cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2024): AUGUST" : 5 Documents clear
AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PERAYAAN HARI BESAR ISLAM : (Studi Pada Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw di Desa Deme 1 Kec. Sumalata Timur Kab. Gorontalo Utara) Kalay, Lestari
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 6 No. 2 (2024): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan pada Perayaan Hari Besar Islam (Studi Pada Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw di Desa Deme 1 Kec. Sumalata Timur Kab. Gorontalo Utara). Metode Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Etnografi. Hasil Peneitian menujukan bahwa pelaksanaan perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw di Desa Deme 1 dilaksanakan secara tradisional dan secara adat Gorontalo yang sudah ada dari jaman dahulu dan sampai sekarang diteruskan kepada generasi-generasi selanjutnya yang ditandai dengan berdzikir bersama dimulai dari Ba’da Isya sampai pagi jam 10-00 Wita. Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw yaitu berdzikir dengan menggunakan tiga Bahasa yaitu Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Gorontalo kemudian pelaksanaan dzikirnya yang dimulai dari 12 Rabiul Awal dan berlanjut sampai bulan Rabiul Awal berakhir.
Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Data Informasi Knowledge dan Wisdom Hasil Riset Mata Pelajaran PAI Saleh, Marlin; Yahiji, Kasim
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 6 No. 2 (2024): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang metode penulisan yang menitik beratkan pada Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Data Informasi Knowledge dan Wisdom Hasil Riset Mata Pelajaran PAI" adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis data informasi knowledge dan wisdom hasil riset pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat analisis. Penelitian kepustakaan yaitu peneliti berusaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian terdapat analisa dan interpretasi atau pengisian terhadap data tersebut. Pembahasan ini merupakan pembahasan naskah, pengumpulan datanya diperoleh melalui sumber literatur, yaitu melalui penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PAI, konsep DIKW atau Data, Information, Knowledge, dan Wisdom dapat digunakan untuk mengelola informasi dan pengetahuan yang diperoleh agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan metode-metode seperti wawancara, observasi, dokumentasi, angket, atau tes. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menjadi informasi yang akurat dan berguna dengan menggunakan konsep DIKW. Informasi tersebut kemudian diolah menjadi pengetahuan yang lebih dalam dan akurat dengan memperhatikan tiga komponen utama dalam proses pembelajaran PAI, yaitu kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Penggunaan teknologi dan inovasi pembelajaran juga dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Bone: Bahasa Indonesia Datunsolang, Rinaldi; Anwar, Herson; Tohopi, Rinta
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 6 No. 2 (2024): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v6i2.4558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bone Kab. Bone Bolango dan Apa saja yang menjadi kendala dan solusi strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Bone yaitu penanaman karakter sebagai berikut: 1) Religius, 2) Jujur, 3) Disiplin, 4) Tanggung Jawab, 5) Peduli social. Stretegi guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Bone Kab. Bone Bolango dengan cara.: Pertama, strategi guru dalam membentuk karakter religius yang diterapkan dengan pembiasan, yaitu sholat dzuhur berjamaah, kultum setiap hari jumat, hafalan surah, memperingati hari besar islam (Maulid Nabi) dan sholat dhuha. Kedua, Strategi dalam pembentukan karakter jujur yang diterapkan kepada peserta didik yaitu dengan memberikan nasehat-nasehat tentang kejujuran agar peserta didik  berkata jujur atau berperilaku jujur Ketiga, Strategi dalam pembentukan karakter disiplin yang diterapkan kepada peserta didik yaitu dengan penanaman kedisiplinan. Keempat, Strategi dalam pembentukan karakter tanggung jawab yang diterapkan kepada peserta didik yaitu selalu memberikan pemahaman tentang sikap tanggug jawab kepada peserta didik. Kelima, Strategi dalam pembentukan karakter peduli social yang diterapkan kepada peserta didik yaitu dengan cara menanamkan nilai peduli sosial melalui kerja bakti setiap hari jum’at
PELAKSANAAN KULTUM DALAM MEMBANGUN KARAKTER PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI MAN 1 KABUPATEN GORONTALO Paputungan, Rizka Triana; Solong, Najamuddin Petta; Yusuf, Habibie
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 6 No. 2 (2024): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pelaksanaan Kultum Dalam Membangun Karakter Percaya Diri Peserta Didik di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan Pelaksanaan pidato dalam    Membangun Karakter Percaya Diri Peserta Didik di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian, menemukan bahwa kultum adalah salah satu metode yang efektif dalam membangun percaya diri peserta didik, melalui kultum peserta didik dapat belajar untuk berbicara di depan umum. Pelaksanaan kultum biasanya melibatkan seseorang berbicara yang menyampaikan ceramah singkat, kultum juga dapat membantu dalam membangun percaya diri melalui interaksi sosial, peserta didik lebih terbangun percaya dirinya seperti tidak ragu-ragu, malu maupun gerogi, selain itu juga dapat menambah wawasan peserta didik khususnya mengenai masalah-masalah Agama
Integrasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dan Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo Kasidi; Kasidi, Nanang Wijaya Ma'shum; Podungge, Mariaty
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 6 No. 2 (2024): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Implementasi Integrasi Pembelajaran   al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan   Tahsin  Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo. Untuk mengetahui dan mengkaji kendala dan solusi Implementasi Integrasi Pembelajaran al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan   Tahsin  Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo.  Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan taknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan tahapan pengumpulan data melaui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan teknik cuplikan yang bersifat selektif (purpostif sampling) dalam hal ini peneliti akan memilih informan yang dipandang paling tahu, sehingga kemungkinan pilihan informan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data. Dalam penelitian ini  hasil yang diperoleh mengenai pembahasan tentang Integrasi Pembelajaran Alqur’an Hadis dan Program Unggulan Tahsin Tahfidz Di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo, di mana program unggulan ini dilaksanakan selain sebagai upaya dalam meningkatkan dan mempertahankan status akreditasi unggul (A) yang sudah diraih oleh MTs Darul Mubin ini dua kali berturut-turut, juga dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas  ouput lulusan nya, sehingga para peseta didik yang melaksanakan pembelajaran di MTs ini nantinya mereka menjadi generasi unggul, generasi muslim yang kompetitif memiliki kompetensi kognitif, afektif dan psikomotik yang handal, para tenaga pendidik sudah secara maksimal dalam memberikan pembimbingan  dalam pelaksanaan program  unggulan Tahsin dan Tahfidz samapai pada pemberian evaluasi dan menilai terhadap para peserta didiknya yang dimasukkan pada kolom program ekstra kurikuler untuk dimasukkan pada nilai Raport Digital Madrasah (RDM)

Page 1 of 1 | Total Record : 5