cover
Contact Name
Dodi Pramana
Contact Email
dodipramana@unimed.ac.id
Phone
+6281376717002
Journal Mail Official
judika_adp@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
ISSN : 23017813     EISSN : 28305590     DOI : https://doi.org/10.24114/judika.v11i2
Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran modern. JUDIKA menerima artikel di bidang (tidak terbatas pada) administrasi umum, pendidikan, manajemen, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan lain-lain .
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran" : 10 Documents clear
Efektivitas Kinerja Organisasi dan Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Nazwa Helida; Putri Hariana; Chrislyn Novyanti; Reny Nadia Rizky
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69697

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas kinerja organisasi dan akuntabilitas pemerintah desa terhadap peningkatan pelayanan administrasi di Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan 30 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kinerja organisasi dan akuntabilitas pemerintah desa berpengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap peningkatan pelayanan administrasi. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa pelayanan publik yang baik hanya dapat terwujud melalui tata kelola organisasi yang efektif dan aparatur yang akuntabel. Disarankan agar pemerintah desa terus meningkatkan kompetensi aparatur dan mengoptimalkan sistem pelayanan berbasis teknologi. Temuan ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan tata kelola pemerintahan desa yang transparan dan berintegritas.
PERENCANAAN STRATEGIS APBDes UNTUK MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN DESA BERKELANJUTAN DI DESA BANDAR KHALIPAH Nanda, Ananda; Khaila, Khaila Aininda Saragih; Grace, Grace Sianipar; Intan, Intan Yosy Blandina Munte
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan strategis Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) terhadap pembangunan desa berkelanjutan di Desa Bandar Khalipah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi terhadap 30 responden masyarakat desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategis APBDes berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembangunan desa berkelanjutan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,679. Artinya, 67,9% pembangunan desa berkelanjutan dijelaskan oleh perencanaan strategis APBDes. Kesimpulannya, semakin baik perencanaan strategis APBDes, semakin tinggi pula kualitas pembangunan desa. Disarankan agar pemerintah desa meningkatkan partisipasi masyarakat, transparansi, serta kapasitas aparatur desa. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya perencanaan strategis sebagai dasar untuk mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan berkualitas.
Penerapan Pencatatan Keuangan Sederhana Menggunakan Aplikasi Digital Google Spreadsheet Dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Keuangan Pada UMKM Pembuatan Tahu 5 Bersaudara Di Desa Bakaran Batu: Penerapan Pencatatan Keuangan Sederhana Menggunakan Google Spreadsheet Juliana; Deva Kaila Ardianti; Mita Ananda Aulia; Andini Indah Pratiwi; Siti Nia Ramadhani
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69704

Abstract

This study aims to determine the financial administration conditions of the 5 Brothers Tofu Making MSME before using digital recording, describe the implementation of simple financial recording with Google Sheets, and analyze its impact on financial administration efficiency. The study used a qualitative descriptive method with a case study approach through observation, interviews, and documentation. The results showed that before the implementation, financial recording was unstructured, making it difficult for the owner to control cash flow and business profits. After using Google Sheets, recording became more systematic, transparent, and efficient with the automatic calculation feature and cloud-based storage. The conclusion of the study shows that Google Sheets is an effective and affordable solution for MSMEs in improving financial administration efficiency.
Pengaruh Fasilitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Camat Medan Area Angel A Sihombing; Diva Angel Situmeang; Mahalia Talita De Enjel Br Simbolon; Nurul Khoirunnisa
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Camat Medan Area. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif untuk melihat hubungan antara kedua variabel. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada masyarakat yang menerima pelayanan di kantor tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas pelayanan publik berperan penting dalam menciptakan kenyamanan dan membentuk persepsi positif masyarakat terhadap kualitas layanan pemerintah. Fasilitas yang memadai seperti ruang tunggu yang nyaman, kebersihan lingkungan, serta sarana pendukung yang lengkap mampu meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu fasilitas agar pelayanan publik dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA AMPLAS sianturi, jane; Julianty c.Simbolon; Alza Ayunda; Ester Enjelika Sianturi
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap kebijakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Fokus kajian diarahkan pada tiga aspek utama, yaitu kebermanfaatan, ketepatan sasaran, dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan program BLT. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah metode campuran (mixed methods), yang menggabungkan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Data kuantitatif diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 30 responden, sedangkan data kualitatif dikumpulkan lewat wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum masyarakat menilai program BLT telah membantu meringankan kebutuhan ekonomi rumah tangga dan memberikan manfaat nyata, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti ketidaktepatan sasaran dan keterlambatan penyaluran. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, instrumen penelitian dinyatakan layak, dan analisis data memperlihatkan bahwa persepsi positif masyarakat berhubungan dengan transparansi dan keadilan dalam distribusi bantuan. Penelitian ini menegaskan pentingnya evaluasi berkelanjutan terhadap mekanisme penyaluran BLT agar kebijakan dapat berjalan lebih efektif, adil, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.
Persepsi PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA AMPLAS: PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA AMPLAS Jane Agustin Sianturi; Julianty C. Simbolon; Alza Ayunda
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap kebijakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Fokus kajian diarahkan pada tiga aspek utama, yaitu kebermanfaatan, ketepatan sasaran, dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan program BLT. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah metode campuran (mixed methods), yang menggabungkan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Data kuantitatif diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 30 responden, sedangkan data kualitatif dikumpulkan lewat wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum masyarakat menilai program BLT telah membantu meringankan kebutuhan ekonomi rumah tangga dan memberikan manfaat nyata, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti ketidaktepatan sasaran dan keterlambatan penyaluran. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, instrumen penelitian dinyatakan layak, dan analisis data memperlihatkan bahwa persepsi positif masyarakat berhubungan dengan transparansi dan keadilan dalam distribusi bantuan. Penelitian ini menegaskan pentingnya evaluasi berkelanjutan terhadap mekanisme penyaluran BLT agar kebijakan dapat berjalan lebih efektif, adil, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Davina Suci Laudya; Aulia Ramadhani; Dodi Pramana
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa di Kantor Desa Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik total sampling terhadap 16 responden. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perangkat desa, sedangkan gaya kepemimpinan transformasional secara parsial tidak berpengaruh signifikan, namun keduanya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kedisiplinan kerja menjadi faktor utama dalam meningkatkan kinerja aparatur, dan efektivitas kepemimpinan akan optimal jika didukung oleh kedisiplinan yang tinggi. Implikasinya, pemerintah desa perlu fokus pada pembinaan disiplin dan pengembangan kepemimpinan adaptif.
The Role of the "Money Tracker: Expense & Budget" Based Financial Recording Application and Business Financial Management on the Quality of Financial Reports in Keripik Singkong Mbak Ros MSME Situmorang, Yulistira; Nopitasari Manurung; Nadhila Rizky Samura
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69758

Abstract

This study was conducted to analyze the role of the Money Tracker: Expense & Budget-based financial recording application on the quality of financial reports in Keripik Singkong Mbak Ros MSME. This study used a quantitative method with a series of tests on the research hypothesis. The results showed that the use of the Money Tracker Application had a significant effect on the quality of financial reports partially with a calculated t value of 3.782 > t table value of 1.796 and sig. 0.003 < 0.05. While business financial management partially did not have a significant effect on the quality of financial reports with a calculated t value of 0.628 < t table value of 1.796 and sig. 0.543 > 0.05. However, simultaneously both had a significant effect on the quality of financial reports with a contribution of 57.2%. So it was concluded that the application of the Money Tracker: Expense & Budget-based financial recording application and Business Financial Management had a significant effect on the Quality of Financial Reports of Keripik Singkong Mbak Ros MSME. It is recommended that MSMEs consistently use financial applications and improve their financial management literacy to strengthen their competitiveness. Keywords: Financial Recording; Financial Management; Financial Report Quality; Money Tracker
Penerapan Aplikasi Siapik Sebagai Solusi Pencatatan Keuangan Digital Pada Umkm Toko Jahit Asri Rumah Mode Jihan Friska; Vennia Marsella Purba; Najwa Andini
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan aplikasi SIAPIK sebagai solusi pencatatan keuangan digital pada UMKM Toko Jahit Asri Rumah Mode. Latar belakang penelitian berangkat dari masih digunakannya metode pencatatan manual oleh UMKM yang menyebabkan inefisiensi, risiko kehilangan data, dan kesalahan pencatatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain quasi-eksperimental (one-group pretest-posttest design). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi SIAPIK memberikan pengaruh positif terhadap efisiensi dan akurasi pencatatan keuangan, dengan kontribusi sebesar 53% terhadap peningkatan kualitas pencatatan. Aplikasi SIAPIK juga mempermudah proses pencatatan transaksi, mempercepat penyusunan laporan keuangan, dan meningkatkan keamanan data. Dengan demikian, SIAPIK menjadi solusi efektif dalam transformasi digital pencatatan keuangan UMKM.
Inovasi Barcode Sebagai Instrumen Transparansi BUMDes: Akses Informasi dan Akuntabilitas Kepada Masyarakat Di Desa Denai Lama Ziraluo, Kisah Sasty; Erwin Manik; Febi Aulia; M. Ridho Anwar; Halillah Naifah; Paidil Akbar
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v14i1.69791

Abstract

Abstrak: Inovasi barcode dalam pengelolaan BUMDes di Desa Denai Lama bertujuan meningkatkan transparansi informasi dan akuntabilitas kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan observasi dan studi literatur sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa barcode mampu mempercepat akses informasi produk, meningkatkan efisiensi pencatatan persediaan, serta memperkuat kontrol dan kepercayaan publik terhadap pengelolaan BUMDes. Kesimpulan menyatakan bahwa teknologi barcode dapat menjadi instrumen strategis dalam membangun budaya transparansi dan profesionalisme di lingkungan desa. Penelitian ini menyarankan penguatan literasi digital dan infrastruktur teknologi sebagai pendukung keberhasilan implementasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modren Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Modren Vol 11, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 4 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 4 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9, No 4 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 4 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 4 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern More Issue