cover
Contact Name
lalu masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Panji Tilar Negara No.99, Kekalik Jaya, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Media Bina Ilmiah
Published by LPSDI Bina Patria
ISSN : 19783787     EISSN : 26153505     DOI : 10.33758
Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang multidsiplin ilmu secara berkala.Redaksi menerima tulisan atau artikel ilmiah bidang Sosial. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa merubah maknanya. Media Bina Ilmiah adalah jurnal nasional terakreditasi SINTA 4.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 10: Mei 2023" : 25 Documents clear
INVESTIGASI VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DODOL NANGKA PADA UD. WARNA SARI DI DESA SURANADI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT I Gusti Ayu Oka Netrawati; I Gusti Agung Didit Eka Permadi; Herry Syafhariawan; Baiq Risha Monica
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh variabel selera, tingkat harga, tingkat pendapatan, dan faktor sosial ekonomi secara simultan dan parsial terhadap permintaan dodol nangka dan untuk menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap permintaan dodol nangka pada UD. Warna Sari di Desa Suranadi Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Jumlah responden pada penelitian ini ditentukan berdasarkan metode accidental sampling. Berdasarkan jumlah populasi yang terdapat pada UD.Warna Sari di Desa Suranadi Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 50 orang karyawan maka sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data kuantitatif dalam penelitian ini berasal dari skor hasil pengisian kuesioner yang menggunakan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil dan pembahasan terhadap penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan hasil sebagai berikut secara simultan dan parsial, variabel selera, tingkat harga, tingkat pendapatan, dan faktor sosial ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan dodol nangka dan variabel yang paling dominan berpengaruh signifikan terhadap permintaan dodol nangka pada UD. Warna Sari di Desa Suranadi Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat adalah selera. Kata Kunci : permintaan dodol nangka, accidental sampling, kuesioner, analisis regresi linier berganda
MEKANISME PENYELESAIAN TRANSAKSI YANG MENGANDUNG BENTURAN KEPENTINGAN DITINJAU DARI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KEPASTIAN HUKUM Teuku Syahrul Ansari; Nur Hasanah Siregar; Imam Budi Santoso; Muhammad Rusli Arafat
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan atau Perseroan harus melaksanakan penerapan prinsip good corporate governance sebagai sistem yang mengatur dan mengendalikan Perusahaan untuk menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. Dalam hal ini seringkali terjadi hubungan Direksi Perusahaan dengan pihak lain dan menimbulkan adanya penyimpangan transaksi yang mengandung benturan kepentingan di dalamnya. Dirugikannya Perusahaan atau Perseroan Terbatas harus menjadi tanggung jawab penuh Direksi maupun pengurus atau pihak lainnya yang melakukan perbuatan hukum tersebut. Untuk itu, Perusahaan perlu dengan konsisten untuk memahami dalam penanganan terkait transaksi yang dilakukan oleh Direksi Perusahaan dengan pihak lain terhadap transaksi yang mengandung benturan kepentingan di dalamnya, sehingga terciptanya pengelolaan Perusahaan yang baik sesuai prinsip good corporate governance, dan terpenuhi nya mekanisme dalam penyelesaian permasalahan transaksi yang mengandung benturan kepentingan oleh Direksi Perusahaan sesuai dengan kepastian hukum.
MEMPELAJARI BAGAIMANA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL SEBAGAI BENTUK KONTEMPORER DALAM MEMIMPIN SEBUAH (LPI) LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMI Tirton Nefianto
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan tidak lepas dari peran kepemimpinan, dan kepemimpinan yang baik juga menciptakan organisasi yang baik dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Artikel ini adalah tentang manajemen transaksi: Model kontemporer di lembaga pendidikan Islam terkemuka. Penelitian dalam tulisan ini menggunakan analisis data dengan menggunakan studi kepustakaan dan analisis isi, dan berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transaksional yaitu. Hasil proses transaksional atau pertukaran antara pemimpin dan pengikut, terjadi ketika pengikut menerima imbalan atas pekerjaan mereka dan keuntungan pemimpin. Tugas kinerja tugas. Jadi, dalam gaya kepemimpinan ini, baik pemimpin maupun yang dikelola mendapat manfaat dan diyakini bahwa dengan menggunakan model gaya kepemimpinan ini, organisasi berfungsi dan bertindak sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP BRAND IMAGE DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE GILI TRAWANGAN LOMBOK Hasnia Minanda Hasnia; Baiq Nikmatul Ulya; Komang Shintiya Nita
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Electronic Word of Mouth (eWOM) sebagai cara untuk berbagi informasi, pengalaman, atau opini tentang produk atau layanan melalui media digital saat ini dianggap lebih efektif dalam mempromosikan sebuah destinasi pariwisata. eWOM diberikan oleh pelanggan kepada pelanggan lain atau calon pelanggan dengan tujuan memberikan saran atau pandangan mengenai pengalaman mereka dalam menggunakan produk atau layanan tertentu. Keberadaan Electronic Word of Mouth (eWOM) membantu memperkuat keputusan untuk mengunjungi sebuah destinasi pariwisata karena eWOM dianggap sebagai sumber informasi yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap citra merek dan keputusan untuk mengunjungi Gili Trawangan Lombok, dan untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan untuk mengunjungi Gili Trawangan Lombok. Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden. Kuesioner didistribusikan melalui purposive sampling kepada wisatawan domestik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap citra merek, electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk mengunjungi, citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk mengunjungi, dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk mengunjungi melalui citra merek. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk manajemen Gili Trawangan Lombok untuk meningkatkan penggunaan eWOM sebagai alat pemasaran dan memperkuat citra merek Gili Trawangan. Keputusan untuk mengunjungi Gili Trawangan sangat dipengaruhi oleh Electronic Word of Mouth (eWOM), sehingga manajemen Gili Trawangan harus mempertimbangkan untuk memperluas pemasaran melalui media sosial.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DITINJAU DARI RENTABILITAS, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS KOPERASI PONDOK PESANTREN AL-MUTMAINNAH TAHUN 2021-2022 Syarifah Massuki Fitri fitri; Faezal
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan Koperasi pondok pesantren Al-Muthmainnah pada tahun 2021-2022 ditinjau dari rasio keuangan yaitu Rentabilitas, Likuiditas, dan Solvabilitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Alat analisis yang digunakan yaitu rasio likuiditas, rasio rentabilitas, dan rasio solvabilitas, yang mampu menyimpulkan bahwa rasio-rasio keuangan mempunyai pengaruh terhadap kinerja keuangan secara parsial dan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja keuangan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ketiga análisis yang digunakan yaitu likuiditas, rentabilitas, dan solvablitas menjelaskan bahwasanya Koperasi Pondok Pesantren Al-mutmainnah belum mampu mencapai target-target yang telah ditetapkan dan kinerja belum maksimal sehingga hasil yang diperoleh kurang dari target yang akan dihasilkan.
PENGARUH DISIPLIN, MOTIVASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT KECAMATAN PANYABUNGAN BARAT KAB. MANDAILING NATAL Muhammad Ardiansyah
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the impact of discipline and the effectiveness of employee motivation at the West Panyabungan District Office, Kab. Mandailing Christmas. The sample used in this study were all 35 sub-district office employees using the census method. data analysis using multiple linear regression. The results showed that the Discipline variable, the Motivation variable had a significant effect on the Effectiveness variable, while partially discipline had a significant impact on effectiveness and motivation partially had no significant impact on effectiveness. Based on the results of the overall research and the conclusions obtained that so that employees can further enhance relationships and build synergy among fellow employees at the Panyabungan Barat District Office, Kab. Mandailing Christmas. Because associations are a form of communication event, there are many things that we find by association, some exchange information and also share ideas and attitudes, it is suggested that employees increase the quantity of work in the West Panyabungan District Office, Kab. Mandailing Natal, It is recommended that employees be more disciplined in setting all applicable rules and imposing sanctions on violations committed by violators
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAERAH KOTA TANGERANG TAHUN ANGGARAN 2017-2021 Salma Haerina Sawitri; Susanti Usman
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja pemerintah daerah dapat dilihat dari laporan kinerja keuangan pemerintah daerah dengan melakukan analisis keuangan terhadap APBD yang telah ditetapkan dan dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja keuangan daerah berdasarkan Rasio Kemandirian, Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal, Rasio Efektivitas Pendapatan Asli Daerah (PAD), Rasio Efisiensi Keuangan Daerah, Rasio Keserasian, dan Rasio Pertumbuhan pada Kota Tangerang tahun anggaran 2017-2021. Metode penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan sumber data sekunder berupa Laporan Realisasi Anggaran Kota Tangerang tahun anggaran 2017-2021 dari website resmi pemerintah Kota Tangerang yaitu www.djpk.depkeu.go.id dan https://ppid.tangerangkota.go.id .Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja keuangan daerah Kota Tangerang tahun anggaran 2017-2021, berdasarkan Rasio Kemandirian masuk dalam kategori tinggi dan termasuk dalam pola hubungan Delegatif, Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal menunjukkan hasil yang baik, Rasio Efektivitas termasuk dalam kriteria sangat efektif, Rasio Efisiensi Keuangan Daerah termasuk dalam kriteria tidak efisien, Rasio Keserasian sebagian hasil realisasi lebih dioptimalkan untuk keperluan rutin belanja operasi, serta Rasio Pertumbuhan PAD dan rasio pertumbuhan pendapatan mengalami pertumbuhan secara positif.
PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA KREDIT SERTA FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL NASABAH TERHADAP KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS NASABAH Winna Sarikusumaningtyas
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilah suatu bank dinilai dari dari bagaimana dana dipertahankan dan dikembangkan. Dalam pemasaran, ada proses yang dinamakan tingkah laku pasca pembelian yang didasarkan rasa puas dan tidak puas. Hubungan ini terletak pada ekspektasi nasabah dengan produk yang diterima. Jika produk tidak memenuhi harapan nasabah maka nasabah merasa tidak puas. tetapi bila melebihi harapan nasabah maka nasabah akan merasa puas dan melakukan pembelian kembali.Terkait dengan pemberian kredit konsumsi pada nasabah khususnya nasabah bekerja sebagai karyawan seperti pegawai anggota koperasi, PNS, pegawai swasta dan lainnya, mengkoreksi salah satu persyaratan bank dalam menilai kondisi debitur yaitu dalam hal collateral (jaminan khususnya agunan)  tidak menjadi persyaratan dalam pemberian kredit Multiguna Tanpa Agunan (MTA) kepada nasabah.Dalam penelitian ini dilakukan analisis statistik menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang mempunyai skala pengukuran ordinal dan untuk memenuhi syarat data yang digunakan sekurang-kurangnya mempunyai tingkat pengukuran interval pada estimasi model menggunakan pendekatan maximum likelihood pada Lisrel, data yang dikumpulkan dari kuisioner terlebih dahulu ditransformasikan menjadi skala interval menggunakan Method of Successive Interval  (MSI). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Dalam kinerja bauran pemasaran jasa kredit MTA, Bank Fokus dirasakan oleh nasabah sebagai bank yang lebih menarik nasabah pada aspek harga. 2) Pada aspek kelompok acuan yaitu pengaruh rekan sekantor/atasan kepada nasabah pada saat pengajuan kredit MTA yang terbanyak direspon oleh individu nasabah adalah pada Bank Fokus. Untuk faktor internal, Bank Lain pemberi kredit merupakan bank yang dinilai nasabah banyak merespon dan memahami faktor usia dan faktor gaya hidup. Motivasi dari nasabah merupakan alasan utama nasabah mengajukan kredit kepada Bank Lain, sementara faktor kepribadian nasabah lebih direspon di Bank Fokus. 3) Dimensi bauran pemasaran jasa kredit mempunyai hubungan yang erat dengan faktor eksternal dan internal individu nasabah. 4) Variabel eksogen yang mempunyai pengaruh terbesar pada kepuasan nasabah adalah aspek bauran pemasaran jasa kredit. 5) Adanya pengaruh yang bermakna dari ketiga variabel tersebut secara parsial diperoleh pengaruh terbesar adalah variabel kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Secara simultan, dapat disampaikan bahwa perpaduan antara aspek-aspek dalam variabel bauran pemasaran jasa, pemahaman faktor eksternal dan internal disertai dengan rasa puas nasabah pada gilirannya akan mencerminkan keloyalitasan nasabah di Bank Fokus apabila bank tersebut dapat memenuhi aspek-aspek bauran pemasaran jasa kredit dan pemahaman faktor eksternal maupun internal individu nasabah secara memadai
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL MAHASISWA RANTAU DARI INDONESIA TIMUR Yetty Christin Shandi Manafe; Sri Aryanti Kristianingsih
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar dari pulau asal mereka biasanya disebutdengan mahasiswa rantau. Mahasiswa yang berada dalam lingkungan baru, interaksi yang baik akan terjadi apabila mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Mahasiswa rantau yangdatang dari berbagai daerah tentu memiliki kebiasaan-kebiasaan yang terbentuk dari daerah asal mereka, perbedaan-perbedaan tersebut memerlukan waktu untuk dapat beradaptasi di lingkungan baru. Keberhasilan individu dalam melakukan penyesuaian sosial dapat dicapai melalui kualitas pribadi, termasuk tingkat perkembangan kecerdasan emosionalnya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial mahasiswa rantau yang berasal dari Indonesia Timur. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain korelasional. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 74 orang mahasiswa rantau yang berasal dari tiga daerah yaitu Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan Emotional Competence Inventory (ECI) (α= 0,947) dan Social Adjustment to College Questionnaire (SACQ) berdasarkan subskala Social Adjustment(α= 0,907). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara positif antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial (r= 0,637 dan nilai sig. 0,000) yang artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki mahasiswa rantau maka semakin tinggi pula penyesuaian sosial yang dimiliki mahasiswa rantau yang berasal dari Indonesia Timur.
NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS' READINESS IN FLIPPED-CLASSROOM OF BLENDED LEARNING Valentina Dyah Arum Sari; Heribertus Binawan; Lu’luil Maknun
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 10: Mei 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Blended-learning is able to provide students with an independent learning atmosphere and also a learning environment that facilitates their respective learning styles so that later they can achieve their learning goals more easily. The non-English department students are required to take the English course. After almost two years of experiencing full online learning, currently learning English is given in a blended-learning manner. Following the initial assumptions, maybe this will be a win-win solution in this transition period. To provide the best, an approach namely Flipped-Classroom was applied to English classes for non-English Department Students. The research aimed to answer the following question: How is the non-English Department students’ readiness in Flipped-Classroom of Blended Learning? The research was mixed-method research. The results of the study revealed that the students’ readiness analyzed from seven categories obtaining 65,99%. This percentage showed medium qualification. Furthermore, non-English Department students’ readiness in Flipped-Classroom of Blended Learning was in medium level.

Page 1 of 3 | Total Record : 25