cover
Contact Name
Editor JTIE
Contact Email
jtie.editor@gmail.com
Phone
+6281374585118
Journal Mail Official
jtie.editor@gmail.com
Editorial Address
Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal Technology and Industrial Engineering
ISSN : -     EISSN : 29853850     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) published by the Research Institute of Science, Technology and Arts (RIStecArt). JTIE is a peer-reviewed journal dedicated to exchanging high-quality research results in all aspects of Industrial and System Engineering. Editors invite researchers, practitioners and students to write scientific developments in fields related to Industrial and System Engineering. JTIE (Jurnal Technology and Industrial Engineering) is published 2 (two) times a year.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering" : 8 Documents clear
Pengendalian Persediaan Bahan Baku Baju Dengan Metode EOQ Pada UMKM BL Khairil Anwar Lubis; marwan
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.127 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.42

Abstract

Ketersediaan bahan baku berkualitas tinggi sangat penting untuk setiap manufaktur. Dikarenakan tingginya biaya bahan baku di dalam kota, bahan baku yang dipakai didatangkan dari pulau jawa dengan masa tunggu 4 hari sehingga sering terjadi kekosongan pada proses produksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan metode EOQ lebih menghemat biaya persediaan bahan baku dibandingkan dengan kebijakan UMKM BL. Seluruh biaya persediaan bahan baku kain dengan menggunakan  kebijakan UMKM BL sebesar Rp4.794.779, sedangkan dengan menggunakan metode EOQ hanya menghabiskan biaya sebesar Rp2.025.837, penghematan sebesar Rp2.768.943. Biaya total persediaan  bahan baku lilin sebesar Rp.2.158.235 sedangkan metode EOQ Rp.954.974 menghemat biaya sebesar Rp. 1.203.261 dan bahan baku  pewarna sebesar  Rp.1.159.000  sedangkan metode EOQ Rp.413.521 menghemat biaya sebesar  Rp.745.479.
Pengukuran Kinerja Pada Perusahaan PT. XYZ Dengan Metode Balanced Scorecard Fikri Arifin; marwan
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.043 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.46

Abstract

PT. XYZ adalah bidang usaha yang bergerak di bidang pelayanan penyedia air minum. Dengan tujuan perusahaan adalah untuk memenuhi bagi Masyarakat yang membutuhkan air bersih, maka dari itu penting dilakukan pengukuran kinerja untuk perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Balanced Scorecard dengan 4 perspektifnya (perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) pada PT. XYZ dengan cara membandingkan fakta dan teori. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kinerja perusahaan PT. XYZ pada perspektif keuangan yang dilihat dari ROE, Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional dan Efektivitas Penagihan dapat diketahui hasil dari kinerja perusahaan PT. XYZ bisa dikatakan dengan kategori cukup. Dari sisi pelanggan, berdasarkan akuisisi pelanggan dan keluhan pelanggan dikatakan kurang baik, sedangkan dari segi retensi pelanggan mengalami kinerja yang baik. Dari sisi proses bisnis internal, inovasi dan pelayanan pemeliharaan masih kurang, hanya saja tingkat kehilangan air dan penggantian meteran air dianggap cukup. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang dilihat dari retensi pegawai serta rasio diklat pegawai dapat dikatakan cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis balanced scorecard berpengaruh terhadap kinerja perusahaan PT. XYZ
Penerapan Material Requirement Planning Pada Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Terhadap Produk Springbed di CV.VWX Muhammad Riza; marwan
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.891 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.47

Abstract

Penerapan Material Requirement Planning pada perencanaan kebutuhan bahan baku terhadap produk springbed di CV. VWX di penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui permintaan produk springbed dengan menggunakan peramalan, (2) mengetahui kapasitas maksimal setiap pemesanan bahan baku dalam sekali pesan, serta (3) mengetahui jumlah pemesanan bahan baku springbed. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun hasil dari penelitian yaitu (1) hasil peramalan permintaan produk springbed pada periode berikutnya pada Maret 2023 per 2 bulan sebesar 1125 unit dengan MAPE (Mean Absolute Percent Error) sebesar 0,11, (2) pada satu kali pemesanan bahan baku periode berikutnya pada bulan Maret 2022 sebesar 5625 meter kain, 13500 kg busa, 28125 buah penjepit peer, 1740 pcs kawat kumparan, 1740 pcs slicon dan 56250 Pcs ram peer, dan (3) terdapat 12 kali frekuensi pemesanan bahan baku pembuatan springbed dengan biaya pemesanan Rp 2.400,00 lebih kecil dibandingkan metode perusahaan dengan frekuensi pemesanan sebanyak 48 kali sebesar Rp, 18.000,00
Pengendalian Kualitas Produk Rubber Seal Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode Effect And Analisys) dan Metode FTA (Fault Tree Analisys) di PT. XYZ fadil ahmad; marwan
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.055 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.49

Abstract

Telah terjadi peningkatan persaingan yang ketat di antara bisnis sebagai akibat dari kemajuan di sektor manufaktur dan industri. Dalam dunia industri, konsumen melihat berbagai faktor sebelum melakukan keputusan pembelian. Masalah yang dihadapi  PT. Indopura Utama pada saat ini adalah banyaknya produk Rubber Seal yang cacat. Jumlah rata-rata kecacatan Rubber Seal dalam satu bulan pada mei 2022 sebesar 3020 item (22,7 %) dari total produksi 13260 item. Dari hasil pengolahan data nilai RPN (Risk Priority Number) pada metode FMEA (Failure Mode Effect and Analisys) di dapat nilai tertinggi untuk RPN (Nomor Prioritas Risiko) penyebab kegagalan sebesar 343 yang disebabkan operator kurang teliti dan berpengalaman. Kemudian menentukan minimal cut set melalui aljabar boolean dari metode FTA (Fault Tree Analisys) didapatkan proporsi terbesar yaitu sebesar 20% adalah operator yang tidak berpengalaman yang mengakibatkan kecacatan terjadi.
Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Saluran Air PT.SHL vernando l toruan; Ismail
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.892 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. SHL. Dalam penelitian ini kualitas layanan meliputi bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Penelitian ini akan mengkaji dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun sebagian. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang, dan besar sampel penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan instrumen penelitian menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi SPSS 26 untuk analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai signifikansi untuk masing-masing variabel kurang dari 0,05. Hasil pengujian koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 0,953. Hal ini menunjukkan 95,3 % variabel kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan 4,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Evaluasi Postur Kerja Menggunakan Metode RULA Pada Aktivitas Bongkar Muat di CV. Karyatama Perintis Fajar Dicky Alfiansyah Dicky; Nita Marikena
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.882 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.128

Abstract

Satu di antara proses logistik yang utama adalah kegiatan proses bongkar muat ( manual material handling ), Proses manual material handling pada aktivitas bongkar muat terbagi atas 2 proses yaitu proses bongkar barang dan proses muat barang. Pada penelitian ini difokuskan pada proses bongkar barang sebaliknya. Aktivitas ini rentan terhadap terjadi nya cidera pada pekerja. beresiko pada muskuloskeletal yang biasa disebut dengan musculoskeletal disorders (MSDs) Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi postur kerja akibat dari aktvitas bongkar barang Metode yang digunakan adalah RULA (Rapid Upper Limb Assessment), menilai postur, gerakan dan gaya pada aktivitas kerja berdasarkan penilaian dari RULA untuk gangguan pada anggota tubuh bagian atas yaitu postur (pergelangan tangan, lengan atas, lengan bawah, perputaran pergelangan tangan, posisi kaki, leher dan punggung) setelah itu menentukan level resiko berdasarkan hasil dari skor akhir bahwa postur tubuh tersebut diperlukan perbaikan atau tidak. Hasil dari perhitungan dengan metode RULA diperoleh bahwa pekerja untuk postur tubuh memiliki nilai 4 pada penilaian skor akhir maka dari itu dalam katagori level resiko 2 yang menunjukan adanya penyelidikan dan perbaikan dibutuhkan. Hal tersebut dipengaruhi oleh postur tubuh yang tidak ergonomis (membungkuk dan menahan beban yang berat ). Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah postur kerja MMH pada CV. Karyatama Perintis Fajar diperlukan adanya penyelidikan dan perbaikan dibutuhkan. Saran yang dapat penulis berikan yaitu mengadakan evaluasi metode dan sistem kerja dan perancangan fasilitas kerja.
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kemasan Makanan Ternak Dengan Metode Six Sigma Dan Analisa Kaizen di PT. Central Proteina Prima Tbk Rizki Ananda Sipahutar; Ismail
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.402 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.170

Abstract

Guna menjaga image tersebut, pastinya industri ini senantiasa berinovasi dalam perihal kenaikan mutu produk yang bertujuan buat tingkatkan performansi industri dengan menggapai zero defect. Metode Six Sigma merupakan konsep statistik yang mengukur sebuah proses yang berkaitan dengan cacat ataupun kehancuran. Metode ini dinilai selaku suatu metode yang sanggup melaksanakan pendekatan secara komprehensif, yang secara dramatis hendak tingkatkan mutu dari produk yang dihasilkan. Bersumber pada hasil pengolahan informasi dengan metode Six Sigma, jumlah penciptaan 140, 330 jumlah cacat penciptaan terbanyak ada pada parameter kecacatan kandas timbang ialah sebesar 187 pcs produk dan nilai DPMO proses sebesar 824, 2476 serta nilai sigma proses sebesar 4,65 yang artinya implementasi six sigma berpengaruh positif terhadap pengendalian kualiatas kemasan di PT.Central Proteina Prima Tbk.
Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Digitalized Smart Office Pada PT DMS Dimas Pramono; Ismail
Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering
Publisher : Research Institute of Science, Technology and Art (RISTecArt)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.891 KB) | DOI: 10.59840/jtie.v1i2.180

Abstract

PT DMS merupakan sebuah perusahaan yang mengumpulkan sumbangan dari orang-orang yang menginginkan menyimpan dananya di PT DMS dalam bentuk simpanan dan pengembalian kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit. Smart Branch PT DMS saat ini menggunakan antrian digital dengan pemesanan antrian melalui tabel atau menggunakan layanan livin's by Mandiri untuk pemesanan antrian secara digital. PT DMS Smart Branch dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan berdasarkan tingkat adopsi digital memperkenalkan proses pelayanan terpadu saluran digital (Livin' dan Kopra) dan kios swalayan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian asosiatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini mengkaji analisis kualitas layanan Smart Branch PT DMS dengan mendigitalkan antrian general banking (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) di PT DMS. Peneliti membahas hasil dan mendeskripsikan hasil studi berbasis survei terhadap 45 responden di PT DMS.

Page 1 of 1 | Total Record : 8