cover
Contact Name
Louise Elizabeth
Contact Email
pcej.civil.@ukipaulus.ac.id
Phone
+6282189112243
Journal Mail Official
pcej.civil@ukipaulus.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA PAULUS GEDUNG H KAMPUS UKI-Paulus Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan K.M. 13, Daya Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Paulus Civil Engineering Journal
ISSN : 27758613     EISSN : 27754529     DOI : https://doi.org/10.52722/pcej
Core Subject : Engineering,
Paulus Civil Engineering Journal (PCEJ) is a civil engineering scientific journal publishes every four months, March, June, September, and December. The first volume of PCEJ was published in 2019 with the mission of being a pioneer in publishing information media on the development of Civil Engineering research in Indonesia. As a national media, PCEJ can accommodate the need for media to disseminate the latest information and developments for researchers and Civil Engineering practitioners in Indonesia. Journal published by the Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Kristen Indonesia Paulus in the Online Journal System (OJS). The scope of the Journal includes the following areas: Structure Water resources Transportation, Environmental Engineering, Construction Engineering Management Geotechnics as well as other fields of science related to these fields.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022" : 20 Documents clear
Pemanfaatan Limbah Plastik PVC Sebagai Bahan Tambah Pada Campuran AC-WC Rante, Mita; Alpius; Kamba, Charles
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/kzpeqj95

Abstract

Untuk menunjang pembangunan jalan dan meningkatkan kualitas campuran aspal, pembangunan jalan memerlukan pengaspalan beton yang baik dan perawatan yang rutin, salah satunya dengan memasukkan zat aditif ke dalam aspal. Limbah pipa yang terbuat dari plastik PVC menjadi bahan yang digunakan. Limbah plastik PVC ini dimanfaatkan dengan cara menambahkan plastik PVC ke dalam campuran aspal menggunakan cara kering. Tujuan penelitian pengujian karakteristik campuran AC-WC yang menggunakan limbah plastic PVC sebagai bahan tambah. Metode pengujian dengan Marshall konvensional serta Marshall Immersion. Hasil pengujian Marshall Konvensional menunjukkan dengan menggunakan kadar limbah plastik 0%, 1%, 2%, 3% dan 4%, karakteristik campuran AC-WC seperti Stabilitas, Flow, VIM, VFB, dan VMA memenuhi spesifikasi Direktorat Jenderal Bina Marga 2018 dan hasil pengujian Marshal Immersion menunjukkan Stabilitas Marshall Sisa menunjukkan nilai memenuhi persyaratan.
Pemanfaatan Batu Gunung Tatale Kecamatan Tawalian Kabupaten Mamasa Sebagai Agregat Campuran Laston Lapis Pondasi Mangiri, Mardi; Rachman, Rais; Alpius
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/91ncjw34

Abstract

Pemanfaatan material lokal sebagai bahan konstruksi jalan adalah anjuran dari pemerintah, ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan pendapatan masyarakat lokal. Selain itu pihak pelaksana pekerjaan tidak perlu mendatangkan material dari tempat lain dalam artian dapat mengurangi biaya operasional dan waktu angkutan. Penggunaan material untuk suatu bahan konstruksi haruslah melalui suatu pengujian-pengujian utamanya karakteristik dari material tersebut. Pada penelitian ini Batu Gunung dari gunung Tatale akan digunakan sebagai bahan lapisan permukaan untuk Campuran Aspal Beton Lapis Pondasi. Metode yang digunakan adalah Marshall Konvensional dan Marshall Immersion dengan rujukan Sepesifikasi Bina Marga untuk Pekerjaan Jalan dan Jembatan Divisi 6 2018. Hasil penelitian menunjukkan material Gunung Tatale Kecamatan Tawalian Kabupaten Mamasa dapat digunakan sebagai campuran lapis pondasi sesuai dengan Spesifikasi Umum Bina Marga 2018. Nilai indeks kekuatan sisa dari hasil pengujian Marshall Immersion 94.50%
Pengaruh Produktivitas Tenaga Kerja Pada Proyek Pengembangan Trans Studio Mall Makassar Utami, Melani; Mara, Junus; Pascal Tiyouw, Herby Calvin
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/13ar8202

Abstract

Produktivitas adalah suatu yang penting untuk semua tenaga kerja dalam menyelesaikan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu, perhitungan mengenai produktivitas tenaga kerja penting dilakukan untuk mengontrol berjalannya suatu proyek konstruksi pada Proyek Pengembangan Trans Studio Mall Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produktivitas tenaga kerja pekerjaan bekisting kolom pada Proyek Pengembangan Trans Studio Mall Makassar. Bekisting kolom merupakan elemen penting yang tak terpisahkan pada sebuah proyek konstruksi. Bekisting berfungsi sebagai wadah beton yang sedang dibentuk yang kemudian dilepas ketika beton telah memenuhi standar yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung di lapangan, penelitian ini berlangsung selama 7 jam dalam 10 hari dan dilakukan observasi kepada 4 tenaga kerja yang bertugas dalam mengerjakan bekisting kolom Proyek Pengembangan Trans Studio Mall Makassar. Setelah dilakukan pengamatan di lapangan dan dilakukannya pengolahan data serta dilakukan perbandingan koefisien tenaga kerja dilapangan dan tenaga kerja SNI 7394-2008 mengenai koefisien tenaga kerja, hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kenaikan produktivitas tenaga kerja dengan indeks tenaga kerja sebesar 33%. Untuk acuan perbandingan indeks produktivitas tenaga kerja, pada penelitian ini digunakan SNI 7394-2008 mengenai koefisien produktifitas tenaga kerja yang dibandingkan dengan produktivitas tenaga kerja dilapangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produktivitas tenaga kerja bekisting kolom pada Proyek Pengembangan Trans Studio Mall Makassar produktiv dengan indeks produktivitas 1,33 terhadap produktivitas SNI 7394-2008.
Analisis Hasil Pengujian California Bearing Ratio Penambahan SlagNikel Pada Tanah Lempung Linga, Patrick Setiawan; Wong, Irwan Lie Keng; Fitrian, Eltrit Bima
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/ehsgcg53

Abstract

Perbaikan tanah pada tanah lempung perlu dilakukan karena tanah lempung memiliki kandungan air yang besar, angka pori yang besar, plastisitas indeks yang besar, berat volume yang kecil sehingga menyebabkan daya dukung tanah lempung menjadi rendah. Metodologi dalam riset dengan penambahan slag nikel ini ialah melaksanakan berbagai pengujian karakteristik tanah setelah itu merencanakan komposisi campuran, memperoleh nilai kadar air optimum dari pengujian Kompaksi memperoleh nilai daya dukung tanah dari pengujian California Bearing Ratio (Unsoaked Design CBR). Hasil yang didapatkan menunjukkan karakteristik dari tanah yang diuji memenuhi sebagai tanah lempung. Pada pengujian kompaksi di titik 1 serta titik 2 menggunakan campuran variasi 0%, 20%, 25%, 30%, 35% mengalami peningkatan pada kadar air optimum serta kepadatan kering maksimum. Di titik 1 mengalami kenaikan kepadatan kering pada pengujian kadar slag nikel dari 0% sebanyak 1,098 terus mengalami kenaikan pada penambahan slag nikel hingga 30% sebanyak 1,123 terus meningkat pada penambahn kadar slag nikel hingga 35% sebanyak 1,214. Pada uji CBR yaitu CBR tanpa perendaman terjadi kenaikan nilai CBR di titik 1 ataupun di titik 2 yang mana nilai CBR pada titik 1 yaitu 1,97%, 2,63%, 3,80%, 5,70%, 6,33% sedangkan nilai CBR pada titik 2 yaitu 2,24%, 2,60%, 3,23%, 3,97%, 5,17%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa slag nikel bisa digunakan meningkatkan daya dukung tanah lempung karena slag nikel dapat meningkatkan nilai CBR tanah. 
Pemanfaatan Batu Sungai Laeya Kabupaten Konawe Selatan sebagai Campuran Stone Matrix Asphalt Halus Mangasa, Galantono; Alpius; Elizabeth
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/nhyx8a19

Abstract

Perkembangan transportasi semakin maju di dunia sehingga muncul banyak kendaraan yang melintas di jalan raya sehingga kualitas perkerasan jalan perlu ditingkatkan kualitasnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas batu sungai Laeya Kabupaten Konawe Selatan dalam campuran stone matrix asphalt (SMA) halus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengujian karakteristik agregat kemudian merancang komposisi campuran stone matrix asphalt (SMA) halus serta pengujian marshall konvensional dan pengujian marshall immersion. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa agregat yang berasal dari sungai Laeya memenuhi persyaratan sebagai bahan yang digunakan dalam perkerasan jalan. Dari hasil pengujian marshall konvensional dengan menggunakan kadar aspal 6,00%, 6,25%, 6,50%, 6,75%, 7,00% diperoleh nilai stabilitas, VIM, flow, VMA yang memenuhi spesifikasi umum bina marga 2018. Dari pengujian marshall immersion nilai stabilitas marshall sisa didapatkan sebesar 98,54% dengan kadar aspal 7,00% dan memenuhi standar yang telah ditentukan yaitu minimal >90%. 
Analisis Pemilihan Moda Perjalanan Penduduk Pada Perumahan Nusa Tamalanrea Indah Laba, Emanuel; Rachman, Rais; Radjawane, Louise Elizabeth
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/yrza5x12

Abstract

Setiap pergerakan yang dilakukan oleh masyarakat tidak dapat dipenuhi di satu tempat sehingga masyarakat perlu pergi ke suatu tempat yang berbeda untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan alat transportasi. Adanya kebutuhan aktivitas tersebut pada akhirnya mendorong seseorang untuk memilih moda yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang memengaruhi pemilihan moda perjalanan penduduk pada Perumahan Nusa Tamalanrea Indah. Survey home interview melalui penyebaran link google form kepada penduduk Perumahan Nusa Tamalanrea Indah menjadi cara pengumpulan data dalam penelitian ini dan analisis menggunakan regresi linear dibantu perangkat lunak SPSS. Faktor yang sangat mempengaruhi pemilihan moda pada Perumahan Nusa Tamalanrea Indah, Kota Makassar adalah jumlah anggota keluarga yang bekerja.
Pemanfaatan Batu Sungai Laeya Kabupaten Konawe Selatan untuk Stone Matrix Asphalt Kasar Palebangan, Rahmat; Alpius; Elizabeth
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/xzeedj04

Abstract

Pada umumnya, jalanan di Indonesia menggunakan menggunakan beberapa campuran dalam pengolahannya, seperti stone matrix asphalt atau dikenal juga dengan split mastix asphalt (SMA), yaitu beton aspal campuran panas yang memaksimalkan penggunaan agregat kasar dan aspal sebagai pengikatnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk memanfaatan batu sungai Laeya Kabupaten Konawe Selatan dalam campuran stone matrix asphalt (SMA) Kasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengujian karakteristik agregat kemudian merancang komposisi campuran stone matrix asphalt (SMA) serta pengujian marshall konvensional dan pengujian marshall immersion. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa agregat yang berasal dari sungai Laeya memenuhi persyaratan sebagai bahan yang digunakan dalam perkerasan jalan. Dari hasil pengujian marshall konvensional dengan menggunakan kadar aspal 6,00%, 6,25%, 6,50%, 6,75%, 7,00% diperoleh nilai stabilitas, VIM, flow, VMA yang memenuhi spesifikasi umum Bina Marga 2018. Dari pengujian marshall immersion nilai stabilitas marshall sisa didapatkan sebesar 96,30% dengan kadar aspal 7,00% dan memenuhi standar yang telah ditentukan yaitu minimal >90%.
Karakteristik Operasional Angkutan Ojek Sebagai Angkutan Feeder Perumahan Bukit Lateri Indah, Kota Ambon Amaheka, Sammyles G. M.
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/asnf9m10

Abstract

Terbatasnya angkutan umum yang melayani masyarakat dari perumahan ini menuju tujuan, maka dibutuhkan suatu angkutan Feeder. Angkutan feeder yang paling umum digunakan di Kota Ambon adalah ojek. Tujuan penelitian ini menganalisis Karakteristik Operasional Angkutan Ojek Sebagai Angkutan Feeder Perumahan Bukit Lateri Indah, Kota Ambon. Teknik analisis data dengan cara membandingkan kondisi yang ada dilapangan dengan karakakteristik ojek seperti karakteristikoperasional, karakteristik finansial dan tingkat pengahsilan. Hasil penelitian menunjukkan waktu operasi fleksibel namun sebagian besar (95%) pengemudi ojek beroprasi selama 15 jam. Untuk kapasitas operasional dari pangkalan ojek diketahui dalam 1 jam pangkalan mampu melayani sebanyak 105 orang. Sedangkan untuk pola operasi sebagian besar (80%) memilih pola operasi dengan mangkal menggunakan sistem antrian sesuai waktu kedatangan dengan mencatat pada papan tulis. Waktu menunggu ojek di rumah 1-5 menit 70% dan di pangkalan 1-5 menit 100%. Untuk tingkat keselamatan yang diperoleh bahwa 70% penumpang ojek menjawab cukup baik. Tingkat kenyamanan yang diperoleh bahwa 85% pengguna ojek merasakan cukup nyaman. Kelayakan finansial pengendara ojek pada daerah permukiman pada perumahan BLI adalah untuk kendaraan sewa dengan menggunakan parameter NPV adalah Rp 6.496.500,00 pertahun, dan menggunakan parameter BCR adalah adalah 1.33. Sedangkan untuk kendaraan kredit dengan menggunakan parameter NPV adalah Rp 8.488.000,00, dan menggunakan parameter BCR adalah 1.47. 
Karakteristik Campuran AC – WC Dengan Bahan Tambah Abu Tongkol Jagung Wisnu, Bram; Rachman, Rais; Alpius
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/drc52r94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta karakteristik dari campuran AC-WC dengan adanya penambahan abu tongkol jagung terhadap campuran yang menggunakan agregat dari Sungai Leoran Kabupaten Enrekang dan untuk dan untuk mengatasi permasalahan limbah tongkol jagung. Agar mendapatkan hasil karakteristik dari campuran AC-WC digunakan metode marshall test. Hasil uji marshall test terhadap karakteristik campuran AC-WC yang ditambahkan abu tongkol jagung dengan nilai rata-rata Stabilitas 0%-2% : 949,25 kg – 988,52 kg, untuk VIM 0% - 2% : 4,03% -3,32%, untuk Flow 0%-2% : 3,09 mm – 3,36 mm, untuk VMA 0%-2% : 21,61% - 20,97%, dan terakhir VFB 0%-2% : 81,36% - 84,18%. Menurut hasil dari penelitian mulai dari kadar penambahan 0%-2% abu tongkol jagung memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018
Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Derajat Kejenuhan Ruas Jalan Tamalanrea Raya Makassar Bombing, Yous Rizal; Mangontan, Robert; Jujun Sanggaria, Olan
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/w6ngnm19

Abstract

Kota Makassar adalah salah satu kota metropolitan yang di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat, karena pertambahan jumlah penduduk yang kian hari kian bertambah dengan cepat, sehingga kemudian berpengaruh pada peningkatan kemacetan pada wilayah tersebut dikarenakan meningkatnya kebutuhan mobilitas masyarakat untuk mendukung kebutuhan distribusi barang, sosial, agama dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hambatan samping dan pengaruh hambatan samping terhadap derajat kejenuhan pada jalur kiri dan jalur kanan Jalan Tamalanrea Raya Makassar mulai dari depan Toko Putra Naga Mas BTP sampai depan Indomart BTP Blok A 24. Adapun data yang dipakai adalah data primer dan sekunder, selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2014. Berdasarkan perhitungan dan analisis data selama 3 hari pengamatan pada daerah studi, arus lalu lintas puncak tertinggi berada di atas angka 1300 skr/jam. Untuk hambatan samping yang terjadi pada jam puncak di jalur kiri dan kanan berada di atas angka 360 kejadian sehingga dapat digolongkan dalam kelas hambatan samping sedang, derajat kejenuhan jalur kiri dan jalur kanan pada jam puncak arus lalu lintas diperoleh nilai derajat kejenuhan 0,51 jalur kanan dan 0,48 pada jalur kiri, sehingga dapat dikatakan bahwa hambatan samping juga ikut mempengaruhi terjadinya kemacetan pada lokasi yang dijadikan sebagai daerah studi. 

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 3 (2025): Paulus Civil Engineering Journal V7N3 2025 Vol. 7 No. 2 (2025): Paulus Civil Engineering Journal V7N2 2025 Vol. 7 No. 1 (2025): PCEJ Vol.7, No.1, Maret 2025 Vol. 7 No. 4 (2025): Paulus Civil Engineering Journal, Vol.7, No.4 Vol. 6 No. 4 (2024): PCEJ Vol.6, No.4, Desember 2024 Vol. 6 No. 3 (2024): PCEJ Vol.6, No.3, September 2024 Vol. 6 No. 2 (2024): PCEJ Vol.6, No.2, June 2024 Vol. 6 No. 1 (2024): PCEJ Vol.6, No.1, March 2024 Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023 Vol. 5 No. 3 (2023): PCEJ Vol.5, No.3, September 2023 Vol. 5 No. 2 (2023): PCEJ Vol.5, No.2, June 2023 Vol. 5 No. 1 (2023): PCEJ Vol.5, No.1, March, 2023 Vol 5 No 3 (2023): Paulus Civil Engineering Journal Volume 5, No.3 Vol 5 No 2 (2023): Paulus Civil Engineering Journal, Volume 5, No.2 Vol 5 No 1 (2023): Paulus Civil Engineering Journal, Volume 5, No.1 Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022 Vol. 4 No. 3 (2022): PCEJ, Vol.4, No.3, September 2022 Vol. 4 No. 2 (2022): PCEJ, Vol.4 No.2, June 2022 Vol 4 No 1 (2022): Volume 4 No.1, Maret 2022 Vol. 4 No. 1 (2022): PCEJ, Vol.4, No.1, March 2022 Vol 4 No 4 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No. 4 Vol 4 No 3 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No.3 Vol 4 No 2 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No.2 Vol. 3 No. 4 (2021): PCEJ, Vol.3, No.4, December 2021 Vol 3 No 4 (2021): Volume 3 No.4 Desember 2021 Vol. 3 No. 3 (2021): PCEJ, Vol.3, No.3, September 2021 Vol 3 No 3 (2021): PCEJ, Vol.3, No.3, 2021 Vol 3 No 2 (2021): Paulus Civil Engineering Journal Volume 3, Nomor 2, Juni, 2021 Vol. 3 No. 2 (2021): PCEJ, Vol.3, No.2, June 2021 Vol. 3 No. 1 (2021): PCEJ, Vol.3, No.1, March 2021 Vol 3 No 1 (2021): Volume 3, No.1, Maret 2021 Vol 2 No 4 (2020): Volume.2 No.4, Desember 2020 Vol. 2 No. 4 (2020): PCEJ, Vol.2, No.4, December 2020 Vol. 2 No. 3 (2020): PCEJ, Vol.2, No.3. September 2020 Vol 2 No 3 (2020): Volume 2, No.3, September 2020 Vol 2 No 2 (2020): Volume 2 No.2, June 2020 Vol. 2 No. 2 (2020): PCEJ, Vol.2, No.2, June 2020 Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 No.1, Maret 2020 Vol. 2 No. 1 (2020): PCEJ, Vol.2, No.1, March 2020 Vol. 1 No. 2 (2019): PCEJ, Vol.1, No.2, December 2019 Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, No.2, Desember 2019 Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019 Vol. 1 No. 1 (2019): PCEJ, Vol.1, No.1, September 2019 More Issue