cover
Contact Name
Rahman Tanjung
Contact Email
jurnal@rakeyansantang.ac.id
Phone
+6285718662925
Journal Mail Official
jurnal@rakeyansantang.ac.id
Editorial Address
Palumbonsari, Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41314, Kab. Karawang, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Tahsinia
ISSN : 26852047     EISSN : 27975452     DOI : https://doi.org/10.57171/jt
Core Subject : Education,
Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang ilmu pendidikan yang mencakup : 1) Administrasi/Manajemen Pendidikan, 2) Pendidikan Agama Islam, 3) Pendidikan Ekonomi, 4) Pendidikan Fisika, 5) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6) Bimbingan dan Konseling, 7) Pendidikan luar Sekolah, 8) Pendidikan luar Biasa, 9) Teknologi Pendidikan, 10) Pendidikan Geografi, 11) Pendidikan Bahasa, dan lainnya.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 7 (2025): Juli" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATICS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK PINTAR DI TK NEGERI PURWADADI Nurfadhilah, Lulu; Fijar Anugrah, Yuwan
Tahsinia Vol 6 No 7 (2025): Juli
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v6i7.472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematics anak usia dini melalui penggunaan alat permainan edukatif kotak pintar di TK Negeri Purwadadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kuantitafi deskriptif dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini 14 anak usia 5-6 tahun (kelompok B). Teknik pengumpulan data berupa observasi dan sokumentasi, dengan instrument yang digunakan yaitu lembar cheklist dan asesmen capaian perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata awal pra siklus 57,14% (MB) mulai meningkat pada kegiatan siklus 1 sebesar 71,14% (BSH) dan meningkat lagi pada kegiatan siklus 2 sebesar 85,5% (BSB). Dengan demikian, media kotak pintar efektik digunakandalam pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan logis-matematics anak usia dini usia 5-6 tahun secara menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
STRATEGI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENGUATAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI Iqbal Al Kautsary, Muhammad; Safwandy Nugraha, Mulyawan
Tahsinia Vol 6 No 7 (2025): Juli
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v6i7.713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam manajemen pembelajaran di MAN 3 Karawang. Fokus utama kajian meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran oleh kepala madrasah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah telah menerapkan strategi perencanaan pembelajaran yang sistematis melalui penyusunan RPP dan silabus. Pengorganisasian dilakukan dengan jelas melalui pembagian tugas dan persiapan pengajaran. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung interaktif dengan pendekatan komunikatif dan penguatan kompetensi guru. Evaluasi dilakukan melalui berbagai metode seperti tes, observasi, dan diskusi, dengan tindak lanjut yang sistematis. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan fasilitas dan pelatihan guru untuk mendukung keberhasilan pembelajaran di madrasah.
MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Wawan, Wawan; Hermawan, Dadep; Mardiana , Dinny
Tahsinia Vol 6 No 7 (2025): Juli
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v6i7.720

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pendidikan yang baik dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di tingkat global. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana manajemen mutu sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam pencapaian mutu pendidikan yang optimal. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi di dua sekolah dasar negeri yaitu SDN Margalaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen mutu berbasis perencanaan strategis, pelaksanaan evaluasi berkelanjutan, serta pemberdayaan guru melalui pelatihan dan supervisi, memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Dengan demikian, manajemen mutu sekolah yang efektif menjadi pondasi penting dalam membentuk budaya kerja yang produktif dan berkinerja tinggi.
MANAJEMEN MUTU PROGRAM LALARAN ALFIYAH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI Sauri, Supyan; Diana, Eva; Fadlullah, Fadlullah; Minorita Putri, Irany; Murniati, Murniati
Tahsinia Vol 6 No 7 (2025): Juli
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v6i7.726

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang mempertahankan metode pengajaran klasik seperti kitab kuning dan metode lalaran, sekaligus mengadopsi sistem pendidikan formal melalui model Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Salah satu metode khas pesantren adalah lalaran, yang digunakan untuk menghafal kitab-kitab klasik, termasuk Alfiyah Ibnu Malik kitab nahwu yang menjadi tolok ukur kemampuan gramatika Arab santri. Meskipun terbukti efektif, banyak santri mengalami kesulitan dalam menjaga hafalan secara berkelanjutan ketika program tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut program lalaran Alfiyah dalam meningkatkan hafalan santri di Pendidikan Diniyah Formal Ar-Risalah, Kabupaten Bandung Barat. Teori yang digunakan adalah manajemen mutu W. Edwards Deming dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program disusun melalui perencanaan berbasis manajemen mutu internal, pelaksanaan mengintegrasikan metode tradisional dan pendekatan kontekstual-humanis, evaluasi dilakukan secara berkala dan menyeluruh, serta tindak lanjut difokuskan pada inovasi metode dan adaptasi strategi. Temuan ini menegaskan pentingnya manajemen mutu dalam menjaga keberlangsungan dan efektivitas program lalaran secara berkelanjutan.
STRATEGI MEMBANGUN KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA TK AISYIYAH QURROTA AYYUN Ratnawulan Surtiati, Teti; Nugraha, Harry
Tahsinia Vol 6 No 7 (2025): Juli
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v6i7.722

Abstract

Kemitraan sekolah dengan orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah merupakan aspek penting yang tidak terpisahkan dalam pengembangan kualitas pendidikan di sekolah, khususnya dalam perkembangan dan pengembangan karakter anak. Kemitraan sekolah dan orang tua siswa sangat urgen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung bagi siswa. Penelitian Kemitraan sekolah dengan orang tua siswa, bertujuan untuk menganalisis strategi dan model kemitraan yang dibangun berdasarkan prinsip dasar yang dilaksanakan dan dijaga oleh TK Aisyiyah Qurrota Ayyun, diantaranya mencakup, komunikasi yang terbuka, keterlibatan aktif di sekolah dan dirumah yang selaras, mengintegrasikan nilai-nilai karakter positif moral dan agama, adanya refleksi bersama kedua belah pihak, pembentukan lingkungan yang mendukung terhadap pengembangan karakter, sosial emosional dan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta melibatkan kepala sekolah TK, guru TK, dan orang tua siswa sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membangun kemitraan Sekolah dengan Orang tua siswa dengan pengelolaan dimanajemen dengan baik dari perencanaan dan formulasi yang tepat dan matang, pengorganisasian yang terstruktur dan jelas tugas pokoknya, pelaksanaan yang konsisten dan komitmen semua semua pihak, dan pengawasan yang berkala dengan refleksi dan tindak lanjut program dalam membangun kemitraan sekolah dan orang tua siswa TK dalam pengembangan Karakter Anak terbukti efektif berjalan dengan baik di TK Aisyiyah Qurrota Ayyun. Secara keseluruhan, implementasi Strategi dan Model kemitraan yang dilaksanakan TK Aisyiyah Qurrota Ayyun terbukti efektif dalam meningkatkan dan mengembangkan Karakter siswa.
PENGARUH KEGIATAN MENANAM MICROGREEN TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Uswatun Hasanah, Iis; Purnamasari, Rika; Fauziah , Nurul
Tahsinia Vol 6 No 7 (2025): Juli
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v6i7.822

Abstract

Pendidikan karakter pada anak usia dini memiliki urgensi yang tinggi karena merupakan pondasi utama dalam membentuk kepribadian dan nilai-nilai moral yang akan dibawa hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menanam microgreen terhadap pengembangan karakter peduli lingkungan pada anak usia 4–5 tahun di TK Hidayatul Islamiyah, Kabupaten Purwakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kesadaran dan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan kurangnya pemahaman akan pentingnya merawat tanaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen, yaitu pendekatan yang memungkinkan peneliti memberikan perlakuan terhadap subjek penelitian tanpa melakukan pengacakan secara penuh. Sebanyak 18 anak dijadikan responden dalam penelitian ini. Kegiatan menanam microgreen diintegrasikan sebagai bagian dari implementasi program Tatanen di Bale Atikan (TdBA) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk memperkuat pendidikan karakter sejak usia dini. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai sebesar 95, sementara hasil posttest meningkat menjadi 110. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai t-test = 14.357 dengan sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah kegiatan. Dengan demikian, kegiatan menanam microgreen terbukti efektif menjadi metode pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif dalam membentuk dan mengembangkan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6