cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
imas@stie-trianandra.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57166 ; Email : lppm@stie-trianandra.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Student Research
ISSN : 29639859     EISSN : 29639697     DOI : 10.55606
Ilmu Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research" : 35 Documents clear
Pengembangan Buku Digital Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 27 Medan Putri, Zahrah Fathinnisa Putri
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1535

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku digital yang valid, praktis dan efektif, serta mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan buku digital berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi perbandingan senilai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media buku digital, lembar validasi RPP, lembar validasi angket respon siswa dan guru, lembar validasi tes pretest dan posttest, angket respon siswa dan guru, tes pretest, dan tes posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMPN 27 Medan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) cara mengembangkan buku digital yang valid, praktis, dan efektif dilakukan dengan tahapan ADDIE, dimulai dari penganalisisan karakteristik dan kebutuhan sehingga diperoleh solusi, setelah itu buku digital berbasis Contextual Teaching and Learning akan dirancang dan dibuat serta divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Setelah itu, dilakukan uji keterbacaan serta menerapkan buku digital selama 3 pertemuan. Buku digital yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif, (2) Presentase peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada indikator 1 meningkat sebesar 25,93%, pada indikator 2 sebesar 16,11%, pada indikator 3 sebesar 39,63%, dan pada indikator 4 sebesar 57,77%. Serta rata-rata nilai N-gain siswa sebesar 0,704 artinya berada pada kategori tinggi.
Analisis Pertumbuhan Ekonomi Sektor Basis Dan Non-Basis Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2018-2021 Eni Febriyanti; Hansen Rusliani; Ahmad Syukron Prasaja
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1586

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan kondisi alamiah yang menunjukkan keberhasilan suatu daerah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi daerah. Perkembangan sektor ekonomi daerah tidak terlepas dari basis sektor-sektor yang mempengaruhi sektor ekonomi daerah. Keberhasilan suatu daerah dalam mendukung kesejahteraan masyarakatnya dapat diukur dari meningkatnya pertumbuhan sektor ekonomi daerah. Pertumbuhan ekonomi yang dilakukan di suatu daerah dan prosesnya akan saling berkaitan yang selanjutnya akan berlangsung terus menerus setiap tahunnya, yang merupakan syarat terpenting bagi keberlangsungan pembangunan ekonomi daerah. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menitikberatkan pada pengujian data dimana pembahasan dalam penelitian ini bergantung pada hasil yang akan diperoleh dari estimasi data yang digunakan peneliti. objek penelitian adalah perekonomian di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan juga time series. data diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan cara dokumentasi dan observasi. Adapun dari hasil penelitian tidak terdapat sektor basis dalam penggunaan pendekatan Location Quotient, dalam perhitungan menghasilkan tiga sektor potensial yaitu sektor Pertambangan dan Penggalian, sektor Industri Pengolahan dan sektor Jasa Perusahaan.
Dampak Labelisasi Halal Pada Pendapatan Usaha Barokah Bakery Kota Jambi Muhammad Rezi; Erwin Saputra Siregar; Rabiyatul Alawiyah
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1589

Abstract

Penelitian ini berfokus pada “Pendapatan Produk Roti Barokah Sebelum Dan Sesudah Memiliki Logo Halal Pada Toko Kelontong Yang Menjadi Tempat Penitipan”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh label halal terhadap penjualan roti di Barokah Bakery dan apakah penyebab penurunan pendapatan penjualan roti di Barokah Bakery. Jenis penelitian ini jika di tinjau dari rencana penelitian maka dapat digolongkan ke dalam penelitian kualitatif, yaitu menekankan pada pengamatan fenomena dan meneliti ke subtansi makna dari fenomena yang diteliti, labelisasi halal tidak berpengaruh terhadap penjualan roti barokah yang di titipkan disini hal tersebut terjadi karena konsumen yang belanja di sini kurang memperdulikan tentang label halal yang terpenting hanya rasa enak, ukuran besar, dan harga yang murah dan banyaknya pesaing dari merek laindan terjadinya covid 19 yang melanda Indonesia pada tahun 2020 kemarin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. labelisasi halal tidak berpengaruh terhadap penjualan roti barokah. 2. Penyebab terjadinya penurunan penjualan disebabkan oleh persaingan pasar dengan menjual produk yang sama. Dan penurunan jumlah konsumen yang disebabkan oleh fenomena covid 19.
Pengaruh Brand Ambassador Dan Lifestyle Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Shopee Putry Ramadhoani; Haryanti, Intisari
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1590

Abstract

Abstract. This study aims to determine and analyze the influence of brand ambassadors and lifestyle on online shopping interest through the Shopee marketplace. This type of associative research with primary data in and sourced from the research instrument in the form of a Likert-scale questionnaire so that the type of data used is quantitative data. The research population is all consumers who have shopped at Shopee whose number is not known with certainty. The sample of this research was 96 respondents using purposive sampling technique. data collected by observation, questionnaires and literature study. Data analysis techniques using validity test, reliability test, classic assumption test multiple regression, multiple correlation coefficient, t test and f test. The results of the study show that band ambassadors and lifestyle have a significant effect on online shopping interest through the Shopee marketplace.
Pengaruh Lifestyle Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Di Kota Bima Safira, Ratna; Amirulmikminin
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1592

Abstract

Abstract. This study aims to determine and analyze the influence of lifestyle and advertising on purchasing decisions for Somethink products. This type of associative research with primary data in and sourced from the research instrument in the form of a Likert-scale questionnaire so that the type of data used is quantitative data. The research population is all consumers who have shopped at Shopee whose number is not known with certainty. The sample of this research was 96 respondents using purposive sampling technique. data collected by observation, questionnaires and literature study. Data analysis techniques using validity test, reliability test, classic assumption test multiple regression, multiple correlation coefficient, t test and f test. The results of the study show that lifestyle and advertising simultaneously influence the purchase decision of Something's product
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 27 Meddn Ulpa Pasaribu, Dina
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1602

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang bertujuan untuk Mengklasifikasi kemampuan berpikir kreatif dalam matematika kelas VIII di SMP Negeri 27 Medan”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII – 11 di SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang mencakup empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh Kemampuan berpikir kreatif dalam matematika siswa pada kelas VIII -11 di SMP Negeri 27 Medan dalam menyelesaikan soal Ssitem Persamaan linear dua variabel sebagian dikatakan rendah.Kategori tinggi ada sebanyak 6 siswa dari 30 siswa dengan persentasenya 20 % Pada kategori ini kendala yang terjadi adalah ketidaktelitian pada saat pengerjaan soal, Kategori sedang ada sebanyak 7 siswa dari 30 siswa dengan persentasenya 23,33 Pada kategori ini kendala yang terjadi adalah ketidaktelitian pada pengerjaan soal dan cari/ jawaban yang diberikan tidak beragam/ bervariasi, dan Kategori rendah ada sebanyak 17 siswa dari 30 siswa dengan persentasenya 56,66 %. Pada kategori ini kendala yang terjadi adalah rendahnya pemahaman konsep, ketidaktelitian dalam pengerjaan soal, serta tidak beragam/bervariasi dalam memberikan cara/jawaban pada soal.
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN PADA PERUSAHAAN OUTSOURCING PT. GOKKO MIRAI INDONESIA Riska Ristiana; Uus MD Fadli
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1627

Abstract

Pentingnya kepemimpinan terletak dalam kemampuannya untuk membentuk budaya kerja yang positif, membangun tim yang solid dan merangsang inovasi dan motivasi, melalui proses mempengaruhi dan memfasilitasi, seorang pemimpin dapat menciptakan lingkungan yang memungkinkan individu dan kelompok mencapai performa terbaik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan di PT. Gokko Mirai Indonesia. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatf dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dengan Presiden direktur dan Direktur. Tempat Penelitian di PT. Gokko Mirai Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan di PT. Gokko Mirai Indonesia cenderung mengarah ke gaya kepemimpinan Partisipatif dan Musyawarah. Gaya kepemimpinan yang Partisipatif ini diperlukan ketika karyawan mengemukakan pendapatnya sehingga pemimpin dan bawahan bekerja sama penuh dalam team. Dan gaya kepemimpinan musyawarah dengan kebersamaan dan kekeluargaan serta dalam pengambilan keputusan mengikuti prosedur, pengumpulan data, Analisa data dan pengambilan keputusan.
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E- COMMERCE SHOPEE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG Alia Candra Devi; Uus MD Fadli
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1628

Abstract

Keputusan pembelian merupakan bagian penting yang dilakukan konsumen sebelum melakukan pembelian, Pengambilan keputusan pembelian ini dilakukan setelah melakukan evaluasi terhadap banyaknya pilihan produk atau jasa yang ditawarkan. Situs belanja online seolah-olah menjadi satu cara cepat untuk dapat memenuhi keinginan belanja konsumen. Shopee salah satu E-commerce yang menawarkan berbagi macam produk kepada konsumen. Tujun penelitian ini untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian mahasiswa di e-commerce shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini di kota Karawang. Informan penelitian ini adalah 4 orang mahasiswa prodi manajemen Universitas Buana Perjuangan Kawarang yang aktif mengunakan aplikasi shopee. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi. Analisis dilakukan dengan membagi dua jenis data yaitu data primer dari wawancara langsung dan data sekunder dari artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya promosi diskon, promosi gratis ongkos kirim, harga, dan kualitas produk mempengaruhi terhadap keputusan pembelian online konsumen di Shopee. Dalam proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terdapat lima tahap yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan tahap perilaku pasca pembelian. Dapat disimpulkan bahwa saat ini mahasiswa sering melakukan pembelian produk di E-commerce shopee untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Peran Baitul Maal Wa Tamwil Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro (Studi Pada Bmt Al Ishlah Kota Jambi) Silvina Fendari; Youdhi Prayogo; Fauzan Ramli
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1636

Abstract

BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) adalah sebuah lembaga keuangan mikro yang berbasis syariah yang memberikan solusi kepada masyarakat khususnya menengah kebawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran BMT Al Ishlah terhadap pemberdayaan usaha mikro di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan menggunakan analisis diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan jumlah responden 5 anggota yang melakukan pembiayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan yang dilakukan BMT Al Ishlah terhadap usaha mikro dilakukan dengan dua cara yaitu, pendanaan dan pembinaan. Pemberdayaan ini berperan positif dalam usaha nasabah sesuai dengan pengakuan 5 responden yang mengakui adanya peningkatan omzet dan mengakui manajemen keuangan lebih baik.
ANALISIS PELUANG USAHA SARANG BURUNG WALET DI TINJAU DARI MAQASHID SYARIAH (Studi Desa Sungai Sayang Kec. Sadu Kab. Tanjung Jabung Timur) Eja Armaz Hardi; Firman Syah Noor
Journal of Student Research Vol. 1 No. 5 (2023): September: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v1i5.1682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang usaha sarang burung walet di Desa Sungai Sayang, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan untuk mengetahui tinjauan maqashid syariah terhadap usaha sarang burung walet di Desa Sungai Sayang, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peluang usaha sarang burung walet di Desa Sungai Sayang menghasilkan peluang usaha yang sangat baik karena Desa ini merupakan salah satu tempat habitat dari burung walet sehingga para pengusaha walet mampu mengoptimalkan peluang usaha yang ada untuk mengembangbiakkan dalam meningkatkan populasi sarang burung walet dan menjadikan usaha ini sebagai sumber untuk menambah penghasilan demi menopang kehidupan rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Sungai Sayang. Dalam menyelaraskan peluang usaha sarang burung walet dengan prinsip-prinsip maqashid syariah, tentunya para pengusaha sarang burung walet yang ada di Desa Sungai Sayang telah sepenuhnya menerapkan lima unsur yang ada pada konsep maqashid syariah. Kemudian hasil dari usaha sarang burung walet ini membawa kemaslahatan bagi para pengusaha walet yang ada di Desa Sungai Sayang.

Page 1 of 4 | Total Record : 35