cover
Contact Name
Andi Agussalim
Contact Email
agussalim@fs.unhas.ac.id
Phone
+6285255275226
Journal Mail Official
agussalim@fs.unhas.ac.id
Editorial Address
Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : -     EISSN : 29860504     DOI : -
The aim of Jurnal Sarjana Ilmu Budaya is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: Language Literature Culture Educational Technology History Archeology
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya" : 6 Documents clear
PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING (CL) MODEL GALLERY WALK (GW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB MTs HASAN YAMANI KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLMAN As'ad M
Jurnal Sarjana Ilmu Budaya Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Publisher : Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu budaya, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) terhadap kemampuan membaca bahasa Arab di MTs Hasan Yamani kecamatan Campalagian, kabupaten Polman. Adapun Rumusan Masalah yaitu bagaimana prosedur penerapan dan pengaruh Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab di MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur penerapan dan pengaruh Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) dalam meningkat kemampuan membaca di MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman. Penlitian ini merupakan penelitian lapangan. Penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes sebagi metode pengumpulan data. Dari tiga kelas yang ada, penulis mengambil kelas VIII sebagai sampelnya. Adapun proses belajar mengajar berlangsung selama 8 kali pertemuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk melihat apakah metode Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) memberi pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman atau tidak . Berdasarkan hasil penlitian yang dilakukan ternyata terjadi peningkatan nilai dari pre-test ke Post-test yaitu dari nilai rata-rata 47,22 meningkat menjadi 62,87. Hal ini berarti metode Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) memberi pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MAKASSAR Muqayyimah
Jurnal Sarjana Ilmu Budaya Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Publisher : Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu budaya, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan pembelajaran bahasa Arab, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, langkah untuk memilih strategi adalah dengan menguasai teknik-teknik penyajian, yang biasa disebut metode pembelajaran. Telah dilakukan penelitian Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar dengan tujuan mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dan menjelaskan metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data sekunder dan data primer yang menggunakan pendeketan bersifat kualitatif dan dikemukakan secara deskriptif. efektifitas mengajar guru ketika menggunakan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas menggunakan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab cukup baik, serta efektifitas belajar murid dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas yang menggunakan metode langsung juga baik. Adapun solusi dari faktor penghambat peserta didik adalah santriwati harus senantiasa menambah perbendaharaan kosa-kata baru setiap hari, baik yang berasal dari kamus, guru maupun pengurus pondok, santriwati mencatat istilah-istilah konteporer (asing) kemudian mencari artinya dalam kamus bahasa Arab atau langsung menanyakan kepada guru bahasa Arab serta menghafalkannya.
ḤARF JᾹRR “MIN” )نم( DAN PENGGUNAANYA DALAM AL-QUR’ᾹN AL-KARĪM (DALAM TINJAUAN SEMANTIK) Fitriani Hornai
Jurnal Sarjana Ilmu Budaya Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Publisher : Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu budaya, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini berjudul Ḥarf Jārr “Min” dan penggunaannya dalam al-Qur’an al-Karīm (Suatu Tinjauan Semantik) yang membahas tentang makna ḥarf jārr min (نم فرح) dalam al-Qur’an al-Karīm terkhusus pada surah al-Tawbah, al-Isrā dan al- Anbiyā’. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis makna-makna dari ḥarf jārr “min” dalam al-Qur’an al-Karīm. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan (library search) dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode simak yang dijabarkan melalui teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam surah al-Tawbah terdapat 11 makna ḥarf jārr “min” yaitu: al-Tabīḍ (sebagian), al-faṣl (pemisah), bayān al-Jins (penelas jenis), al-Badl(pengganti), ibtidā al-Gayāh (permulaan batas), bermakna يف, bermakna دنع, bermakna ــب, bermakna ىلع, al-Ta’līl (alasan), bermakna نع dan surah al-Isrā terdapat 7 makna ḥarf jārr “min” yaitu: ibtidā al-Gayāh (permulaan batas), bayān al-Jins (penelas jenis), bermakna ــب, al-Tabīḍ (sebagian), bermakna يف, al-Badl(pengganti), dan al-Faṣl (pemisah) serta surah al-Anbiyā’ terdapat 9 makna ḥarf jārr “min” yaitu: bayān al-Jins (penelas jenis), bermakna امبر, al-Tabīḍ (sebagian), al-Badl(pengganti), al-Faṣl (pemisah), bermakna يف, bermakna نع, bermakna ــب dan al-Talīl. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah penulis jabarkan di atas, hal ini menunujukkan bahwa 15 makna ḥarf jārr “min” yang penulis teliti, tidak semua terdapat dalam ke-tiga surah yang penulis teliti.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA SANTRI PONOOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG-BONE MELALUI PENDEKATAN A.L-MUFRADAT Asnani Resky Fauzi
Jurnal Sarjana Ilmu Budaya Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Publisher : Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu budaya, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Melalui Pendekatan Hifz al-Mufradāt”. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung melalui pendekatan Hifz al-Mufradāt. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan Hifz al-Mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung. Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Dalam Kelas (PTK). Dalam penelitian ini, penulis mengolah data dari hasil observasi dan kuesioner dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu dampak dari penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung sangat berpengaruh dan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Nilai persentase tertinggi sebelum penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt di kelas eksperimen adalah 60 %, sedangkan di kelas kontrol nilai tertinggi adalah 89 %. Setelah penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt di kelas eksperimen, nilai persentase jawaban benar meningkat menjadi 100 %, sedangkan di kelas kontrol nilai persentase tertinggi masih 89 %. Hal inilah yang membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbahasa Arab pada santri kelas VIII D (Kelas Eksperimen) setelah penggunaan pendekatan Hifz al-Mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.
MAKNA ZAKAT SEDEKAH DAN INFAK DALAM MASYARAKAT KOTA BIMA Almuntahnar
Jurnal Sarjana Ilmu Budaya Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Publisher : Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu budaya, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemahaman dan jenis-jenis makna zakat, sedekah, dan infak terhadap masyarakat desa Roiserta bagaimana cara pengaplikasian dalam ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah (s.w.t)dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan pemahaman dan tentang jenis-jenismakna zakat, sedekah, dan infakkepada masyarakat yang sesuai dengan ketetapan makna menurut literatur-literaturbaik dalam buku maupun dalam kamus bahasa arab yang mengandung makna zakat, sedekah, dan infak karena dalam kehidupan umat manusia tidak terlepas dari pedoman kamus yang telah merancang kesepakatan makna dalam berbagai bahasa pada setiap Negara, tidak terkecuali di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat secara teoritis maupun secara praktis.Secara teoritis, penelitian ini diharapkan bisa memberikan sumbangan pengetahuan terhadap khasanah kajian makna dalam ilmu bahasa.Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang makna zakat, sedekah, dan infak beserta jenis-jenisnya dan dapat diaplikasikan secara benar dalam kedihupan masyarakat sehari-hari. Skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara dan study literature.Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif.Berdasarkan analisis yang digunakan maka dapat diketahui mengenai pemahaman masyarakat terhadap makna zakat, sedekah, dan infak yang sesuai dengan makna yang sebenarnya dan makna kamus.Adapun masalah-masalah yang terjadi dalam masyarakat desa Roi selama proses penelitian antara lain:kurangnya latar-belakang pendidikan tentang agama.
Al-QIYᾹS DAN ISTIṢḤᾹB AL-ḤAL DALAM MENETAPKAN KAIDAH-KAIDAH NAḤWU ALIRAN AL-BAṢRAH Muhlisah Amalia Arif
Jurnal Sarjana Ilmu Budaya Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Publisher : Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu budaya, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berupa Al Qiyas dan Istishab al Hal dalam meneta[pkan kaidah-kaidah Nahwu aliran Basrah. Qiyas adalah sumber kaidah-kaidah nahwu dan yang di buat dasar untuk menerangkan masalah tentang Seperti yang dikatakan al-Kisaiy bahwasannya nahwu adalah qiya>s yang dijadikan panutan. Dan ini juga termasuk salah satu sumber dalam penggalian hukum dalam ilmu ushul nahwu. Dia berperan dalam merumuskan kaidah kebahasaan seiring dengan dimulainya perumusan dasar-dasar ilmu nahwu. Menurut Ibnu Jinni al-istishabul hal adalah keluarnya kalam dari arena cakupannya karena tidak ada dalil yang menunjukan makna yang dimaksud. Sedangkan menurut Abu-al-Baraka>t al-Anbari istisaḥābu al- hal adalah menentapkan lafaz sebagaimana awal mula tanpa ada perpindahan makna dari asal”.

Page 1 of 1 | Total Record : 6