Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan (JAMBAK) is a scientific journal focused on topics related to Management, Business, accounting and finance. JAMBAK publishes high-quality articles, which have never been published online or offline, and has contributed in theory or implementation to solving management, business, accounting and financial problems. JAMBAK publishes articles twice a year, in May and November.
Articles
62 Documents
Pemberdayaan Zakat Untuk Usaha Produktif Sebagai Penopang Perekonomian Masyarakat Palangka Raya masa Pandemi
Rahmad Kurniawan;
Jefry Tarantang;
Noorhana Sesar Sari
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (263.993 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i1.349
This article aims to understand the scope of zakat regarding its role as a source of state wealth. The writing of the paper is carried out using a literature study method sourced from library books, research journals, laws, and relevant article websites. Zakat as a source of state wealth is a method of managing assets belonging to Muslims which will be used for the benefit of the people in order to build a just and prosperous country's economy. Zakat is one of the instruments in macroeconomics that allows the economy to continue running at a minimum level. Zakat is property that must be issued by a Muslim or business entity to be given to those who are entitled to receive it in accordance with Islamic law. Basically zakat is shown to eliminate the gap between the rich and the poor, because the wealth in the world is solely a deposit from God to humans to be managed properly. For this reason, the potential of zakat as a support for the economy in Indonesia is one of the efforts to manage assets as well as possible by prioritizing the benefit of the people.
Pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah di lembaga Amil Zakat Nasional (Studi kasus lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat Cabang Medan
Eri;
Suhairi
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (277.652 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i1.351
Pengelolaan ZIS merupakan isu penting dalam program pemberdayaan umat oleh lembagaamil zakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan ZIS pada LAZNAS NurulHayat. Utamanya pada produk penghimpunan dan penyaluran ZIS. Metode yang digunakandalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentangpengelolaan LAZNAS Nurul Hayat dalam menghimpun dan mendistribusikan ZIS. Dalammenghimpun ZIS dilakukan dengan 3 cara, yaitu: amil menjemput zakat ke rumah muzaki(“jemput bola”); muzaki mentranfer dana zakat, infak, sedekah; dan muzaki datang langsungke kantor Nurul Hayat. Sedangkan, penyaluran ZIS dilakukan dengan berbagai program,yaitu: SAYANG, GENPRES, IBUQU, TAFAQUR, BUNDA YATIM, dan SAJADAH.Selain itu LAZ Nurul Hayat memiliki unit usaha Aqiqah Nurul Hayat.
Pengaruh Quality of Work Life dan Employee Engagement Terhadap Komitmen Organisasi pada Anita Phoneshop Baturaja
Muhamad Mardiansyah;
Rusdiah
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (261.608 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i1.367
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Quality Of Work Life dan Employee Engagement terhadap Komitmen Organisasi. Dengan karyawan pada Anita Phoneshop Baturaja yang digunakan sebagai studi kasus. Dengan menggunakan teknik slovin, total sampel yang diperoleh sebanyak 53 responden. Metode analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 26 digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan Quality Of Work Life dan Employee Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi dengan variabel Quality Of Work Life yang berpengaruh lebih dominan. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan sebaiknya fokus pada menjaga dan memperbaiki iklim kerja organisasi secara teknis dan manusiawi agar dapat membawa kepada kualitas kehidupan kerja yang lebih baik.
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Wings Air di Bandara Udara Sultan Muhammad Salhuddin Bima
Nur Rahmadani
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (210.637 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i1.377
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap terhadap kepuasan penumpang di Bandar udara sultan Muhammad salahuddin bima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, (2) kuaitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, (3) harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima . Varibael kepuasan penumpang di pengaruhi variabel harga dan kualitas pelayanan sebesar 35,0%% dan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variasi variabel dalam penelitian ini. (4) besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Wings Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima sebesar 35%.
Analisis Tingkat Pengetahuan Pengguna Jasa Pengiriman Cargo Tentang Dangerous Goods di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo
Hafriyani;
Yune Andryani Pinem
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (376.913 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i1.380
Saat ini pengiriman dan pemesana barang menjadi kebiasaan dalam kehidupan banyak orang. Masyarakat lebih memilih untuk tetap berada dalam rumah di karenakan tingginya kasus covid-19. Tetapi mungkinkah seseorang mengetahui barang yang dikirim atau diterima adalah barang berbahay (dangerous goods) apabila diangkut menggunakan pesawat udara. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis tingkat pengetahuan pengguna jasa pengiriman cargo tentang dangerous goods di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan penelitian kepustakaan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden diolah menggunakan aplikasi spss statistik 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan pengguna jasa pengirim kargo yaitu cukup baik. Katagori identitas responden terbagi menjadi gender/ jenis kelamin, usia dan pekerjaan. Hasil dari penelitian rata-rata responden mendapatkan nilai cukup. Hasil ini terbukti dari 100 responden yang pengetahuan cukup sebanyak 55 (55.0%) responden dan pengetahuan baik sebanyak 45 (45.0%) responden dan tidak ada responden yang mendapatkan nilai tingkat pengetahuan kurang baik atau sama sekali tidak mengetahui tentang dangerous good.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Ruang Keberangkatan Domestik Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Bandar Udara Supadio Pontianak Kalimantan Barat
Sri Intan Putri
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (309.329 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i1.383
Fasilitas adalah aspek penting sebagai penunjang pemberian pelayanan operasi keselamatan yang berkaitan dengan pelayanan publik berupa audio visual. Jenis Penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinan menggunakan aplikasi SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan ruang keberangkatan domestik terhadap kepuasan pengguna jasa di Bandar Udara Supadio Pontianak Kalimantan Barat. Hasil dari uji t bernilai sebesar 15,541 > 1,680. Hasil penelitian ini bahwa Ha diterima Ho ditolak besarnya pengaruh kualitas pelayanan ruang keberangkatan domestik dengan nilai uji R² sebesar 0,715 dimana nilai ini dinyatakan dalam korelasi kuat. Hal ini menjelaskan pengaruh variabel independent terhadapa variabel dependent sebesar 71,5%.
Strategi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Penumpang di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap
Mutiara Ramadanti
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (567.939 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i1.427
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi UPBU dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah strategi promosi yang diterapkan UPBU berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Judul penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah artikel yan menyatakan bahwa Bandar Udara Tunggul Wulung masih kurang diminati masyarakat sedangkan Cilacap merupakan kota industri dan memiliki banyak tempat wisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap tanggal 20 Januari sampai dengan 3 Februari 2022 dengan cara pengambilan sampel sumber data yang dilakukan secara purposive sample. Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan oleh UPBU dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang di Bandar Udara Tunggul Wulung sudah efektif. Hal ini terbukti efektif karena berbanding lurus dengan peningkatan jumlah penumpang di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap.
Effects of Digital Attachment and Gamification at Work on Employee Job Satisfaction
Dhiken Mahening Puspaelia;
Honorata Ratna Dwi Putranti
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (391.533 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i2.479
This study aims to determine the effect of digital attachment and gamification in work on job satisfaction of employees of the Widya Mataram University (WMU) Yogyakarta, the population used in this study were all employees who worked at WMU both labor education and lecturers, the size of the sample used is 55 respondents, the sampling technique used is proportional random sampling. The source of the data used is primary data, with the data collection method using a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that digital attachment has a positive and significant effect on employee job satisfaction at the WMU, significant influence on job satisfaction of employees at the WMU.
The Effect of Corporate Governance and Capital Intensity on Tax Avoidance
Endi Rohendi;
Ita Darsita
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (669.427 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i2.928
This study aims to determine the effect of Corporate Governance and Capital Intensity on Tax Avoidance. This type of research is quantitative using secondary data. The data used in this study are financial reports and annual reports. The population in this study is a manufacturing company in the Consumer Cyclicals sub-sector which is listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in (2016-2020). The sampling technique used purposive sampling so that the selected sample was 13 companies. The data used is the annual report obtained from the official website of the Indonesia Stock Exchange. The analysis technique uses data collection with the help of the eviews 10 program. This study uses descriptive statistical data analysis. The results of this study indicate that Corporate Governance and Capital Intensity simultaneously have a significant effect on Tax Avoidance. The results of corporate governance that are proxied to managerial ownership have no significant effect on tax avoidance, corporate governance that is proxied to institutional ownership has a significant effect on tax avoidance, corporate governance that is proxied to independent commissioners has no significant effect on tax avoidence and capital intensity has a significant effect on Tax Avoidance
The Effect of Ownership of Managerial, Independent Board of Commissioners, Board of Directors and Intellectual Capital on Financial Performance
Eva Dwi Rahmawati;
Sri Wahyuni;
Novi Dirgantari;
Dwi Winarni
Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (499.878 KB)
|
DOI: 10.55927/jambak.v1i2.1662
Financial performance is one of the significant aspects of measuring industrial profits. The purpose of this research is to find empirical evidence of the influence of Managerial Ownership, Independent Board of Commissioners, Board of Directors, and Intellectual Capital on Financial Performance. The population in this study are banking companies in 2018-2021 listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The sampling technique used is a purposive sampling technique to obtain a sample of 79 samples that have met the criteria. The data analysis technique used is multiple regression analysis. Financial performance in this study was measured using the profitability ratio (ROA). The results of this study prove that the variables of managerial ownership, independent board of commissioners, and board of directors do not affect financial performance. While the intellectual capital variable has a positive effect on financial performance.