cover
Contact Name
Mia Cholvistaria
Contact Email
poaceummetro@gmail.com
Phone
+6285838186988
Journal Mail Official
poaceummetro@gmail.com
Editorial Address
https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/poace/about/editorialTeam
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
ISSN : 27756564     EISSN : 27757048     DOI : https://doi.org/10.24127
Core Subject : Education, Social,
FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organisation.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU SD Syahrani, Syahrani; Dacholfany, Ihsan; Sudirman, Sudirman
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.4082

Abstract

Abstrak Untuk memastikan pembelajaran, pengajaran dan administrasi pendidikan oleh guru dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan pula peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk melakukan supervisi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi klinis, upaya peningkatan kualitas pembelajaran guru, dan mendeskripsikan kendala dan solusi supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru SD Negeri 2 Way Serdang Kabupaten Mesuji Lampung. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan prosedur observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru terbiasa mengeluarkan keluh kesahnya dalam pembelajaran dengan teman sejawat maupun pimpinan serta berharap mendapat solusi melalui supervisi klinis, Upaya peningkatan kualitas pembelajaran guru oleh kepala sekolah yaitu melalui implementasi supervisi klinis pada 3 indikator utama pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran guru. Kendala yang ditemui pada supervisi klinis yaitu adanya perubahan kurikulum dan kurang aktifnya dinas pendidikan dalam meningkatkan kemampuan supervisi kepala sekolah. Adapun solusi yang dilakukan kepala sekolah yaitu membentuk Tim Supervisi yang anggotanya terdiri dari guru PNS senior dan membangun komunikasi yang intensif dan efektif terkait pentingnya supervisi klinis.. Kata Kunci: Supervisi Klinis; Kualitas Pembelajaran. Abstract To ensure that learning, teaching and administration of education by teachers can be carried out properly, the role of the principal as a supervisor is also needed to supervise education. The purpose of this study was to describe the implementation of clinical supervision, efforts to improve the quality of teacher learning, and to describe the constraints and solutions of school principals' clinical supervision in improving the quality of learning for elementary school teachers 2 Way Serdang, Mesuji District, Lampung. With a qualitative descriptive approach, data collection was carried out using observation, interviews, documentation, and triangulation procedures. The results of the study show that teachers are accustomed to expressing their complaints in learning with colleagues and leaders and hope to get a solution through clinical supervision. Efforts to improve the quality of teacher learning by the principal are through the implementation of clinical supervision on 3 main indicators of learning, namely: planning, implementation and evaluation teacher learning. Obstacles encountered in clinical supervision were curriculum changes and the inactivity of the education office in improving the supervisory abilities of school principals. The solution adopted by the school principal is to form a Supervision Team whose members consist of senior state teachers and build intensive and effective communication regarding the importance of clinical supervision. Keywords: Clinical Supervision; Quality of learning.
IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK GURU BERKARAKTER DI SMA N 1 RAMAN UTARA Sukartini, Sukartini; Andayani, Sutrisni; Dacholfany, Ihsan
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.4124

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengambarkan serta menganalisis penerapan gaya kepemimpinan transformasional SMAN 1 Raman Utara dalam pelatihan guru karakter dan upaya pemimpin SMA Negeri 1 Raman Utara dalam pelatihan guru karakter. menghadapi kendala. dalam pelatihan menjadi guru karakter di SMA Negeri 1 Raman Utara. Dalam kajian ini menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Untuk penelitian ini, informasi diperoleh dari beberapa informan, seperti Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Kepala Sekolah, 3 Dewan Guru sebagai perwakilan dan Dewan Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan dan sikap/perilaku kepala sekolah. 2) Pembentukan karakter guru SMA Negeri 1 Raman Utara dilandasi kesadaran pribadi melalui pengembangan diri. 3) Upaya Kepala SMA Negeri 1 Raman Utara hendaknya menjadi teladan bagi Surita dan anak buahnya. 4) Kendala karena kurangnya pemahaman dan sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya tersedia.
PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA BERBASIS BUDAYA SEKOLAH ., Sapuan; Noor, Marzuki; Andayani, Sutrisni; Harjoko, Harjoko
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.4302

Abstract

Untuk membantu siswa mengembangkan prinsip-prinsip moral mereka, pendidikan karakter adalah prosedur yang dapat digunakan sebagai pengganti sekolah tradisional. Pendidikan karakter sangat penting diterapkan sejak dini melalui pembinaan kebiasaan-kebiasaan positif dalam kehidupan siswa. Tercapainya pendidikan karakter berdampak pada sikap dan perilaku yang terpuji, sehingga anak dapat mengembangkan karakter dan moral yang baik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam merencanakan, mengimplementasikan serta hasil dari implementasi budaya sekolah yang diantaranya budaya gerakan literasi, kegiatan ekstrakulikuler, dan menetapkan tata tertib sekolah sebagai upaya dalam penguatan pendidikan karakter siswa di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menguraikan studi diskriptif yang membuat gambaran fenomena yang diteliti dengan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan ditekankan pada kualitasnya dan dipandang sebagai sampel teoritis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa SMPN 1 Bangunrejo melakukan pengelolaan pendidikan karakter siswa yakni religius, mandiri, gotong royong, nasionalis dan integritas melalui budaya sekolah diantaranya gerakan literasi, kegiatan ekstrakulikuler dan menetapkan tata tertib sekolah. Dengan melakukan perencanaan yang matang dan dengan pelaksanaan yang baik sehingga penguatan pendidikan karakter siswa menjadi tepat sasaran sehingga dapat terlihat dampaknya terhadap perilaku siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah keberhasilan penguatan pendidikan karakter siswa memerlukan dukungan penuh dari kepala sekolah untuk terus memberi dorongan semangat dan memotivasi siswa dan guru dalam pelaksanaan budaya sekolah agar penguatan pendidikan karakter siswa dapat tepat sasaran.
PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SD NEGERI BUMI SETIA KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Yusuf, Arifin; Dami, Sudarman; Aminin, Sudirman
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.4427

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas belajar siswa dipengaruhi oleh fasilitas pendidikan dan efektivitas pengajar. Strategi deskriptif kuantitatif digunakan dalam penyelidikan ini. Ada 26 peserta dalam populasi penelitian ini instruktur SD Negeri Bumi Setia. Kuesioner digunakan dalam pengumpulan data. Regresi linier berganda digunakan dalam analisis data bersama dengan uji t dan f untuk pengujian hipotesis. Temuan menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran berdampak terhadap efektivitas pembelajaran; Nilai thitung sebesar 8,103 > nilai ttabel sebesar 1,711 menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 73,2% terhadap efektivitas pembelajaran. Kinerja mengajar guru berdampak terhadap efektivitas pembelajaran; Hal ini terlihat dari nilai thitung sebesar 5,214 > nilai ttabel sebesar 1,711 yang menunjukkan adanya Kemanjuran pembelajaran dipengaruhi oleh kinerja mengajar guru sebesar 53,1%. Hasil Fhitung 48,927 > Ftabel 3,40 menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran dan efektivitas mengajar guru digabungkan berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Fasilitas pembelajaran dan efektivitas guru secara keseluruhan berkontribusi sebesar 81,0% terhadap efektivitas pembelajaran; faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini menyumbang persentase sisanya. Kata kunci: Fasilitas Pembelajaran, Kinerja Mengajar Guru, Efektivitas Belajar ABSTRACT This study aims to determine the extent to which student learning effectiveness is influenced by educational facilities and teaching effectiveness. A quantitative descriptive strategy was used in this investigation. There were 26 participants in this study population as SD Negeri Bumi Setia instructors. Questionnaires are used in data collection. Multiple linear regression was used in data analysis along with t and f tests for hypothesis testing. The findings show that learning facilities have an impact on learning effectiveness; The tcount value is 8.103 > the ttable value is 1.711 indicating that learning facilities contribute 73.2% to learning effectiveness. Teacher teaching performance has an impact on learning effectiveness; This can be seen from the tcount value of 5.214 > the ttable value of 1.711 which indicates that the efficacy of learning is influenced by the teacher's teaching performance of 53.1%. The results of Fcount 48.927 > Ftable 3.40 indicate that learning facilities and teacher teaching effectiveness combined have an effect on learning effectiveness. Learning facilities and teacher effectiveness as a whole contribute 81.0% to learning effectiveness; other factors not included in this study accounted for the remaining percentage. Keywords: Learning Facilities, Teaching Performance, Learning Effectiveness
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KEPUTUSAN ORGANISASI: Strategi Komunikasi di MA Muhammadiyah Metro Refai, Refai; Patimah, Siti; Subandi, Subandi; Makbulloh, deden
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.5084

Abstract

Komunikasi adalah aspek penting yang selalu hadir dalam organisasi. Komunikasi berfungsi secara mendasar pada pembentukan berbagai aspek dalam setiap organisasi. Pada penelitian kualitatif ini, para peneliti mencoba memahami peran komunikasi dalam proses pengambilan keputusan organisasi utamanya di MA Muhammadiyah Metro. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan para responden yang juga melakukan pengamatan di Lembaga Pendidikan Islam tersebut. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa komunikasi efektif telah dipraktikkan di dalam organisasi pendidikan Islam tersebut. Didapati bahwa di MA Muhammadiyah Metro telah melaksanakan komunikasi efektif yaitu komunikasi interaksi dua arah di mana salah satunya dengan memanfaatkan platform digital. Komunikasi efektif tersebut telah menghasilkan pengaruh positif terutama pada penyelesaian masalah, dan pembentukan konsensus selama pengambilan keputusan organisasi. Namun demikian, masih juga ditemukan adanya hambatan-hambatan seperti; budaya, hierarkis, dan teknologi sehingga hal ini menunjukkan perlunya penerapan strategi seperti pelatihan keterampilan komunikasi, budaya organisasi yang mendukung, dan peningkatan infrastruktur teknologi informasi, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan pengambilan keputusan.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJAGURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SEKECAMATAN METRO TIMUR LAMPUNG Afrina, Heni; sudirman, sudirman; Dacholfany, Ihsan
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.5092

Abstract

Komponen yang menjadi alat ukur berhasil atau tidaknya dalam pendidikan ialah tergantung dari motivasi kerja guru yang baik guna meningkatkan kinerja guru dan diimbangi dengan kompetensi pedagogik individu yang optimal, maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) seberapa besar pengaruhnya kompetnsi pedagogik dengan kinerja guru, 2) motivasi kerja guru dengan kinerja guru, 3) secara bersamaan kompetensi pedagogik dan motivsi kerja terhadap kinerja guru. Desain dalam riset ini dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam riset ini ialah 136 guru ada di kecamatan Metro Timur diantaranya SMP Negeri 4, SMP Negeri 2, dan SMP Negeri 7 Kota Metro. Dengan pengambilan sampel diketemukan sebesar 57 Guru yang mewakili dalam pengisian angket kuesioner. Teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling, serta pengujian analisis menggunakan uji validitas instrumen, reliabilitas, normalitas, linieiritas, homogenitas dan multi regresi berganda dengan pengambilan keuptusan uji parsila t, uji simultan f dan kooefisien determinasi. Kesimpulan membuktikan bahwa secara parsial kompetensi pedagogik dengan kinerja guru sebesar 66,9%, dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru sebesar 97,9% sedagnkan secara simultan antara kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 72,7%.Saran yang dapat penulis sampaikan Perspektif kinerja guru dapat meningkat hendaknya kompetensi pedagogik yang sudah berjalan dengan baik dan optimal dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, kemampuan tersebut meliputi kemampuan menyusun program pembelajaran, melaksanakan program pembelajaran, dan kemampuan menilai hasil dan proses pembelajaran, agar dapat melakukan inovasi serta ide yang lebih baik lagi.Perspektif kinerja guru dapat meningkat maka motivasi kerja guru yang masih kurang optimal agar diperbaiki yang mencakup daya penggerak bagi seorang guru untuk menggerakkan dan mengarahkan guru melakukan pekerjaan sesuai dengan rencana guna mencapai tujuan dan visi misi sekolah.
EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN SELF EFFICACY DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP NEGERI 3 BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR MULYANI, SRI; Sudirman, Sudirman; Andayani, Sutrisni; Harjoko, Harjoko
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.5272

Abstract

Abstrak Kinerja guru merupakan gambaran tentang sikap, keterampilan, nilai, dan pengetahuan guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, yang ditunjukkan dalam penampilan, perbuatan, dan prestasi kerjanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan employee engagement dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Untuk mendeskripsikan self efficacy dalam meningkatkan kinerja guru. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek yang menjadi sumber data primer adalah kepala sekolah dan guru. Sumber data sekunder dapat diperoleh dari literatur-literatur bacaan yang relevan serta dokumentasi dari sumber-sumber yang terkait. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa 1) employye engagement dapat meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Batanghari pada aspek semangat (vigor), dedikasi (dedication), dan penyerapan (absorption) selalu antusias dengan pekerjaan yang dikerjakan, memiliki dedikasi tinggi dalam bekerja, dan memberikan inspirasi lebih dalam bekerja sehingga mampu meningkatkan kinerja guru. 2) Self eficacy dapat meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Batanghari pada aspek dimensi level, generality, dan strength. Pada guru yang memiliki self eficacy tinggi tidak merasa gugup atau takut ketika berbicara di depan kelas, merasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, selalu berkeyakinan bahwa pengetahuan bisa terus digali, dan selalu berpikir positif terhadap masa depan yang akan dihadapi. Kata kunci: employee engagement; kinerja guru; self efficacy Abstract Teacher performance is a description of the teacher's attitudes, skills, values ​​and knowledge in carrying out their duties and functions, which is shown in their appearance, actions and work achievements. The objectives of this research are 1) To describe employee engagement in improving teacher performance. 2) To describe self-efficacy in improving teacher performance. The research design used in this research is a qualitative descriptive research method. In this research, the sampling technique used was purposive sampling. The subjects who are the primary data sources are school principals and teachers. Secondary data sources can be obtained from relevant reading literature as well as documentation from related sources. The data collection techniques for this research are questionnaires, interviews, observation and documentation. Based on the results of the research and discussion, several conclusions can be drawn that 1) employee engagement can improve the performance of teachers at SMP Negeri 3 Batanghari in the aspects of enthusiasm, dedication and absorption, always enthusiastic about the work they do, have high dedication in work, and provides more inspiration in work so as to improve teacher performance. 2) Self-efficacy can improve teacher performance at SMP Negeri 3 Batanghari in the dimensions of level, generality and strength. Teachers who have high self-efficacy do not feel nervous or afraid when speaking in front of the class, feel confident in their abilities, always believe that knowledge can continue to be explored, and always think positively about the future they will face. Keywords: employee engagement; teacher performance; self-efficacy
STRATEGI PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Lubis, Dharmawan; Fatimah, Siti; Subandi, Subandi; Makbuloh, Deden
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.5284

Abstract

Budaya organisasi merupakan satu kesatuan nilai-nilai, sistem, yang dianut dan dijadikan pedoman bersama baik individu maupun kelompok pada organisasi atau suatu lembaga. Organisasi atau kelompok akan mengalami perkembangan dan kemajuan, jika budaya organisasi dalam sebuah organisasi dan lembaga tersebut terorganisir serta berjalan dengan baik. Dalam tulisan ini, penulis menemukan tahap-tahap dalam konsep pengembangan budaya organisasi dan relevan untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan Islam, yaitu: konsep budaya organisasi, fungsi dan pengembangan budaya organisasi, tipe budaya organisasi terdiri dari open and participative culture; dan closed and autocratic culture, pembentukan budaya organisasi, strategi memperkuat budaya organisasi terdiri dari (solidaritas mekanik dan solidaritas organik), serta strategi dalam mengembangkan budaya organisasi. Hal ini, sangat tepat untuk dijadikan fokus acuan bagi lembaga pendidikan islam khususnya dalam mencapai tujuan diinginkan. Kata Kunci: Pengembangan, Budaya Organisasi, Lembaga Pendidikan Islam
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI MENULIS HURUF HIRAGANA DI LPK JIEMA KOTA METRO Rusprianti, Ni Wayan; Andayani, Sutrisni; Sudirman, Sudirman
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.5385

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran macromedia flash pada materi menulis huruf hiragana di LPK Jiema Kota Metro dan mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana di LPK Jiema Kota Metro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analisis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan cara mengelompokan jenis-jenis data yang diperoleh sehingga peneliti mudah memahami data dan menarik kesimpulan. Dalam pengembangan ini produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran macromedia flash pada materi huruf hiragana dalam bentuk aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dengan melalui beberapa tahapan maka peneliti menyimpulkan dari hasil penelitian diantaranya: Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran macromedia flash pada materi huruf hiragana untuk peserta pelatihan kerja di LPK Jiema Kota Metro. Media pembelajaran ini berbentuk aplikasi macromedia flash yang memuat materi, langkah-langkah cara menulis huruf hiragana yang benar dan sesuai kaidah penulisan huruf jepang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash pada materi menulis huruf hiragana yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta pelatihan dalam proses kegiatan pembelajaran. Hal ini terlihat dari persentase uji ahli media sebesar 91,3%, pada uji ahli materi sebesar 89,8%, dan uji soal sebesar 89,7 dari ketiga uji validator tersebut ketiga uji masuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: huruf hiragana, macromedia flash, pengembangan
MODEL CORPORATE UNIVERSITY PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO harjati, purwiro; Patimah, Siti; Subandi, Subandi; Makbullah, Deden
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Februari 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/poace.v4i1.5474

Abstract

Peningkatan perkembangan masyarakat sangat bergantung pada peran lembaga pendidikan tinggi, yang meliputi pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan di perguruan tinggi Muhammadiyah yang diperluas dengan penambahan aspek Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).Pendidikan tinggi berkualitas penting bagi negara, berkontribusi pada ekonomi, demokrasi, identitas bangsa, dan reputasi internasional.Sistem Penjaminan Mutu (SPM) diperlukan untuk mengawasi kualitas pendidikan.Organisasi pembelajar seperti Corporate University (CU) membantu dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi dengan fokus pada pembelajaran berkelanjutan.Penelitian ini menjelaskan penerapan CU pada Universitas Muhammadiyah Metro sebagai acuan untuk penerapan yang dapat dilakukan pada perguruan tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah di Indonesia.Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan kajian literatur dalam pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan CU mendukung pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan organisasi.Tantangan dalam implementasi meliputi hambatan individu dan organisasi yang perlu diatasi untuk memaksimalkan manfaat dari model organisasi pembelajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10