikel ini ditulis dengan tujuan menganalisis tentang ruang lingkup profesi keguruan pendidikan agama Islam. Adapun metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil penemuan menjelaskan bahwa Profesi keguruan adalah tugas guru dalam pembelajaran yang dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu merencanakan, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil belajar siswa untuk tujuan perbaikan. Pendidikan Islam adalah suatu proses penyiapan generasi muda agar terbentuknya kepribadian Muslim yang sempurna dengan teoriteori dan konsep berdasarkan ajaran Islam.
Pengabdian dan Pengajaran Sebagai Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Islam Mawaddah Nasution; Nur Ainun; Nurul Zahriani Jf
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Maret
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.944 KB) | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i1.33

Abstract

Pendidikan merupakan upaya pembinaan karakter dan peningkatan intelektual anak sejak dini. Melalui pendidikan, manusia tidak hanya diajarkan tentang pengetahuan dan wawasan keilmuan, lebih dari itu juga dibina karakter dan kehidupan spiritualitas. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengabdian dan pengajaran sebagai hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Metode penelitian ini kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Adapun sumber data dan bahan analisa kajian menggunakan literatur ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang guru tidak hanya mentransfer pengetahuan kepada siswa, tetapi juga bagaimana mendidik murid-muridnya menjadi orang baik. Sehingga, para siswa akan menjadi orang-orang baik yang memiliki ilmu dan agama. Dalam pendidikan Islam, siswa tidak hanya diberikan kemampuan intelegensi, tetapi juga intelegensi emosional, sosial dan spiritual.

Page 1 of 1 | Total Record : 5