cover
Contact Name
Muhammad Zulkifli
Contact Email
sudutwarna@gmail.com
Phone
+6281235871313
Journal Mail Official
sudutwarna@gmail.com
Editorial Address
Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam Jl. Tanjung Rema, Martapura Kabupaten: Banjar Provinsi: Kalimantan Selatan
Location
Kab. banjar,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial
ISSN : 18580750     EISSN : 26856336     DOI : http://dx.doi.org/10.58791/drs
Jurnal Ilmiah terbit dua kali setahun pada periode Januari dan Juli. Memuat tulisan dari hasil kajian analitis-kritis maupun penelitian ilmiah dalam bidang Keislaman.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2020)" : 8 Documents clear
TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODOLOGI PENELITIAN Maulida Maulida
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.39

Abstract

AbstrakKegiatan pengumpulan data pada prinsipnya merupakan kegiatan penggunaan metode dan instrumen yang telah ditentukan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Secara sederhana, pengumpulan data diartikan sebagai proses atau kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengungkap atau menjaring berbagai fenomena, informasi atau kondisi lokasi penelitian sesuai dengan lingkup penelitian. Dalam prakteknya, pengumpulan data ada yang dilaksanakan melalui pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data diartikan sebagai proses atau kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengungkap atau menjaring berbagai fenomena, informasi atau kondisi lokasi penelitian sesuai dengan lingkup penelitian. Dalam prakteknya, pengumpulan data ada yang dilaksanakan melalui pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dengan kondisi tersebut, pengertian pengumpulan data diartikan juga sebagai proses yang menggambarkan proses pengumpulan data yang dilaksanakan dalam metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif.Dalam penelitian kuantitatif dikenal teknik pengumpulan data: wawancara, angket dan observasi. Sedangkan dalam penelitian kualitatif dikenal teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi dan trigulasi.Kata Kunci: Teknik, pengumpulan data, metode penelitian.
KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DI SEKOLAH DASAR Abdurrahman Tapin
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.35

Abstract

AbstrakKinerja dan wawasan guru masih rendah, salah satu sebab adalah supervise edukatif kolaboratif yang dilakukan oleh pengawas maupun kepala sekolah cenderung menitikberatkan pada aspek administrasi saja. Jika hal ini dibiarkan maka kualitas pendidikan di sekolah dasar tidak akan berhasil dengan baik. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervise edukatif kolaboratif di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan dua siklus, siklus I berupa kegiatan pendampingan menyusun rencana pembelajaran, sedangkan siklus II melaksanakan pembelajaran. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tarungin 1 UPTD Pendidikan Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin selama lima bulan. Subjek penelitian sebanyak enam orang guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan melalui supervise edukatif kolaboratif aktifitas guru dalam menyusun rencana pembelajaran mengalami peningkatan. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran dan prestasi belajar siswa juga meningkat.Kata Kunci: kinerja guru, supervise edukatif kolaboratif, penelitian tindakan sekolah
PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAS AL-ISLAM NURUL MAAD Mihrab Afnanda
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.40

Abstract

AbstrakKeinginan untuk mewujudkan pembelajaran yang maksimal dan menarik. Dalam proses pembelajaran kemampuan guru merupakan bagian yang paling penting dalam proses belajar-mengajar. Tanpa kemampuan, penyampaian materi dan pengelolaan kelas tidak dapat berjalan dengan baik. Dari hasil bahwa Penerapan Strategi Concept Map cukup efektif pada saat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru menggunakan Strategi Concept Map secara baik, baik dari segi perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pelaksanaan pembelajaran, maupun ketika kegiatan evaluasi dilaksanakan. Itu semua ditandai dengan antusiasnya siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran, Strategi Concept Map
KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL TEAM TEACHING KELAS V SEKOLAH DASAR Panut Raharjo
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.36

Abstract

AbstrakPenelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan model team teaching kelas V sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 15 siswa SD Negeri Asam Randah pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Data diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan instrumen penilaian, angket, dan serta pedoman wawancara. Observasi kemampuan belajar siswa berdasarkan instrumen-instrumen observasi yang terdiri dari indikator-indikator, sistem penilaian untuk siswa didasarkan 4 kategori, yaitu tidak, kurang, sedang, dan baik.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan.Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Model Team Teaching, Kemampuan Siswa
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION) Yati Jumariah
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.37

Abstract

AbstrakPermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 14 Banjarbaru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) pada Materi Teks Ulasan Film/Drama di Kelas VIII B SMP Negeri 14 Banjarbaru Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang selalu diakhiri dengan tes akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VIII B tahun pelajaran 2018-2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar peserta didik mulai dari prasiklus sampai pada setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan rata-rata tiap siklus. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan perorangan dan ketuntasan belajar klasikal atau bersama-sama di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus dengan rata-rata 71.41. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) mengalami peningkatan 6.66% menjadi 81.09 Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 5.39 % dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 84,37.Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Kooperatif Tipe TAI, Film/Drama
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN TES HASIL BELAJAR MELALUI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) MINI DI SDN PAKAPURAN KACIL 2 KECAMATAN DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN Fahrurazi Fahrurazi
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.33

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah Guru Kelas SDN Pakapuran Kacil 2 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan berjumlah 6 orang. Analisis data dilakukan dengan menggali data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan KKG mini aktivitas peneliti mengalami peningkatan. Pada siklus I terlaksana 75% (kriteria baik) meningkat sebesar 12,5% sehingga menjadi 87,5 % (kriteria amat baik). Aktifitas guru dalam melaksanakan penyusunan tes hasil belajar melalui KKG Mini meningkat 22 %. Demikian juga dengan kemampuan menyusun tes hasil belajar dapat meningkat. Pada siklus I rata-rata 50% (kriteria kurang baik) menjadi 100% (kriteria amat baik) di siklus II (meningkat 50%). Bagi guru, hendaknya selalu aktif mengikuti kegiatan KKG agar dapat meningkatkan kemampuan menyusun Tes Hasil Belajar yang baik sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sehingga meningkatkan kompetensi profesional. Bagi siswa, hendaknya sungguh-sungguh dalam mengerjakan tes hasil belajar yang tepat untuk mengetahui kompetensi yang dicapainya. Bagi sekolah, hendaknya menggunakan tes hasil belajar yang baik agar dapat digunakan sebagai pedoman pengukuran bagi sekolah untuk mengetahui sudah memenuhi standart atau belum.
MAQASID AL SYARIAH DALAM FILSAFAT HUKUM ISLAM Amiruddin Amiruddin
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.38

Abstract

AbstrakSecara substansi Allah SWT dalam memberlakukan syariat Islam dengan tujuan kemaslahatan bagi umat manusia dan menjauhkan umat manusia dari kemafsadatan baik itu di dunia terlebih di akhirat namun tujuan syariat tersebut tidak bisa dicapai tanpa melalui taklif atau pembebanan. Yang pelaksanaannya bergantung kepada pemahaman pada sumber hukum Islam yaitu Alquran dan hadis, maka berdasarkan pendapat para ahli ushul fiqh, menjelaskan setidaknya ada lima pokok atau unsur yang harus dijaga dan dipelihara dalam mewujudkan kemaslahatan dunia dan akhirat, yaitu agama, jiwa, akal,keturunan dan harta. Seorang akan mendapat kemaslahatan dunia dan akhirat jika dapat memelihara kelima unsur tersebut, dan sebaliknya akan mendapat kemafsadatan jika melalaikan lima aspek tersebutKemaslahatan hidup manusia menjadi orientasi yang sangat konkrit dalam penetapan tujuan hukum Islam, maqasid al-Syariah adalah salah satu metode ataupun pedekatan menemukan kemaslahatan dan menentukan derajat kemaslahatan, maka sejalan dengan itu filsafat hukum Islam menjadi rumah besar yang memuat maqashid al-Syariah sebagai salah satu teori untuk menemukan hakikat, tujuan, dasar, illah, ataupun hikmah dari satu persoalah hukum dalam Islam secara sistimatis, terstruktur dan ilmiah.Kata Kunci: Maqasid al syariah, maslahat, filsafat hukum islam.
KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR Sabirin Bagak
Darussalam Vol 21, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/drs.v21i2.34

Abstract

AbstrakHasil kegiatan kepengawasan di SDN Bagak Kecamatan Hatungun, guru belum maksimal menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dengan baik. Melihat kondisi pembelajaran yang demikian, dirasa perlu memberikan pembinaan kepada guru-guru melalui supervisi akademik. Penelitian tindakan kelas bertujuan meningkatkan kemampuan guru menggunakan media pembelajaran melalui supervisi akademik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Bagak Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin pada semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan (Juli-Desember 2018). Subjek penelitian guru kelas IV, kelas V, dan kelas VI masing-masing satu orang. Pengumpulan data dengan observasi, dan penilaian pelaksanaan proses pembelajaran. Penelitian melalui 2 siklus yang setiap siklusnya dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran mengalami peningkatan, meliputi aspek administrasi (perangkat) pembelajaran, aspek proses belajar-mengajar, dan aspek penggunaan dan pengembangannya.Kata Kunci: Supervisi akademik, penelitian tindakan sekolah, media.

Page 1 of 1 | Total Record : 8